Tempat Wisata

10 Destinasi Kediri Yang Wajib Dikunjungi

Kediri adalah bagian dari Provinsi Jawa Timur dan terletak sekitar 130 kilometer barat daya Surabaya, ibu kota Jawa Timur.

Ada dua elemen geografis yang terkenal di Kediri, yaitu Sungai Brantas dan Gunung Kelud. Kediri dapat dicapai dengan bus atau kereta api.

Untuk memulai Wisata Kediri, pengunjung bisa naik kereta api yang berangkat dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya atau Malang.

Sebagian besar juga mengenal Kediri sebagai penghasil rokok terbesar di Indonesia. Selain itu, Kediri juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah karena letaknya yang berada di kaki Gunung Kelud.

Ada juga banyak taman umum yang indah yang bisa dikunjungi di Kediri. Yuk simak apa saja hal menarik yang bisa kamu lakukan di Kediri.

Ini dia tempat wisata Kediri yang paling menghibur

Monumen Simpang Lima Gumul

Wisata Kediri Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen ini terlihat sangat mirip dengan Arc de Triomphe di Prancis. Namun, alasan mengapa walikota saat itu memilih formulir ini masih belum diketahui.

Selain itu, pembangunan Monumen Simpang Lima Gumul dimulai pada tahun 2003 dan selesai pada tahun 2008. Tingginya 25 meter, lebar 804 meter dan memiliki 3 tingkatan, masing-masing sepanjang 3 meter.

Angka-angka ini dipilih bukan tanpa alasan. Kediri lahir pada tanggal 25 Maret 804, maka angka-angka inilah yang dipilih untuk membangun tugu ini.

Monumen ini tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi tetapi juga sebagai ruang pertemuan, auditorium dan juga sebagai ruang serbaguna. Pada akhir pekan, kawasan di sekitar monumen selalu ramai.

Mendaki Gunung Kelud

Mendaki Gunung Kelud

Gunung Kelud jelas sudah dikenal sebagai salah satu destinasi wisata alam di Kediri. Sudah ada cara untuk mencapai puncak.

Dari tempat parkir, pengunjung bisa naik melalui terowongan. Pengunjung tidak hanya dapat menyaksikan kubah lava tetapi juga menikmati pemandian air panas di sisi gunung.

Sebuah taman bunga baru-baru ini ditanam di Rest Area Gunung Kelud. Taman ini memiliki landmark berupa patung berbentuk orang berkepala sapi.

Selain bunga, ada juga taman khusus untuk tanaman nanas dan taman bunga matahari. Untuk menikmati semua yang ada di kawasan ini Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

Mendaki Gunung Maskumambang

Mendaki Gunung Maskumambang

Gunung Maskumambang merupakan bagian dari Gunung Wilis yang berada sekitar 300 meter di atas permukaan laut.

Jika Anda mendaki gunung ini dari barat, ada tangga untuk membantu Anda mendaki. Penjepit hanya tersedia sebagian dari Timur.

Di puncak Gunung Maskumambang terdapat makam Mbah Boncolono. Beliaru adalah pahlawan pada masa kolonial. Jika Anda mendaki gunung ini Anda akan disuguhi pemandangan dan udara yang sejuk.

Saat cuaca cerah, Anda bisa melihat dengan jelas pemandangan kota Kediri. Jangan lupa untuk melewatkan wisata hits Kediri yang satu ini.

Berkunjung ke Air Terjun Dolo

air terjun dolo

Perjalanan menuju Air Terjun Dolo penuh dengan pemandangan alam yang indah. Di sebelah kanan Anda dapat mengamati sekilas hutan tropis yang lebat. Di sebelah kiri air terjun Anda bisa melihat pemandangan Gunung Wilis.

Air terjun Dolo sendiri terdiri dari tiga tingkat. Dua tingkat yang lebih rendah masing-masing setinggi 4 meter, sedangkan yang tertinggi sekitar 30 meter.

Arus airnya tidak begitu kuat, sehingga Anda bisa menikmati mandi di bawah air terjun.

Lebih baik mengunjungi tempat ini pada hari kerja karena tidak terlalu ramai. Untuk menikmati keindahan alam ini Anda hanya perlu membayar Rp 3.000.000.

Air Terjun Irenggolo

Air Terjun Irenggolo

Tempat wisata ini terletak sekitar satu jam dari kota Kediri. Tapi jangan berpikir bahwa perjalanan 1 jam ini akan membosankan karena ada banyak pemandangan yang akan Anda lihat di sepanjang jalan.

Selain itu, kesejukan khas pegunungan langsung terasa begitu memasuki kawasan air terjun ini.

Air terjun ini terletak di kaki Gunung Wilis dengan ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut.

Air terjun ini terlihat unik karena bentuknya seperti tangga. Tingginya mencapai 80 meter.

Untuk masuk ke area ini Anda hanya perlu membayar Rp 3.000. Anda bisa berkunjung dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore.

Gua Selomangleng

Gua Selomangleng

Nama gua ini berasal dari lokasinya yang berada di sisi sebuah bukit. Pada umumnya goa ini terdiri dari batuan andesit hitam berukuran besar, sehingga dapat terlihat jelas dari kejauhan.

Karena andesit kedap air, tidak ada stalaktit atau stalagmit di dalam gua.

Dinding Gua Selomangleng dipenuhi dengan relief atau ukiran yang rumit, tetapi arti dari semua relief tersebut masih belum diketahui. Salah satu relief yang paling jelas terlihat adalah penggambaran Dewi Kilisuci.

Anda bisa memasuki kawasan wisata ini hanya dengan 4.000 rupiah.

Harga yang murah untuk menikmati peninggalan sejarah bukan? Area ini terbuka untuk umum dari jam 8 pagi hingga jam 9 malam, memberikan Anda keleluasaan untuk menyesuaikan jadwal Anda.

Gua Maria Pohsarang

10 Destinasi Wisata Di Kediri Yang Wajib Dikunjungi

Pembangunan Gua Maria Pohsarang dimulai pada 11 Oktober 1998 sebagai replika Gua Maria di Lourdes, Prancis. Ketinggian patung Bunda Maria di sini melebihi 3 meter.

Patung ini berukuran sangat besar karena menyesuaikan dengan ukuran gua yang mencapai 18 meter.

Bangunan dan taman di sekitar gua sangat rapi dan tertata indah. Bangunan gereja yang ada juga sangat unik karena tidak ada dinding yang menutupinya.

Gereja ini hanya dibatasi oleh pagar batu alam. Namun ingat, saat anda berkunjung ke tempat ini anda tidak diperbolehkan makan karena tempat ini khusus untuk para peziarah.

Pulau surga Gumul

Pulau surga Gumul

Gumul Paradise Island adalah resor keluarga yang menawarkan berbagai permainan.

Di sini Anda akan menemukan berbagai macam kolam, mulai dari balita hingga dewasa. Ada juga berbagai permainan keterampilan seperti Body Slide, Stream Pool dan Fun Boomerang.

Bagi Anda yang tidak menyukai fitur air, ada rumah hantu, studio seni 3D, dan flying fox.

Anda juga dapat menikmati fasilitas lengkap dari Gumul Paradise Island seperti kamar mandi, paviliun dan kafe.

Tempat wisata Kediri ini salah satu yang paling nyaman.

Taman Sumber Ubalan

Tur Sumber Ubalan

Taman Sumber Ubalan memiliki objek wisata yang terdiri dari hutan lindung dan mata air yang jernih. Suasana di sekitar mata air begitu sejuk.

Penduduk setempat percaya bahwa air yang berasal dari sini dapat memperpanjang umur dan awet muda. Karena pemandangannya yang indah, tempat ini bisa dijadikan salah satu tempat berburu di Kediri.

Ada juga banyak fasilitas yang bisa Anda temukan seperti kolam renang, perahu kayuh, taman bermain anak, restoran dan tempat perkemahan.

Ini adalah tempat yang sempurna untuk tamasya keluarga. Tiket masuknya juga cukup murah yaitu hanya 10.000 rupiah.

Candi Surawana

Candi Surawana

Candi ini merupakan candi Hindu yang dibangun pada tahun 1390 sebagai tempat pemujaan Raja Bhre Wengker. Meski tidak terlalu besar, Anda bisa merasakan nilai sejarah di sini secara gratis.

Baca Juga: 50 Destinasi Wisata di Malang Yang Hits Untuk Dia dan Her

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button