Tempat Wisata

Tiket Goa Gong & Sulap Wisata Desember 2022

Harga Tiket Masuk Goa Gong : Rp 5.000 – Rp 20.000. Jam buka: 07.00 – 17.00. Nomor telepon : -. Alamat : Salam, Bomo, Punung, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia, 63553.

Bagi pecinta wisata alam dan tantangan menjelajah gua, berlibur bisa menjadi pilihan. Salah satu gua untuk dikunjungi di Jawa Timur yaitu Goa Gong tepatnya di Kabupaten Pacitan.

Gua terkenal ini dianggap sebagai gua terindah di Asia Tenggara. Tidak diragukan lagi keindahan gua ini menjadikannya salah satu tempat wisata di Pacitan.

Harga Tiket Masuk Goa Gong

Wisatawan yang datang untuk melihat keindahan goa ini harus membayar tiket masuk. Biaya masuknya cukup terjangkau dan ada harga khusus untuk anak-anak. Pengunjung hanya perlu membayar puluhan ribu untuk melewati tempat wisata ini.

Harga Tiket Masuk Goa Gong
Tiket dewasa Rp 20.000
Tiket masuk untuk anak-anak Rp5.000

Baca: Tiket Masuk PANTAI KLAYAR Pacitan & 5 Pesona

Jam buka Goa Gong Pacitan

Kawasan wisata goa ini bisa dikunjungi setiap hari. Buka dari pagi hingga sore hari.

jam operasi
Setiap hari 07.00 – 17.00

Pesona Wisata Goa Gong Pacitan

Pintu masuk ke area guaGua Gong Pacitan konon memiliki keindahan salah satu yang terbaik di Asia. Foto: Google Maps/ivan fn

Tentu saja goa ini mendapat predikat wisata goa terindah se-Asia Tenggara. Karena Pacitan sendiri memiliki banyak wisata goa. Saking banyaknya hingga kampung halaman Pak Susilo Bambang Yudhoyono ini dijuluki Kota 1001 Gua.

Daya tarik wisata gua adalah stalaktit dan stalagmit yang ada di dalam gua. Keduanya adalah bebatuan yang terbentuk di dalam gua dari berbagai mineral. Bedanya, stalaktit menggantung di dinding gua sedangkan stalagmit terletak di dasar gua.

Baca: Tiket Masuk Pantai Srau Pacitan dan Beragam Aktivitasnya

Asal usul nama Goa Gong

Nama gua ini cukup unik. Karena sebenarnya nama gong adalah salah satu alat musik dalam gamelan Jawa. Begitu juga dengan penamaan goa ini.

Ada filosofi tersendiri yang mendasari penamaan goa ini. Pemandu wisata Goa Gong menjelaskan hal ini dengan gamblang. Menurutnya, salah satu stalaktit di sini akan berbunyi seperti gong saat dipukul.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Goa Pinus Malang

Stalaktit dan stalagmit berusia ratusan tahun

Lorong gua dengan dekorasi stalaktit dan stalagmit Lorong-lorong goa yang dipenuhi ornamen stalagmit dan stalagtit menemani para pengunjung dalam pencariannya. Foto: Google Maps/Fahmi Kafabih

Stalaktit dan stalagmit di sini sudah berusia ratusan tahun. Hal ini menciptakan perpaduan keindahan alam yang menakjubkan. Gua ini sendiri memiliki kedalaman sekitar 250 meter.

Di sepanjang lorong gua, wisatawan ditemani bebatuan tajam yang berdiri tegak atau bergelantungan di langit-langit gua. Keunikan bebatuan inilah yang menjadi daya tarik wisata goa. Begitu pula dengan stalagmit dan stalagtit di Goa Gong yang disebut-sebut termasuk yang terindah.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas MARON RIVER Pacitan

Lampu neon berwarna-warni di dalam gua

lampu neon warna-warni di gua gongLampu neon warna-warni yang menerpa dinding dan ornamen gua membentuk keindahan tersendiri. Foto: Google Maps/Lim Fong Fong

Pengunjung dapat menyewa senter untuk menjelajahi gua. Karena saat pertama kali memasuki goa ini cukup gelap. Untuk menyewa senter, pengunjung dikenakan biaya sewa sebesar Rp 5.000.

Sebuah baterai cadangan juga diberikan kepada pengunjung dengan harga sewa. Agar senter padam setiap saat di dalam goa, pengunjung tetap bisa menyalakan senter. Namun sebenarnya, sesampainya di gua, pengunjung tidak akan merasa terlalu gelap.

Karena terdapat lampu neon warna-warni yang menerangi goa. Neon memang dibuat untuk memperindah gua. Warna putih, merah, hijau, biru, ungu membuat suasana goa semakin hidup.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Goa Pindul Yogyakarta

Karena neon inilah, stalaktit dan stalagmit di dalam goa semakin terpancar keindahannya. Untuk memudahkan pengunjung menjelajahi goa, pihak pengelola juga menyediakan tangga di dalam goa. Namun, pengunjung tetap harus berhati-hati karena goa ini cukup licin.

Keindahan pemandangan di dalam goa

Stalaktit di Goa GongKeindahan stalaktit di Goa Gong dengan lampu neon warna-warni

Tak hanya stalagtit dan stalagmit yang menghiasi keindahan goa. Variasi bebatuan dengan air gua menambah keindahan pemandangan. Ada bebatuan yang meneteskan air, membentuk kolam kecil di sekitar bebatuan.

Dibutuhkan sekitar satu jam untuk menjelajahi gua. Pemandangan indah ini membuat penjelajahan gua tidak begitu khas. Meski demikian, tetesan keringat akan membasahi tubuh para pengunjung.

Untungnya pihak pengelola cukup concern dengan kondisi pengunjung Goa Gong. Hal ini diwujudkan dengan memasang AC di dalam gua. Dengan begitu, pengunjung tetap merasa nyaman saat menjelajahi gua.

Wisata edukasi tentang gua

Prasasti informasi tentang goa gongPrasasti informasi tentang Gua Gong Pacitan. Foto: Google Maps/Ignatius Widiyanto

Objek wisata ini tidak hanya dapat digunakan sebagai tempat rekreasi, tetapi juga sebagai wisata edukasi. Pengunjung dapat melakukan perjalanan sekeluarga sambil menerima instruksi langsung tentang alam tentang bebatuan. Bahkan dengan para guru yang bisa langsung mengenalkan jenis-jenis batuan gua.

Oleh-Oleh Khas Goa Gong

Setelah menjelajahi gua, pengunjung menuju ke pintu keluar. Di dekat pintu keluar, penjual cinderamata khas tempat wisata ini berjejer rapi. Vendor ada di toko mereka sendiri sehingga mereka tidak menghalangi.

Ada beberapa oleh-oleh khas Goa Gong. Yang pertama adalah penjualan pisang dan gula aren. Ada juga oleh-oleh batu gua yang dijual seharga Rp 100.000 hingga Rp 150.000.

Kompleks Gua Gong Pacitan

Dengan segala keindahan yang ditawarkan kawasan wisata goa ini, pihak pengelola pun menyediakan fasilitas yang memadai. Dimulai dengan tempat parkir yang luas, baik untuk sepeda motor maupun mobil. Ada juga toilet, warung makan hingga menjalankan layanan tempat-tempat keren.

Lokasi Goa Gong Pacitan

Kawasan wisata gua ini cukup mudah diakses dan berjarak sekitar 17 km dari pusat Kota Pacitan. Dari pusat Kota Pacitan, pergi ke barat melewati Pringkuku ke Punung. Alamat lengkapnya Salam, Bomo, Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63553.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button