Tempat Wisata

Sejarah Benteng Marlborough Bengkulu, Tiket Masuk + Peta

Benteng Marlborough Bengkulu
Sejarah Tiket Masuk Benteng Marlborough Bengkulu + Peta 11
Melihat kembali sejarah Benteng Marlborough, mempelajari rahasianya, berfoto selfie dengan bangunan benteng yang menakjubkan.
jam buka 08.00 – 18.00
harga tiket Rp 2.500
Kontak
akomodasi
alamat J L. Fort, Keling Gardens, Tlk. Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu 38119

Peta situs Fort Marlborough

Jika ingin mengetahui sejarahnya, banyak sekali cerita yang bisa kita ambil, salah satunya adalah sejarah benteng di Marlborough ini. Benteng ini dibangun oleh penjajah Inggris untuk mencegah penjajah Belanda menyerbu wilayah barat Bengkulu. Hal ini dilakukan agar penjajah Inggris tidak kehilangan barang curiannya, yaitu rempah-rempah dari Indonesia, kepada Belanda. Ada banyak cerita di balik tembok megah ini, jika Anda penasaran dan punya waktu, sempatkan untuk datang ke sini.

Sejarah Tiket Masuk Benteng Marlborough Bengkulu + Peta 12 Sejarah Tiket Masuk Benteng Marlborough Bengkulu + Peta 13 Sejarah Benteng Marlborough Bengkulu, Tiket Masuk + Peta 14 Sejarah Tiket Masuk Benteng Marlborough Bengkulu + Peta 15 Sejarah Tiket Masuk Benteng Marlborough Bengkulu + Peta 16 Sejarah Benteng Marlborough Bengkulu, Tiket Masuk + Peta 17 Sejarah Benteng Marlborough Bengkulu, Tiket Masuk + Peta 18 Sejarah Tiket Masuk Benteng Marlborough Bengkulu + Peta 11

Benteng Marlborough merupakan benteng terbesar di Asia, benteng ini merupakan peninggalan pemerintah Inggris pada masa penjajahan beberapa tahun yang lalu. Benteng ini awalnya digunakan untuk pertahanan, namun lama kelamaan berkembang menjadi pusat perdagangan.

Benteng ini memiliki daya tarik tersendiri karena sangat langka. Desain bangunannya asli meski tanpa renovasi, dengan desain khas abad ke-17. Lokasi bangunan tua yang berada di dekat pantai menjadikan tempat ini perpaduan dinamis antara budaya dan alam.

Tempat ini sekarang menjadi objek wisata yang populer. Selain itu juga, bangunan bersejarah bengkulu Buku ini juga berfungsi sebagai karya referensi untuk penelitian sejarah. Wisatawan yang mengunjungi benteng ini dapat singgah di pantai-pantai terdekat secara bersamaan.

Di sekitar benteng terdapat sebuah jembatan unik dimana jembatan tersebut memiliki bentuk seperti ekor yang dapat dipasang dan dilepas. Bentuk pasangan bata di luar juga alami, terlihat seperti parit.

Di tempat ini Anda akan kembali merasakan sejarah benteng. Selain itu, Anda bisa mengetahui misteri yang ada di tempat ini. Anda juga bisa berfoto dengan bangunan benteng yang menakjubkan.

Sejarah Benteng Marlborough yaitu peninggalan pemerintah Inggris ketika menguasai wilayah Bengkulu saat itu. Gedung ini dibangun dari tahun 1713 hingga 1719 oleh Perusahaan India Timur (EIC) dan dipimpin oleh seorang gubernur bernama Joseph Collet.

Nama “Marlborough” berasal dari nama bangsawan kolonial Inggris yang bernama lengkap Duke of Marlborough I. Saat itu, pemerintah Inggris menduduki wilayah tersebut selama kurang lebih 25 tahun, yaitu dari tahun 1685 hingga 1825. Awalnya, benteng ini dibangun di atas puncak bukit dan dianggap sebagai benteng terkuat di antara bangunan kolonial Inggris lainnya saat itu.

Ada beberapa ruangan dan bangunan penting di dalam benteng, dengan ruangan dan bangunan ini memiliki fungsinya masing-masing, antara lain Bastion, Revaline, Ruang Detensi, Gudang Senjata, beberapa Meriam dan Terowongan.

Terowongan itu dibangun di bawah tanah dan berfungsi sebagai jalur aman untuk masuk dan keluar benteng. Terowongan ini sangat panjang di awal, bahkan ujungnya memiliki beberapa cabang di Pantai Padri, Pantai Zakat dan Istana Gubernur. Lama kelamaan, terowongan itu tertutup tanah, hingga kini tersisa 6 meter panjangnya.

Di benteng ini juga ada rumor tentang beberapa misteri yang ada di gedung ini, beberapa di antaranya seperti hantu, langkah kaki, bau busuk dan pintu penghubung ke dunia gaib.

Biaya masuk dan jam buka Fort Marlborough

Wisatawan yang berkunjung ke benteng ini akan dikenakan tiket masuk sebesar 2.500 rupiah. Cukup murah, bukan? Di sana Anda bisa belajar sejarah Bengkulu. Bangunan bersejarah ini buka mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Peta situs Fort Marlborough

Bagi anda yang ingin berkunjung Wisata Sejarah Bengkulu Dalam hal ini Anda dapat melihat lokasi di aplikasi Google Maps yang tersedia di ponsel. Lokasi benteng ini berada di Jalan Benteng, Kebun Keling, Teluk Segara, Kota Bengkulu. Lokasi bangunan tua bersejarah ini dekat dengan Pantai Zakat Bengkulu dan Pantai Padri. Aksesibilitas menuju tempat wisata ini juga sangat mudah, karena dapat menggunakan berbagai jenis transportasi, baik darat, laut maupun udara.

Itu adalah Benteng Marlborough Bengkulu bersejarah ini. Berkunjung ke tempat bersejarah ini tentunya akan menambah pengalaman sejarah Anda.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button