Tempat Wisata

√ Pantai Watu Ulo Jember, legenda dan harga tiket

Kota Jember di Jawa Timur menawarkan banyak tempat wisata alam yang menarik, salah satunya adalah Pantai Watu Ulo. Terletak di Desa Sumberejo, Watu Ulo memiliki pasir hitam legam dan pemandangan yang sangat indah.

Pantai Watu Ulo memiliki panjang hingga 110 meter dan lebar pantai hingga 4 meter. Nama Watu Ulo berasal dari bahasa Jawa yaitu Watu (batu) dan Ulo (ular). Alasan pemberian nama Watu Ulo karena bebatuan di pantai ini memiliki permukaan yang menyerupai sisik luar.

Pantai Watu Ulo

Biaya masuk

Tarif masuk ke Pantai Watu Ulo adalah Rp 5.000 per orang. Harga tiket memungkinkan Anda untuk menjelajahi dan menjelajahi semua pantai sebanyak yang Anda suka. Jangan lupa untuk mengabadikan momen disana dalam bentuk foto atau video ya.

Rute menuju Pantai Watu Ulo

Untuk menuju Watu Ulo, Anda harus menempuh rute tersebut, apalagi jika berangkat dari Kota Jember. Kemudian lanjutkan tujuan Anda di daerah Ambulu dan lanjutkan tujuan Anda hingga tiba di desa Sumberejo. Nantinya Anda akan menemukan banyak rambu jalan menuju ke Pantai Watu Ulo.

Hal menarik di Pantai Watu Ulo

Setiap objek wisata tentunya memiliki keunikan tersendiri dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Nah, Watu Ulo menawarkan keunikan bukan? Yuk simak pembahasannya di bawah ini.

Legenda Batu Serpentin Raksasa

Tentunya saat Anda berkunjung ke Watu Ulo, salah satu pemandangan yang paling mencolok adalah adanya batu besar berbentuk ular. Namun, batu itu adalah ular raksasa yang bertapa.

Singkat cerita, proses bertapa dilakukan oleh sang naga atas perintah seorang raja bernama Aji Saka. Dalam sejarah negara Jawa, Aji Saka lah yang berasal dari daerah Bumi Majeti dan menjadikan ular raksasa itu sebagai anak angkat raja bernama Jaka Linglung.

Karena Jaka Linglung sangat rakus bahkan memakan hewan peliharaan di wilayah kerajaan, Aji Saka mengirim naga itu ke hutan untuk bermeditasi. Bahkan, Jaka Daze diikat erat sehingga tidak bisa bergerak.

Masyarakat Jember percaya bahwa batu besar di Watu Ulo merupakan penjelmaan ular dari zaman dahulu. Sekarang batu ini sudah menjadi simbol pantai, sering digunakan pengunjung untuk berfoto dan mengabadikan momen di tempat ini.

Warna pasir pantai hitam

Misalnya, jika warna pasir di pantai didominasi warna krem ​​atau putih, maka berbeda dengan Watu Ulo. Di sepanjang pantai pasir yang Anda temukan berwarna hitam legam dan itulah hal yang menarik dari Watu Ulo.

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Watu Ulo. Meskipun pantai ini tidak terlalu luas dan besar, Watu Ulo tetap menjadi tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu Anda saat berwisata.

gua kelelawar

Ini memiliki nama lain, Goa Lawa. Ketika Anda memasuki gua kelelawar, Anda akan menemukan ribuan kelelawar di sini. Untuk mengakses kawasan ini Anda harus berjalan sedikit menyusuri pantai dan ternyata jaraknya cukup jauh.

Tak heran, Gua Kelelawar terbilang sepi dan jauh dari hiruk pikuk. Oleh karena itu, banyak digunakan oleh masyarakat setempat untuk melakukan upacara dan meditasi yang membutuhkan ketenangan dan jarak dari gangguan seperti kebisingan, dll.

gua Jepang

Di sebelah goa kelelawar, terdapat goa Jepang yang tidak boleh Anda lewatkan untuk dikunjungi. Membayar tiket masuk Rp 5.000 saja mengajak Anda bernostalgia pada masa penjajahan Belanda saat gua ini dijadikan tempat persembunyian.

Gua Jepang tidak hanya berfungsi sebagai tempat persembunyian, tetapi juga untuk mempertahankan wilayah. Oleh karena itu, tidak heran jika objek wisata ini menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Jember melawan penjajahan Jepang saat itu.

Melihat matahari terbenam

Tidak ada yang lebih indah dari menyaksikan matahari terbenam (matahari terbenam) di pantai. Ternyata aktivitas tersebut juga bisa kamu lakukan di Pantai Watu Ulo. Keindahan alam Watu Ulo berpadu dengan langit jingga menjadi momen yang tak terlupakan.

Selain itu, Watu Ulo saat ini menjadi salah satu pantai yang jarang dikunjungi wisatawan karena kondisi gelombang laut di pantai ini sangat ekstrim dan pemerintah setempat mengimbau untuk berhati-hati selama berada di Watu Ulo.

Namun, hal tersebut tidak mengurangi keindahan dan keeksotisan pantai ini selama Anda berkunjung. Kondisi yang bisa dikatakan tenang membuat momen melihat matahari terbenam terasa lebih enak.

Kegiatan upacara adat

Jika Anda berkunjung ke Watu Ulo pada waktu-waktu tertentu, Anda bisa menyaksikan berbagai jenis kegiatan upacara adat yang sering dilakukan oleh masyarakat setempat. Misalnya Upacara Petik Laut yang berlangsung pada tanggal 7 Syawal.

Ternyata Jawa Timur memiliki Pantai Watu Ulo yang begitu indah dan penuh cerita serta legenda yang melingkupinya. Jadi bagaimana menurut anda jika anda tertarik untuk mengunjungi pantai ini sebagai destinasi wisata alam anda selanjutnya?

Peringkat Pengunjung

Hanifah Izzati

16:21 15 Okt 21

Pantainya berpasir hitam, harga tiket masuk 7,5 km dan biaya parkir 5 km, pantainya agak kotor karena banyak sampah, tapi masih lumayan, bisa dijadikan tempat camping

Novi Kristianti

06:36 26 September 21

Karena masih segar… Biar enak rasanya… Banyak warung makan ikan dan udang segar… Yuk, datang ke Oabtai Watu Ulo

KANG Arma

11:23 19 Des 21

Di lokasi saat ini sudah banyak warung untuk bersantai, ngopi, makan, dll. Sudah dibangun juga shelter-shelter, gubuk-gubuk terawat, bagus dan bersih.

Yeni Nur Wijayanti

18:07 26, 21 Sep

Tempat wisata yang wajib dikunjungi, jangan lupakan “kenangan” bersama orang-orang spesial di sini 🥰

Rudi Caturyono H

06:46 12 Agustus 21

Pantai Legenda Watu Ulo merupakan salah satu tujuan wisata di Jember dan sangat cocok untuk melepas penat dari kebisingan kota dan refreshing bagi anak-anak.

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button