Tempat Wisata

Tiket TAMAN BUNGA NUSANTARA & 9 Zona Parkir

Harga tiket masuk Taman Bunga Nusantara: Rp 50.000. Jam buka: 09:00-17:00 WIB. Nomor Telepon: 02263581617. Alamat: Jalan Mariwati KM.7, Kawungluwuk, Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, 43254.

Taman bunga nusantara mengusung konsep objek wisata yang mengangkat tema agrowisata di Indonesia. Taman yang dibuka pada tahun 1992 ini juga menjadi pelopor agrowisata lainnya seperti di Malang & Bandung. Tempat wisata ini mengusung konsep yang unik dan sarat dengan nilai edukasi.

Taman Bunga Nusantara diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1995. Baru-baru ini menjadi salah satu tempat liburan paling populer, terutama bagi warga Jakarta. Lokasinya yang berada di dekat Gunung Gede tidak serta merta mengurangi keindahan alam dan kesegaran udara sekitar.

Harga tiket masuk Taman Bunga Nusantara

Harga tiket masuk Taman Bunga Nusantara cukup terjangkau mengingat pengalaman yang mendebarkan. Berbagai jenis tiket masuk Taman Bunga Nusantara Di bawah ini adalah beberapa kegiatannya.

Tiket masuk Taman Bunga Nusantara
tiket masuk Rp 50.000
Tiket trem eksotis Rp 70.000
Tiket untuk trem taman Rp60.000
Tiket Hero Wiri Rp 20.000
Tiket masuk rumah kaca Rp5.000

Baca: Taman Safari Cisarua Bogor: Tiket Masuk, Aktivitas Satwa dan Atraksi

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum berkunjung:

  1. Harus mengikuti protokol kesehatan di area taman.
  2. Tiket berlaku mulai 4 tahun.

Baca: 29 TEMPAT WISATA DI BOGOR Paling Spektakuler

Jam buka Taman Bunga Nusantara

Wisatawan bisa datang dari pagi hari. Waktu tutup sampai jam 5 sore. Taman ini buka setiap hari. Baik hari kerja maupun akhir pekan. Bahkan di tanggal merah atau hari libur nasional, jam operasionalnya sama dengan hari biasa. Bagi pengunjung yang ingin istirahat lebih mudah dan nyaman bisa datang kapan saja hari dalam seminggu. Karena ketika akhir pekan Taman Bunga Nusantara akan penuh dengan pengunjung lainnya.

jam buka
Setiap hari 09.00 – 17.00 WIB

Baca: Simak Kelucuan Panda di Taman Safari Panda Palace

Wahana dan aktivitas di Taman Bunga Nusantara

Taman bunga tertata rapiBerbagai jenis bunga tertata rapi di taman bunga nusantara. Foto: Google Maps/Poetra Negri

Wisatawan yang ingin menyegarkan pikiran setelah seminggu penat bisa menghabiskan akhir pekan di sini. Seperti namanya, pengunjung dapat menikmati pemandangan area yang luas dengan berbagai jenis bunga yang indah.

Taman Bunga Nusantara memiliki banyak wahana dengan rerumputan dan bunga yang indah. Sangat cocok sebagai objek foto instagrammable. Misalnya French Garden yang memiliki penataan tanaman yang indah dan tertata rapi.

Pengunjung bisa mencoba mengabadikan gaya lanskap taman Renaisans Ini dilakukan melalui lensa mata. Ada juga taman mawar, Jepang dan Amerika, yang bisa menjadi tempat yang bagus untuk acara-acara khusus.

Berikut adalah beberapa tempat parkir yang tersedia antara lain:

1. Taman Labirin (Taman Labirin)

Taman LabirinTaman labirin dengan konsep berliku-liku ini merupakan salah satu taman terunik yang ada di Taman Bunga Nusantara.

Jika pengunjung menyukai segala sesuatu yang berhubungan dengan labirin, cobalah rasakan perasaan memasuki labirin yang sebenarnya. Pengalaman ini akan Anda rasakan saat mencoba memasuki taman labirin yang lumayan luas. Bagi pengunjung yang takut tersesat, jangan khawatir karena pihak pengelola sudah menyediakan peta.

2. Taman Air

Taman air merupakan kawasan yang berisi berbagai jenis tanaman air. Tumbuhan air ini berasal dari berbagai negara, yang memiliki bentuk dan warna yang berbeda-beda. Karena berasal dari luar negeri, ada beberapa tumbuhan air yang langka dan terkenal di sini. katakan saja Papirus dunia maya ini adalah bahan baku kertas. Ini telah digunakan sejak dahulu kala oleh orang Mesir kuno.

Baca: Taman Buah Mekarsari: Tiket Masuk, Aktivitas dan Atraksi

Jika pengunjung juga ingin melihat teratai raksasa, taman air adalah tempatnya. Ada juga tanaman lain seperti Talia Delbata, tanaman asli USA. Akan menyenangkan mengajak anak-anak ke sini karena Anda bisa melihat patung dinosaurus di dekat taman. Bagi pengunjung muda, dinosaurus di taman air menjadi latar belakang Instagram yang sempurna.

3. Kebun Mawar

Taman mawarWarna merah mendominasi taman mawar yang indah ini.

Bunga mawar selalu memiliki keindahan dan keunikan tersendiri bagi setiap orang yang melihatnya. Tak ketinggalan, tempat ini juga memiliki taman khusus seperti taman dengan berbagai jenis bunga mawar.

Pengunjung dapat menikmati indahnya mekarnya semua bunga tersebut di sini. Perawatan yang baik, penyiraman yang teratur dan pemupukan yang tepat membuat bunga mawar dapat tumbuh dengan baik di sini.

4. Taman Kelapa

Seperti namanya, pengunjung bisa melihat berbagai jenis tanaman palem di dalam wahana ini. Ada lebih dari 100 spesies pohon palem yang tumbuh subur di sini. Beberapa spesies termasuk palem kerajaan Kuba (palem raksasa), yang ditanam di sepanjang jalan menuju rumah kaca.

di sana sekalipun Washingtonia robusta (Palm kipas Meksiko), Pandan Utilis (sekrup pinus) dan Archontophoenix Alexandrae (telapak tangan Alexander). Pepohonan yang asri ditata agar wisatawan bisa merasakan suasana sejuk dan segar di sini.

5. Taman Prancis

Taman prancis, taman bunga nusantaraThe French Garden mengambil konsep taman dari istana-istana raja-raja Perancis di masa lalu.

Taman ini sangat khas dengan gaya taman kastil Eropa kuno. Seperti namanya, taman ini mengambil gaya Renaisans Prancis yang sangat kental. Taman ini juga sangat serasi, tertata dan asri dengan sejumlah tanaman yang terbentuk dari rangkaian tumbuhan dan bunga. Pengunjung dapat melihat taman ini secara langsung atau dari menara pengintai.

Baca: Little Venice City Tour dari Vezenia: Tiket Masuk, Wahana dan Aktivitas

6. Taman Bali

Taman Bali, taman bunga nusantaraTaman dengan konsep yang menonjolkan gaya Bali. Lengkap dengan berbagai ornamen.

Begitu masuk ke dalam wahana ini, Anda akan langsung familiar dengan suasana khas Pulau Dewata. Pengunjung bisa melihat berbagai bentuk bangunan khas Bali saat melihat wahana ini. Sebut saja Bale Kulkul, Gerbang Masuk dan Bale Bengong. Ada juga tanaman khas Bali seperti heliconia, kembang sepatu, kamboja dan bunga tropis lainnya. Tentu saja, berfoto di kawasan ini menjadi kegiatan wajib sebagai kenangan indah selama liburan.

7. Rumah Kaca (Rumah kaca)

Jika ingin melihat bunga khas empat musim, maka kunjungilah wahana rumah kaca ini. Karena bunga-bunga indah ini tidak terbiasa dengan cuaca di Indonesia, permukaan buatan ini adalah tempatnya.

Rumah kaca ini memiliki luas 2000 meter persegi dengan 3000 panel kaca. Suhu, kelembapan dan cahaya dalam rumah kaca telah diatur agar bunga dapat tumbuh.

8 Taman Jepang

taman JepangTaman khas Jepang dengan tanaman bonsainya.

Apakah Anda menyukai semua hal yang berbau Jepang tetapi tidak bisa pergi berlibur karena biaya yang mahal? Tidak ada salahnya mengunjungi wahana khusus lintas Jepang di Taman Bunga Nusantara. Taman ini memiliki suasana khas taman Jepang yang rapi namun sederhana.

Selain itu, taman ini juga mendapat sentuhan elemen khas negeri sakura seperti bebatuan, kayu dll. Tentunya yang terpenting adalah kesunyian yang menghilangkan penat.

9. Taman Mediterania

Desain taman ini berfokus pada daerah gurun seperti Mediterania. Hal itu terlihat dari desainnya yang menggunakan hamparan pasir dan bebatuan putih yang luas layaknya pantai mediterania. Area dimana tumbuhan khas disana, seperti berbagai jenis kaktus, dilindungi. Beberapa jenis, termasuk Opuntia Rufida, Cephalocereus senilisdan Cereus Hexagonus yang tumbuh di habitat aslinya.

taman Amerika

Taman bunga nusantaraWarna-warni bunga akan menyegarkan mata wisatawan yang berkunjung ke Taman Bunga Nusantara.

Jika Anda ingin melihat suasana pedesaan Amerika dengan tema Country Classic dan Native Garden maka datanglah ke sini. Taman ini memiliki semak-semak yang indah dan berwarna-warni di sepanjang pintu masuk utama.

Padang rumput bunga yang indah dan pemandangan unik ala Amerika bisa menjadi tempat yang cocok untuk fotografi. Selain itu, Taman Amerika bisa menjadi tempat yang tepat bagi mereka yang menginginkan sesi khusus seperti B. ingin diadakan sebelum pernikahan.

Selain kesepuluh wahana tersebut, pengunjung juga dapat melihat hamparan bunga dan melihat-lihat Wahana Imajinasi Alam. Ini terdiri dari berbagai tempat menarik seperti Swan Lake, taman bermain anak-anak dan ATV.

Jika ingin mendapatkan gambaran menyeluruh tentang Taman Bunga Nusantara, pengunjung bisa masuk ke sini. Menara empat lantai ini bisa memanjakan mata dari ketinggian sambil memotret panorama taman bunga yang indah. Selain itu, di ketinggian ini pengunjung bisa beristirahat jika lelah setelah berkeliling taman.

Fasilitas Taman Bunga Nusantara

Ada banyak fasilitas yang tersedia. Seperti food court yang bernama CafĂ© Marigold sebagai tempat menyantap makanan dan minuman. Ada juga Nany’s Galeria dimana Anda bisa membeli oleh-oleh dan paviliun yang tersebar di berbagai tempat untuk beristirahat.

Ada juga pasar bunga di mana Anda bisa membeli bunga dan tanaman. Bagi yang ingin mengadakan acara seperti pernikahan dan sesihubungi manajemen Gedung Serbaguna Saung Aki.

Dan untuk acara-acara tertentu, pengunjung bisa menggunakan amfiteater. Sedangkan jika ingin berkemah dan menginap, pihak pengelola menyediakan Wisma dan Camping Ground Saung Nini. Taman Bunga Nusantara juga memiliki poliklinik sendiri dan delapan area piknik yang siap menghibur pengunjung.

Angkutan umum menuju Taman Bunga Nusantara

Jika ingin menggunakan angkutan umum, misalnya dari Bogor, gunakan bus Bogor-Cianjur dengan jurusan Puncak. Atau dari Bandung menggunakan Bus Bandung-Jakarta yang memiliki rute lewat Puncak. Lalu turun di Hanjawar Junction, lanjut ke Angkot jurusan Cipanas-Loji dan turun di pasar GSP.

Dari sini pengunjung tinggal naik bus Cipanas Mariwati dan turun tepat di depan taman. Jika ragu, pengunjung bisa menggunakan GPS atau bertanya kepada penduduk setempat. Ayolah hari dalam seminggu lebih santai daripada berlibur karena Anda bisa berdiri di tengah kemacetan dan mengantri untuk waktu yang lama.

Alamat Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara juga dikenal luas sebagai Taman Bunga Puncak atau Taman Bunga Cipanas. Padahal, taman tersebut milik Kabupaten Cianjur.

Taman ini terletak seluruhnya di Jalan Mariwati Km.7, Kawung Luwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat. Bagi yang ingin datang secara rombongan atau mengadakan acara, bisa menghubungi nomor telepon +6226 3581617 atau +6226 3581618. Pengunjung juga bisa langsung email ke [email protected].

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button