Tempat Wisata

🏖 7 wisata pantai terbaik dan terpopuler di Jepara

Ada banyak tempat di Jawa Tengah yang bisa Anda gunakan untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Pengunjung dapat melihat berbagai objek seperti situs bersejarah dan pemandangan alam. Salah satu destinasi wisata alam yang paling populer di provinsi ini adalah pantai di Jepara.

Selama ini masyarakat lebih mengenal Jepara sebagai pusat seni ukir. Padahal, kota ini punya banyak wisata alam yang sayang sekali jika tidak Anda kunjungi. Di bawah ini daftar tempat wisata pantai terbaik dan terpopuler yang wajib Anda kunjungi:

1. Pantai Kartini

Pantai KartiniPantai Kartini

Pantai Kartini terletak di kawasan Bulu. Pantai di Jepara ini sangat strategis karena letaknya hanya 2,5 km sebelah barat Kantor Bupati. Selain itu Pantai Kartini juga menjadi jalur transportasi jika ingin menuju Karimunjawa dan Pulau Panjang.

Awalnya pantai ini hanya dikenal sebagai tempat berenang. Penduduk setempat percaya bahwa air tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit gatal dan rematik. Seiring berjalannya waktu, Pantai Kartini semakin populer di kalangan wisatawan karena pemandangannya yang indah.

Keunggulan pantai di Jepara Pantai Kartini adalah memiliki ombak yang tenang dan pasir putih yang bersih. Selain itu, untuk menarik pengunjung, pihak pengelola menambahkan berbagai wahana untuk dewasa dan anak-anak.

Atraksi dan landmark pantai yang paling populer adalah Taman Laut Kura-Kura. Atraksi edukasi ini terdiri dari akuarium taman bawah laut dan Jepara Science Park. Selama kunjungan Anda ke akuarium, Anda dapat mengamati berbagai spesies ikan laut, penyu, dan kura-kura.

Jepara Science Park menawarkan berbagai alat peraga sains yang berguna untuk menimba ilmu. Anda dapat mempelajari cara kerja sensor tepuk tangan dan gerak, simulator pesawat, air mancur terapung, dan papan kreatif. Nikmati kehidupan bawah laut dengan menonton bioskop IMAX 3D.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Kartini adalah bulan Juli hingga September. Inilah saatnya pergantian musim dari musim hujan ke musim kemarau. Selama ini, Anda bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam di pantai ini.

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang jika ingin berlibur ke Pantai Kartini, Anda cukup membeli tiket masuk seharga Rp 5.000 per orang. Selain tiket masuk, pengunjung juga dikenakan biaya parkir. Jika ingin masuk ke Kura-Kura Ocean Park harus membayar tambahan sebesar Rp 17.500.

Pantai Kartini menawarkan fasilitas umum yang dapat digunakan pengunjung. Selain tempat makan dengan berbagai macam masakan lezat, terdapat juga tempat dimana anda bisa membeli oleh-oleh dan oleh-oleh. Anak-anak juga bisa bermain sepatu roda, skuter, atau sepeda motor mini.

Jika Anda ingin merasakan budaya masyarakat setempat, Pantai Kartini adalah tempatnya. Anda bisa menyaksikan tradisi “Lomban” yang berlangsung seminggu setelah Idul Fitri. Ada lagi festival “Kupat Lepet” yang diiringi dengan tradisi mengambangkan kepala kerbau di laut.

2. Pantai Bondo

Pantai BondoPantai Bondo

Pantai Bondo terletak di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, sekitar 17 km dari pusat Kota Jepara. Pemerintah Kota Jepara mengelola pantai-pantai di Jepara dengan menggunakan konsep alami. Artinya, bangunan komersial permanen tidak diperbolehkan berada di pantai.

Destinasi wisata Pantai Bondo terkenal dengan pasir putihnya yang bersih dan ombaknya yang tenang. Meski ombak sedang tenang, pengunjung harus berhati-hati saat bermain air. Seringkali terjadi ombak besar yang bisa sangat berbahaya jika tidak hati-hati.

Pihak pengelola Pantai Bondo mematok harga yang cukup terjangkau bagi siapapun yang ingin datang ke sini. Biaya masuk ke kawasan pantai ini berkisar antara Rp 8.000 hingga 10.000 per orang. Anak-anak akan dikenakan biaya antara Rp 5.000 dan 7.000 per orang.

Pantai Bondo sangat cocok dijadikan tempat bersantai bersama keluarga. Terdapat pendopo di tepi pantai tempat Anda dapat beristirahat sambil menunggu kedatangan matahari terbenam. Pantai ini juga menawarkan noda Foto yang menarik dan Instagrammable, sangat cocok untuk berfoto bersama keluarga atau teman.

Spot foto yang paling populer di Pantai Bondo adalah ayunan dan spot berlatar belakang hati. Selain itu, pemandangan pantai dan pepohonan di sekitarnya juga bisa menjadi lokasi berfoto yang menarik.

3. Pantai Bandengan

Pantai BandenganPantai Bandengan

Jika anda berlibur ke Jepara jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Bandengan. Tempat wisata ini cukup terkenal dan sering menjadi tempat liburan para wisatawan lokal maupun mancanegara. Kota pantai di Jepara ini sangat mudah dijangkau karena hanya berjarak sekitar 8 km dari pusat kota.

Pantai Bandengan terkenal dengan airnya yang bersih dan pasir putihnya yang berkilau. Jika Anda ingin menginap di tempat ini, Anda tidak perlu khawatir mencari tempat menginap. Anda bisa beristirahat di salah satunya resor atau akomodasi semalam yang tersebar di sepanjang pantai.

  • Harga tiket terjangkau

Berapa harga tiket masuk pantai di Jepara ini? Pihak pengelola menawarkan harga yang sangat terjangkau kepada pengunjung yang ingin bersantai di Pantai Bandengan. Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang hari kerja dan Rp 7.000 per jam akhir pekan.

Pantai Bandengan buka setiap hari mulai jam 6 pagi hingga 6 sore. Pantai ini menawarkan pemandangan wisata menarik yang bisa Anda manfaatkan selama berlibur disana. Pengunjung bisa berenang di pinggir pantai dengan menyewa ban yang banyak tersedia di sana.

  • Pemandangan matahari terbenam dan festival

Anda yang sekedar ingin bersantai akan memiliki kenangan tak terlupakan saat melihatnya matahari terbenam di Pantai Bandengan. Tertarik dengan festival budaya? Oleh karena itu sangat tepat jika anda berkunjung ke pantai ini.

Pada waktu-waktu tertentu, pengelola Pantai Bandengan menyelenggarakan berbagai festival budaya seperti festival layang-layang dan perahu. Anak muda juga tidak mau ketinggalan, ada festivalnya motorcross yang diadakan secara rutin untuk mempromosikan kecintaan mereka terhadap bersepeda.

4. Pantai Blebak

Pantai BlebakPantai Blebak

Objek wisata Pantai Blebak terletak di Desa Sekuro, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota dan koneksi jalan kesana tertata dengan baik. Pantainya yang berpasir putih dan airnya yang biru jernih menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Blebak.

Pantai di Jepara, Pantai Blebak dinilai cocok menjadi destinasi wisata keluarga dengan anak-anak. Ombaknya tenang dan menurut pengunjung yang kesana kedalaman lautnya mencapai 100 meter hanya sebatas pinggang orang dewasa.

Namun, jangan lengah dan tetap waspada. Selalu awasi anak-anak saat bermain air di Pantai Blebak. Kenakan jaket pelampung atau sewa ban yang tersedia di sana untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Harga tiket masuk ke pantai di Jepara yaitu Pantai Blebak sangat terjangkau. Anda hanya membayar Rp 5.000 hingga 10.000 setiap hari Jumat, Minggu dan hari libur. Tiket gratis bagi pengunjung yang datang pada hari Senin hingga Kamis.

5. Pantai Teluk Avur

Pantai Teluk AvurPantai Teluk Avur

Pantai Teluk Awur merupakan salah satu objek wisata keluarga di Jepara yang populer. Pantai ini terletak di desa Teluk Awur di kecamatan Tahunan. Jangan khawatir jika ingin kesini karena akses jalannya sudah bagus.

Pengunjung hanya memerlukan waktu 30 menit berkendara dari pusat kota untuk mencapai tempat ini. Pantai Teluk Awur memiliki pasir yang landai mirip dengan Pantai Bandengan. Karena ombaknya yang tidak besar, tentu cocok dijadikan tempat bermain air bagi anak-anak.

Pengunjung yang ingin berenang di tepian pantai dapat menyewa ban di tempat-tempat persewaan yang tersebar di sepanjang pantai. Pantai di Jepara ini memiliki restoran unik karena letaknya yang menjorok ke laut.

Restoran ini terletak di atas jembatan yang menyerupai dermaga dimana pengunjung dapat bersantap sambil bersantap matahari terbenam atau suasana malam di tepi pantai.

Pengunjung yang ingin bersantai di Pantai Teluk Awur tidak dikenakan tiket masuk pada hari kerja, melainkan hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan. Kapan akhir pekan, Anda hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000 per orang. Sangat murah bukan?

6. Pantai Panjang

Pantai PanjangPantai Panjang

Pantai Pulau Panjang menawarkan pesona yang luar biasa berkat ombaknya yang tenang, pasir putihnya, dan air lautnya yang sangat jernih. Saking jernihnya, pengunjung bisa melihat dengan jelas deretan terumbu karang hidup di dasar laut.

Jika Anda ingin berlibur ke Pantai Pulau Panjang, Anda harus menyeberang menggunakan perahu untuk sampai ke tempat tujuan. Cukup membayar sewa perahu sebesar Rp 20.000 per orang dan waktu tempuh hingga 20 menit maka pengunjung sudah sampai disana.

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan pengunjung di Pantai Pulau Panjang, termasuk berkemah bersama keluarga. Anda bisa menyewa tenda dengan harga terjangkau dan merasakan sensasi berada di alam sambil mendengarkan suara deburan ombak di Pantai Jepara.

Bagi yang mempunyai hobi snorkeling, Pantai Pulau Panjang adalah tempatnya noda tempat yang tepat untuk menyelam sekaligus menikmati keindahan dunia bawah laut. Namun jika tidak ingin berenang, silakan menyewa perahu kecil untuk berlayar berkeliling menikmati keindahan pantai.

7. Pantai Mororejo

Pantai MororejoPantai Mororejo

Pantai Mororejo menawarkan pemandangan romantis pantai pribadi untuk para pengunjung. Pantai di Jepara ini letaknya persis di belakang objek wisata Jepara Ourland Park. Lokasinya berada di Desa Mororejo, Kecamatan Mlonggo, Bandengan.

Akses jalan menuju pantai ini sangat mudah. Anda dapat menempuh jalan Jepara-Bangsri dan menempuh jarak hanya 8 km dalam waktu 16 menit. Pantai Mororejo merupakan salah satu objek wisata utama di Jepara yang menawarkan panorama indah dengan rangkaian pulau kelapa yang rindang.

Ada banyak tempat di Pantai Mororejo untuk bersantai sambil menikmati lezatnya hidangan laut. Berbagai kafe dan restoran dengan desain cantik menanti memanjakan pengunjung pantai ini.

Ditambah melihat saat ini matahari terbit Dan matahari terbenam Indah akan menjadi momen yang tak terlupakan. Pantai Mororejo mempunyai pantai berpasir putih yang sangat bersih.

Pengunjung sering memanfaatkan pantai ini untuk melakukan kegiatan olah raga seperti: Joging, bersepeda atau berjemur. Belum lagi fitur air menarik yang ditawarkan manajemen hotel.

Pengunjung dapat menikmati berbagai wahana seperti banana boat, donut boat, jet ski, dan perahu tradisional. Perahu tradisional merupakan perahu kayu yang membawa Anda berkeliling Pulau Panjang selama 30 menit untuk menikmati pemandangan yang eksotis.

Menikmati pemandangan pantai di Jepara tentu menjadi pengalaman tersendiri yang akan memperkaya liburan Anda. Selain bisa bermain air, suasana pantai yang tenang juga bisa memberikan relaksasi lebih. Suasananya cocok untuk menghilangkan stres dan mengisi ulang tenaga.

Inilah daftar 7 rekomendasi wisata pantai terbaik dan terpopuler di Jepara. Saya harap ini bermanfaat!

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button