Tempat Wisata

Tiket Kebun Raya Bogor dan 5 zona taman

Tiket Masuk Kebun Raya Bogor Harga: Rp 16.500 – Rp 26.500 Jam Buka: Hari Kerja: 08.00 – 16.00 WIB | Weekend 07.00 – 16.00 WIB Telp: 0251811362 / 085215668934Alamat: Jl. Ir.H. Juanda No.13 Paledang, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16122

kebun Raya Bogor taman hijau di tengah kota dengan berbagai koleksi tumbuhan dan kerangka hewan. Misalnya, kerangka paus biru dan pohon korek api. Kedua koleksi tersebut langka dan hampir punah di alam liar.

Lahan kebun raya pada awalnya dimaksudkan untuk digunakan sebagai tempat uji budaya perkebunan. Namun seiring berjalannya waktu, keberadaannya menjadi cikal bakal perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia. Dan lahirlah beberapa lembaga di bidang botani. Misalnya Kebun Raya Ciboda, Laboratorium Treub, Herbarium Bogoriense dan masih banyak lagi.

Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor memiliki biaya masuk yang sangat terjangkau. Sayangnya antara hari kerja dan akhir pekan berbeda. Dan untuk turis asing, harganya sama dengan turis domestik.

Tiket Masuk Kebun Raya Bogor
jenis tiket hari dalam seminggu akhir pekan
wisatawan lokal Rp16.500 Rp26.500
luar negeri Rp16.500 Rp26.500
sepeda Rp 15.000 Rp20.000
Kendaraan parkir
sepeda motor Rp 5.000 Rp 5.000
mobil Rp 50.000 Rp 50.000

Baca: Tiket & Wahana JUNGLE WATERPARK Lengkap

Jam buka Kebun Raya Bogor

Jam buka Kebun Raya Bogor bervariasi. Antara hari kerja dan akhir pekan memiliki waktu yang berbeda. Tapi jam tutupnya sama.

jam operasional
Senin Jum’at 08.00 – 16.00 WIB
Sabtu Minggu 07.00 – 16.00 WIB

Zona Wisata di Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor memiliki sejumlah zona menarik yang belum banyak diketahui orang. Diantaranya adalah Ecodom, Taman Bambu, Museum Zoologi, Taman Meksiko dan Istana Kepresidenan. Sebagian besar wahana ini bertemakan wisata sejarah dan sejarah alam. Berikut adalah beberapa di antaranya

1. Museum Zoologi

Semua orang tahu bahwa Kebun Raya Bogor identik dengan Istana Kepresidenan. Yang ditanami bunga-bunga yang bermekaran dan rerumputan hijau di sekitar halaman. Tapi tahukah Anda, ternyata ada zona wisata edukasi yang berbeda di dalamnya. Salah satunya adalah Museum Zoologi, yang berisi kerangka hewan langka.

Pendirian Museum Zoologi dimaksudkan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat tentang dunia fauna. Wisatawan yang tidak hanya mengetahui namanya juga diajak untuk melihat penampakan bentuk fosil secara langsung. Seluruh kerangka hewan yang ada di museum ini telah melalui proses pengawetan dengan teknik tertentu. Dengan cara ini tidak akan mudah rusak dan tentunya akan bertahan lama.

Salah satu kerangka hewan yang paling terkenal adalah paus biru. Hewan tersebut memiliki ukuran tubuh dua kali ukuran bangunan museum. Bayangkan jika fosilnya saja sebesar itu, belum lagi ukuran tubuhnya. Jauh lebih besar sebenarnya, dan bahkan mungkin menyerupai tubuh raksasa. Wisatawan tidak mungkin menemukan keajaiban luar biasa ini di tempat lain.

Baca: Harga Tiket, Jam Buka dan Zona Wisata Kebun Raya Bogor

2. Ekodom

Gedung Endocome di Kebun Raya BogorEndokom menyimpan berbagai jenis tanaman yang berasal dari iklim tropis. Foto : Googlemap/Md. Habibur Rahman

Setelah berkenalan dengan dunia fauna di Museum Zoologi, lanjutkan kunjungan Anda di Ecodom. Di sini wisatawan banyak belajar tentang dunia flora atau tumbuhan. Sebagian besar spesies tumbuhan berasal dari iklim tropis. Apalagi yang berasal dari Indonesia sendiri.

Keunikan lain dari Ecodom adalah bentuk bangunannya yang unik. Ini berupa kubah besar dengan tanaman lumut menghiasi atapnya. Penataannya sangat estetis dan membuatnya terlihat seperti daun yang menggantung dari bunga. Keberadaan lumut berguna untuk membersihkan bakteri dan menyerap udara dari luar.

Bagian luar Ecodom tidak kalah indahnya. Puncaknya dihiasi keindahan langit biru dengan gugusan awan putih. Sedangkan tanahnya dihiasi rerumputan hijau dan pepohonan yang rindang. Hal ini juga yang membuat Ecodom menjadi tempat populer untuk berfoto.

Baca: Tiket, Jam, dan Aktivitas Kebun Raya Cibodas

3. Istana Kepresidenan

Pemandangan Kebun Raya Istana Kepresidenan BogorPemandangan Istana Kepresidenan menawarkan panorama bunga teratai yang bermekaran di atas air kolam yang jernih. Foto : Googlemap/Kurik saja

Sebagian besar pengunjung Kebun Raya Bogor sangat ingin melihat kemegahan Istana Kepresidenan. Bagaimanapun, ini gratis dan Anda dapat menjelajahi area ini sepuasnya. Belum lagi keindahan taman dan danau yang menakjubkan. Kemudian, di sekitar istana, banyak tanaman teratai bermekaran di atas kolam.

Wisatawan dapat bersantai di tepi kolam renang dan menikmati keindahan bunga teratai. Warna bunganya sangat cantik dan sangat enak dipandang. Warna pink yang berkilauan terlihat di sekitar kolam. Dan keunikan daunnya adalah daunnya yang bulat berwarna hijau mengambang di bagian bawah.

Baca: Harga Tiket Teratas CIMORY Dairyland dan 5 Wahana Seru

4. Taman Bambu

Wisata Kebun Bambu Kebun Raya BogorTaman Bambu di Kebun Raya Bogor menawarkan pemandangan hijau pepohonan bambu yang sangat rindang. Foto: Googlemap/Anna As’ari

Selain kemegahan Istana Kepresidenan, Kebun Raya Bogor juga memiliki banyak taman yang indah. Salah satunya adalah taman bambu yang sering menjadi area foto. Dibandingkan daerah lain, kebun bambu bisa dibilang paling unik. Pasalnya, kawasan ini banyak dihiasi ornamen bambu yang menarik.

Salah satu spot terbaik untuk taman bambu yang bagus untuk foto adalah kubah segitiga. Ornamen yang terbuat dari kayu bambu berbentuk atap rumah. Setiap potongan kayu diikat menjadi satu dengan tali agar menyatu dengan sempurna. Bangunan itu berada di jalan setapak dekat pohon bambu.

Baca: Tiket Masuk WISATA ALAM SEVILLAGER dan wahana spektakuler

5. Taman Meksiko

Agaves dan sukulen di Kebun Raya Bogor.Berbagai jenis catus, agave dan succulents dapat dilihat di Kebun Raya Bogor. Foto: Google Maps/ Fardiah Nafisah Oemar

Kebun Raya Bogor memang terkenal dengan pesona tamannya yang unik dan berbeda. Kali ini ada taman Meksiko dengan kaktus khasnya. Setiap tanaman memiliki ukuran yang berbeda. Dari kecil hingga besar, semuanya tumbuh subur di sini.

Berhati-hatilah saat melintasi kawasan Mexico Park. Pasalnya, lintasan jalan dipenuhi bebatuan besar dan kerikil kecil. Disarankan wisatawan memakai sepatu tebal yang tidak terlalu longgar. Karena tidak jarang batu-batu kecil secara tidak sengaja masuk ke dalam sepatu Anda.

Dan selalu berhati-hati dengan duri tanaman kaktus. Tepi yang tajam dapat melukai wisatawan yang lewat.

Baca: Tiket Masuk TAMAN SAFARI Bogor dan Tempat Wisata

perabot

Pengelola kawasan ini telah menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap dan memadai. Ada tempat parkir mobil besar yang bisa menampung banyak kendaraan. Serta toilet umum yang bersih dan rapi. Ada juga persewaan sepeda, restoran dan bangku taman untuk berlama-lama dan bersantai.

Lokasi Kebun Raya Bogor

Wisata yang satu ini berlokasi di Jl. orang Irlandia H. Juanda No. 13 Paledang, Kabupaten Bogor Tengah. Terletak tepatnya di kota Bogor, Jawa Barat. Misalnya dengan mobil, wisatawan bisa mengambil jalan tol Jagorawi dan berbelok ke kanan menuju Tugu Kujang. Kemudian arahkan ke BTM Mall, pintu masuk Kebun Raya di depan BTM Mall.

Sedangkan pengunjung yang naik kereta api bisa berhenti di stasiun Bogor. Keluar dari stasiun ke kiri dan terus berjalan ke lampu lalu lintas merah. Setelah lampu lalu lintas merah, belok kanan sampai Anda mencapai pintu masuk kebun raya setelah pusat perbelanjaan BTM.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button