Berita Wisata

Wali Kota mengimbau para pedagang di Banda Aceh menutup usahanya saat matahari terbenam

Pariwisata Banda Aceh harus hidup dalam kerangka Islam,

Banda Aceh (ANTARA) – Plt Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq mengimbau para pedagang kota setempat untuk menutup usahanya sesaat sebelum dan sesudah salat Isya berjamaah.

“Kalau membaca Al Quran sebelum magrib, toko atau kafe tutup dulu sebentar. Kemudian setelah waktu sholat selesai, buka lagi seperti biasa,” kata Bakri Siddiq kepada Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan tersebut disampaikan Bakri Siddiq menanggapi keluhan masyarakat tentang banyaknya bisnis yang tetap beroperasi selama salat Maghrib berjamaah, mulai dari kafe hingga tempat kuliner.

“Tadi saya sedang bersiap-siap untuk sholat magrib di meunasah (mushala) dekat sini, ada jemaah yang mengeluhkan saat magrib kafe masih buka,” ungkapnya.

Baca juga: Kemenparekraf: Aceh punya kekuatan di sektor wisata kuliner

Untuk itu, dia meminta dan mengimbau kepada para pelaku usaha kuliner di ibu kota provinsi Aceh untuk menutup sementara tempat kerjanya pada saat masuk waktu salat.

Bakri mengatakan, penutupan barang saat salat Isya seharusnya dilakukan karena Banda Aceh dan Aceh pada umumnya merupakan daerah yang menganut syariat Islam.

“Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menegakkan syariat Islam dan syar’ah di kotanya sendiri. Pariwisata di Banda Aceh harus hidup dalam kerangka Islami,” ujarnya.

Baca juga: Sandiaga Uno: Pelaku ekonomi kreatif di Aceh Besar mulai tumbuh

Dalam kesempatan tersebut, Bakri juga meminta setiap kafe atau kafe yang ada di Banda Aceh untuk menyediakan mushola atau tempat khusus yang bisa digunakan pengunjung untuk beribadah.

Sehingga pengunjung atau wisatawan merasa nyaman menikmati kuliner dan benar-benar dapat merasakan suasana islami di tanah rencong.

“Kami juga meminta kepada pihak kecamatan untuk bisa memberikan surat imbauan agar usaha kuliner di Banda Aceh bisa lebih tertib dan sejalan dengan syariat Islam,” kata Bakri Siddiq.

Baca juga: Menparekraf rencanakan event internasional wisata Islami di Aceh

Baca Juga: Sandiaga Sebut Banda Aceh Sukses Memadukan Wisata Sejarah dan Alam

Reporter : Rahmat Fajri
Penerbit : M Razi Rahman
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button