Tempat Wisata

Pantai Senggigi, Wisata Laut yang Eksotis di Lombok Barat

Pantai Senggigi salah satu tempat wisata pantai yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Lombok Barat. Pantai berpasir yang eksotis menawarkan keindahan alam yang masih alami.

harga tiket: Rp15.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kabupaten Senggigi. Batu Layar, Kab.Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; map: Cek lokasi

Lombok adalah pulau utama di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini memiliki banyak sekali keindahan alam yang tersaji di dalamnya. Salah satunya adalah Pantai Senggigi, Lombok. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri yang patut untuk dikunjungi.

Pesona pulau Lombok sebenarnya tidak jauh-jauh dari pulau Bali, makanya banyak disamakan dengan pulau dewata. Pulau ini memiliki berbagai destinasi baik wisata bahari maupun wisata lainnya. Pantai eksotis ini sendiri banyak disebut sebagai Pantai Kuta Lombok.

Bahkan, pantainya hampir menyerupai Pantai Kuta di pulau Bali. Meski tidak seluas Pantai Kuta, Pantai Senggigi memiliki panorama dan pemandangan yang hampir identik dengan pantai di pulau tetangga.

Atraksi Pantai Senggigi

Pemandangan di pantai SenggigiKredit foto: Google Maps Prima Wahyudi

1. Pesona pasir putih yang indah

Pantai di sebelah barat pulau Lombok ini memiliki pasir putih. Pasir di pantai ini juga memiliki tekstur yang lembut sehingga sangat ramah untuk kaki. Merasakan pasir pantai ini dengan telanjang kaki memang menjadi sensasi tersendiri.

2. Air laut yang jernih dan perairan dangkal

Pantai ini memiliki air yang sangat jernih sehingga wisatawan dapat melihat dasar laut dengan jelas. Banyak pengunjung yang memanfaatkan kejernihan air laut untuk bermain, berfoto dan menyelam.

Selain itu, dasar laut di dekat pantai juga relatif datar. Beberapa meter dari pantai, memiliki karang dan dasar yang tidak terlalu dalam. Formasi alam ini seolah menyatu dengan airnya yang jernih, menjadikannya daya tarik tersendiri dari Pantai Senggigi.

Pengelola tempat ini menggunakan dua hal ini untuk membuat tur lain. Wisata ini tidak dapat ditemukan di berbagai pantai lainnya. Tur terdiri dari snorkeling atau menyelam di bawah permukaan air untuk mencapai dasar laut.

Karena laut yang dangkal di sekitar tempat wisata ini, fasilitas snorkeling sepertinya menjadi pilihan yang tepat bagi pengunjung. Jika mencoba hal ini, wisatawan bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda dari mengunjungi destinasi wisata lainnya.

3. Pemandangan eksotis berpadu dengan garis pantai yang panjang

Pantai Senggigi memiliki panorama alam yang luar biasa. Pantai yang ditumbuhi banyak pepohonan membuat suasana semakin menyenangkan. Angin berhembus menerpa daun-daun pepohonan dan membuat pohon-pohon palem bergoyang. Bayangan yang dihasilkan menjadi lebih damai dan tentram.

Pemandangannya menyatu dengan beberapa keindahan pantai lainnya. Keindahan alamnya berpadu dengan indahnya air laut yang jernih serta pasir yang lembut dan putih. Berkunjung ke pantai ini bisa membawa ketenangan pikiran bagi para pengunjungnya.

4. Ombak ramah untuk peselancar pemula

Bagi Anda yang hobi berselancar atau surfing, pantai ini bisa menjadi pilihan destinasi untuk dikunjungi. Pasalnya, pantai andalan pulau Lombok ini memiliki ombak laut yang cukup kuat namun tidak terlalu besar.

Banyak peselancar mencoba menaklukkan ombak di pantai. Tidak hanya peselancar dari dalam negeri, tetapi juga peselancar dari luar negeri. Memang ombak di lokasi ini menjadi salah satu favorit para peselancar dunia.

5. Pesona Pura Batu Bolong

Tidak jauh dari pantai Senggigi terdapat sebuah pura yang memiliki keunikan tersendiri. Pura tersebut bernama Batu Bolong. Pengunjung dapat mengunjungi pura ini hanya dengan berjalan kaki sekitar 5 menit dari pantai.

Pura Batu Bolong merupakan salah satu ikon wisata di pulau Lombok. Pura ini terletak di atas batu karang yang menjorok ke laut. Batu tersebut berlubang akibat abrasi laut. Dengan sifat-sifat batu yang berlubang, candi ini mendapat nama ini.

Batuan yang menopang candi adalah teluk batu lava andesit-basal. Lava tersebut berasal dari kawasan Taman Nasional Rinjani di Lombok.

Di dalam pura terdapat beberapa arca yang memantulkan pancaran sinar Hyang Widhi. Beberapa arca tersebut adalah Rama, Laksana, Subali, Sugriwa dan ada juga arca naga.

6. Perbukitan yang mengelilingi pantai seperti benteng yang melindunginya

Ada beberapa bukit di sekitar pantai. Perbukitan terlihat indah jika dilihat dari tempat yang cukup jauh. Keberadaan bukit seolah membuat pantai ini terlihat semakin eksotis. Perbukitannya ditumbuhi pepohonan indah yang membuatnya terlihat segar.

7. Sapi dan perkebunan kelapa di sekitar pantai

Wisatawan dapat menjelajahi pantai ini lebih jauh. Jika pengunjung jauh-jauh ke utara, mereka akan menemukan perkebunan kelapa memanjang. Perkebunan kelapa ini seakan membuat pantai yang indah ini semakin indah dan layak masuk dalam daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi.

Di perkebunan kelapa Anda juga dapat menemukan banyak sapi berkeliaran. Mereka tampak sedang memakan rerumputan yang tumbuh di bawah pohon kelapa. Sapi-sapi itu milik warga sekitar. Banyak memelihara sapi di kawasan wisata ini.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk Pantai Senggigi

Alamat Pantai SenggigiSumber gambar: Google Maps Kawi Boedisetio

Pantai ini terletak di Kecamatan Batu Layar, Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Tempat wisata ini tidak terlalu jauh dari kota Mataram. Wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Mataram untuk mencapai pantai yang indah dan eksotis ini. Tempat ini berjarak 50 kilometer dari Bandara Internasional Lombok.

Jika pengunjung ingin menggunakan angkutan umum dari Kota Mataram, mereka harus melalui jalur Sweta – Ampenan. Setibanya di sana, naik transportasi lain dengan rute Ampenan – Senggigi. Setelah Anda tiba, Anda hanya perlu berjalan sedikit untuk sampai ke pantai.

Bagi wisatawan yang sudah pernah ke pulau Bali sebelumnya bisa menggunakan speedboat atau speedboat untuk menuju destinasi ini. Speedboat melintasi Selat Lombok dari Padang Bai menuju Pantai Senggigi. Rute speed boat adalah Bali-Senggigi-Bali.

Untuk memasuki tempat wisata ini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Harga tiket masuk ke destinasi ini adalah Rp 15.000. Harganya cukup murah mengingat begitu banyak keindahan panorama alam yang akan Anda nikmati.

Pengunjung juga akan dikenakan biaya parkir jika datang ke lokasi ini dengan kendaraan sendiri. Tarif tersebut merupakan tambahan dari tiket yang dibeli. Biaya parkir mobil berkisar Rp 15.000 saja dan jika pengunjung menggunakan bus dikenakan biaya Rp. 20.000.

Aktivitas menarik di pantai Senggigi

Aktivitas di pantai SenggigiSumber gambar: Google Maps Kawi Boedisetio

1. Snorkeling

Tur ini telah menjadi ikon untuk tempat ini. Pantai Senggigi terkenal dengan snorkeling atau diving di lautnya. Hal ini sesuai dengan bentuk alam yang ada di pantai ini. Ada banyak karang yang tumbuh di belakang pantai, membuatnya cukup dangkal dan sangat bagus untuk snorkeling.

Mengunjungi tempat ini tidak lengkap tanpa snorkeling. Anda akan menikmati keindahan terumbu karang dan fitur bawah laut lainnya di bagian bawah. Ada banyak persewaan peralatan snorkeling di pantai ini.

Biaya snorkeling hanya sekitar ratusan ribu. Ini adalah paket lengkap dengan semua perangkat. Pengunjung tidak akan kecewa membayar uang sebanyak itu ketika mereka melihat tebing karang yang masih asli dan indah di bawah laut.

2. Berkano, Banana Boat dan banyak lagi

Tempat ini tidak hanya menawarkan snorkeling tetapi juga wisata lainnya. Disini pengunjung bisa merasakan sensasi bermain kano atau perahu kecil dan banana boat. Jika mencoba semuanya, pengunjung bisa merasakan sensasi lain dari Pantai Senggigi.

Harga yang harus dibayar jika ingin menggunakan kano dan banana boat hanya sekitar Rp 50.000 saja. Pengunjung dapat menikmati tempat ini dengan mencoba wisata agar liburan terasa lebih nyaman.

3. Berselancar

Tempat ini dikenal memiliki ombak yang sangat populer di kalangan peselancar. Jadi, jika Anda suka berselancar, aktivitas liburan Anda akan lebih seru dan menyenangkan di pantai favorit ini.

5. Menikmati matahari terbenam

Seperti halnya pantai-pantai lainnya, fenomena sunset pun semakin indah dilihat dari tempat ini. Tak heran banyak wisatawan rela datang jauh-jauh hanya untuk menikmati keindahan sunset di tempat ini.

Penginapan murah di pantai senggigi

Akomodasi Pantai SenggigiSumber Gambar: Google Maps Puri Mas Beach Resort

1. Resor dan Spa Butik Puri Mas

Penginapan mewah dengan fasilitas yang sangat baik ini terletak sangat dekat dengan Pantai Senggigi, Lombok. Pengunjung bisa mendapatkan pengalaman menginap yang luar biasa dengan berbagai hal yang ditawarkan seperti AC dan kolam renang. Harga sewa sesuai dengan peralatan.

2. Cottage Nyaman Lombok

Tempat ini cukup murah untuk fasilitas yang bisa anda dapatkan seperti; B. AC untuk kolam renang. Pengunjung hanya membutuhkan uang ratusan ribu rupiah untuk mendapatkan kamar di tempat yang nyaman ini.

3. Vila-vila di Puri Mas Boutique Resort

Properti ini dinilai mewah dan bergaya. Tempat ini berjarak kurang dari 1 kilometer dari pantai. Pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas mulai dari restoran hingga kolam renang.

4. OYO 2864 Mangsite Garden Residence

Penginapan minimalis ini terbilang sangat murah dengan kondisi tempat tinggal yang nyaman. Fasilitasnya terdiri dari AC hingga WiFi.

5. Norton Homestay

Penginapan kelas menengah ini terlihat sangat nyaman dan cukup mewah dengan fasilitas seperti AC, restoran dan kolam renang.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Senggigi Lombok

Fasilitas Pantai Senggigi LombokKredit foto: Google Maps Menuju Fotografi Resmi

Destinasi wisata terkenal di pulau Lombok ini menawarkan berbagai fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung. Terdapat tempat parkir mobil untuk memudahkan wisatawan memarkir kendaraannya dengan aman sambil menikmati keindahan pantai.

Ada juga toilet yang bisa digunakan oleh pengunjung pantai. Ada juga banyak persewaan peralatan untuk snorkeling, selancar, dan fotografi. Ada banyak restoran di kawasan pantai ini. Pengunjung tidak perlu khawatir kelaparan saat datang ke sini.

Pulau Lombok menyimpan segudang keindahan. Pantai Senggigi di pantai barat Lombok adalah salah satu dari sejuta keindahan alam. Pantai ini menunjukkan keindahan ciptaan Tuhan di tanah Rinjani. Keindahannya membuat tempat ini layak untuk dikunjungi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button