Tempat Wisata

Tiket Ranu Gumbolo Tulungagung & Aneka Pesona Januari 2023

Harga Tiket Masuk Ranu Gumbolo : Rp 6.000 – Rp 8.000. Jam buka: 06.00 WIB – 17.00 WIB. Nomor telepon : -. Alamat: Bantengan, Mulyosari, Pagerwojo, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia, 66291.

Ranu Gumbolo adalah wisata danau alam di desa Mulyosari Tulungagung. Sekilas namanya mirip dengan danau di jalur pendakian Gunung Semeru, yaitu Ranu Kumbolo. Pasalnya, Ranu Gumbolo disebut-sebut memiliki pemandangan yang mirip dengan danau yang terkenal dengan film “5cm”. Pesona hijaunya air dengan hutan pinus menjadi daya tarik utama kawasan wisata ini. Kawasan yang berada di kawasan hutan menambah kesan asri.

Berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Tulungagung, tempat wisata ini memiliki pesona danau alam yang begitu indah. Hal ini ditambah dengan berbagai wahana yang menambah keseruan. Selain itu, luasnya hutan pinus yang mengelilingi kawasan danau menambah eksotisme kawasan tersebut. Udara sejuk dan angin sepoi-sepoi membuat tempat ini sempurna untuk melepas lelah dari kehidupan sehari-hari.

Biaya masuk ke Ranu Gumbolo

Untuk berwisata ke Ranu Gumbolo, wisatawan harus membayar tiket masuk yang sangat terjangkau. Terdapat perbedaan harga tiket antara weekday dan weekend atau hari libur. Dengan tiket masuk yang sangat murah, wisatawan sudah bisa melihat keindahan alam yang luar biasa.

Tiket masuk Ranu Gumbolo
Tiket masuk untuk hari biasa Rp6.000
Tiket masuk weekend/hari libur Rp 8.000
Pertanggungan Rp500
Taman
sepeda motor Rp 2.000
mobil Rp5.000

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Jambooland Water Park Tulungagung

Jam buka Ranu Gumbolo

Jam buka kawasan wisata ini dari pagi hingga sore hari. Disarankan untuk mengunjungi pada hari-hari cerah. Karena jika hujan, kawasan wisata ini akan licin karena jalannya masih berupa tanah bertingkat.

jam buka
Setiap hari 06.00 WIB -17.00 WIB

Pesona Ranu Gumbolo dengan hutan pinus

Danau yang indah dengan air hijauArea danau dengan pemandangan hutan pinus. Foto: Gmaps/Husain Qolbi

Datang ke tempat ini, wisatawan langsung disambut oleh pemandangan danau dengan air yang berwarna hijau. Yang lebih eksotis lagi adalah deretan perbukitan yang seakan membingkai kawasan danau. Kehadiran hutan pinus yang mengelilingi kawasan danau memberikan kesan asri nan menenangkan.

Jika anda berkunjung ke Tulungagung, sayang sekali jika melewatkan tempat wisata yang satu ini. Karena lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota. Danau ini hanya berjarak sekitar 25km dari pusat kota dan hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mengunjunginya. Berbagai aktivitas seru ditawarkan di sini, mulai dari naik perahu dan pedal boat, jalan-jalan dari gardu pandang, berkemah, memancing, dan masih banyak lagi.

Baca: Tiket Masuk, Wahana, dan Aktivitas Pantai Gemah

Berbagai wahana air

Wisatawan dapat berjalan-jalan menyusuri permukaan air menggunakan wahana yang tersedia. Ada persewaan perahu kayuh di sekitar danau. Wisatawan bisa mengendarai sepeda air dan menikmati keindahan kawasan hutan dari perairannya.

Selain perahu kayuh, tersedia pula perahu bambu untuk mengantar wisatawan ke tengah danau. Air yang beriak dan suasana sejuk di sekitar danau akan menemani perjalanan wisatawan menggunakan perahu.

Baca: Tiket Masuk Pantai Sanggar & Pemandangan Menakjubkan

Bersantai di kawasan hutan pinus

Bersantai di tempat tidur gantung di Ranu GumboloWisatawan bisa menyewa hammock di Ranu Gumbolo untuk bersantai. Foto: Gmaps/Javenese outdoor.

Salah satu tempat yang paling diminati wisatawan adalah kawasan hutan pinus. Di sini wisatawan bisa menggelar tikar dan bersantai. Dari sini Anda memiliki panorama lanskap danau yang indah.

Atau Anda bisa bersantai dan berayun di tempat tidur gantung. Untuk menyewa tempat tidur gantung, Anda cukup menyerahkan KTP dan membayar harga yang terjangkau. Tidak ada batasan waktu untuk penyewaan hammock ini.

Jika Anda datang pada hari kerja disarankan untuk membawa makanan sendiri dari luar. Karena penjual makanan biasanya hanya buka di akhir pekan.

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi GUNUNG BUDHEG

Wahana Flying Fox

Jika mencari aktivitas yang seru dan menantang, wisatawan bisa mencoba wahana flying fox. Flying fox di tempat wisata ini cukup memompa adrenalin saat meluncur di atas danau. Sambil bermain, Anda bisa menikmati sensasi terbang dengan pemandangan hijaunya air di bawah.

posisi

Danau dengan anjungan pandangWisatawan dapat naik ke gardu pandang untuk melihat pemandangan alam dari atas. Foto: Gmaps/Pak Kecik

Untuk mendapatkan view area danau yang lebih luas, wisatawan bisa naik ke gardu pandang. Tempatnya berada di kawasan hutan pinus. Dari atas gardu pandang, pesona danau yang luar biasa dan kawasan hutan di sekitarnya terlihat jelas. Hutan yang mengelilingi kawasan danau sangat hijau dan asri karena merupakan hutan lindung dan direboisasi secara intensif.

Di atas gardu pandang, wisatawan juga bisa berfoto dengan latar belakang yang indah. Danau yang airnya berwarna hijau ini berpadu dengan bukit-bukit di sekitarnya sehingga menjadi objek foto yang sangat menarik.

penangkapan ikan

Bagi para pemancing, danau ini bisa menjadi tempat memancing yang menyenangkan. Berbagai jenis ikan berukuran kecil hingga sedang banyak ditemukan di perairan danau ini. Mancing ditemani pemandangan indah dan udara sejuk tentu menjadi suguhan tersendiri.

berkemah

danau untuk berkemahRanu Gumbolo sangat menarik untuk berkemah karena kawasannya masih sangat asri dan alami. Foto: Gmaps/Dinar Rizky Yuangga

Kawasan wisata Danau Ranu Gumbolo juga sangat menarik untuk dijadikan tempat berkemah. Kawasan yang masih asri menjadi nilai tambah mengapa tempat ini sangat cocok untuk kegiatan berkemah. Suasana sepi di malam hari dan indahnya pemandangan di pagi hari menjadi daya tarik tersendiri. Di pagi hari, wisatawan bisa melihat momen matahari terbit. Selain itu, pemandangan alam yang masih diselimuti kabut tipis menambah pesona dramatisnya.

Fasilitas Ranu Gumbolo

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini cukup lengkap dan memadai. Ada tempat parkir, toilet, gazebo, warung kuliner dan juga mushola.

Lokasi Ranu Gumbolo

Obyek Wisata Ranu Gumbolo terletak di Bantengan, Mulyosari, Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung. Terletak di sebelah barat Tulungagung dan berjarak sekitar 25 km dari pusat kota. Obyek wisata menarik lainnya juga berada di dekat danau ini, yaitu Waduk Wonorejo.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button