Tempat Wisata

Tiket GUNUNG ARJUNO, rute & aktivitas Januari 2023

Biaya masuk ke Gunung Arjuno: Rp 11.000 hingga Rp 16.000. Jam buka: 07.00-17.00 WIB. Nomor Telepon : 0341 483254. Alamat : Pecalukan Barat, Pecalukan, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia, Jawa Timur.

Gunung Arjuno merupakan fasilitas wisata pegunungan di perbatasan Batu – Malang. Obyek wisata alam ini memiliki ketinggian kurang lebih 3.339 mdpl. Dengan demikian, gunung ini termasuk jajaran gunung tertinggi keempat di Pulau Jawa. Tak heran jika gunung ini sangat populer sebagai jalur pendakian.

Pesona latar belakang alam pegunungan menjadi sajian utama. Jangan lewatkan hamparan pepohonan lebat yang mengelilingi gunung ini. Selain itu, pengunjung juga bisa mengamati beberapa air terjun dan sungai dari atas. Pemandangan indah ini sangat menyejukkan mata berpadu dengan segarnya udara di sekitar Anda.

Biaya masuk ke Gunung Arjuno

Pihak pengelola objek wisata ini tidak memungut biaya masuk nominal. Agar aktivitas di gunung ini terasa lebih seru dengan biaya yang murah.











Biaya masuk
Tiket Pendaki Nusantara dari Senin sampai Jumat Rp 11.000
Tiket Pendaki Nusantara dari Sabtu hingga Minggu Rp 16.000
Tiket masuk untuk pendaki internasional Rp 201.000
harga kendaraan
kendaraan roda 2 Rp3.000
kendaraan roda 4 Rp5.000

Syarat dan Ketentuan Pendakian Gunung Arjuno:

  • Pendaftaran pendakian melalui website http://sipenerang.tahuraradensoerjo.or.id/.
  • Anda telah menerima setidaknya dosis kedua vaksin.
  • Penggunaan aplikasi PeduliLindendi untuk menunjukkan kartu vaksinasi.
  • Bawalah KTP yang valid.
  • membawa surat keterangan sehat.
  • Bawa kantong sampah.

Baca: 11 Tempat Wisata Pilihan di Pasuruan

jam buka

Pendakian Gunung Arjuno ditutup sementara hingga 1 Februari 2023

Pemerintah Gunung Arjuno tidak menetapkan jadwal pembukaan atau penutupan pada waktu-waktu tertentu. Dengan demikian, pengunjung bisa lebih leluasa beraktivitas di objek wisata alam ini kapan saja.






jam buka
Waktunya pelayanan perijinan pendakian di setiap pos 07.00 – 17.00 WIB.

Berbagai aktivitas wisata Gunung Arjuno

Objek wisata gunung ini cocok untuk berbagai kegiatan petualangan. Pengunjung bisa mendaki menggunakan beberapa jalur. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya.

Pendakian & Jalur

Pendaki di puncak Gunung ArjunoPengunjung dapat mendaki ke puncak Gunung Arjuno.
Foto: Google Maps/Loekman Hakeem

Gunung Arjuno dikenal sebagai wisata trekking oleh para pecinta wisata alam dari berbagai daerah. Pengunjung dapat mendaki dengan memilih salah satu dari empat jalur. Jejak pertama adalah Tretes. Jalur Tretes memiliki medan yang cukup terjal. Jalur ini dapat ditempuh dalam waktu 7 hingga 8 jam.

Selain itu, ada Jalur Lawang yang menawarkan panorama alam yang mempesona. Namun pengunjung membutuhkan waktu lama saat melewati jalur ini. Jalur lain yang bisa dilalui adalah jalur Purwosari. Jalur ini ditujukan untuk pendaki profesional. Jalur Purwosari memiliki medan yang sangat menantang dan cukup terjal.

Baca: Tiket Masuk PRIGEN SAFARI TAMAN & 10 Wahana Seru

Jalur yang menawarkan pemandangan terindah adalah jalur Batu. Dibutuhkan pengunjung sekitar 10 jam untuk melintasi rute ini. Sebelum mendaki, pengunjung harus dalam kondisi fisik yang baik. Jangan lupa: Perangkat dan perkakas harus disiapkan semaksimal mungkin.

Keindahan lanskap Gunung Arjuno

Kawasan perbukitan hijau Gunung ArjunoPengunjung dapat melihat pemandangan indah di sekitar Gunung Arjuno.
Foto: Google Maps/
senja jiwaku

Selain mendaki, pengunjung bisa menikmati aktivitas bersantai di gunung yang satu ini. Duduk santai sambil menikmati panorama kawasan yang mempesona dari ketinggian, bisa menjadi pilihan. Obyek wisata alam ini memiliki berbagai macam viewpoint yang sayang untuk dilewatkan.

Titik pertama yang layak dilihat dari ketinggian adalah sumber Sungai Brantas. Sumber Sungai Brantas membentang di lereng gunung ini. Sungai ini merupakan sungai terpanjang kedua di Pulau Jawa. Sungai Brantas melintasi beberapa kota di Jawa Timur seperti Sidoarjo, Malang, dan Blitar.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas GARDEN PAK BUDI Pasuruan

Ada juga satu tempat yang tidak kalah enak dipandang mata yaitu Air Terjun Opa Bodo. Air terjun ini bisa dinikmati oleh pengunjung yang mendaki melalui jalur Tretes. Saat pengunjung melewati jalur Lawang, mereka bisa menikmati indahnya hamparan kebun teh. Selain itu, pengunjung Alas Lali Jiwo disuguhi pepohonan yang lebat.

kegiatan berkemah

Berkemah di Gunung ArjunoPengunjung dapat berkemah di area sekitar Gunung Arjuno.
Foto: Google Maps/Mega Nurmasari

Tidak hanya kegiatan berpetualang saja yang bisa dilakukan di objek wisata alam ini. Pengunjung juga bisa menikmati wisata santai, salah satunya berkemah. Pengunjung dapat mendirikan tenda dan menikmati panorama yang indah.

Mengenal flora & fauna

Gunung Arjuno terletak di Cagar Alam Arjuno Lalijiwo. Pengunjung bisa berkeliling hutan yang dipenuhi pepohonan yang menjulang tinggi. Ada berbagai jenis tanaman di hutan ini. Pengunjung dapat menemukan cemara, pinus, kuartal, penyimpanan, dan sebagainya.

Baca: Tiket Masuk SKY DOOR dan Wahana Seru

Selain flora, pengunjung juga bisa belajar tentang fauna hutan ini. Sejumlah hewan khas Jawa dapat ditemui di hutan ini. Pengunjung bisa melihat rusa, elang jawa, babi hutan dan lain sebagainya. Namun, pengunjung harus berhati-hati agar tidak terlalu dekat dengan fauna ini.

Anak-anak harus dikenalkan dengan flora dan fauna yang ada di objek wisata ini. Ini memperluas pengetahuan anak-anak. Selain itu, kepedulian anak terhadap alam akan meningkat

perabot

Pengelolaan objek wisata gunung ini menawarkan fasilitas yang memadai. Fasilitas yang dimaksud antara lain tempat parkir, toilet umum dan tempat istirahat. Agar pengunjung dapat menggunakan fasilitas yang ada sesuai kebutuhan. Pengunjung akan merasa lebih nyaman dengan fasilitas yang disediakan.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana BHAKTI NATURAL AGRICULTURE Pasuruan

Lokasi dan jalur menuju Gunung Arjuno

Gunung Arjuno berada di perbatasan Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. Ketiga daerah ini termasuk dalam wilayah provinsi Jawa Timur. Rute yang dilalui pun tidak sulit dijangkau karena jalannya sudah bagus. Selain itu, pemandangan di kanan kiri jalan juga memanjakan mata.

Pengunjung dapat mengakses objek wisata ini dari Surabaya dengan bus menuju Malang. Selanjutnya, pengunjung harus turun di Terminal Pandaan dan naik angkot menuju Tretes. Setelah itu, ikuti saja rambu-rambu untuk sampai ke gunung ini.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button