Tempat Wisata

Air Terjun Kembang Soka, surga alam tersembunyi nan eksotik di Kulon Progo

harga tiket: Rp6.000 Waktu aktif: 08.00 – 16.00 WIB, Alamat: J L. Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Cab.Kulon Progo, DI Yogyakarta; map: pemeriksaan situs

Air Terjun Kembang Soka merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi. Lokasinya ada di Yogyakarta tepatnya di kawasan Kulon Progo. Keindahan air terjun membuat setiap orang yang mengunjunginya kembali lagi. Bagi anda yang belum pernah datang silahkan datang langsung ke lokasi agar tidak penasaran. Namun sebelum itu, alangkah baiknya jika Anda membaca ulasan lengkap yang akan kami berikan.

Para wisatawan yang pernah berkunjung ke tempat tersebut atau yang pernah berkunjung ke air terjun sering mengatakan bahwa tempat ini merupakan salah satu yang terbaik di kabupaten Kulon Progo. Bukan tanpa alasan airnya sangat jernih dan menyegarkan bagi siapa saja yang menyentuh atau berendam di dalamnya. Selain itu, Anda bisa melihat dengan jelas keunikan airnya yang memiliki dua warna.

Tidak mudah dijangkau, apalagi saat musim hujan. Jalan yang harus dilalui cukup terjal dan terjal khas perbukitan. Sebagian besar belum diaspal, sehingga semakin licin saat hujan. Meski demikian, hal itu tidak meredam langkah sebagian besar wisatawan. Alasan utamanya adalah panorama alam dan keindahan Air Terjun Kembang Soka yang tidak ada duanya.

Daya tarik air terjun Kembang Soka

Daya tarik air terjun Kembang SokaKredit foto: Google Maps Hasim Ikhwanudin

Atraksi, itulah yang memikat semua wisatawan yang rela menyusuri jalanan terjal dan terjal menuju tempat tersebut. Perjalanan juga harus melewati hutan dan perkebunan milik warga. Sesekali lembah terlihat begitu terjal dan terjal sehingga kaki yang lengah memberi hormat. Namun karena daya tariknya yang memikat, semua seakan terlupakan.

1. Keindahan Air Terjun Kembang Soka

Hal pertama yang menarik banyak wisatawan untuk berkunjung adalah keindahan air terjunnya. Tidak hanya satu air terjun yang bisa dilihat di tempat ini, melainkan dua dengan keindahannya masing-masing. Air terjun pertama tidak terlalu besar dengan kolam yang agak dangkal, sekitar 1 meter.

Sedangkan air terjun kedua berukuran lebih besar dengan ketinggian mencapai 15 meter. Kolam ini juga lebih besar dari yang pertama, begitu pula kedalamannya hingga 2,5 meter. Keduanya memiliki air yang sangat jernih dengan warna hijau kebiruan atau hijau tosca. Meski kolamnya tidak alami, namun tetap memiliki daya tarik yang memikat.

Air Terjun Kembang Soka memiliki keunikan karena aliran airnya tidak langsung menuju kolam melainkan menyentuh bebatuan terlebih dahulu. Batu-batu besar juga menarik perhatian dengan warna abu-abu dan merah. Singkatnya, air terjun ini tidak vertikal melainkan landai sehingga aliran airnya jernih.

2. Pemandangan alam di sekitar air terjun

Tak kalah menarik jika melihat sekelilingnya. Pepohonan rindang hijau menghiasi setiap sudut lokasi. Anda dapat melihat berbagai jenis pohon di sekitar air terjun. Jangan lupakan tanaman soka yang juga dijadikan nama air terjun di Kecamatan Girimulyo ini.

Perlu diperhatikan Air Terjun Kembang Soka diambil karena di tempat tersebut banyak terdapat tanaman Soka yang indah dan berwarna-warni. Untuk saat ini masih ada beberapa bunga ini sebagai bukti bagi anda yang masih ragu. Meski tidak terlalu banyak, namun keindahannya tetap memikat wisatawan.

3. Keunikan dua warna Air Terjun Kembang Soka

Objek wisata yang dimiliki air terjun Kembang SokaSumber Gambar: Google Maps Terima kasih Studio

Daya tarik selanjutnya sama sekali tidak kalah dengan dua hal yang dibahas, yaitu memiliki dua warna air yang berbeda. Dikatakan sebelumnya bahwa ada dua air terjun dengan ukuran yang berbeda. Jelas terlihat bahwa dua air yang mengalir melalui bebatuan memiliki warna yang berbeda. Sebelah kiri ukurannya tidak terlalu besar, dengan kontur lurus ke kolam. Warna air yang mengalir putih jernih, memungkinkan Anda untuk melihat bebatuan di belakangnya.

Tak jauh dari curug pertama yaitu di sebelah kanan, ada satu lagi yang lebih besar dengan kontur berundak. Di sini Anda bisa melihat bebatuan berwarna berbeda yang menggambarkan lintasan aliran air. Tidak jelas warna hijau tosca di arusnya, tapi sangat terlihat saat melihat kolamnya.

4. Relaksasi tempat bersantai

Keindahan dan panorama alam Air Terjun Kembang Soka merupakan tempat yang sangat baik untuk menenangkan diri. Atraksi ini bisa ditemukan di tempat wisata lainnya asalkan menyuguhkan pemandangan alam. Lokasinya yang jauh dari perkotaan tak hanya membuat udaranya sejuk dan dingin, tapi juga bebas dari polusi udara.

Menariknya, banyak jenis hewan telah ditemukan di dekat lokasi tersebut. Meski tergolong hewan liar, keberadaan mereka tidak mengganggu dan berbahaya. Apalagi dengan banyaknya satwa yang ditemui, menjadi nilai plus tersendiri dan membuatnya semakin menarik bagi wisatawan. Dengan demikian, relaksasi untuk menghilangkan penat dari keseharian menjadi lebih sempurna.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Kembang SokaKredit foto: Google Maps anom sabrang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Air Terjun Kembang Soka terletak di kawasan Perbukitan Menoreh, tepatnya di Jl. Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Jalan yang harus dilalui tidak mudah dengan kontur khas perbukitan yaitu tanjakan dan turunan yang terjal. Belum lagi begitu parkir, Anda harus siap jalan kaki menuju lokasi karena tidak bisa dijangkau dengan kendaraan.

Rute termudah dan terbilang cepat adalah menyusuri Jalan Godean, dengan jarak tempuh sekitar 33 kilometer. Dari pusat kota Jogja, silahkan menuju ke arah barat hingga tiba di Jalan Godean. Setelah itu, arahkan kendaraan ke Jalan Nanggulan dan berakhir di kecamatan Girimulyo. Ada banyak tanda di titik ini yang akan membawa Anda ke pesona air terjun.

Harga tiket Air Terjun Kembang Soka

Harga tiket Air Terjun Kembang SokaKredit foto: Google Maps Muhammad Lutfi

Walaupun harus membayar tiket masuk Air Terjun Kembang Soka, harganya masih terjangkau. Hanya 6.000 rupiah yang akan dikenakan untuk pengunjung dewasa. Anak-anak di bawah usia tertentu tidak membayar tiket masuk. Selain biaya tersebut, ada juga biaya parkir yang juga harus Anda bayar.

Harga masih standar untuk objek wisata di beberapa daerah Indonesia. Kendaraan roda dua atau sepeda motor dikenakan bea masuk sebesar 2.000 rupiah. Lain halnya dengan mobil yang dikenakan biaya parkir sebesar 5.000 rupiah. Selain tarif tersebut, tidak ada biaya lain selain pembelian sembako atau fasilitas berbayar.

Aktivitas menarik di Air Terjun Kembang Soka

Kegiatan di Air Terjun Kembang SokaKredit Foto: Instagram Air Terjun Kembangsoka

Menariknya, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat mengunjungi Air Terjun Kembang Soka. Selain karena daya tariknya, hal ini juga yang menjadi alasan mengapa banyak pengunjung yang datang setiap harinya. Bukan hanya turis lokal, tapi juga turis mancanegara di hari-hari tertentu!

1. Berenang dan bermain di air jernih

Bermain air tentunya menjadi hal wajib saat berkunjung ke tempat wisata berupa air terjun. Air segar dan udara sejuk di lokasi membuat kegiatan ini semakin menarik. Bagi yang hanya ingin menikmati air kolam, terdapat bebatuan untuk diinjak. Batu itu dibuat sendiri oleh pengelola dan ukurannya tidak terlalu besar.

Kegiatan berenang juga semakin seru bagi Anda yang menyukainya. Ada dua kolam yang bisa anda gunakan, pilihlah sesuai dengan kemampuan renang anda. Jika Anda tidak terlalu pintar, lebih baik gunakan cymbal dangkal di sebelah kiri. Namun jika Anda yakin sudah ahli dalam olahraga ini, kedalaman 2 meter tentu akan membuat tantangan semakin seru. Di sebelah kolam terdapat alas kayu yang dibuat khusus untuk mereka yang ingin melompat dari tebing.

2. Nikmati keajaiban Air Terjun Kembang Soka

Bagi yang malas berenang atau bermain air karena takut cuaca dingin, aktivitas pasif seperti menikmati keindahan panorama Air Terjun Kembang Soka mungkin cocok. Tidak hanya di tempat aksi, tetapi juga dengan jarak sekitar 200 meter. Sejauh mata memandang, warna hijau tumbuhan selalu menjadi teman perjalanan.

Belum lagi bebatuan dengan berbagai ukuran yang tak henti-hentinya menghiasinya. Sepintas tidak terlalu menarik, tapi saat Anda dikelilingi oleh banyak pohon di sebelahnya, pemandangannya tidak bisa dilewatkan. Keberadaan jembatan di lokasi tersebut tidak hanya berfungsi untuk menghubungkan kedua air terjun tersebut tetapi juga sebagai titik dimana pemandangan terlihat semakin menakjubkan.

3. Berburu spot foto yang cantik

Aktivitas menarik di Air Terjun Kembang SokaKredit foto: Google Maps fajar moch

Kegiatan foto sudah pasti menjadi suatu keharusan bagi setiap wisatawan yang datang berkunjung. Pemandangannya begitu menakjubkan sehingga sayang untuk dilewatkan. Selain itu, Anda dapat menggunakan berbagai spot untuk menghiasi latar belakang foto atau video. Sebut saja jembatan kayu yang menghubungkan dua air terjun cantik ini, di mana Anda bisa membelakangi Air Terjun Kembang Soka untuk backdrop yang mempesona.

Jika belum puas, ada satu spot lagi yang tak kalah indahnya yaitu kejernihan kolamnya. Warna pirus sangat jelas saat mengambil gambar dari atas. Ketenangan air yang hampir bebas arus membuat pemandangan semakin indah. Tak lupa spot yang menjadi incaran anak muda khususnya wanita yaitu bunga soka warna warni yang sangat menawan.

4. Tracking yang seru dan menantang

Kegiatan selanjutnya adalah dalam perjalanan menuju tempat wisata. Jaraknya memang tidak terlalu jauh, namun kontur Perbukitan Menoreh yang mencolok menjadi tantangan tersendiri. Bagi yang ingin memompa adrenalin dengan mendaki bukit, aktivitas ini cocok. Selain itu, tracking juga menyehatkan tubuh dan terutama menguatkan kaki.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Kompleks air terjun Kembang SokaKredit foto: Google Maps Wachyudi Yuwono

Soal fasilitas tak perlu khawatir, Pengelola Air Terjun Kembang Soka menawarkan berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Seperti adanya mushola yang digunakan untuk tempat ibadah dan juga toilet untuk membersihkan diri. Fasilitas lain yang bisa Anda dapatkan adalah parkir dengan ketentuan tarif di atas. Kehadiran gazebo yang bisa dijadikan tempat bersantai juga melengkapi fasilitas yang ada. Agar kebersihan selalu terjaga, tersedia banyak tempat sampah di beberapa tempat.

Bagi pengunjung yang kehabisan perbekalan, beberapa stand menunggu kedatangan Anda. Beragam makanan tersedia, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat seperti nasi. Ada juga makanan modern untuk anak muda di lokasi ini. Atau apakah Anda hanya ingin bersantai dengan secangkir kopi? Silahkan langsung ke boothnya karena disana juga harganya terjangkau.

Pesona Air Terjun Kembang Soka tidak bisa ditandingi oleh beberapa air terjun lain di Nusantara. Keindahannya semakin sempurna dengan lokasinya yang selalu terjaga kebersihannya. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda juga menjaga kebersihan di tempat wisata ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button