Berita Wisata

Tim SAR mengevakuasi wisatawan yang terjatuh dari tebing Broken Beach

Denpasar (ANTARA) –

Tim SAR Gabungan mengevakuasi wisatawan yang terjatuh dari tebing di Broken Beach, Nusa Penida, Klungkung pada Senin dengan ketinggian sekitar 40 meter dalam kondisi aman pada pukul 15.15 WITA.

Berdasarkan keterangan Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada di Denpasar, Bali, korban diketahui bernama Alvalindo Kesanda (26) asal Tomohon, Sulawesi Utara.

Berdasarkan keterangan saksi di lapangan, kata Darmada, pemandu wisata di lokasi kejadian, korban terjatuh dari tebing saat mencoba berfoto dengan jungkir balik.

“Menurut laporan pemandu wisata, saat korban sedang mengambil foto, nahas hingga jatuh,” ujarnya.

“Awalnya satu orang petugas diturunkan kemudian petugas lainnya membawa tandu. Setelah mendapatkan penanganan awal untuk mengurangi pendarahan di kaki dan tangan korban, korban diangkat menggunakan tandu,” ujarnya.

Usai diculik, korban langsung dievakuasi ke Klinik Nusa Medika, Nusa Penida menggunakan ambulans untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Dari laporan awal yang diterima Kantor SAR Bali, diketahui korban terjatuh dari tebing dari ketinggian sekitar 40 meter sekitar pukul 09.30 WITA.

Menurut keterangan pemandu wisata atas nama I Komang Gede Subawa (27), Kapolsek Nusa Penida Kompol I Gede Redastra mengatakan, kejadian berawal sekitar pukul 08.30 WITA, korban tiba di Darmaga Banjar Nyuh, Nusa Penida dengan menggunakan perahu. Batu Kapak.

Baca juga: Tim SAR Gabungan Evakuasi Jenazah Korban Banjir di Jembrana

Setelah itu, korban diajak ke objek wisata Broken Beach dengan menggunakan sepeda motor.

Sesampainya di Broken Beach, korban berpose di atas tebing untuk berpose dengan latar belakang pantai.

Saat pemotretan, korban difoto oleh pemandu wisata. Setelah difoto sekitar 10 kali, pada sesi terakhir korban mengambil posisi foto dengan jungkir balik ke depan dan tiba-tiba korban jatuh ke dasar pantai. Sesaat setelah jatuh, korban tampak bisa bergerak, namun tidak bisa berdiri.

“Korban hanya mengalami luka dan patah kaki kanan. Diharapkan korban dirujuk ke RSUD Klungkung,” kata Gede Redastra.

Unsur SAR yang terlibat dalam upaya evakuasi antara lain Basarnaa Bali (Satuan Siaga SAR Nusa Penida), Polsek Nusa Penida, Desa Babinkamtibmas Bunga Mekar, Desa Babinsa Bunga Mekar, BPBD Klungkung, Koramil Nusa Penida, Tim Medis Klinik Nusa Medika, pemandu wisata, dan para Komunitas lokal.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button