Tempat Wisata

Cibalung Happy Land, taman hiburan bernuansa alam favorit keluarga di Bogor

harga tiket: Rp 20.000 Waktu aktif: 09.00-16.00 WIB, Alamat: J L. Cihideung, Desa Cibalung, Kec. Cijeruk, Kab.Bogor, Jawa Barat; map: pemeriksaan situs

Bukan rahasia lagi jika Jawa Barat memiliki banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi saat akhir pekan tiba. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi bersama keluarga adalah Cibalung Happy Land di Bogor, Jawa Barat. Tempat wisata ini menampilkan pemandangan alam yang dipadukan dengan aktivitas modern. Anda dan keluarga dijamin puas saat berwisata ke sana dengan banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan.

Dibangun di atas tanah seluas 6 hektar, kawasan ini terdiri dari wahana-wahana yang utamanya ditujukan untuk anak-anak. Namun bukan berarti tidak ada hal menarik yang bisa dilakukan untuk orang dewasa, karena adrenalin Anda bisa terpompa dengan merasakan serunya rafting. Selain itu, Flying Fox juga patut dicoba untuk menguji keberanian Anda, baik untuk anak-anak maupun dewasa.

Tempat wisata ini juga cocok sebagai media pendidikan bagi anak sekolah baik PAUD maupun TK. Ada banyak hal menarik yang berkaitan dengannya, seperti berkebun, memancing, dan mengecat topi. Selain itu, terdapat banyak hewan dan tumbuhan yang juga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran.

Daya tarik Cibalung Happy Land

Daya tarik Cibalung Happy LandKredit foto: Google Maps Cuss Slcf

Mari kita ulas bersama semua daya tarik objek wisata Cibalung Happy Land. Seperti tempat wisata pada umumnya, pasti memiliki daya tarik tersendiri bukan? Kali ini bukan hanya satu atau dua, tapi banyak, yang menjadi alasan banyaknya pengunjung yang berkeliaran setiap hari.

1. Wahana di taman air

Selain pemandangan alam yang memukau, tempat wisata yang terletak di Jalan Cihideung ini juga menawarkan wahana waterpark yang pasti disukai anak-anak. Desain kolam renang terlihat sederhana namun fasilitas yang dikandungnya tidak boleh dianggap remeh. Ada dua seluncuran air dengan ukuran berbeda untuk dinikmati dan menambah keseruan permainan air.

Untuk anak-anak disarankan menggunakan ukuran kecil dengan model seluncur lurus tanpa lekukan. Sedangkan untuk dewasa atau remaja bisa menggunakan ukuran yang lebih besar, tingginya sekitar 10 meter. Turunannya cukup curam dengan beberapa tikungan, oleh karena itu disebut perosotan spiral.

Selain dua permainan yang disebutkan di atas, ada juga ember raksasa yang juga sangat menarik untuk dinikmati serasa menuangkan air dari atas. Dalam beberapa menit, ember kosong akan terisi, menumpahkan semua air. Kalau langsung di bawah, fitur air tentu lebih asyik.

2. Perkemahan

Perkemahan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, terutama mereka yang berencana untuk bermalam. Layaknya pecinta alam, Anda dan keluarga akan tidur di luar ruangan dalam tenda dengan ukuran berbeda. Pengelola juga menyediakan api unggun untuk pemanasan di malam hari. Bagi Anda yang tidak terbiasa tidur di atas tikar, tersedia pula kasur yang bisa disewa.

3. Rumah Kelinci

Atraksi itu milik Cibalung Happy LandKredit foto: Google Maps siti haeriyyah

Anak-anak tidak hanya bisa melihat tapi juga bermain dengan hewan-hewan lucu ini. Rumah kelinci didesain seperti taman dengan banyak kelinci sebagai penghuninya. Selain bermain, anak-anak juga dipersilakan untuk memberi makan, mengelus, dan berfoto bersama.

4. Arena Bermain Anak

Jika anak-anak tidak tertarik bermain dengan alam, mustahil untuk meningkatkan keterampilan motoriknya. Playkids adalah tempat bermain anak dengan banyak permainan yang aman. Anak-anak bisa bermain ayunan, berjalan di atas jembatan, naik tali dan masih banyak lagi. Meskipun dikatakan aman, selalu merupakan ide bagus untuk mengawasi dan menjaga mereka saat bermain.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Cibalung Happy LandKredit Foto: Saluran Google Maps Kang Guru

Setelah mengenal beberapa tempat wisata Cibalung Happy Land di atas, mungkin Anda ingin segera mengunjunginya bukan? Jadi catat alamatnya di Jl. Cihideung, Cijeruk, Cibalung, Bogor, Jawa Barat. Untuk menuju tempat wisata sebaiknya memilih jalur yang tepat, karena banyak belokan jalan yang harus dilalui.

Rute yang bisa ditempuh adalah dengan mengambil patokan dari Warso Farm. Dari arah pintu tol Bogor silahkan belok kiri menuju lampu merah Ekalosari. Ambil jalan menuju Jl. Siliwangi dengan belok ke kiri lalu lanjutkan sampai ketemu Jl. Rumput Gingung. Lurus terus lalu ambil jalan menuju Jl. Cihideung setelah melewati Stasiun Batu Tulis.

Nanti di Jalan Cihideung ini akan ada peternakan warso, namun tempat wisatanya tidak sampai ke tempat ini. Silakan belok kiri saat Anda mendekati Warso Farm dan ikuti rambu-rambu. Sampai disini anda dekat dengan tempat wisata tapi jalannya cukup sempit jadi harus hati-hati.

Biaya masuk ke objek wisata

Biaya masuk ke Cibalung Happy LandKredit foto: Google Maps Hanguri HARTOYO

Tiket masuknya relatif murah karena harganya hanya 20.000 rupiah pada hari aktif dan 25.000 rupiah pada akhir pekan. Namun, harga tiket masuk tersebut belum termasuk wahana dan semua permainan yang ada di dalamnya. Di antara banyaknya jenis permainan, Anda bisa memilih salah satunya dengan membayar tiket tambahan.

Aktivitas menarik di Cibalung Happy Land

Kegiatan Menarik Cibalung Happy LandKredit foto: Google Maps Yulia Andani Murti

Sesuai dengan beberapa atraksi yang telah disebutkan di atas, banyak kegiatan menarik lainnya yang dilakukan di tempat wisata Cibalung Happy Land. Bukan untuk mengintip, berikut adalah beberapa pengunjung paling umum yang mungkin menarik bagi Anda juga!

1. Arung Jeram Arung Jeram

Apakah Anda tertarik dengan kegiatan yang dapat merangsang jantung? Silahkan mencoba arung jeram yang menjadi andalan permainan dari lokasi ini. Rutenya cukup panjang, sekitar 11 km dengan arus yang cukup kencang. Pasti bikin jantung berdebar dengan deburan ombak yang kerap muncul saat menghantam bebatuan di Sungai Cisadane.

Bagaimana tidak, Anda hanya menumpang perahu karet yang tidak terlalu besar saat menyeberangi sungai. Namun jangan khawatir, ada pemandu yang akan selalu menemani Anda dan mengajari Anda cara mengarungi arus dan ombak. Mereka juga dilengkapi dengan peralatan keselamatan lengkap seperti helm dan jaket pelampung.

2. Serunya agrowisata

Jika sebelumnya direkomendasikan untuk orang dewasa, kali ini sebaliknya, anak-anak pasti akan menyukainya. Agrowisata juga merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak karena mereka dapat terlibat dalam kegiatan pertanian seperti membajak, menanam padi, dan memupuk.

Selain itu, ada juga kegiatan penangkaran yang biasanya melibatkan memberi makan hewan peliharaan, menangkap ikan, dan lainnya. Bagi anak-anak yang gemar melukis, tersedia juga media khusus untuk menyalurkan bakatnya. Tapi kali ini bukan di atas kertas atau kanvas, tapi dilukis di atas topi.

3. Kegiatan Keluar

Aktivitas Cibalung Happy LandKredit foto: Google Maps Ario Dhanang

Banyaknya wahana dan permainan tak lepas dari objek wisata Cibalung Happy Land yang terhampar seluas 6 hektar. Aktivitas outbondnya banyak, ada ATV yang bisa menguji keseimbangan Anda dengan kendaraan besar yang melaju melewati jalanan kasar, ada juga Flying Fox dengan standar keselamatan yang terjamin.

Anak-anak pasti suka trampolin, kan? Anda juga bisa mengajak mereka bermain di sana. Permainan yang tidak kalah menariknya adalah paintball, diperlukan strategi dan kerjasama tim dalam permainan yang satu ini. Anda dapat mengalahkan musuh dengan menembak mereka, tetapi dengan peluru cat air tentunya!

4. Berkemah bersama keluarga

Berkemah tidak hanya menjadi daya tarik tetapi juga kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga. Ada banyak paket camping yang bisa dipilih, mulai dari standard, family camp hingga deluxe. Tentu saja, tiket masuk atau biaya sewa yang berbeda berlaku untuk semua paket ini. Anda bisa menyesuaikan budget dan tujuan kegiatan camping mulai dari 300.000 hingga 600.000 rupiah.

Ada juga yang lebih mahal dari camp hotel dengan fasilitas yang lebih lengkap. Jika Anda tidak ingin tinggal di alam, paket vila juga tersedia. Setidaknya ada empat paket vila yang tersedia yakni vila Pohpohan, Antanan, Ki Ambang dan paket vila minimalis. Untuk harga, yakinlah itu lebih mahal daripada berkemah di luar ruangan!

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Cibalung Happy LandKredit Foto: Google Maps Athar Kiya Chaniago

Tentu saja, area petak yang ada digunakan tidak hanya untuk taman bermain, tetapi juga untuk kenyamanan pengunjung dengan fasilitas yang lengkap. Di Cibalung Happy Land juga terdapat fasilitas standar yang pasti akan ditemukan di berbagai tempat wisata menarik lainnya, yaitu tempat ibadah, toilet, dan tempat parkir.

Bagi pengunjung yang selesai berenang atau bermain air, tersedia tempat terpisah untuk berkumur dan mandi. Ada juga Rumah Makan Cibalung, tempat makan yang menawarkan berbagai macam makanan khususnya makanan sunda. Tidak ketinggalan gazebo yang biasa digunakan pengunjung untuk bersantai sambil memandangi pemandangan alam atau pengunjung lainnya yang sedang menikmati permainan.

Menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi tempat wisata memang menyenangkan, apalagi jika Anda berkunjung ke Cibalung Happy Land. Meski begitu, Anda wajib mengawasi setiap permainan anak, terutama saat bermain di waterpark dan wahana outbond. Kedua perjalanan tersebut sering menyebabkan cedera ringan dan serius.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button