Tak Berkategori

Tiket Masuk dan Objek Wisata Taman Balai Kemambang, Januari 2024

Taman Balai Kemambang

  • Biaya masuk: Rp2.000
  • Jam buka: 08.00 – 21.00 WIB
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Jalan Karang Kobar No.9, Glempang, Bancarkembar, Purwokerto Utara, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, 53115

Taman Balai Kemambang Objek wisata tersebut berupa ruang terbuka hijau yang berada di tengah kabupaten Purwokerto. Tempat ini menawarkan pemandangan kolam dan taman yang indah.

Spot foto dengan danau yang indah dan tanaman hijau menjadi daya tarik tersendiri. Sejak dibuka pada tahun 2022, tempat ini semakin menarik minat masyarakat.

Berbagai wahana untuk anak-anak hingga dewasa tersedia di sini. Selain itu, restoran ini menyajikan berbagai menu kuliner yang lezat.

jangan lupa gubuk yang berdiri di kawasan wisata ini. Semakin besar areanya Liburan satu atap untuk wisatawan.

Biaya masuk Taman Balai Kemambang

Wisatawan yang ingin berkunjung ke taman rekreasi ini perlu menyiapkan bujet untuk tiket masuk sebesar Rp 2.000. Tidak ada perbedaan harga tiket untuk weekdays dan weekend.

Baca: Tiket & Aktivitas HUTAN PINUS LIMPAKUWUS Banyumas

Jam buka Taman Balai Kemambang Banyumas

Untuk menikmati tempat ini, wisatawan bisa datang mulai pukul 08.00 hingga 21.00. Suasana berbeda akan Anda rasakan, apalagi jika Anda menginap di sini hingga malam hari. Dan tetaplah melakukannya gubuk yang masih satu area dengan taman.

Nikmati suasana tenang di Taman Balai Kemambang Banyumas

Kolam Balai Kemambang dan area tamanKolam Balai Kemambang dan area tamanKolam dan taman di kawasan Taman Mas Kemambang. Foto: Google Maps/Nuning Th

Objek wisata ini merupakan taman rekreasi keluarga yang menawarkan keindahan danau yang indah. Nama Balai Kemambang menjadi nama pertama yang digunakan pada peresmiannya pada 24 Februari 2014.

Pada bulan Mei 2022, dilakukan pekerjaan renovasi pada taman tersebut dan namanya diubah menjadi Taman Mas Kemambang. Perkembangan baru ini menjadi semakin kompleks karena menjadikan taman ini sebagai fasilitas rekreasi dengan berbagai pilihan hiburan.

Berdiri di atas lahan seluas 4 hektar yang meliputi wilayah perairan dan daratan. Kawasan perairan ini berfungsi sebagai objek wisata terapung dan habitat ribuan ikan nila merah dan hitam.

Sebuah aula kecil mengapung di tengah kolam seluas 250 meter persegi. Wisatawan juga bisa mengunjungi aula ini dan mengambil foto santai di tengahnya.

Hal ini tidak lepas dari pemberian nama Taman Balai Kemambang. Terdiri dari kata “balai” yang berarti “bersantai” atau “berkumpul”. “Kemambang” berasal dari bahasa Jawa yang berarti “mengambang”.

Jadi jika digabungkan berarti tempat bersantai dan berkumpul di tempat terapung.

Baca: Tiket & Wahana PARIWISATA Baturraden

Berjalan santai dan jogging di area taman

Pemandangan indah dari jogging trackPemandangan indah dari jogging trackPemandangan indah dari jogging track. Foto: Gmap/Dedy Noerhasan

Terdapat jalur yang saling berhubungan di sekitar area taman. Jalan ini terbuat dari beton sehingga mudah untuk dilalui.

Wisatawan juga bisa memanfaatkan jalan setapak ini untuk berjalan-jalan santai. Sambil menikmati pemandangan, Anda bisa melihat keagungan Gunung Slamet di kejauhan.

Area disekitarnya yang hijau dengan rerumputan, tanaman taman dan pepohonan serta menawarkan pemandangan yang indah tersendiri. Selain itu, lingkungan sekitar danau memastikan semua orang terpesona oleh ketenangan danau.

Wisatawan bisa berjalan-jalan dan menikmati pemandangan.

Selain itu, sejumlah orang juga jogging di sekitar danau. Waktu yang tepat untuk jogging adalah pada pagi hari, saat matahari belum tinggi dan pengunjung belum banyak. Udara segar yang Anda nikmati di sini meningkatkan kesehatan Anda saat jogging.

Baca: Tiket & Aktivitas CURUG BAYAN Banyumas

Danau dengan ribuan ikan

Pengunjung berinteraksi langsung dengan memberi makan ikanPengunjung berinteraksi langsung dengan memberi makan ikanPengunjung berinteraksi langsung dengan memberi makan ikan. Foto: Gmap/Priyo Kuncoro Jati

Danau yang ada di taman ini tidak hanya menyediakan air yang jernih dan tenang. Tapi pemandangan ikan mas yang berenang dengan gembira.

Pemerintah sengaja menebar ribuan benih ikan sebelum membuka objek wisata ini. Sehingga wisatawan juga bisa menikmati pemandangan ikan-ikan yang ada di danau ini.

Sebanyak 15.000 ekor ikan dipelihara di kolam seluas 1.720 meter persegi tersebut. Umumnya ikan tersebut adalah Nila Merah dan Nila Hitam. Sementara itu, sebanyak 7.500 ekor ikan telah ditebar di kolam lain seluas 1.000 meter persegi. Nantinya akan ada 30.000 ekor ikan nila merah dan 15.000 ekor ikan nila hitam di seluruh kolam.

Namun pendistribusian benih ikan ini terjadi secara bertahap. Selain mempercantik pemandangan, pemerintah juga berencana membuka kawasan pemancingan. Artinya wisatawan bisa memancing dengan leluasa di danau tersebut.

Baca: LAGU CURUG Banyumas: Tiket dan Berbagai Kegiatan

Berbagai wahana seru anak-anak

Tempat bermain anak-anakTempat bermain anak-anakTempat bermain anak-anak. Foto: Gmap/Dwi Kartiko

Berbagai wahana seru tersedia di sini. Ada kereta mini yang membawa Anda ke tempat wisata. Ada juga skuter listrik yang juga bisa dikendarai di jalan setapak di area taman. Serta wahana mobil mini yang bisa membawa Anda berkeliling kawasan dengan mobil.

Mirip dengan wahana, anak-anak juga bisa bermain komidi putar dengan kuda-kuda lucu. Ada juga wahana ayunan mobil yang sangat unik.

Dimana anak-anak akan mengendarai mobil goyang dibandingkan berkendara di jalan raya. Serta virtual reality ride yang menghadirkan video-video seru dan seru.

Selain itu, wahana lainnya mendorong kreativitas dan aktivitas fisik anak. Ibarat wahana melukis dimana anak-anak bisa melukis sesuai kreativitas masing-masing.

Wahana trampolin dimana anak-anak bisa bersenang-senang sambil melompat di atas trampolin. Serta taman bermain dengan berbagai permainan seru yang disukai anak-anak.

Baca: Tiket dan Aktivitas Kebun Raya Baturraden

Nikmati kuliner di tepi danau

Keunikan lainnya dari objek wisata ini adalah wisatawan dapat menikmati kuliner di tepi danau. Tersedia perahu berkapasitas enam orang.

Ada payung di atasnya yang memberikan keteduhan di atas perahu. Di atas kapal ini wisatawan bisa bersantai dan menikmati kuliner sambil menikmati pemandangan.

Saat ini terdapat sekitar 30 tempat makan di area taman. Mulai dari makanan berat, jajanan, makanan modern hingga makanan tradisional semuanya tersedia.

Wisatawan dapat berbelanja di gerai-gerai yang tersedia. Kemudian membawa makanan ke perahu dan berlayar melintasi danau sambil menikmati kuliner yang nikmat.

Makan sambil berlayar di atas kapal tentu akan menghadirkan suasana seru tersendiri. Dan tentunya wisatawan juga bisa mengambil foto di atas kapal. Dengan pemandangan danau yang menakjubkan sebagai latar belakang foto.

Fasilitas di Taman Mas Kemambang

Berbagai fasilitas umum dalam kondisi baik tersedia di sini. Terdapat tempat parkir yang luas, toilet, musala, dan pendopo di beberapa sudut taman. Terdapat juga gedung dan aula yang bisa disewa untuk berbagai acara. Sebaik gubuk dengan konsep unik dan kenyamanan yang baik.

Lokasi Taman Balai Kemambang Purwokerto

Taman ini terletak di Jalan Karang Kobar No. 9, Glempang, Bancarkembar, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas.

Lokasinya kurang lebih 21 kilometer dari kota Kabupaten Banyumas, waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Kini hanya berjarak 3 kilometer atau 5 menit berkendara dari Alun-Alun Purwokerto.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button