Tempat Wisata

Tiket Penyembuhan Tebet Eco Park Gratis di Pusat Kota

Harga Tiket Masuk Tebet Eco Park: Gratis Jam Buka: 06:00 – 20:00 WIBNr. Telepon: 0215328454 Alamat: Jalan Tebet Barat Raya, RT.1/RW.10, Tebet Barat, Tebet, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia, 12820

Tak hanya mal dan kafe, kini Jakarta Selatan memiliki taman-taman cantik Ecopark Tebet (TEP). Salah satu ruang terbuka hijau dengan berbagai fasilitas menarik. Menjadi sarana rekreasi dan hiburan bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Sebenarnya tidak ada salahnya jika orang luar Jakarta berkunjung ke taman ini.

Memasuki pekarangan taman, pemandangan alam yang menghijau dan tatanan taman yang tertata rapi langsung memukau pengunjung. Berbagai fasilitas olahraga juga tersedia di taman ini. Meski baru dibuka pada April 2022, animo masyarakat masih tinggi. Pengunjungnya tidak hanya remaja, tetapi juga bayi hingga orang dewasa.

Biaya masuk ke Tebet Eco Park

Untuk menikmati taman ini, wisatawan tidak dipungut biaya apapun. Namun tidak bisa asal ikutan, harus daftar dulu di aplikasi JAKI. Setelah itu wisatawan akan mendapatkan barcode yang memungkinkan akses ke taman. Kunjungan hanya dibatasi hingga 4.000 pengunjung pada hari kerja atau 5.000 pada akhir pekan.

Biaya masuk
tiket masuk Gratis

Baca: Harga Makanan dan Tempat Wisata Kota Tua Shanghai Sedayu City

Jam buka Tebet Eco Park

Obyek wisata ini bisa dikunjungi kapan saja dari pagi hingga sore hari. Jika ingin menikmati suasana yang sejuk, wisatawan bisa datang pada pagi hari. Sore hari adalah waktu yang tepat untuk bersantai di bawah pohon yang rindang. Sore hari tepat untuk berolahraga di area taman.

jam operasi
Setiap hari 06:00 – 20:00

obat Pusat kota di Tebet Eco Park

Ecopark TebetEcopark Tebet. Foto: Gmap/Oky Susanto

Ecopark Tebet (TEP) merupakan taman kota yang berdiri di atas lahan seluas 7,3 hektar. Taman ini dulunya terpisah, yaitu Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan. Kini kedua lokasi tersebut digabung menjadi satu, yaitu Tebet Eco Park. Selain semakin luas, kawasan ini juga dipenuhi pepohonan dan tanaman hijau yang asri.

Di sini, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas outdoor. Mulai dari jalan santai, olahraga, duduk santai dan juga ada arena bermain untuk anak-anak. Wisatawan juga bisa berjalan-jalan di bekas rawa-rawa yang menjadi kawasan indah saat ini. Suasananya asri, rindang, hijau dan segar, seperti di pedesaan padahal di pusat kota.

Uniknya, Anda tidak bisa begitu saja memasuki taman ini. Traveler harus melakukan reservasi melalui aplikasi bernama JAKI. Para wisatawan dipandu untuk mengisi beberapa informasi tentang rencana kunjungan. Setelah itu, Anda akan menerima kode yang dapat digunakan sebagai syarat memasuki taman.

Baca: Tiket Taman Mini Indonesia Indah TMII & 10 Wahana

Berjalanlah di Jembatan Tautan Infinity yang Unik

Jembatan Infinity Link menyala di malam hariJembatan Infinity Link menyala di malam hari. Foto: Gmap/Myra Kelana

Infinity Link Bridge sepertinya menjadi ikon dari taman ini. Penghubung antara Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan. Berupa jembatan dengan dermaga berundak berwarna merah. Warna ini senada dengan Pohon Leda dan pohon-pohon lain yang dibelah oleh jembatan.

Meski menghubungkan, jembatan ini bukan sekadar jembatan lurus. Tapi itu melengkung seperti angka delapan memotong pepohonan, seolah-olah jembatan itu berlindung di bawah pepohonan.

Wisatawan bisa berjalan-jalan santai di sini atau jogging di atas jembatan. Di siang hari, pemandangan merah-hijau tampak kaya kontras dan harmonis. Dan pada malam hari, pemandangannya semakin indah karena jembatan ini diterangi dengan lampu hias. Warna merah menjadi lebih cerah dengan bantuan sinar lampu warna-warni.

Baca: Tiket & Wahana TAMAN LEGEND TMII

Pelajari dan kumpulkan di kebun komunitas

kebun masyarakatkebun masyarakat. Foto: Gmap/Bintang Akbar Maulana

Taman masyarakat merupakan tempat dimana masyarakat dapat melakukan kegiatan. Seperti bercocok tanam, berkebun dan kegiatan pendidikan alam lainnya. Tempat ini dulunya adalah taman kanak-kanak, yang kemudian diubah.

Berpetualang di taman bermain anak-anak

Taman bermain anak-anak di Tebet Eco ParkArea taman bermain anak-anak. Foto: Gmap/Imam Fauzie

Taman bermain anak atau taman bermain anak di sini memiliki jenis permainan yang berbeda-beda. Simbol di kawasan ini adalah buaya coklat raksasa. Buaya ini merupakan arena bermain yang bisa dimasuki anak-anak. Pada bagian gigi buaya diganti dengan tali sehingga bisa digunakan untuk bermain dengan gantungan.

Ada juga area pendakian di atas bukit buatan. Dimana terdapat bukit buatan dengan kemiringan hingga 45 derajat dan alas dari rumput buatan. Di rerumputan terdapat tangga untuk memanjat, serta tali untuk memanjat. Di arena ini, anak-anak bisa melatih keberanian dan ketangkasan mereka.

Selain itu, terdapat daerah dengan bukit-bukit kecil yang berfungsi sebagai perosotan. Ada juga aktivitas memanjat dan merangkak yang seru di area terowongan. Seluruh area bermain bermandikan warna-warna cerah. Untuk menambah keseruan anak saat bermain.

Baca: Tiket JAKARTA AQUARIUM & 9 Tempat Wisata Unik

Berjalan di sepanjang rawa

Jalan Lebar Lahan BasahJalan Lebar Lahan Basah. Foto: Gmap/Opal Raufal

Area unik yang disebut Wetland Boardwalk atau Marshland. Rawa biasanya identik dengan sesuatu yang menyeramkan, buaya dan banjir. Namun tidak dengan rawa-rawa di Tebet Eco Park yang justru menyuguhkan keindahan tersendiri.

Ruang hijau dengan pepohonan, gulma, dan rerumputan hijau subur. Ada jalan melintasi rawa-rawa yang lebih mirip jembatan. Alas jembatan terbuat dari kayu yang kuat dan pagar pengaman terbuat dari kayu dan besi. Jembatan ini ditopang beton yang kuat agar tidak mengganggu kawasan rawa.

Fungsi kawasan ini tidak hanya untuk menciptakan kawasan yang indah dan menarik. Daerah ini juga berfungsi sebagai perlindungan banjir dan untuk meningkatkan kualitas air. Melalui tanaman yang dapat mendukung penjernihan air. Sehingga air yang berasal dari taman bagian utara merupakan air bersih.

Baca: Tiket & Wahana ECOPARK ANCOL

Fasilitas Tebet Eco Park

Obyek wisata ini telah menyediakan fasilitas umum yang cukup lengkap. Seperti kursi taman, tempat parkir, toilet, mushola, alat fitnes dan persewaan makanan dan minuman. Namun, ada juga beberapa pantangan yang diterapkan untuk menjaga area parkir tetap bersih dan nyaman. Misalnya, larangan sampah, perusakan taman, dan larangan membawa hewan peliharaan.

Lokasi Tebet Eco Park

Taman kota ini terletak di Jalan Tebet Barat Raya, RT.1/RW.10, Tebet Barat, Kecamatan Tebet, Kota Jakarta Selatan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button