Tempat Wisata

Ulasan, harga tiket, dan tempat liburan

Review wisata gratis di Ubud – Ubud memiliki romansa unik yang ditawarkan untuk setiap pengunjung yang pernah ke Bali. Perpaduan antara wisata alam, tradisional dan spiritual dalam satu tempat membuat tempat ini menjadi destinasi impian banyak wisatawan mancanegara maupun lokal. Diberkahi dengan suasana yang menenangkan dan damai, Ubud selalu berhasil memberikan pengalaman yang ideal untuk refleksi, pengembangan diri, atau sekadar menikmati keindahan alam dan keragaman budaya Bali.

Shutterstock

Jadi jika anda berencana untuk berkunjung ke Bali namun sedang mencari tempat wisata gratis untuk dinikmati di Ubud, anda telah datang ke tempat yang tepat.

Ya, ATW akan membahas 8 destinasi wisata bebas di kawasan Ubud, Bali, yang dijamin akan memperkaya referensi bagi intern Anda. Lihat ini!

BACA JUGA: Alas Harum Bali – Liburan Agrowisata yang Unik dan Menantang

1. Pura Taman Saraswati – Wisata Gratis di Ubud

alamat : F7V6+PJ4, Jl. Kajeng, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Bahan pengikat : Klik disini
jam buka : 07.00 – 21.00 WITA

Pura Taman Saraswati yang menempati urutan pertama dalam daftar ini merupakan paket lengkap objek wisata unggulan Ubud. Taman di jantung Ubud ini menawarkan pemandangan menakjubkan dengan kolam teratainya yang indah, pertunjukan tari Bali di malam hari dan pengalaman mengunjungi Pura Saraswati yang terletak di sisi timur kolam teratai.

Daya tarik utama taman yang dibangun oleh Pangeran Tjokorda Gede Agung Sukwati pada tahun 1951 ini adalah kolam teratai. Seperti namanya, kolam ini dikelilingi oleh berbagai bentuk tanaman teratai dan bunga alami lainnya. Keindahan kolam teratai semakin terlihat saat berkunjung di malam hari. Lampu-lampu yang menerangi area kolam dan bayang-bayang tenang dari patung-patung klasik yang tersebar di sekitar lapangan menambah suasana indah dan romantis namun sakral.

Di sisi timur kolam terdapat sebuah pura kuno bernama Pura Saraswati. Dibangun untuk menghormati dewi Saraswati, dewi pengetahuan dan seni dalam kepercayaan Hindu, candi ini selalu dipadati pengunjung. Di dalam candi terdapat patung dewi Saraswati yang cantik, serta beberapa patung dan relief yang menggambarkan cerita dari mitologi Hindu.

@nicole_tan

Pecinta tari sudah tidak asing lagi dengan Taman Saraswati. Pasalnya, Pura Taman Saraswati kerap menggelar pertunjukan tari Bali seperti tari Legong, Barong dan Kecak pada malam hari.

2. Campuhan Ridge Walk

alamat : Wisuda, Payangan, Jl. Raya Campuhan, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Bahan pengikat : Klik disini
jam buka : Buka 24 jam

Hal ini pasti terjadi, terutama bagi pecinta wisata alam yang senang mendaki heran dengan Campuhan Ridge Walk. Tempat wisata ini merupakan jalan setapak di Ubud, Bali. Rute ini menawarkan pengalaman wisata alam yang menakjubkan.

Campuhan Ridge Walk – Balipedia

Berlokasi di pusat Ubud, trail ini menampilkan pemandangan alam yang indah seperti persawahan yang hijau, perbukitan yang menjulang tinggi dan sungai yang mengalir di sekitar Ubud. Jalan setapak di tengah kawasan hijau ini tentunya memberikan kesan damai dan tenang selama berkunjung. Pengunjung biasanya menyempatkan diri untuk bersantai atau bercengkrama dengan rekan-rekannya dalam suasana alam yang menyegarkan.

Karena jalurnya tidak banyak tanjakan, maka Campuhan Ridge Walk sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau lari. Udara segar akan menambah nilai jalan-jalan Anda. Beberapa pengunjung bahkan menyempatkan diri untuk mengabadikan momen tersebut dengan foto, karena pemandangannya memang sangat indah instagramable.

wisata gratis di ubud@ivan. drone

Saat Anda berada di Campuhan Ridge Walk Anda tidak perlu membayar biaya masuk karena gratis untuk dikunjungi. Tempat wisata ini juga sangat mudah dijangkau karena terletak di pusat Ubud. Tak heran jika banyak traveler yang menyempatkan diri untuk mampir ke Mixed Ridge Walk.

BACA JUGA: Hello Summer Bogor: Suasana Bali Asli di Bogor

3. Teras Sawah Tegalalang

alamat : J L. Raya Tegallalang, Tegallalang, Kec. Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali 80561
Bahan pengikat : Klik disini
jam buka : 08.00 – 18.00 WITA
Biaya masuk: Rp10.000/orang

Tempat wisata di Desa Tegalalang ini sebenarnya tidak gratis karena Anda tetap harus membayar tiket masuk yang harganya hanya Rp 10.000. Tapi percayalah, tempat yang satu ini memiliki pemandangan yang spektakuler dan sangat terkenal. Pemandangan sawah terasering yang ditata dengan cermat memang menjadi daya tarik utama Teras Sawah Tegalalang. Dengan lanskapnya yang hijau, langit biru jernih, dan bukit-bukit di sekitarnya, tempat ini pasti layak untuk dikunjungi di seluruh dunia.

Sawah Terasering TegallalangSawah Terasering Tegallalang

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Restoran Murah dan Enak di Indonesia Raya

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Tegalalang Rice Terrace. Menyusuri persawahan, berfoto dan berayun-ayun di tengah persawahan adalah beberapa aktivitas yang populer dilakukan di sini. Teras Sawah Tegalalang juga dikenal karena aksesnya yang mudah. Banyak sarana transportasi yang bisa Anda gunakan untuk mencapai tempat wisata ini.

Biasanya pengunjung yang datang menggunakan mobil sewaan, sepeda motor atau shuttle bus khusus untuk menikmati keindahan alam yang tiada duanya ini. Terasering Sawah Tegalalang tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah tetapi juga menjunjung tinggi tradisi Bali dengan berbagai upacara adat yang diadakan di sana. Tempat ini juga rutin menyelenggarakan beberapa acara penting seperti Galungan dan Kuningan.

Teras Sawah Tegalalang – indonesia.travel

4. Pura Dalem Agung Padangtegal

alamat : J L. Monkey Forest, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Bahan pengikat : Klik disini
jam buka : 08.00 – 18.00 WITA

Pura di jantung Ubud ini menawarkan pengalaman spiritual dan budaya khas Bali. Di dalam candi terdapat berbagai jenis arca, seperti arca Dewa Wisnu dan Dewi Kunti yang sampai saat ini masih digunakan sebagai tempat acara keagamaan.

wisata gratis di ubud

Pura Dalem Agung juga memiliki beberapa bangunan suci lainnya, seperti Bale Bengong, Wantilan, dan Bale Gong. Selain sebagai tempat pemujaan, Pura Dalem Agung Padangtegal juga digunakan sebagai tempat berbagai upacara adat Bali seperti upacara kematian dan upacara keagamaan lainnya. Karena itu, pura ini sangat penting bagi masyarakat Bali.

Oleh karena itu, bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Pura Dalem Agung Padangtegal, disarankan untuk mengenakan pakaian yang sopan dan menghormati tempat yang disakralkan. Selain itu, Anda juga harus mengikuti aturan dan tata cara yang berlaku di pura.

Omong-omong, Anda tahu? Di kawasan kompleks ini terdapat destinasi wisata unik yang sangat terkenal. Ya! Monkey Forest adalah jawabannya. Meskipun masuk ke Pura Padangtegal Dalam Agung gratis, Anda harus membayar antara Rp 40.000 dan Rp 60.000 untuk memasuki kawasan yang penuh dengan primata lucu ini. Ini sangat berharga!

BACA JUGA: Review Satu Satrio: Tempat Nongkrong Paling Populer di Jakarta

5. Puri Saren Agung – Tour Gratis di Ubud

alamat : J L. Raya Ubud No.8, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Bahan pengikat : Klik disini
jam buka : 08.00 – 19.00 WITA

Tempat ini secara internasional dikenal sebagai Ubud Royal Palace. Istana ini merupakan pusat seni, tari, dan sastra Bali dengan kekayaan sejarah dan arsitektur Bali yang terpelihara dengan baik dengan taman hijau yang rimbun. Kompleks bersejarah ini terdiri dari balai pertemuan yang disebut wantilan, dengan aksen utama pohon beringin yang rindang.

Salah satu spot terbaik di Ubud Bali, Puri Saren Agung dibangun pada masa pemerintahan almarhum Ida Tjokorda Putu Kandel dan telah menjadi pusat pecinta seni Bali selama beberapa dekade. Di malam hari, pertunjukan tari lokal berlangsung di tempat tujuan bersama dengan orkestra tabuh gamelan. Anda dapat mengunjungi istana ini kapan saja antara jam 8 pagi dan 7 malam.

6. Desa Celuk Ubud Bali

alamat : Celuk, Kabupaten Gianyar, Bali 80513
Bahan pengikat : Klik disini
jam buka : 06.30 – 17.30 WITA

Tempat yang layak dikunjungi di Ubud ini terkenal dengan pengrajin perhiasan emas dan perak mulai dari cincin, kalung, gelang, dan anting yang didesain unik dan indah. Pengrajin desa ini telah membeli kerajinan tangan untuk pasar internasional selama beberapa generasi, jadi bisa dipastikan Anda mendapatkan barang dengan kualitas sempurna. Harga perhiasan yang dijual di tempat ini sangat fluktuatif, mulai dari Rp 50.000 hingga jutaan rupiah.

@Bali. Sasaran

Selain toko perhiasan, Anda juga akan menemukan beberapa galeri tempat Anda bisa belajar membuat perhiasan perak sendiri. Selain perhiasan, ada berbagai macam souvenir, perhiasan dan medali untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan perjalanan Anda ke Bali. Usai berbelanja, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati masakan khas Bali yang lezat di berbagai toko grosir di Desa Celuk, Ubud.

7. Air Terjun Tibumana

alamat : JL.Setra Agung, Apuan, Kec. Kerugian, Kabupaten Bangli, Bali 80661
Bahan pengikat : Klik disini
jam buka : 08.00 – 18.00 WITA
Tiket masuk: Rp 10.000/orang

Air Terjun Tibumana adalah salah satu air terjun tersembunyi terindah di dekat Ubud. Syukurlah, hanya sedikit yang tahu tempat tersembunyi Yang ini di sini. Jika Anda kebetulan berada di pusat Bali, menuju air terjun cantik ini sangatlah mudah. Berkendara dari Ubud ke Air Terjun Tibumana hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Jalannya bagus dan mudah dijangkau, apalagi kalau pakai google maps.

Setelah mencapai area ngarai di dekat air terjun, Anda harus melewati hutan dan ini adalah kesempatan ideal untuk mengagumi tumbuhan eksotis yang mengelilingi air terjun.

air terjun diremehkan Dekat dengan ubud ini sangat cocok bagi anda yang menginginkannya Pendinginan dari segala lelahnya hidup. Nyatanya air terjun Tibumana ini masih belum banyak dijamah oleh wisatawan. Jadi jika Anda hanya membayar Rp 10.000, Anda masih memiliki kesempatan untuk menikmati keindahan kota tanpa diganggu banyak orang.

@aurelle_istanya

8. Pasar Seni Ubud – Wisata Gratis di Ubud

alamat : J L. Raya Ubud No.35, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Bahan pengikat : Klik disini
jam buka : 08.00 – 18.00 WITA

Pasar Seni di Jalan Raya Ubud No. 35 menawarkan berbagai barang seni tradisional Bali. Pecinta seni dapat dengan mudah mencari berbagai patung kayu khas pematung Bali, kain batik, kerajinan perak, lukisan bernuansa Bali, dan barang-barang suvenir lainnya. Tentunya karena dibuat dan dijual oleh seniman lokal, harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

wisata gratis di ubudPasar Seni Ubud – viva

BACA JUGA: Taman Literasi Blok M Jakarta: Rumah bagi pecinta sastra dan penikmat ketenangan

Pasar seni yang buka setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WITA ini menawarkan pengalaman budaya dan belanja yang unik. Di sini, wisatawan bisa menyaksikan langsung proses pembuatan kerajinan tangan oleh pengrajin lokal yang berada di sekitar pasar.

Bagaimana? Tempat Wisata di Ubud Gratis, Rekomendasi dari ATW, Bagus Banget? Yuk, susun rencana liburanmu sekarang juga!

Source: anekatempatwisata.com

Related Articles

Back to top button