Tempat Wisata

7 Pantai Indah di Kepulauan Anambas yang Akan Memikat Hati

Wisata pantai di Kepulauan Anambas terkenal dengan keindahannya dengan pasir putih halus, air laut biru jernih dan panorama bawah laut yang mempesona.

Kepulauan Anambas punya sejumlah surga wisata bahari yang patut dikunjungi. Tidak hanya terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang menakjubkan, namun juga memiliki sejumlah pantai yang menakjubkan.

Dengan pasir putih, air laut yang jernih, dan langit biru yang luas, pantai-pantai ini menjadi surganya para pecinta alam dan penggemar pantai.

Destinasi wisata bahari di Kepulauan Anambas tak kalah mempesona dengan Pulau Bali dan Lombok. Jika berlibur di kedua pulau ini dirasa terlalu membosankan bagi Anda, wisata di Pulau Anambas menjadi alternatif yang tepat.

Kepulauan Anambas saat ini dianggap sebagai salah satu pulau terindah di Asia. Di bawah ini daftar pantai indah di Kepulauan Anambas yang wajib Anda kunjungi.

Rekomendasi pantai di Kepulauan Anambas

1. Pantai Pasir Busung

Pantai Pasir BusungFoto: Facebook/Anambas Pariwisata

Pantai berpasir Busung di Kepulauan Anambas bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib masuk dalam daftar rekomendasi pantai di Pulau Anambas.

Pengunjung akan disambut dengan pasir putih yang halus dan lembut. Tak hanya pasir putihnya yang menarik, Pantai Pasir Busung juga dikelilingi air laut yang biru dan jernih.

Keistimewaan pantai ini dan perbedaannya dengan pantai lainnya adalah pulau di Pasir Busung hanya muncul pada waktu-waktu tertentu saja. Di tengah laut biru, pengunjung bisa melihat bukit pasir.

Untuk mencapai pulau kecil ini Anda bisa menyewa speedboat atau kapal bersama lokal. Pantai indah ini terletak tepatnya di Tiangau, Kec. Siantan Timur, Cab.Kepulauan Anambas, Kep. Riau.

Harga tiket: Bebas; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau.

2. Pantai Arung Hijau

Pantai Arung HijauFoto: Google Maps/Bustami Bustami

Destinasi wisata pantai selanjutnya adalah Pantai Arung Hijau. Pantai ini sangat populer di kalangan penduduk setempat. Pantai Arung Hijau mengejutkan pengunjung dengan keindahan bawah lautnya yang luar biasa.

Air lautnya jernih, sehingga Anda bisa melihat dengan jelas alam bawah laut saat snorkeling. Dengan pemandangan tersebut, tak heran jika pantai ini banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Biasanya wisatawan yang datang sering menikmati pemandangan matahari terbenam. Selain itu, keanekaragaman hayati bawah laut di pantai ini menjadikan pantai ini tempat yang ideal untuk memancing.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Tarempa Timur, Kecamatan. Siantan, Cab.Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau.

3. Pantai di Pulau Penjalin

Pantai di Pulau PenjalinFoto: Google Maps/Oppo A377

Rekomendasi selanjutnya adalah pantai di Pulau Penjalin. Pantai ini menawarkan air yang sangat jernih serta pasir pantai putih yang lembut dan menyenangkan.

Air laut di pantai ini begitu jernih sehingga keindahan bawah laut terlihat jelas dari permukaan. Daya tarik dari pantai ini adalah terdapat deretan batu-batu granit di pinggir pantai.

Hal itulah yang membuat pulau ini begitu indah. Karena air lautnya yang jernih, snorkeling di pantai ini menjadi aktivitas yang cocok untuk menikmati keindahan alam bawah laut.

Untuk mengunjungi Pulau Penjalin, Anda bisa menggunakan speedboat atau perahu berkapasitas 5 hingga 20 orang dari Tarempa. Letak pulau ini tepatnya di Ladan, Kecamatan Palmatak, Kab.Kepulauan Anambas, Kep. Riau.

Harga tiket: Bebas; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Ladan, kabupaten. Palmatak, Cab.Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau.

4. Pantai Tanjung Momong

Pantai Tanjung MomongFoto: Google Maps/Timothy Stewart (Twartz)

Pantai Tanjung Momong di Kepulauan Anambas merupakan surga tersembunyi dengan keindahan yang mempesona. Pantai ini selain memiliki pasir putih dan air laut yang jernih, juga dikelilingi bongkahan batu granit di pinggir pantai sehingga memberikan keindahan visual.

Terumbu karang di pantai ini masih terjaga dengan baik sehingga sangat cocok untuk snorkeling. Salah satu daya tarik utama pantai ini adalah suasana tenang dan damai yang menyelimuti kawasan sekitarnya.

Pantai Tanjung Momong adalah destinasi sempurna untuk bersantai, memulihkan kesehatan, atau sekadar menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dan teman.

Selain itu pantai ini juga menyuguhkan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan dimana langit dipenuhi warna senja dan pantulan sinar matahari ke permukaan laut sehingga menjadi pengalaman tak terlupakan bagi wisatawan yang mengunjunginya.

Sebelum berkunjung ke Pantai Tanjung Momong, pastikan Anda sudah menyiapkan perlengkapan yang diperlukan seperti perlengkapan snorkeling, tabir surya, dan air minum.

Harga tiket: Rp10.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: J LH Muhammad, Terempa, Kec. Siantan, Cab.Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau.

Pantai indah di Anambas

5. Pantai Kusik

Pantai KusikFoto: Google Maps/Iqbal Pp

Pantai terdekat di Kepulauan Anambas adalah Pantai Kusik. Terletak di salah satu pulau nusantara, tepatnya di kawasan Jemaja, Pantai Kusik menawarkan perpaduan pasir putih lembut, air laut biru jernih, dan panorama alam yang mempesona.

Berbeda dengan pantai sebelumnya yang banyak pengunjungnya, pantai ini mempunyai suasana yang tenang dan damai, cocok bagi anda yang ingin mencari ketenangan dari hiruk pikuk kota.

Terdapat dermaga panjang di tengah pantai sehingga menarik untuk berfoto. Pantai Kusik tidak hanya menyuguhkan pasir putih dan air laut yang jernih, namun juga panorama laut dengan gugusan pulau di sekelilingnya menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai ini.

Saat Anda berkunjung ke pantai ini, pastikan untuk menikmati kesegaran air kelapa yang dipetik langsung dari pohonnya sambil menikmati pemandangan pantai yang tenang dan damai.

Harga tiket: Bebas; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Rewak, Kec. Jemaja, Cab.Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau.

6. Pantai Padang Melang

Pantai Padang MelangFoto: Google Maps/Sufi Farras

Berikutnya adalah Pantai Padang Melang. Pantai ini merupakan surga tersembunyi atau permata tersembunyi dengan pemandangan alam yang tak kalah indahnya.

Pantai ini tidak hanya menyuguhkan pasir putih halus dan air laut jernih, namun juga indahnya pohon kelapa yang berjejer di tepi pantai.

Selain keindahan alamnya, mengunjungi pantai ini juga menawarkan pengalaman menarik melalui acara masyarakat setempat seperti Festival Padang Melang.

Acara ini untuk mempromosikan pariwisata di Kepulauan Anambas. Faktanya, banyak wisatawan dari berbagai daerah, baik lokal maupun mancanegara.

Festival ini menampilkan berbagai acara seperti pertunjukan mendu, zapin, gobang, terbang layang, nyanyian Melayu, menjelajah bawah laut Anamba, dan bazar yang menjual kuliner lokal.

Festival tahunan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Anamba bekerja sama dengan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dari beberapa desa.

Harga tiket: Bebas; Map: Periksa lokasinya
Alamat: J L. Desa Padang Melang Padang Melang Kecamatan Letung. Jemaja, Cab.Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau.

7. Pantai Pasir Biang

Pantai Pasir BiangFoto: Instagram/Yeni Amriza Wahyu

Pantai terakhir yang direkomendasikan adalah Pantai Pasir Biang. Sebuah permata tropis yang tersembunyi, pantai ini menawarkan keindahan alam dan ketenangan yang mempesona yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Terletak di pulau yang masih asli, Pantai Pasir Biang menarik pengunjung dengan pasir putihnya yang lembut dan pemandangan yang tak kalah mengesankan.

Untuk menuju Pantai Pasir Biang, wisatawan harus melintasi pulau dengan menggunakan speedboat atau perahu yang disewa oleh masyarakat setempat. Jarak tempuh menuju pantai kota Pasir Biang kurang lebih 30 menit.

Nah itulah gambaran beberapa pantai di Kepulauan Anambas yang wajib Anda kunjungi saat berada di Provinsi Riau. Kepulauan Anambas memang menyimpan banyak keajaiban alam dan pantainya menjadi magnet bagi pecinta keindahan alam dan petualangan.

Dengan beragam panorama lautnya, Kepulauan Anambas mengajak wisatawan menjelajahi setiap sudut keindahannya. Dari tujuh pantai di atas, manakah yang menjadi favoritmu?

Harga tiket: Bebas; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Desa Matak, Kecamatan. Palmatak, Cab.Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button