Tempat Wisata

Berikut 10 Daftar Tempat Wisata Di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

Jika Anda berada di Jawa Timur, jangan lupa untuk mengunjungi Banyuwangi. Banyuwangi merupakan pintu gerbang alternatif menuju Bali. Salah satu tempat wisata Banyuwangi yang paling populer adalah Kawah Ijen, di mana Anda bisa melihat api biru. Namun, selain Kawah Ijen, ada objek wisata lain di Banyuwangi.

Banyuwangi secara harfiah berarti air beraroma, yang dikaitkan dengan legenda lokal. Kabupaten Banyuwangi memiliki luas 5.800 km² yang terdiri dari pantai selatan dengan Gunung Raung yang mengesankan di 3.282 meter dan Gunung Merapi di 2.800 meter di atas permukaan laut. Apa saja tempat wisata menarik di kabupaten ini?

10 Tempat Wisata di Banyuwangi

Untuk membantu Anda memaksimalkan waktu Anda di Banyuwangi, berikut adalah 10 destinasi wisata Banyuwangi terbaik untuk dijelajahi tahun 2018.

Kawah Ijen

Kawah IjenKawah Ijen (c) @dadoels

Dikelilingi oleh lanskap perkebunan kopi yang rimbun dan lanskap vulkanik yang dramatis, Kaweh Ijen adalah gunung berapi yang tenang namun aktif yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan.
Tempat wisata populer di Banyuwangi ini menarik lebih banyak pengunjung dari seluruh dunia. Kawah Ijen adalah danau belerang pirus yang spektakuler dan percikan api dari Kawah Ijen adalah daya tarik utamanya.

Danau megah ini berada 2.148 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh dinding kawah gunung berapi. Di tepi danau, asap mengepul dari gunung berapi dan air mulai menyembur saat aktivitas gunung berapi meningkat.

Yang membuat kawah ijen ini istimewa dan berbeda dari yang lain adalah nyala api birunya yang menyembur. Pemandangan menakjubkan ini adalah hasil dari pembakaran gas belerang yang bersentuhan dengan udara, menciptakan api biru.

Untuk sampai ke tempat wisata ini, dibutuhkan waktu 30-45 menit dengan mobil dari Banyuwangi ke Ijen. Cara termurah untuk mengunjungi Ijen adalah dengan tur kelompok. Biaya tur bersama sekitar Rp 150.000 per orang.

Baca juga: Tempat Wisata Terbaru, Kuliner, Malam Hari dan Terbaik di Bali

air terjun pecinta

Air Terjun Pengasih merupakan kawasan berburu di Banyuwangi yang menawarkan pemandangan alam yang spektakuler. Air terjun setinggi 60 meter ini berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Banyuwangi dan mudah dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi.

Dikelilingi oleh dedaunan hijau yang indah, air terjun ini memiliki ketinggian air sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut dan ada 4 air terjun kecil lainnya.

Desa Adat Kemiren

Desa wisata OsingTourismusdorf Osing (c) @hudhaairlangga

Desa Adat Kemiren merupakan tempat yang tepat bagi Anda yang mengagumi budaya, tradisi, dan cara hidup suku Osing yang masih terpelihara dengan baik. Nenek moyang Osing adalah orang-orang yang melarikan diri dari Kerajaan Majapahit. Mereka tinggal di desa Kemiren Banyuwangi dan mendirikan kerajaan Blambangan.

Suku Osing menolak untuk kembali ke Majapahit, sehingga mereka disebut sebagai orang “Osing”, yang dalam bahasa mereka berarti “Tidak”. Diturunkan dari masa lalu yang multikultural, Osing mengembangkan adat istiadat dan bahasa yang menarik yang berbeda dari tetangganya, Jawa, Madura, dan Bali.

Mereka menggunakan nada yang berbeda untuk menanamkan rasa hormat pada orang yang lebih tua dan beralih ke nada yang lebih santai saat mengobrol dengan teman sebayanya. Osing juga memiliki pola tie-dye yang dipesan lebih dahulu, tarian yang menakjubkan, musik yang menginspirasi dan banyak ritual unik lainnya.

Pantai Watu Dodol

Pantai Watu DodolPantai Watu Dodol

Lokasi pantai ini ditandai dengan batu granit besar yang terletak di antara jalan dan patung Gandrung. Pantai ini hanya berjarak 2 kilometer dari pelabuhan Ketapang, sehingga Anda dapat melihat kapal feri antara Bali dan Banyuwangi. Anda juga bisa pergi jalan-jalan dari perbukitan di dekat pantai.

Pantai Plenkung

Pantai PlenkungPantai Plenkung

Jika Anda suka berselancar, tambahkan Pantai Plengkung atau sering disebut dengan G-Land. Pantai ini merupakan surga bagi para peselancar berpengalaman karena terumbu karangnya yang dangkal dan ombaknya yang panjang. Ada beberapa spot surfing di sepanjang Pantai Plengkung yang bisa Anda jelajahi saat berkunjung ke pantai ini.

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau MerahPantai Pulau Merah

Banyuwangi juga memiliki pantai yang indah dengan ombak yang memanjakan. Pantai Pulau Merah terletak di lanskap perbukitan yang indah dan jarak antara bukit dan pantai hanya sekitar 100 meter dari pantai.

Tidak seperti G-Land, di mana bebatuan tajam berjajar di tepi pantai, pantai Pulau Merah menawarkan area yang aman bagi peselancar pemula. Pantai ini juga merupakan tempat yang populer untuk liburan keluarga. Penggemar paralayang menggunakan bukit pulau untuk lepas landas dan meluncur dengan anggun ke darat.

Pantai Rajegwesi

Pantai RajegwesiPantai Rajegwesi

Pantai Rajegwesi terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran. Pantai ini memiliki kemegahan alam yang lebih mempesona, juga terdapat bunker tua peninggalan pendudukan Jepang pada masa Perang Dunia II.

Yang istimewa dari pantai ini adalah keunikan pasirnya yang berwarna coklat, terbentuk dari sedimen berlumpur yang terbentuk dari sisa-sisa banjir sungai. Di sini Anda juga dapat menyaksikan aktivitas para nelayan setempat saat mereka melaut dan kembali ke pantai.

Green Bay

Wisata Teluk Hijau BanyuwangiGreen Bay

Teluk Hijau atau “Green Bay” dalam bahasa Inggris adalah sebuah pantai indah yang terletak di kawasan Taman Nasional Meru Betiri yang dilindungi. Pantai yang menakjubkan ini terkenal dengan warna airnya yang hijau jernih dan indah serta lingkungan yang damai.

Green Bay adalah tempat yang tepat untuk menghabiskan hari bersantai di pantai dan mengambil foto menakjubkan dari banyak tempat indah. Meski jarak dari pantai ini sekitar 90km atau sekitar 3-4 jam perjalanan dari kota Banyuwangi, perjalanan panjang itu pasti akan terbayar dengan keindahannya yang mempesona.

Pulau Tabuhan

Pulau TabuhanPulau Tabuhan

Pulau Tabuhan berjarak 20 km dari Banyuwangi. Cara terbaik untuk sampai ke pulau adalah dengan perahu umum. Pulau ini memiliki luas hanya sekitar 5 km² dan dikelilingi pantai berpasir putih dengan terumbu karang.

Ada banyak kesempatan untuk menyelam dan snorkeling di permukaan. Jika Anda berencana untuk snorkeling di Pulau Tabuhan, pastikan untuk melihat bunga karang, kepiting, dan berbagai jenis ikan. Anda dapat mengatur tur menyelam dari Banyuwangi ke Pulau Tabuhan.

Pantai Sukamade

Pantai SukamadePantai Sukamade

Pantai Sukamade terletak 96 km dari Bayuwangi atau tepatnya di dekat Taman Nasional Meru Betiri. Pantai ini terkenal sebagai tempat penangkaran penyu. Hampir setiap hari dan setiap tahun penyu datang ke Pantai Sukamade untuk bertelur.

Anda bisa mengatur jadwal wisata ke Pantai Sukamade dari Banyuwangi. Berkunjung ke Pantai Sukamade merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan di Banyuwangi saat berkunjung ke kota ini.

Baca juga: Wisata Air Umbul Jernih Banyuwangi

Bagaimana menurut Anda daftar tempat wisata di Banyuwangi di atas? Sungguh menakjubkan, bukan? Jika Anda sudah berada di Banyuwangi, jangan lewatkan tempat-tempat menarik di atas.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button