Tempat Wisata

Tiket Masuk KAWAH RATU dan Atraksi Menakjubkan Agustus 2023

kawah ratu Biaya masuk: 15.000 hingga 250.000 Rp. Jam buka: 07.00 – 16.00. Nomor telepon: . Alamat/Lokasi: Gunung Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810

kawah ratu masih menjadi bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak bisa menjadi pilihan trekking yang dekat dengan ibu kota. Menawarkan pemandangan alam yang indah dan kawah belerang yang eksotis. Ditambah lagi dengan panorama perbukitan hijau dan hutan pinus, sangat cocok bagi yang ingin menghilangkan penat.

Selain itu, udara di sekitar kita masih sangat sejuk. Selain itu, semakin hangat di kawasan Kawah Ratu, di mana uap panas keluar. Berbagai kegiatan bisa dilakukan di sini, mulai dari trekking Membuat foto. Wisatawan juga bisa berkemah di kawasan wisata ini di medan yang sudah tersedia.

Tiket masuk ke kawah Ratu Bogor

Tiket masuknya relatif murah untuk objek wisata ini. Hanya saja wisatawan harus membayar biaya ketika memasuki kawasan wisata Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Selain tiket masuk, wisatawan dikenakan biaya parkir tergantung kendaraannya.

Tiket masuk Kawah Ratu
tiket masuk TNGHS 15.000 Rp
Tiket masuk Kawah Ratu 15.000 Rp
pemandu wisata 250.000 Rp

Baca juga: 5 Puncak Pendakian Gunung di Bogor

Jam Operasional Kawah Ratu Bogor

Tempat wisata ini bisa dibuka dari pagi hingga sore hari. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah pada pagi hari. Suasana pagi yang sejuk akan menyenangkan saat Anda menghabiskan waktu di kawasan kawah.

jam operasi
Sehari-hari 07.00 – 16.00 WIB

Keajaiban keindahan Kawah Ratu Gunung Salak

Warna biru air di kawahWarna biru air di kawah. Foto: Gmap/Jefry Putra Tanjung

Kawah Ratu merupakan kawah yang terbentuk akibat letusan Gunung Salak. Letusannya sangat dahsyat sehingga menciptakan kawah yang dipenuhi belerang. Biasanya kawah tersebut berada di puncak gunung namun berbeda dengan kawah Kawah Ratu yang berada di perut gunung. Di ketinggian sekitar 800-900 meter di atas permukaan laut.

Daerah ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Batu-batu tak beraturan tersebar di berbagai tempat membuatnya begitu berornamen. Bersama air biru tosca dari kawah menjadi daya tarik tersendiri. Jika dilihat dari bawah, airnya berwarna kuning yang menandakan kandungan belerang di sini.

Asap putih mengepul di beberapa tempat, justru yang kandungan belerangnya cukup tinggi. Kepulan asap ini tidak mengaburkan pandangan tetapi menciptakan efek yang unik. Apalagi jika diabadikan dalam kamera. Pemandangan danau yang indah dengan bebatuannya dan asap putih yang keluar membuatnya terlihat semakin cantik.

Baca: Tiket Masuk Gunung Salak dan Beragam Aktivitas Alam

mata air dan mata air belerang

Daerah kuning menunjukkan kandungan belerang yang tinggiDaerah kuning menunjukkan kandungan belerang yang tinggi. Foto: Gmap/JOE Temerluhline

Di kawasan kawah, mata airnya mengandung belerang karena kawahnya sendiri masih aktif. Di beberapa tempat belerang yang terkandung tidak terlalu tinggi. Beberapa wisatawan menyempatkan diri menggunakan belerang ini untuk melumuri tubuh dan wajah mereka. Belerang biasa digunakan dalam masker alami yang dipercaya dapat menutrisi kulit.

Beberapa orang percaya bahwa belerang dapat membuat kulit tampak lebih muda. Dan ada juga yang percaya bahwa belerang ini bisa menyembuhkan penyakit kulit. Terdapat sumber air panas tidak jauh dari area kawah. Di sini wisatawan bisa merendam tubuh mereka di mata air ini.

Jika tidak ingin merendam tubuh, wisatawan bisa bersantai dengan merendam kaki. Perasaannya sangat unik, tubuh bagian atas terasa dingin sedangkan kaki terasa hangat. Kandungan belerang mata air ini tidak berbahaya sehingga aman bagi wisatawan. Namun jangan terlalu lama tentunya karena terlalu banyak menghirup belerang dapat menyebabkan pusing dan pingsan.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana HALIMUN HILLS Salak

Trekking ke Kawah Ratu

jejak batujejak batu. Foto: Gmap/Obie Savana

Untuk sampai ke Kawah Ratu hanya mungkin trekking. Sebelum trekkingWisatawan perlu menyiapkan pakaian dan sepatu dengan baik. Selain itu, perbekalan yang cukup seperti makanan dan minuman harus disediakan. Karena setelah gerbang taman nasional tidak ada lagi kios makanan.

Tak kalah penting, karena jalurnya, wisatawan juga perlu menyiapkan fisik trekkingtidak selalu miring. Dengan dominasi medan tanah dan bebatuan. Kemudian kadang-kadang sungai kecil harus diseberangi. Oleh karena itu, lebih baik jika Anda memakai alas kaki tahan air.

Beberapa trek menampilkan medan yang cukup ekstrim, bahkan dengan kemiringan hingga 90 derajat. Apalagi jika menyangkut kawasan hutan mati yang banyak pohon tumbang. Sehingga sesekali wisatawan harus memanjat bangkai pohon untuk melewatinya. Dan saat musim hujan, medan menjadi lebih sulit karena menjadi licin.

Berkemah di dekat kawasan Kawah Ratu

Perkemahan jauh dari kawahPerkemahan jauh dari kawah. Foto: Gmap/Hendi Yuda pratama

Wisatawan juga bisa menikmati suasana berkemah di sini. Ada tempat perkemahan yang dapat menampung banyak tenda. Tentu saja bumi perkemahan ini tidak berada di dekat kawah. Karena menjadi berbahaya jika wisatawan menghirup belerang dalam waktu yang lama.

Sambil berkemah, wisatawan bisa menikmati kawasan Kawah Ratu yang sejuk dan asri. Serta keunikan kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Kisah-kisah mistis kerap mewarnai sejarah Gunung Salak. Selain itu, gunung ini memiliki pemandangan yang mempesona.

Di pagi hari, wisatawan bisa merasakan keindahan matahari terbit. Apalagi jika bisa mendaki puncak Gunung Salak yang letaknya tidak jauh dari titik camp. Menikmati keindahan alam sambil menunggu matahari terbit. Tentu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Nikmati kuliner yang nikmat di kaki gunung

Padahal, tidak banyak warung yang ada di objek wisata ini. Warung terakhir pun berada tepat di depan gerbang objek wisata. Sebelum menuju kawah, wisatawan bisa menyiapkan perbekalan secukupnya. Berbelanja baik di kota atau di toko dekat gerbang depan.

Di kaki gunung ini terdapat beberapa mata air bersih yang mengisi persediaan air minum. Tapi tetap hati-hati, karena tidak semuanya bisa diminum. Hal ini disebabkan kandungan belerang yang terkandung di dalam air. Tentu saja, mabuk oleh orang bisa berbahaya.

Setelah turun dari kawah, wisatawan bisa menyempatkan diri untuk singgah di warung. Nikmati semangkuk pasta dan telur matang yang hangat dan lezat. Bertemanlah dengan minuman hangat yang menghangatkan tubuh secara instan. Sederhana, namun mewah jika dinikmati pada waktu dan tempat yang tepat.

Lokasi Kawah Ratu Bogor

Obyek wisata ini terletak di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Jaraknya sekitar 45 kilometer dari pusat kota Bogor dan perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button