Berita Wisata

Tuan rumah KTT G20, PIC kolaborasi menyelenggarakan “Gerakan Bersih Pantai Bali” – ANTARA News Mataram

Denpasar (ANTARA) – Pemuda Indonesia Center (PIC) bekerjasama dengan Trash Hero Sanur dan Dewata Sorong menyelenggarakan acara bersih-bersih pantai di Bali. Pembersihan Pantai Bali untuk Menjadi Tuan Rumah dan Mendukung KTT G20 di kawasan Pantai Mertasari, Sanur Bali, Sabtu.

Presiden PIC Ahmad Rivaldi mengatakan pihaknya akan proaktif mengundang wisatawan dan warga, terutama ketika mereka berada di daerah sekitar dan berlibur di Bali.

Menurut Ahmad Rivaldi, Gerakan Bali Beach Clean merupakan bentuk dukungan dan kontribusi PIC bersama seluruh elemen masyarakat untuk menjadi tuan rumah KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

“Kegiatan ini dilakukan atas dasar kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan, khususnya kebersihan pantai,” ujar Ahmad Rivaldi.

Apalagi, kata dia, Gerakan Bersih Pantai Bali sebenarnya memiliki misi membangun citra positif bangsa Indonesia sebagai tuan rumah KTT G20 yang peduli terhadap kebersihan, kenyamanan dan keamanan.

I Wayan Aksara, aktivis Trash Hero Sanur, sebuah gerakan sukarelawan di bawah naungan Trash Hero World yang misinya mengedukasi masyarakat melalui kampanye aksi bersih, menjaga kebersihan lingkungan untuk kelangsungan hidup generasi berikutnya yang lebih baik.

“Kegiatan hari ini berlangsung di Pantai Mertasari, Sanur Bali, sebagai bentuk kepedulian dan ajakan kepada wisatawan dan masyarakat umum untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan, dengan harapan pantai bebas sampah,” kata Aksara.

Kerjasama antara PIC, Trash Hero dan Dewata Sorong ini melibatkan warga lokal dan rombongan wisatawan mancanegara dari berbagai negara yang berada di dekat lokasi kegiatan.

Gerakan Bali Beach Clean merupakan bentuk kampanye pelestarian dan kebersihan lingkungan, yang akan berdampak pada kenyamanan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kegiatan ini akan dilakukan dengan membersihkan sampah organik dan non-organik di pesisir pantai. Semua sampah dikumpulkan dan kemudian dimasukkan ke dalam kantong yang disediakan.

Kampanye Gerakan Bersih Pantai Bali juga akan membagikan cangkir dan kaos ramah lingkungan kepada para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

Cangkir dan kaos juga merupakan simbol dan pesan untuk menjaga dan membersihkan lingkungan terutama di sekitar pantai.

Jechris Faam, presiden Dewata Sorong, komunitas mahasiswa Papua di wilayah Bali, juga menilai pada kesempatan ini bahwa selain menjaga kebersihan pantai, keamanan di Indonesia, khususnya di wilayah Bali, dalam kondisi baik,

“Mari bersama-sama menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan agar tetap kondusif dan siap menyukseskan kegiatan KTT G20 di Bali,” ujarnya.

Sebagai informasi, KTT negara-negara G20 di Bali berkomitmen untuk menyatukan dan membahas isu lingkungan dan perubahan iklim. Pertemuan G20 diharapkan dapat meningkatkan upaya pengelolaan lingkungan dan pengendalian perubahan iklim global.

Pada pertemuan Deputy Working Group for Environment and Climate Sustainability (G20 EDM-CSWG) di Bali pada 29-30 Agustus 2022, seluruh negara peserta menyepakati tiga isu prioritas.

Pertama, mendukung pemulihan yang berkelanjutan (mendukung lebih berkelanjutan mengambily). Kedua, meningkatkan aksi darat dan laut untuk mendukung tujuan perlindungan lingkungan dan perubahan iklim (memperkuat aksi darat dan laut untuk mendukung tujuan perlindungan lingkungan dan iklim).

Ketiga, meningkatkan mobilisasi sumber daya untuk mendukung tujuan perlindungan lingkungan dan perubahan iklim (memperkuat mobilisasi sumber daya untuk mendukung perlindungan lingkungan dan tujuan iklim).

Baca juga: Amman Mineral dan KUPP Benete Luncurkan Gerakan Bersih Laut dan Pantai

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button