Tempat Wisata

Situ Wulukut, tempat wisata alam dengan panorama danau dan hutan di Kuningan

Terletak di Kuningan, Situ Wulukut menawarkan panorama alam yang mempesona mulai dari danau hingga hutan, dilengkapi dengan outbound trip menarik untuk pengalaman liburan tak terlupakan.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Kertayuga, Kec. Nusaherang, Kab.Kuningan, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Wisata alam dengan suasana asri dan tenang ditawarkan Situ Wulukut di Kuningan, Jawa Barat. Menawarkan pemandangan hutan yang sangat hijau dengan danau yang indah. Udara segar dan suasana jauh dari kebisingan, cocok bagi wisatawan yang ingin refreshing dan mencari ketenangan.

Tempat ini tidak hanya menawarkan wisata alam tetapi juga berbagai spot foto keren untuk wisatawan. Di ujung danau terdapat perahu selfie, di tengahnya terdapat dermaga mini berbentuk bunga dan masih banyak lagi. Bagi kamu pecinta selfie, tempat ini wajib masuk dalam daftar tempat wisata yang wajib kamu kunjungi.

Wisatawan dapat dengan mudah mencapai situs Situ Wulukut yang berada di tengah hutan hutan. Fasilitas interiornya cukup lengkap untuk kenyamanan pengunjung. Tempatnya bersih dan tidak terlalu dekat dengan pemukiman penduduk. Wisatawan bisa menghabiskan waktu liburannya dengan bahagia di tempat ini.

Daya tarik Situ Wulukut

Daya tarik Situ WulukutFoto oleh Kuninganizer di Facebook

Panorama alam danau dan hutan

Wisatawan langsung disambut dengan pemandangan hijaunya Hutan Kuningan. Pepohonan rindang yang memberi kesan sejuk menghiasi kawasan ini. Hutan di sekitar tempat ini cukup lebat karena dikelola oleh Perhutani sehingga kondisinya masih terjaga dengan baik.

Danau kecil yang berada di tengah hutan membuat pemandangan semakin indah. Air danau ini cukup bersih dan berwarna kehijauan. Ada lapangan yang ditumbuhi rumput di sekitar danau.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Tempat foto

Pemandangannya yang indah membuat Situ Wulukut menjadi tempat yang cocok untuk berburu foto. Namun tak hanya panorama hutan dan danau saja yang tersedia, melainkan juga beberapa spot foto yang disediakan pemerintah.

Ada perahu selfie, dermaga mini, dan spot foto menarik lainnya. Cocok untuk Anda yang ingin berfoto bersama pasangan tercinta menjelang pernikahan. Latar belakang pemandangan yang hampir seluruhnya terbuat dari warna hijau memberikan warna yang indah untuk latar belakang foto Anda.

Permainan keluar

Fasilitas yang relatif lengkap menjadi daya tarik lain dari tempat wisata populer ini. Salah satunya adalah Flying Fox, permainan tamasya yang populer di kalangan wisatawan. Adanya wahana seperti itu tentu menjadikan tempat wisata ini istimewa dan tak hanya menyuguhkan pemandangan alam saja.

Suasana yang menyenangkan dan romantis

Tahukah anda wisata Ranu Kumbolo mengelilingi Gunung Semeru? Ya, salah satu sudut Situ Wulukut, Kuningan menawarkan pemandangan indah dan suasana romantis layaknya Ranu Kumbolo. Pemandangan danau yang dikelilingi perbukitan hijau dan dekat dengan pemukiman penduduk membuat tempat ini semakin indah dan romantis.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Situ WulukutFoto oleh Wisata Wisata di Google Maps

Anda yang sedang berada di Kuningan, Jawa Barat bisa mampir sejenak ke Situ Wulukut di Desa Kertayuga. Lokasinya berjarak kurang lebih 23 km dari pusat Kota Kuningan dan dapat ditempuh dengan kendaraan dalam waktu kurang lebih 45 menit.

Wisatawan yang berminat mengunjungi tempat indah ini bisa langsung mengambil jalur menuju Kecamatan Nusaherang. Bagi Anda yang datang dari Kuningan City bisa melalui Jalan Veteran hingga Terminal Kadugede.

Dari terminal ambil arah menuju desa Kertayuga. Sesampainya di Kantor Kecamatan Kertayuga, Anda akan mencapai tempat wisata ini hanya sekitar 2 km saja. Jalanan di kawasan ini masih terbuat dari tanah dan batu. Namun aksesnya bisa dilakukan dengan kendaraan baik sepeda motor maupun mobil.

Di pertigaan belok kiri dan terus menyusuri jalan desa. Ikuti rambu-rambu yang dipasang di beberapa tempat. Lokasinya cukup jauh dari pemukiman warga karena berada di tengah kawasan hutan.

Biaya masuk dan jam buka

Tempat wisata alam ini dikelola oleh Perhutani dan pemerintah desa. Pengunjung atau wisatawan akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Bagi yang membawa kendaraan roda dua dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000. Kini dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat atau mobil.

Situ Wulukut dibuka setiap hari untuk kunjungan wisatawan. Mulai pukul 08.00 hingga 17.00 sore, pengunjung dipersilakan menikmati liburan di tempat mempesona ini.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan Situ WulukutFoto oleh Mochamad Adiwibowo di Google Maps

1. Bersantai dan nikmati pemandangan

Di tepian danau, wisatawan bisa duduk santai sambil menikmati segarnya udara dan indahnya pemandangan Hutan Kuningan. Tempat ini juga tidak terlalu ramai dikunjungi wisatawan, sehingga wisatawan dapat menikmati relaksasi maksimal tanpa diganggu oleh wisatawan lain.

Pengunjung yang datang ke kawasan wisata ini berasal dari daerah Kuningan dan sekitarnya. Pada hari libur saja wisatawan yang datang akan lebih banyak dari biasanya.Wisatawan juga bisa duduk dan bersantai dengan lebih nyaman di pendopo dekat danau.

2. Berkemah

Pengelola Situ Wulukut menyediakan tempat perkemahan bagi wisatawan. Bagi Anda pecinta alam atau bosan dengan suasana kota, Anda bisa mencoba berkemah di dekat danau ini. Lokasi perkemahan di kawasan wisata ini cukup luas dan aman bagi wisatawan untuk bermalam.

Wisatawan bisa menikmati suasana malam di tengah hutan bersama teman atau rombongan dengan lebih seru. Untuk menemani dinginnya malam, Anda bisa menikmati kopi hangat dan membuat api unggun bersama.

3. Piknik

Menikmati kuliner di tengah suasana hutan yang asri bisa menjadi aktivitas menyenangkan bagi Anda yang berlibur di Situ Wulukut. Gunakan saja alas sederhana untuk menutupi rerumputan yang mungkin terasa gatal saat Anda duduk di atasnya. Bawalah makanan dan minuman yang Anda bawa untuk dinikmati bersama dengan pemandangan hutan dan danau.

Namun, jika Anda tidak membawa bekal, Anda tidak perlu khawatir. Silakan memesan makanan dan minuman panas dari warung terdekat. Berbagai pilihan makanan ringan dan minuman ditawarkan dengan harga pantas. Jangan lupa untuk membersihkan sampah setelah makan agar tempat ini tetap bersih dan nyaman.

4. Berburu foto di Situ Wulukut

Wisata alam di Kuningan ini sangat cocok untuk berburu foto. Ada banyak kesempatan fotografi di Situ Wulukut yang bisa dijadikan background keren untuk foto kamu. Pengunjung yang ingin berfoto jelang pernikahan bisa berfoto di spot selfie boat yang cukup romantis.

Wisatawan yang ingin berfoto selfie seperti travel blogger atau travel vlogger bisa berfoto di spot pemandangan atau dermaga kecil tersebut. Anda bisa berpose layaknya travel blogger profesional dengan punggung menghadap hutan dan membelakangi.

5. Naik Flying Fox

Flying Fox merupakan salah satu wahana yang wajib Anda coba. Bagi para petualang sejati di antara kalian: Tentu saja berani meluncur begitu saja dengan Flying Fox ini. Sambil meluncur, wisatawan bisa menikmati pemandangan sekitar yang semakin indah jika dilihat dari ketinggian.

6. Naik perahu menyeberangi danau

Sebagai objek wisata Situ Wulukut, tersedia fasilitas perahu kayuh yang bisa Anda coba. Jika Anda membawa anak-anak, kegiatan ini mungkin bisa membuat si kecil senang dan lebih dekat dengan alam. Perahu kecil ini dapat digunakan oleh dua orang untuk mengarungi danau.

Karena danau ini tidak terlalu besar, maka tidak perlu waktu lama untuk berjalan mengelilinginya dari satu ujung ke ujung lainnya. Pengunjung cukup membayar tiket perahu di loket atau ke petugas selama menaiki perahu. Wisatawan yang kurang percaya diri juga bisa meminta bantuan petugas sebagai pengemudi perahu.

7. Rendam kaki Anda

Air di Situ Wulukut sangat bersih sehingga wisatawan bisa menikmatinya untuk berenang. Anda bisa duduk di tepi danau atau di dermaga kecil. Celupkan kaki Anda ke dalam air danau yang sejuk dan nikmati terapi gratis. Kesegaran air danau membuat otot-otot kaki Anda yang sebelumnya tegang menjadi rileks.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Situ WulukutFoto oleh Farid Rohman Sholeh di Google Maps

Penyewaan perahu tersedia bagi pengunjung yang ingin berlayar di danau yang indah ini. Wisatawan bisa menaiki perahu kayuh tradisional dengan membayar tiket sebesar Rp 10.000 per orang. Sebuah perahu yang mampu menampung dua penumpang membawa wisatawan mengelilingi danau dalam beberapa menit.

Situ Wulukut lebih nyaman dan memiliki toilet serta musala. Wisatawan bisa menemukan toilet di beberapa tempat yang bagian dalamnya cukup bersih dan nyaman. Terdapat juga beberapa paviliun yang tersedia bagi pengunjung untuk bersantai. Spot foto dan game drive pun melengkapi tawaran bagi wisatawan.

Ada warung makan di dekat pintu masuk. Warung sederhana dengan pilihan makanan ringan dan minuman. Wisatawan juga tidak perlu khawatir mengenai parkir karena tersedia fasilitas parkir di lahan yang cukup luas.

Itulah sekilas keindahan wisata alam di desa Kertayuga yang menyuguhkan pemandangan danau dan hutan. Demi kenyamanan pengunjung, fasilitas terus ditambah di lokasi ini. Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi tempat wisata alam di kawasan Kuningan, Situ Wulukut mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button