Tempat Wisata

AIR TERJUN SRI GETHUK – Tiket dan Aktivitas

Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

  • Biaya masuk: Rp.15.000
  • Jam buka: 08.00 – 16.00
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Mungguran II, Bleberan, Playen, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, –

Air Terjun Sri Gethuk salah satu tempat wisata di Gunung Kidul yang paling terkenal. Sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan panorama indah tidak hanya air terjun namun juga aliran sungai. Karena letaknya di tepian Sungai Oyo. Jika ingin menuju air terjun ini, Anda bisa naik rakit menyusuri sungai atau berjalan menyusuri tepian sungai.

Air terjun ini terdiri dari tiga sumber mata air yang mengalir melalui tebing-tebing tinggi. Ketiga mata air tersebut adalah mata air Ngandong, Dong Poh, dan Ngumbul. 3 aliran mata air ini dapat menghasilkan 3 hingga 5 air terjun tergantung musim. Selain itu, ketinggian air terjun ini bisa mencapai sekitar 25 meter.

Biaya masuk Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun ini dengan biaya masuk yang relatif terjangkau. Harga tiketnya Rp 15.000 dan Anda bisa menikmati pemandangan sungai dan tebing. Namun untuk menuju air terjun dengan menggunakan rakit, Anda harus membayar biaya sewa lagi sebesar Rp 10.000. Selain itu, beberapa fasilitas dan wahana yang tersedia dikenakan biaya tambahan.

Baca Juga: 3 Air Terjun Seru di Yogyakarta

Jam buka Air Terjun Sri Gethuk

Jika ingin mengunjungi air terjun ini, datanglah pada pagi hari. Karena pada pagi hari kawasan masih sepi, sehingga Anda bisa lebih leluasa beraktivitas. Sedangkan jam bukanya adalah pukul 08.00 hingga 16.00.

Aktivitas dan wahana di Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

Wisata Air Terjun Sri Gethuk menawarkan keindahan pemandangan alam. Berbagai pemandangan alam yang bisa Anda nikmati yaitu air terjun, sungai, dan tebing kapur. Pengunjung kemudian dapat menikmati pemandangan pepohonan yang indah dalam perjalanan menuju air terjun. Jenis wahananya juga bermacam-macam.

Pemandangan alam di Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

Air Terjun Sri Gethuk Gunung KidulAir Terjun Sri Gethuk Gunung KidulPemandangan alam yang bisa disaksikan di sekitar air terjun. Foto: Google Maps/Bara Purnomo

Air terjun ini terletak di Gunung Kidul yang memiliki medan berbukit. Tak heran jika selama perjalanan menuju air terjun Anda akan disuguhkan pemandangan perbukitan kapur dengan pepohonan yang lebat.

Jangan lewatkan juga Sungai Oyo yang menambah asrinya suasana. Saat musim kemarau, air sungai tampak jernih dan berwarna kehijauan. Namun pemandangan air sungai tidak terlihat seindah biasanya saat musim hujan.

Baca: GROJOGAN WATU PURBO: Air terjun unik bertingkat

Berenang dan berfoto di air terjun

Sungai Oyo dan Air Terjun Gunung KidulSungai Oyo dan Air Terjun Gunung KidulPengunjung yang tampil aktif dengan berswafoto dan berenang. Foto: Google Maps/Artine Indonesia

Bagi pecinta fotografi, kawasan sekitar air terjun sangat cocok dijadikan tempat berfoto. Foto-foto eksotis air terjun dengan latar perbukitan hijau kerap diminati. Dipadukan dengan aliran sungai yang hijau jernih, hasil fotonya terlihat unik dan tidak biasa.

Usai berfoto, pengunjung bisa berenang di sungai di depan air terjun. Arusnya cukup tenang dan aman. Namun harus hati-hati, sungai ini cukup dalam. Oleh karena itu, para perenang harus membawa jaket pelampung yang bisa disewa di sini.

Flying Fox, body rafting dan perjalanan arung jeram

Fasilitas arung jeram di Air Terjun Sri GethukFasilitas arung jeram di Air Terjun Sri GethukPengunjung terlihat menaiki rakit untuk mencapai air terjun. Foto: Google Maps/Siti Zaenab

Di sekitar air terjun ini juga terdapat berbagai wahana yang mampu memacu adrenalin Anda. Beberapa wahana tersebut antara lain: rubah terbang Dan Arung jeram. Wahana Flying Fox sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan sekaligus merasakan atraksi.

Sejauh perjalanan pergi Arung jeram Cocok bagi yang ingin bersantai di tepian sungai sambil menikmati pemandangan. Wisatawan akan menyusuri sungai hingga mencapai air terjun. Jaraknya hanya berkisar 350 meter.

Untuk semua orang yang tidak ingin berjalan atau Arung jeram Untuk menuju air terjun anda bisa menaiki rakit yang ada. Biayanya sendiri jauh lebih murah dibandingkan Arung jeram. Kapasitas rakit mencapai 14 penumpang dan waktu tempuh menuju air terjun hanya 7 menit.

Baca Juga: Tiket Masuk dan Objek Wisata Air Terjun KEDUNG PEDUT Kulon Progo

Wisata kuliner

Di sekitar air terjun terdapat warung-warung yang menjual makanan dan minuman dengan menu yang berbeda-beda. Salah satu warung yang terdapat di sini adalah Warung Sri Agung. Menawarkan berbagai menu seperti nasi goreng, sop ayam, ayam goreng dan lain-lain.

Selain makanan, menu minumannya juga cukup beragam. Minuman yang tersedia antara lain teh Rosella, susu jahe, Degan Kakar, dll. Tak ketinggalan minuman hangat khas Yogyakarta yaitu Wedang Uwuh. Harga menu makanan dan minuman di warung ini juga cukup terjangkau.

Perabot

Tempat parkir air terjun gunung kidulTempat parkir air terjun gunung kidulPilihan parkir luas di wisata air terjun. Foto: Google Maps/Arina Rakhmawati

Tempat wisata ini menawarkan fasilitas yang cukup lengkap dan memadai. Fasilitas yang tersedia antara lain toilet, musala, dan tempat parkir mobil yang luas. Ruang ganti juga tersedia bagi mereka yang ingin berganti pakaian. Selain itu, tempat wisata ini juga menyediakan wahana dan warung makan.

Air Terjun Sri terletak di Desa Bleberan, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pengunjung bisa menuju lokasi dengan menggunakan sepeda motor atau mobil. Karena lokasinya yang berada di dataran tinggi, tak heran jika jalur ke sini cukup menanjak. Maka persiapkan kendaraan dalam kondisi prima agar perjalanan lancar.

Koneksi transportasi menuju objek wisata ini baik. Jarak kota Yogyakarta menuju air terjun ini sekitar 38 kilometer. Biasanya perjalanan memakan waktu sekitar 1,5 jam jika tidak macet. Pengunjung bisa melalui jalan Imogiri-Dlingo atau jalan Pleret-Pathuk.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button