Tempat Wisata

Tiket Masuk Curug Cilember 2022, Info Legenda & Rute Lokasi

Apakah Anda merasa sangat lelah dan ingin merenungkan alam sejenak untuk keluar dari rutinitas? Nah, Curug Cilember di Bogor adalah solusi cerdas untuk Anda.

Sehari Refleksi di Curug Cilember Bogor 1Sumber gambar: Instagram.com/paska_Siagian

Jam buka: 24 jam
harga tiket: Rp20.000/orang
Kontak: (0251) 8258890
Aktivitas: Berenang, makan, bermain, bersantai
Waktu kunjungan: 3 jam
Alamat: JL. Desa Cilember, Cilember, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750
Fasilitas umum: Mushola, toilet, paviliun, akomodasi, flying fox
Peta Daring: tunjukkan peta

Curug sendiri merupakan kata yang berarti air terjun. Tentu sangat menyenangkan bukan, berwisata ke air terjun akan menemukan kesegaran dan pemandangan hutan yang indah yang bisa membuat betah dan tidak ingin pulang.

Benarkah itu? Anda mungkin menemukan jawabannya sendiri jika pergi ke Curug Cilember yang beralamat di Jl. Raya Puncak No.KM. 15, Cisarua, Kec. Megamending, Bogor, Jawa Barat.

Air Terjun CilemberSumber gambar: Instagram.com/har.fik

Air Terjun Cilember Dingin Sumber gambar: Instagram.com/adi_wibowo30

Air terjun Cilember saja Sumber Gambar: Instagram.com/hawamuuuu

Air Terjun Cilember Dingin Sumber gambar: Instagram.com/rosmiilla

Curug Cilember Bogor

Saat Anda berkunjung ke kota Bogor, jangan lupa mampir ke tempat wisata air terjun yang terdapat 7 air terjun yang berbeda di tempat ini. Jangan lupa bahwa suhu sekitar 18-23 derajat akan membuat Anda merasa segar.

Air terjun ini memiliki tujuh tingkat, dari Cilember 1 hingga Cilember 7. Tentu saja Cilember1 adalah yang terendah di dekat konter sedangkan Cilember 7 adalah yang tertinggi. Pengunjung harus melakukan ini penganiayaan untuk mencapai puncak air terjun dengan melewati bebatuan dan jalan yang sangat licin.

Karena kenyataan bahwa semakin tinggi level air terjun, semakin besar akses ke sana Pekerjaan Destinasi semakin sulit: Curug Cilember ini memiliki jalur yang cukup aman dan mudah dari Cilember 1 hingga Cilember 4. Setelah itu, aksesnya menjadi semakin sulit karena jalur curam yang licin dan bebatuan.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk mencapai Curug Cilember 7 jika tidak memenuhi syarat karena keselamatan tetap menjadi prioritas utama.

Harga Tiket Masuk Curug Cilember Bogor Terbaru 2019

wisatawan nusantara

Rp20.000

Turis asing

Rp 70.000

PARKIR MOTOR

Rp 3.000

area parkir

Rp 10.000

berkemah

Rp 30.000

Kelelawar buah Nusantara

Rp25.000

Rubah terbang di luar negeri

Rp 50.000

Foto sebelum pernikahan

Rp 500.000

Membuat film/sinetron

Rp 3.000.000

Tenda besar kapasitas 8 orang (kasur + sleeping bag)

Rp 350.000

Tenda kecil kapasitas 4 orang (kasur + sleeping bag)

Rp 180.000

Selain itu, ada juga harga akomodasi yang memungkinkan Anda menginap di Curug Cilember.

1. Meranti (kapasitas 6 – 20 orang).

  • Hari biasa Rp 1.500K
  • Akhir pekan Rp 2.000K

2. Merkuri (kapasitas 6 – 20 orang)

  • Hari biasa Rp 1.250K
  • Akhir pekan Rp 1.600K

3. Damar (kapasitas 4 – 6 orang)

  • Hari biasa IDR 1.050K
  • Akhir pekan Rp 1.200K

4. Rasamala I & II (kapasitas 4 – 6 orang)

  • Hari biasa IDR 1.050K
  • Akhir pekan Rp 1.200K

5. Aula/ruang rapat (kapasitas 12 – 40 orang)

  • Hari biasa IDR 1.050K
  • Akhir pekan Rp 1.200K

Rute dan jalur akses air terjun Cilember

Sekarang untuk memulai perjalanan ke Curug Cileber untuk Anda, wisatawan menggunakan kendaraan pribadi menavigasi rute dari Depok ke Jalan Raya Jakarta-Bogor. Kemudian, sesampainya di Ciawi, terus ikuti jalan menuju Puncak.

Selain itu, begitu sampai di depan USSU Cisarua atau Kedai Sate H. Kadir Hotel, Anda hanya perlu mengikuti rambu yang akan membawa Anda ke jalan utama menuju Curug Cilember. Ketika ada pertigaan, belok kanan dan setelah 1,5 km Anda akan segera mencapai tempat itu.

Adapun kamu wisatawan Bagi yang menggunakan angkutan umum dari Jakarta dapat menggunakan Commuter Line atau KRL menuju stasiun Bogor. Sesampainya di stasiun Bogor, Anda hanya perlu naik angkot jurusan Bubulak – Sukasari lalu dilanjutkan dengan naik angkot jurusan Sukasari – Cisarua.

Terakhir bisa turun di Desa Cilember, biasanya banyak pangkalan Ojek disana dan menawarkan tarif sekitar Rp15.000 hingga Rp20.000.

Fasilitas Air Terjun Cilember

Selain fasilitas bawaan Tempat wisata seperti toilet dan mushola. Anda juga dapat menikmati beberapa fasilitas seperti pondok kayu, taman kupu-kupu, kios wisata, taman keluarga, pengejaran hutan, flying fox dan juga tempat perkemahan. menyenangkan, bukan?

Sejarah Singkat Curug Cilember

Curug Cilember diperkenalkan sebagai tempat wisata pada tahun 1990-an. Saat itu, Perhutani bekerja sama sebagai pengelola membangun fasilitas seperti jalan, dll untuk memudahkan akses. Nah, persinggahan dan taman dibangun pada awal 2000-an.

Yaitu, Mama Cilember diambil dalam bahasa Sunda untuk penamaan tempat wisata Lembaran, yang berarti sejenis jamur coklat yang tumbuh pada pohon atau batang kayu yang busuk dan mati. Dalam bahasa Indonesia, jamur ini dikenal sebagai jamur kuping.

Karena udara dan suhu yang lembab, banyak jamur yang biasa tumbuh di tempat ini.

Mitos Air Terjun Cilember

Yah, itu tidak menyenangkan Ke kanan jika kita belum mengetahui asal usul dan mitos tempat wisata yang kita kunjungi. Tujuannya agar kita bisa lebih berhati-hati dan menghargai sejarah.

Sampai sekarang, mitos tentang cuci muka berkembang, dan di Curug Cilember itu membuat kita awet muda. Selain itu, mayoritas percaya bahwa air di Curug Cilember juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Jika kita memutuskan untuk mandi di sebelah kanan air terjun, ini akan menambah tenaga, jika air terjun di sebelah kiri akan menambah awet muda dan berkah.

Hal ini berdasarkan mitos kuno yang menyebutkan bahwa Curug Cilember merupakan tempat persembunyian putri kerajaan Pasundan yang dikenal baik dan sangat cantik. Putri ini sering membasuh mukanya di sini dan mitos tersebut juga melanggengkan air terjun Cilember hingga saat ini.

Selain itu, mayoritas percaya bahwa air terjun ini merupakan tempat pemandian raja-raja Siliwangi. Itulah mitos yang berkembang hingga saat ini, percayakah Anda?

Baca juga: Curug Leuwi Hejo

total, Curug Cilember jadi rekomendasi wisata yang keren untuk kamu isi akhir pekan yang mungkin tidak punya rencana. Ajak teman atau pasangan bahkan keluarga Anda untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran sejenak dengan bermain air di Curug Cilember. Ayo!

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button