Tempat Wisata

Pantai Jolosutro, pantai pasir hitam eksotis yang unik di Blitar

harga tiket: Rp 7.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Ringinsari, Ringenrejo, Kec. Wates, Kab.Blitar, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Indonesia dikenal memiliki banyak destinasi alam yang menakjubkan. Salah satunya terletak di kawasan Blitar yang memiliki ikon wisata menarik yaitu Pantai Jolosutro. Wisata ini memiliki keunikan tersendiri di setiap daerahnya yang membuat banyak orang ternganga melihatnya. Di tengahnya terdapat rahang udang yang tersusun rapi dari atas di atas bebatuan.

Di sudut timur terdapat pohon pinus yang lebat, yang biasanya berfungsi sebagai tempat berteduh. Oleh karena itu, meskipun terik matahari, siang hari tidak terasa panas terik. Konon wisata ini hanya diketahui sebagian kecil masyarakat saja. Namun, saat ini sudah banyak pengunjungnya, mulai dari wisatawan lokal maupun dari berbagai belahan dunia.

Meski bisa dibilang destinasi ini sering dijadikan destinasi keluarga, namun keindahannya tetap terjaga. Anda bisa menuju ke barat untuk melihat perbatasan antara pantai Jolosutro dan Karang Nritep. Sejauh mata memandang, tak pernah lelah merenungkan luasnya lautan. Nikmati kesejukan yang tidak akan Anda dapatkan di kota.

Atraksi Pantai Jolosutro

Atraksi di Pantai JolosutroKredit Foto: Instagram Galeri Saya

Berbagai panorama alam di pantai Jolosutro memberikan pesona yang sangat istimewa. Keunikannya jarang ditemukan di wisata sejenis lainnya. Hal inilah yang mendorong pengelola lokal untuk terus mempertahankan eksistensinya.

1. Pasir hitam yang eksotis

Salah satu pemandangan yang bisa dilihat di kawasan ini adalah pasirnya yang halus dan warnanya yang eksotis. Meski tidak berwarna putih, banyak yang terpesona saat melihatnya. Kelapangannya membuat pengunjung betah berlama-lama di sini. Tidak ada sampah berserakan karena ada petugas kebersihan yang selalu membersihkannya.

Pasirnya terasa lembut saat disentuh dengan kaki yang tidak memakai sepatu atau sandal. Pengunjung dapat memainkan berbagai permainan seperti istana pasir, menggali lubang dan membuat cetakan pasir. Dari muda hingga tua, kegiatan ini akan membawa kegembiraan.

2. Dikelilingi perbukitan hijau

Saat memasuki tur, hijau alam ditampilkan. Lautnya dikelilingi oleh perbukitan hijau di tebing berbatu. Pada siang hari angin terasa semilir dan warna bukit senada dengan air pantai. Bahkan di sore hari, bukit itu terlihat seperti lukisan siluet dengan langit jingga.

Selain itu, pohon pinus dan cemara di sekitarnya berkontribusi pada keteduhan tempat itu. Kayu gelondongan tersebut sering digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai bahan pembuatan gazebo. Nuansa alam hijau ini tak hanya menyejukkan mata, tapi juga membuat udara bisa bernafas dengan baik. Tak heran jika pengelola memiliki program menanam bibit pohon agar lebih rindang.

3. Area pantai yang luas

Area Pantai Jolosutro yang agak luas membuat wisata ke beberapa negara. Beberapa digunakan sebagai tempat parkir, tempat penjualan dan penghijauan. Kalaupun banyak orang yang datang pada hari libur, jangan khawatir karena tempat di sini cukup besar. Sarana dan prasarana cukup memadai di kawasan wisata ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai JolosutroKredit foto: Google Maps Syamsul Arifin

Kawasan Rekreasi Pantai Jolosutro terletak di Desa Ringenrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Situs ini berjarak 45km dari pusat Kota Blitar dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam. Pengunjung melewati kabupaten Wanigoro dan melanjutkan ke Binangun untuk sampai ke Wates. Jalan mudah dilalui oleh sepeda atau mobil karena sudah beraspal mulus.

Tidak hanya itu, ketika wisatawan berangkat dari Kota Malang, mereka bisa melalui Bendungan Karangkates. Setelah sampai di Kesamben, Anda bisa menuju ke selatan untuk menemukan Jolosutro. Rambu-rambu akan tersedia di setiap jalan raya yang mendekati pantai. Pengunjung pertama kali juga dapat melihatnya di Google Maps.

Lokasinya yang strategis dapat dijangkau dengan transportasi umum yang tersedia. Wisatawan yang tidak membawa kendaraan dapat naik bus dari pusat kota dan berhenti di kawasan terminal Ringenrejo. Setibanya di sana, ada ojek pengantar ke tempat tujuan. Penyewaan travel juga tersedia untuk langsung menuju pantai.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket Pantai JolosutroSumber Gambar: Google Maps Anggun Yasica

Liburan di Pantai Jolosutro tidak membutuhkan budget yang besar. Biayanya sangat murah, hanya Rp 7.000 per orang di hari biasa dan hari libur. Wisatawan dapat menikmati keindahan wisata dari pagi hingga malam hari. Tak heran banyak yang menjadikannya sebagai destinasi keluarga.

Sebelum masuk petugas menanyakan tarif karcis parkir. Mulai dari Rp 2.000 untuk roda dua dan Rp 5.000 untuk roda empat. Biasanya rombongan yang membawa bus memiliki harga tiket yang berbeda. Wisatawan tidak perlu khawatir karena biayanya dijamin tidak menguras kantong.

Aktivitas menarik di pantai Jolosutro

Aktivitas di Pantai JolosutroSumber gambar: Kinerja Google Maps Sukses abadi

1. Berkemah

Apalagi hari Sabtu dan Minggu di sepanjang pantai ramai oleh para pekemah muda. Pengunjung bisa mendapatkan izin dari pengelola pantai sebelum mendirikan tenda. Peralatan lain seperti peralatan masak dan tempat tidur bisa disiapkan di rumah. Selama Anda tinggal Anda akan melihat matahari terbit dan terbenam.

2. Beli kuliner

Tidak lengkap rasanya jika sedang berlibur tapi tidak menikmati kuliner lokal. Produk seafood seperti gurita, cumi dan ikan bakar dijual oleh pedagang dengan harga yang ramah kantong. Rasanya yang khas memanjakan lidah para tamu. Tak heran jika tempat ini sangat populer dan antreannya cukup panjang pada hari libur nasional.

3. Jalan-jalan di pantai

Kegiatan ini terutama dilakukan untuk menikmati pemandangan alam dengan lebih leluasa. Traveler bisa mengelilingi area pepohonan yang rindang dengan menginjakkan kaki di atas pasir. Anda akan melihat orang-orang berjalan dari kanan ke kiri. Ajak kerabat agar kegiatan ini tidak membosankan.

4. Berenang

Aktivitas menarik di Pantai Pantai JolosutroKredit gambar: Penghasilan Google Maps untuk kota Blitar

Pantai Jolosutro Blitar dikenal memiliki ombak yang besar. Namun jangan khawatir, wisatawan yang sedang berlibur tetap bisa berenang di pinggirannya. Manajer menyarankan Anda untuk tetap berhati-hati karena angin laut terkadang dapat mempengaruhi ombak yang cepat. Perlengkapan seperti pelampung sebaiknya disiapkan dari rumah karena di kawasan ini tidak ada persewaan.

5. Bersantai di gazebo

Banyaknya paviliun yang tertata rapi membuatnya sangat cocok sebagai tempat untuk keluarga. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan air laut yang diterangi matahari yang terlihat begitu indah. Desain bangunannya berwarna coklat menggunakan kayu di sekitarnya.

6. Foto bersama kerabat

Banyaknya spot foto di Jolosutro membuat pengunjung ingin mengabadikannya. Mulai dari pohon pinus, pasir dan bebatuan bisa dijadikan background. Oleh karena itu, persiapkan kamera agar tidak ketinggalan kegiatan ini. Traveler juga bisa membuat video bersama kerabat atau keluarga untuk menghabiskan waktu di pantai cantik ini.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di dekat Pantai JolosutroKredit foto: Google Maps Supri Yatno

1. Hotel Tugu Blitar

Bangunan hotel ini unik karena mengambil tema abad ke-19. Anda akan merasa seolah-olah kembali ke masa lalu ketika melihat perabotan di dalamnya. Dilengkapi dengan kulkas, TV kabel, dan berbagai menu sarapan. Berlokasi strategis di sebelah alun-alun, supermarket, dan stasiun kereta api.

2. Puri Perdana Hotel & Convention Hall

Puri Perdana Inn sangat dekat dengan Pantai Jolosutro karena hanya membutuhkan waktu 1 jam perjalanan. Petugas pelayanan sangat ramah terhadap wisatawan yang datang. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 250.000 per malam dengan pilihan 145 kamar. Fasilitas yang ditawarkan mulai dari taman bermain anak, kolam renang dan lapangan karaoke.

3. Hotel Patria Plaza

Patria menjadi salah satu rekomendasi akomodasi karena masakannya yang terkenal enak. Area di sekitar kamar tamu dikelilingi oleh pepohonan, sehingga tempatnya asri. Di sudut lainnya terdapat ruang pertemuan yang disewakan sebagai tempat pertemuan. Wisatawan juga dapat menyewa layanan antar-jemput mobil yang disediakan oleh hotel.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai JolosutroKredit Foto: Google Maps ILHAM ALI SHODIQ

Wisata liburan di Pantai Jolosutro memiliki beberapa fasilitas penunjang. Wisatawan dapat menggunakan toilet di area tersebut. Fasilitas ini dibayar mulai dari Rp 2.000. Petugas pantai biasanya mengawasi pembersihan secara rutin agar tamu tetap nyaman saat memakainya.

Sebuah tempat parkir mobil besar untuk hingga 50 kendaraan tersedia di area pintu masuk depan. Akan ada sekat untuk sepeda dan mobil untuk memudahkan memarkir kendaraan. Pengunjung yang ingin berdoa dapat mengunjungi mushola kecil di sudut tempat wisata. Pada bagian depan dilengkapi dengan area cuci dengan air mengalir.

Banyak paviliun akan dipajang di sepanjang Jolosutro bagi pengunjung untuk bersantai. Banyak yang menghabiskan waktu di kursi ini, menikmati keindahan alam pantai. Ada juga toko kecil dengan penjual yang menjual beberapa makanan khusus. Tempat sampah juga tersebar di beberapa sudut untuk menjaga kebersihan area.

Begitulah gambaran destinasi laut Pantai Jolosutro di Blitar yang banyak dilirik wisatawan. Anda yang berkunjung ke Blitar bisa menjadikannya sebagai tempat persinggahan liburan hanya untuk melepas penat. Persiapkan dengan matang untuk liburan dan bawalah barang-barang yang diperlukan saat berada di pantai.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button