Tempat Wisata

Tiket & Wahana Sukorambi Botanical Garden Januari 2023

Banyak cara untuk mengagumi ciptaan Tuhan, salah satunya adalah wisata alam. Bisa berinteraksi dengan tumbuhan dan hewan di alam merupakan keindahan tersendiri. Ini bisa dilakukan di Kebun Raya Sukorambi terletak di Kota Jember.

Taman wisata di kota Santri ini memiliki konsep yang cukup unik dan menarik. Mengutamakan rekreasi, namun sambil belajar, dan cocok untuk segala usia. Ada berbagai koleksi tanaman, hewan, dan wahana berbeda untuk pengunjung dari segala usia.

Biaya masuk ke Kebun Raya Sukorambi

Pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk menikmati berbagai aktivitas di taman wisata ini. Karena biaya masuknya cukup terjangkau. Tidak ada perbedaan antara tiket anak dan dewasa, hanya tiket yang berlaku sesuai periode kunjungan.

Biaya masuk ke Kebun Raya Sukorambi
tiket masuk Rp 20.000
Botanical Gardens Cliff Cafe (Area arcade) Rp 50.000
sewa lapangan Rp 750.000
Muslimah Private Area Hari Kerja Per Jam Rp 100.000
Muslimah Private Area Akhir Pekan per jam Rp 150.000

Baca: Tiket dan Wahana Dira Park Jember

Jam buka Kebun Raya Sukorambi

Taman ini buka dari pagi hingga malam setiap hari kecuali hari Jumat. Pengunjung dapat bersantai di taman wisata ini selama waktu tersebut.

jam operasi
jam buka 07.00 – 16.30

Forum Wisata Kebun Raya Sukorambi

kawasan kebun raya sukorambiTaman hiburan Sukorambi Jember dengan danau buatan dan aneka permainan. Foto: Google Maps/Rhoshandhayani KT

Taman wisata alam ini lahir dari ide Bapak H. Abd. Kahar Muzakir. Memiliki latar belakang petani, dia ingin berurusan dengan dana pensiun yang terbatas. Ia ingin melakukan wisata alternatif bernuansa alam bagi masyarakat Jember, Jawa Timur.

Pendirian taman wisata alam ini juga merupakan kontribusinya bagi dunia pendidikan. Ia ingin memberikan kesempatan untuk belajar tentang alam sekaligus mengajak masyarakat untuk bertindak secara bertanggung jawab terhadap lingkungan. Lebih lengkapnya daya tarik wisata ini telah dibahas pada artikel berikut ini.

1. Bermain di rumah pohon

Rumah pohon di Kebun Raya Sukorambi.wahana rumah pohon. Foto: Google Maps/August Rhequivalent

Pengunjung bisa mencoba wahana rumah pohon saat tiba di Kebun Raya Sukorambi. Ketinggian rumah pohon ini sekitar 5 meter di atas tanah. Kemudian, dari rumah pohon pengunjung bisa melihat keindahan kawasan taman rekreasi yang eksotik ini.

Rumah pohon ini tidak terlalu luas, ukurannya hanya 2×2 meter. Oleh karena itu, kapasitas rumah pohon hanya untuk 6 orang saja. Sehingga pengunjung harus bergiliran menikmati keindahan alam rumah pohon tersebut.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Malang Night Paradise

2. Mainkan Flying Fox Jungle

Flying Fox di Kebun Raya SukorambiFlying Fox di Kebun Raya Sukorambi.

Flying Fox merupakan wahana yang jarang terlewatkan dalam wisata alam. Begitu juga dengan Kebun Raya Sukorambi. Ada wahana flying fox yang disebut Flying Fox Jungle.

Flying Fox Jungle begitu menantang pengunjung karena panjangnya sekitar 160 meter. Selain itu, juga memiliki ketinggian yang cukup memacu adrenalin yaitu 40 meter. Namun jangan khawatir, pengunjung yang menjajal wahana ini akan dilengkapi berbagai perangkat keselamatan.

Dengan spesifikasi tersebut, Flying Fox Jungle memang sangat cocok untuk para petualang ekstrim. Pengunjung dibawa dengan kecepatan penuh melewati lembah dan pepohonan hijau. Tentu akan menjadi pengalaman seru yang tak terlupakan.

3. Coba Flying Fox Tombro

Tak hanya hutan kelelawar buah, Kebun Raya Sukorambi juga memiliki kelelawar buah lainnya. Sang pengelola memberi nama flying fox ini Flying Fox Tombro. Flying Fox Tombro lebih ditujukan untuk pemula.

Flying Fox Tombro setidaknya memiliki panjang 100 meter dan tidak terlalu curam. Kemiringan Tombro Flying Fox hanya sekitar 15 derajat. Itu sebabnya Flying Fox Tombro lebih ramah untuk pemula.

4. Kolam renang khusus muslimah

Kolam renangAda juga berbagai jenis kolam renang di taman rekreasi ini.

Wahana yang satu ini tergolong langka, tidak pernah terlihat di tempat wisata serupa. Yaitu kolam renang khusus untuk wanita muslimah. Dengan adanya kolam renang khusus ini, muslimah mendapatkan privasi saat berenang.

Sedangkan pengunjung dikenakan biaya Rp 10.000 untuk masuk ke kolam renang Muslimah. Pihak pengelola menjamin hanya wanita muslimah yang boleh masuk ke kolam renang ini. Staf yang melayani pengunjung semuanya adalah wanita Muslim.

5. Berkuda

Menunggang kuda di Kebun Raya Sukorambi JemberDi taman wisata ini pengunjung juga bisa mencoba menunggang kuda. Foto: Google Mas/azzam azzmi

Selain wahana kendaraan melewati taman, pihak pengelola juga menyediakan kuda. Pengunjung dapat menunggang kuda sambil berjalan-jalan di area taman. Saat ini 3 kuda disediakan oleh pengelola.

Pengunjung tidak perlu khawatir jika tidak mahir menunggang kuda. Pemandu kuda akan menemani pengunjung menunggang kuda melalui taman. Harga menunggang kuda cukup terjangkau yaitu Rp 10.000.

6. Keindahan 500 spesies flora dan fauna

merak Burung merak merupakan salah satu fauna yang ada di taman wisata ini. Foto: Google Maps/Kikin Java ID

Kebun Raya Sukorambi memiliki sedikitnya 500 koleksi flora dan fauna. Berbagai flora dan fauna bertebaran menghiasi setiap sudut taman. Dari sekian banyak koleksi, tidak sedikit tanaman yang langka.

Tidak hanya dari Jawa, beberapa tanaman juga ada yang berasal dari luar Jawa bahkan dari luar negeri. Untuk koleksi hewan, ada berbagai mamalia hingga unggas. Keanekaragaman hayati hewan dan tumbuhan cocok sebagai tempat pendidikan anak dan anak sekolah.

Fasilitas Kebun Raya Sukorambi

Taman wisata ini memang dibangun untuk memanjakan pengunjung. Hal ini terlihat dari peralatan yang lengkap. Mulai dari tempat parkir yang luas, gazebo, kamar mandi, pondok seni hingga villa.

Lokasi dan kontak Kebun Raya Sukorambi

Taman rekreasi ini cukup mudah ditemukan, sekitar 10 menit dari Kota Jember. Alamatnya Jalan Mujahir, Sukorambi, Krajan, Sukorambi, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68151. Untuk pemesanan atau pertanyaan lebih lanjut silahkan hubungi 085100707600.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button