Tempat Wisata

Tiket Masuk dan Tempat Wisata Kebun Raya KUNINGAN Januari 2024

Kebun Raya Kuningan

  • Biaya masuk: Rp4.000 – Rp6.000
  • Jam buka: Pukul 08.00 – 17.00 WIB
  • Nomor telepon: 0895-1318-9844
  • Alamat Lokasi : Desa Padabeunghar, Sawah, Kuningan, Jawa Barat, Indonesia, 45474

Kebun Raya Kuningan merupakan objek wisata taman dengan rangkaian bunga langka dan berwarna-warni. Terletak di kaki Gunung Ciremai, pemandangan indah Cirebon dan pesisir Laut Jawa terlihat jelas. Destinasi wisata ini disebut sebagai kebun raya terunik di Indonesia karena kekayaan batunya yang bertemakan.

Objek wisata ini merupakan kebun raya terbesar dan terluas di Indonesia. Seluas 156 hektar, kebun raya ini menjadi rumah bagi 23.000 spesies tumbuhan. Tumbuhan khasnya memiliki daun dan bunga berwarna kuning, itulah sebabnya kebun raya ini dikenal juga dengan nama Taman Kuning.

Biaya masuk ke Kebun Raya Kuningan

Saat memasuki kawasan wisata Botanical Garden, tiket masuknya masih sangat murah. Harga masuknya kini berbeda untuk anak-anak dan dewasa. Kemudian tiket masuk ke Kebun Raya Kuningan mulai dari Rp 4.000 hingga 6.000 saja.

Jenis tiket Harga tiket
Tiket masuk dewasa Rp6.000
Tiket masuk untuk anak-anak Rp 4.000
Parkir untuk sepeda motor, mobil, bus Rp 3.000, Rp 6.000, Rp 11.000

Biaya masuk ke Kebun Raya Kuningan

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Taman Rekreasi Gunung Kuningan

Jam buka Kebun Raya Kuningan

Wisatawan dapat mengunjungi kebun raya setiap hari. Kebun Raya Kuningan buka mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 05.00 sore.

Kegiatan wisata di Kebun Raya Kuningan

Kebun raya ini kini menjadi objek wisata murni buatan pertama di Indonesia. Kebun Raya dan tempat wisata serupa pada khususnya merupakan peninggalan kolonial. Lokasi objek wisata ini berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).

Menampilkan koleksi tanaman unik dengan ciri khas taman batu bertema. Di puncak musim liburan, ribuan pengunjung berduyun-duyun ke Kebun Raya.

Baca: Tiket Masuk Wisata Cibulan Kuningan dan Aktivitas

Keunikan batuan vulkanik

Salah satu keistimewaan tempat wisata ini adalah banyaknya batuan vulkanik berukuran besar. Menariknya, bebatuan tersebut berada dalam posisi artistik yang cocok untuk dijadikan tempat berfoto.

Batu-batu indah ini tersebar di sepanjang jalan menuju Kebun Raya dan menghiasi banyak sudut. Alun-alun batu ini tidak hanya unik sebagai backdrop foto, namun juga menjadi objek wisata edukasi.

Baca: Tiket Masuk, Jam Buka, Kegiatan, Fasilitas dan Lokasi Kebun Raya Bogor

Hirup udara segar yang kaya oksigen

udara segar di kawasan wisata Kebun Raya Kuninganudara segar di kawasan wisata Kebun Raya KuninganMenghirup udara sejuk alami Kebun Raya Kuningan memberikan efek relaksasi bagi wisatawan. Foto: Instagram/jhafar_jheff

Keberadaan kebun raya membantu 45% kawasan lindung di Provinsi Jawa Barat. Pepohonan di Kebun Raya berperan sebagai “penyimpan oksigen” bagi kebutuhan oksigen Indonesia. Fungsinya juga untuk menyerap karbon dioksida untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Saat memasuki cagar alam ini, wisatawan akan merasakan udara segar yang mengundang. Menghirup udara sejuk alami memberikan efek relaksasi bagi wisatawan.

piknik

Berada di ketinggian 870 mdpl di kaki Gunung Ciremai, Kebun Raya Kuningan mempunyai penampakan yang sangat sejuk. Kebun raya ini merupakan taman rekreasi alam yang paling berkesan jika dikunjungi bersama keluarga. Di sini wisatawan dapat duduk santai dan piknik bersama keluarga.

Kagumi panorama area tersebut

Landmark patung kuda kuninganLandmark patung kuda kuninganMendaki ke landmark Patung Kuda Kuningan, wisatawan dapat melihat pemandangan area tersebut secara 360°. Foto: Instagram/trisno_6971

Sejauh mata memandang, terdapat perbukitan, pepohonan rindang yang mengelilingi taman, dan zona tematik. Seperti Rock Garden, Taman Awi (Kebun Bambu) dan Taman Endemik Ciremai. Persawahan di sekitar kawasan juga turut menambah daya tariknya sebagai objek wisata alam.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Sangkan Resort Aqua Park Kuningan

Menanjak juga Fitur tamasya Dengan adanya patung kuda kuningan, wisatawan dapat menikmati panorama kebun raya secara 360°. Topografinya berbukit-bukit dengan ketinggian 490–870 meter di atas permukaan laut dan sebagian batuan vulkaniknya. Sisi barat dilalui oleh Sungai Cipari, dengan salah satu cekungan melintangnya menjadi danau alami.

Jelajahi koleksi tanaman

Pemandangan puncak Kebun Raya KuninganPemandangan puncak Kebun Raya KuninganHalaman Kebun Raya dapat dilihat dari atas. Foto: Instagram/genpikuningan

Wilayah Kebun Raya Kuningan dibagi menjadi sembilan zona untuk koleksi tumbuhan berbeda. Wisatawan yang datang menghabiskan sebagian besar waktunya berjalan-jalan di sekitar taman. Jumlah tanaman yang terdaftar di kawasan ini sejauh ini lebih dari 20.000 spesimen.

Saat menjelajahi taman, wisatawan akan menemukan pembagian tanaman menjadi 114 petak. Beberapa taman yang ditata berdasarkan wilayah dan tema juga menambah daya tariknya.

Berfoto di Taman Kuning

Kawasan taman Kebun Raya KuninganKawasan taman Kebun Raya KuninganKawasan Taman Kuning menjadi tujuan utama wisatawan yang datang ke sini, khususnya untuk fotografi. Foto: Instagram/nidahasanah06

Dengan berbagai taman hiburan dan bebatuan vulkanik yang artistik, fotografi adalah aktivitas yang populer. Berjalan menuruni tangga dan jalan setapak menuju beberapa taman dengan tanaman berbeda. Salah satunya Taman Kuning yang banyak dikunjungi wisatawan untuk berfoto.

Kawasan Taman Kuning menjadi tujuan wisata utama. Berbagai tanaman berbunga kuning ditata rapi sehingga menarik wisatawan untuk berfoto. Banyak wisatawan yang lebih mengenal nama kebun raya ini dengan sebutan Taman Kuning.

Selain taman kuning, juga terdapat berbagai fasilitas unik dan zona tematik. Ada juga air mancur berbentuk bulat yang dihiasi bunga begonia warna-warni. Pemandangan keindahan alam sekitar juga menjadi latar belakang yang menarik untuk mengabadikan momen liburan.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Air Terjun Putri Palutungan

Kegiatan outbound di Kebun Raya Kuningan

Outbound merupakan salah satu kegiatan yang banyak digemari wisatawan yang datang bersama rombongan ke Kebun Raya KuninganOutbound merupakan salah satu kegiatan yang banyak digemari wisatawan yang datang bersama rombongan ke Kebun Raya KuninganOutbound merupakan salah satu kegiatan yang paling digemari wisatawan yang bepergian secara berkelompok. Foto: Instagram/sfitriyantih

Keluar adalah salah satu kegiatan paling populer bagi wisatawan yang bepergian secara berkelompok. Biasanya kegiatan ini dipilih baik sebagai program wisata maupun sebagai pelatihan dasar kelembagaan.

Kegiatan outdoor ini juga dapat mempererat hubungan antar anggota kelompok. Dengan suasana alamnya, kawasan wisata ini sangat digemari wisatawan keluar.

Menginap

Cottage desain rumah panggung dengan konsep eco designCottage desain rumah panggung dengan konsep eco designCottage berdesain rumah panggung dengan konsep eco-design tersedia untuk akomodasi di area kebun raya. Foto: Instagram/cirebontrending

Bagi wisatawan yang ingin bermalam, Kebun Raya sangat ideal Tempat perkemahan. Tempat ini cocok bagi wisatawan yang suka beraktivitas di luar ruangan.

Ada pula cottage berdesain rumah panggung dengan konsep eco-design. Kumpulan bangunan akomodasi unik ini juga menarik untuk dijadikan tempat berswafoto.

Perabot

Kebun Raya Kuningan memiliki fasilitas yang cukup memadai. Misalnya mushola, toilet, tempat parkir, dan gedung pertemuan. Sejak dibuka kembali untuk kunjungan umum pada Januari 2018, berbagai fasilitas penunjang wisata telah dilengkapi.

Lokasi Kebun Raya Kuningan

Taman wisata alam ini terletak di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Situs ini terletak di lereng barat daya dan berbatasan langsung dengan kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai.

Jarak tempuh dari pusat Kota Kuningan sekitar 80 menit dan dari Kota Cirebon 1,5 jam. Aksesnya bisa lewat jalur Ciracas-Pabeunghar.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button