Tak Berkategori

Tiket Masuk dan Tempat Wisata Air Terjun Jenggala Januari 2024

Air Terjun Jenggala

  • Biaya masuk: Rp.15.000
  • Jam buka: 07.00 – 16.00
  • Nomor telepon:
  • Alamat lokasi : Jl. Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, 53152

Ternyata Banyumas merupakan salah satu destinasi wisata Memukul Dan Instagramable sejak 2016. Tempatnya Air Terjun Jenggala, air terjun menakjubkan yang tercipta dari pertemuan dua sungai. Objek wisata ini terkenal dengan rangkaian tiga air terjun yang mengalir dan dek selfie berbentuk hati. Air terjun ini bisa Anda temukan saat Anda berkunjung ke Dusun Kalipagu, Kabupaten Banyumas.

Biaya Masuk Air Terjun Jenggala

Pengunjung tidak perlu khawatir dengan biaya masuk Curug Jenggala. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, hanya Rp 15.000 dan berlaku pada hari kerja dan hari libur. Tiket masuk ini sudah termasuk biaya masuk ke tempat wisata di Kalipagu seperti Air Terjun Panganten dan Air Terjun Muntu.

Baca : Tiket Masuk CURUG BAYAN Banyumas dan Aktivitasnya

Jam buka Air Terjun Jenggala

Objek wisata air terjun ini dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 16.00. Biasanya air terjun ini menjadi tujuan wisata keluarga yang populer saat musim liburan.

Pesona Air Terjun Jenggala Banyumas

Air Terjun JenggalaAir Terjun JenggalaPemandangan Curug Jenggala dengan empat air terjun dari sungai Mertelu dan Banjaran – Foto: Google Maps/Taufik Muhammad

Curug Jenggal merupakan air terjun yang tingginya sekitar 30 meter di Banyumas. Air terjun ini merupakan salah satu rangkaian air terjun yang ada di kawasan Gunung Slamet. Sebelumnya Curug Jenggala bernama Curug Tempuan, menandakan letaknya di pertemuan Sungai Banjaran dan Sungai Mertelu.

Tempat wisata ini semakin banyak diminati pengunjung terutama kalangan muda setelah menjadi tempat selfie yang indah dan menarik. Meski memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencapainya, namun akses jalan menuju air terjun kini sudah sangat rapi dan tertata. Pemandangan alam Gunung Slamet yang masih hijau dan terawat membuat Anda lupa akan rasa penat.

Baca: Air Terjun Cipendok Pamerkan Keindahan Alamnya

Jalur pendakian yang mempesona

Aliran pipa pembangkit listrik tenaga airAliran pipa pembangkit listrik tenaga airAliran pipa PLTA Ketenger yang menghiasi jalur pendakian menuju air terjun – Foto: Google Maps/Setyo Budi Utomo

Untuk menuju air terjun, pengunjung harus berjalan kaki dengan jarak sekitar 800 meter. Jalan ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau dengan ojek. Kendaraan pribadi bisa diparkir di pekarangan rumah warga.

Jalan yang harus dilalui dari tempat parkir merupakan jalan setapak yang terawat baik, beraspal batu, lebar 1 meter. Jangan khawatir karena selama perjalanan wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan kawasan sekitar. Mulai dari pipa PLTA Ketenger, persawahan dan kebun serta Gunung Slamet tampak di kejauhan. Berhati-hatilah saat memasuki kawasan hutan karena kondisi jalan semakin terjal, terjal dan licin.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Caping Park Purwokerto

Panorama yang indah

jejakjejakJalan setapak menuju lokasi Curug Jenggala tertata rapi – Foto: Google Maps/Rasito HS

Setelah menyusuri jalan setapak, pengunjung sampai di Gerbang Jenggala. Dari sini hanya berjarak 150 meter menuju air terjun. Jika ada waktu, kunjungilah Sendang Candrakirana sebelum melanjutkan perjalanan. Mata air ini memiliki air terjun kecil dan mengambil air langsung dari mata air pegunungan sehingga jernih dan bersih.

Air Terjun Jenggala berjarak 150 meter melalui jalan berbatu. Panorama ketiga air terjun dari atas tebing akan langsung menyambut wisatawan. Jika ingin melihat lebih dekat, Anda hanya perlu menuruni tangga batu dan jembatan.

Baca : Tiket Masuk Air Terjun Jumog dan Kegiatannya

Karena arus deras dan limpasan air, dilarang berenang dan bermain air di dekat air terjun. Namun pengunjung tetap bisa menikmatinya dari tepian sungai atau dari bebatuan yang berserakan di sungai. Angin meniup tetesan air dan memberikan udara sejuk.

Tempat selfie Memukul

Spot Selfie Love Deck Curug JenggalaSpot Selfie Love Deck Curug JenggalaSelfie deck berbentuk hati, simbol wisata alam Curug Jenggala – foto; Google Maps/Ilham Wahyu Alfian

Keistimewaan dari objek wisata Curug Jenggala ini adalah adanya dek berbentuk hati yang langsung menghadap ke air terjun dari atas tebing. Berfoto di dek ini memberikan pengunjung latar belakang panorama Curug Jenggala secara keseluruhan. Dek ini merupakan tempat penting untuk mengabadikan kenangan perjalanan di sini.

Tempat lain yang juga cocok dijadikan spot foto bagus adalah Jembatan Cinta. Jembatan ini terletak di bawah tebing dan melintasi sungai yang mengalir dari air terjun ini. Awalnya jembatan ini hanyalah jembatan bambu sederhana. Setelah menyaksikan proses tersebut, jembatan besi warna-warni ini kini menjadi simbol Air Terjun Jenggala yang tidak boleh dilewatkan.

Baca: PARIWISATA BATURRADEN 14 Kawasan Wisata Pilihan

Tempat wisata terdekat

Dek cinta gandaDek cinta gandaSelfie deck dengan pemandangan PLTA Ketenger – Foto: Google Maps/Fafa Fatimah

Baca: 7 Tempat Wisata di Banyumas Paling Seru

Setelah Anda puas dengan keindahan Air Terjun Jenggala, tidak ada salahnya mengunjungi tempat wisata lain di kawasan tersebut. Selain Sendang Candrakirana, ada lagi selfie deck berbentuk dua hati yang bertumpuk. Dek ini menawarkan pemandangan langsung Bendungan Pembangkit Listrik Tenaga Air Ketenger.

Tak jauh dari PLTA DAM ada lagi air terjun yang tak kalah indahnya yaitu Curug Muntu. Air terjun lain di sekitar Curug Jenggala antara lain Air Terjun Panganten dan Air Terjun Cipokol yang mempesona. Ada juga Pancuran Tujuh atau Pancuran Pitu, sumber air panas alami dengan tujuh air mancur unik.

Baca: 6 Tempat Wisata di Baturraden Paling Menarik

Fasilitas Air Terjun Jenggala

Fasilitas yang tersedia di kawasan objek wisata ini antara lain tempat parkir, toilet, ruang ganti, musala, dan warung makan. Berbagai jenis akomodasi tersedia di sekitar kawasan wisata. Jika tidak bisa berjalan kaki, bisa menggunakan ojek dengan tarif tertentu.

Lokasi Air Terjun Jenggala

Curug Jenggala merupakan bagian dari kompleks desa wisata Kalipagu. Lokasinya terletak di Jalan Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Waktu tempuh dari Purwokerto menuju objek wisata ini sekitar 30 hingga 45 menit dengan kendaraan pribadi. Rutenya lewat Baturaden lewat Jalan Raya Baturaden sampai pertigaan Desa Ketenger lalu berbelok ke arah Curug Bayan. Sesampainya di Curug Bayan, pilihlah jalan hingga ke Dusun Kalipagu.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button