Tempat Wisata

Tiket Kebun Raya Purwodadi dan berbagai taman keren Januari 2024

Kebun Raya Purwodadi

  • Biaya masuk: Rp15.500 – Rp25.500
  • Jam buka: 07.00 WIB-16.00 WIB
  • Nomor telepon: (0343) 615033 / 0811-9711-5900⁣⁣
  • Alamat Lokasi : Jalan Raya Surabaya Malang KM.65, Capang, Purwodadi, Sembung Lor, Parerejo, Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia, 67163

Nikmati kesegaran alam sekaligus memperluas pengetahuan tentang tumbuhan saat berwisata ke sana Kebun Raya Purwodadi (KRP) di Pasuruan. Pasalnya Kebun Raya yang dikelola LIPI ini merupakan salah satu destinasi wisata edukasi kawasan lindung tanaman tropis.

Tanpa ragu-ragu, Di lahan seluas 85 hektar terdapat lebih dari 2.000 jenis tumbuhan dengan total jumlah jenis lebih dari 11.000 jenis.. Lokasi tersebut kini berada di ketinggian 300 meter di atas permukaan laut yang berarti cuaca relatif sejuk. Oleh karena itu cocok dijadikan tujuan wisata bersama keluarga atau teman.

Biaya masuk Kebun Raya Purwodadi

Meski terdapat ribuan koleksi tanaman dan taman yang luas, pengunjung tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk berwisata di kebun raya ini. Tiket masuk Botanical Garden masih terjangkau mulai dari Rp 15.500 hingga Rp 25.500.

Jenis tiket Harga tiket
Tiket masuk wisatawan domestik dan internasional pada hari biasa Rp15.500
Tiket masuk akhir pekan untuk wisatawan domestik dan internasional Rp 25.500
Tiket sepeda motor dan mobil Rp 5.000, Rp 20.000

Biaya masuk Kebun Raya Purwodadi

Informasi yang perlu diperhatikan pengunjung:

  • Anak-anak dengan tinggi 80 cm memerlukan tiket masuk.
  • Tiket dapat dibeli melalui situs resmi www.kebunraya.id.
  • Kebun Raya Purwodadi memungkinkan wisatawan dari segala daerah dan segala usia untuk memasuki kawasan tersebut.
  • Anda boleh membawa makanan dan minuman dari luar, namun harus menggunakan wadah.
  • Kendaraan harus diparkir di tempat yang telah ditentukan dan tidak boleh dikendarai.
  • Pengunjung dapat masuk melalui pintu 1.

Baca: Tiket Masuk KEBUN PAK BUDI Pasuruan dan Kegiatan

Jam Buka Kebun Raya Purwodadi

Anda bisa mengunjungi kebun raya ini dari pagi hingga sore hari. Jam bukanya sekarang dimulai pada pukul 07.00 dan berakhir pada pukul 04.00 sore.

Berbagai taman dan koleksi Kebun Raya Purwodadi

Taman wisata dan edukasi Kebun Raya PurwodadiTaman wisata dan edukasi Kebun Raya PurwodadiKebun Raya Purwodadi bisa menjadi destinasi wisata keluarga dan edukasi. Foto: Bintang Aurel/googlemap

Kebun Raya Purwodadi didirikan pada tahun 1941 sebagai perpanjangan dari Kebun Raya Bogor. Memiliki beberapa bidang studi tergantung pada spesies tanaman yang dikembangkan.

Beberapa tempat juga tersedia sebagai tempat rekreasi sehingga juga bisa menjadi pilihan wisata bagi keluarga dan anak-anak agar tidak membosankan. Beberapa mata pelajaran bahkan sangat populer di KRP. Inilah beberapa di antaranya.

Baca: Tiket Masuk PRIGEN SAFARI PARK, Atraksi Satwa dan 10 Wahana

Taman Bougainvillea

Rumah kacaRumah kacaRumah kaca dengan berbagai koleksi tanaman dan bunga. Foto: Rudy Santoso/googlemap

Taman Bougenville menjadi salah satu kawasan yang paling digemari pengunjung karena menawarkan pemandangan yang menarik, terutama untuk fotografi. Bunga bugenvil Warna merah, pink, dan oranye terlihat sangat mencolok di antara tanaman hijau di sekitarnya. Area ini juga sengaja didesain agar tampil tertata dan rapi.

Baca: Tiket, Wahana dan Aktivitas BHAKTI NATURE AGROWISM

Selain itu, kehadiran gazebo di sekitar taman bisa menjadi tempat bersantai dan menikmati pemandangan. Terdapat pula pergola yang dipenuhi tanaman bugenvil sebagai atapnya, sehingga menjadi spot foto yang menawan. Selain itu, danau buatan menjadi tambahan untuk menciptakan suasana alami.

Taman Meksiko

Taman Meksiko dengan tanaman khas MeksikoTaman Meksiko dengan tanaman khas MeksikoMexico Park merupakan salah satu taman hiburan yang ada di Kebun Raya Purwodadi. Foto: Ricky Bayu

Tumbuhan khas daratan Meksiko seperti : Jenis kaktus juga merupakan koleksi di KRP. Tumbuhan besar di kawasan gersang ini terletak di kawasan khusus yang disebut Taman Meksiko dan sangat menarik perhatian. Sebab, suasananya berbeda dibandingkan di daerah tropis.

Anggrek rumah kaca

Pecinta tanaman anggrek tidak boleh melewatkan kunjungan ke rumah kaca, di mana lebih dari sekadar dikumpulkan 2.000 anggrek. Terdiri dari 319 spesies, 7 diantaranya merupakan spesies anggrek endemik Jawa Timur. Beberapa koleksinya juga memuat jenis anggrek yang sangat langka di alam.

Deretan pohon Janglot

Deretan pepohonan yang tertata rapi di kiri dan kanan jalan mungkin terkesan biasa saja. Namun akan menarik jika jenis pohonnya adalah pohon Janglot. Pohon yang menjulang tinggi dengan batang tipis dan daun kecil ini menciptakan tampilan visual yang tidak biasa.

Apalagi nuansa ini akan berbeda jika dinikmati saat musim hujan dan kemarau. Biasanya pengunjung tempat ini sengaja mengambil foto agar terlihat seperti di drama Korea romantis.

danau wisata

Jika sudah puas berjalan-jalan dan belajar tentang tumbuhan, bersantailah di tepi danau wisata. Di kawasan ini pengunjung dapat menikmati pemandangan alam tropis KRP dan bersantai sambil menunggangi bebek.

Baca : Wisata Botani Kebun Raya Bogor

Kolam renang anak-anak

Taman tanaman airTaman tanaman airArea taman tanaman air di Kebun Raya Purwodadi. Foto: Farandika Andiatma

Yang istimewa dari KRP adalah adanya kolam renang anak. Ya, pengunjung yang membawa anak-anak juga bisa mengajaknya bermain di kolam renang. Tentu yang menarik karena lokasinya yang berada di kebun raya, memiliki suasana unik yang dikelilingi pepohonan rimbun.

Fasilitas Kebun Raya Purwodadi

Karena luasnya lahan, fasilitas yang tersedia di KRP cukup memadai. Untuk memudahkan pengunjung menginap, toilet tersebar di banyak tempat. Anda tidak perlu khawatir untuk berlama-lama karena tersedia juga musala. Area relaksasi berupa paviliun dan kursi taman kini tersebar luas di segala penjuru.

Lokasi Kebun Raya Purwodadi

Taman rekreasi ini sendiri terletak di Jalan Raya Surabaya-Malang KM 65, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Ini merupakan jalan raya yang menghubungkan tiga kota yaitu Malang, Surabaya dan Pasuruan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Media Sosial KRP.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button