Tempat Wisata

Ranu Pakis: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Ingin mengunjungi suatu tempat bersama keluarga atau teman tapi belum yakin mau ke mana? Jika ya, coba kunjungi tempat wisata yang satu ini yaitu Ranu Pakis. Properti wisata laut ini terletak di dekat Ranu Klakah, lebih tepatnya di Desa Ranu Pakis, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang. Ranu Pakis memiliki pesona yang sangat memikat, sehingga jika anda sedang berada di Lumajang namun tidak sempat mengunjungi objek wisata yang satu ini, sangat disayangkan.

Berada di ketinggian 600 mdpl, objek wisata ini memiliki luas sekitar 112 hektar dengan kedalaman 26 meter dan warna airnya biru kehijauan. Penduduk setempat juga cenderung membudidayakan berbagai ikan air tawar di sekitar danau, dan terkadang Anda bisa melihat langsung bagaimana penduduk setempat menangkap ikan dengan jala. Ranu Pakis juga sering disebut-sebut Danau Segitiga Emas karena dekat dengan Ranu Klakah dan Bedali.

Fasilitas dan akomodasi yang tersedia di Objek Wisata Ranu Pakis

Tempat wisata ini juga memiliki fasilitas penunjang yang cukup baik. Semua fasilitas tersebut membuat pengunjung merasa nyaman di Ranu Pakis. Tempat parkir kendaraan roda dua dan empat tersedia tidak jauh dari objek wisata Ranu Pakis, sehingga Anda tidak perlu repot mencari tempat parkir untuk kendaraan Anda. tempat istirahat Di sekitar Ranu Pakis juga terdapat kesempatan bagi pengunjung yang ingin bersantai dan melepas penat selama menginap. Tersedia pula toilet sehingga pengunjung tidak perlu buang air besar sembarangan di sekitar Ranu Pakis, meski sudah dilakukan secara sukarela oleh warga setempat.

Tak jauh dari kawasan wisata juga terdapat tempat ibadah bagi pengunjung yang ingin menunaikan kewajiban setelah mengunjungi Ranu Pakis. Selain itu, Anda juga akan menemukan hotel, restoran, dll Supermarket yang sangat dekat dengan tempat ibadah. Karena pesona alamnya yang menarik, Ranu Pakis juga menjadi tempat yang tepat untuk berfoto bersama teman atau keluarga. Percuma jika Anda tidak mengabadikan berbagai momen bersama mereka selama berada di sini.

Berburu Foto Kekinian di Obyek Wisata Ranu Pakis

Jika Anda ingin berfoto ria di tempat wisata Ranu Pakis bersama teman atau keluarga, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui Pekerjaan Ambil foto untuk membuat foto Anda terlihat keren nantinya. Anda bisa berfoto dengan latar belakang danau atau, jika beruntung, berfoto bersama penduduk setempat saat memancing di Ranu Pakis. Hasil foto kamu dijamin makin keren dan tentunya up-to-date!

Anda juga bisa mengambil foto beberapa pengunjung yang pernah ke sana. Tetapi Anda harus meminta izin terlebih dahulu kepada mereka. Anda mungkin merasa tidak nyaman karena mengambil foto secara diam-diam. Jika Anda belum pernah mengunjungi objek wisata ini, ada baiknya persiapkan semua rencana dan persiapan nanti dengan baik bersama teman atau keluarga.

Baca juga: Ranu Lading, Danau yang Mengelilingi Kawasan Peninggalan Belanda

Akses jalan menuju fasilitas wisata Ranu Pakis

Tentunya jika anda ingin mengunjungi tempat wisata ranu pakis ini anda harus mengetahui lokasi dan akses jalannya. Jangan sampai tersesat karena ini akan membuang waktu dan tentunya bahan bakar kendaraan Anda. Lokasi Ranu Pakis ini wajib anda ketahui dengan baik karena sebenarnya akses jalan menuju lokasi tempat wisata ini cukup mudah. Bila Anda berada di Lumajang, Anda bisa melalui Jl. Merdeka Bodang merupakan jalur atau tepatnya jalur tercepat menuju lokasi dari Ranu Pakis. Gunakan peta ini sebagai panduan untuk perjalanan Anda berikutnya:

Atau bisa juga melalui Jl. Raya Probolinggo – Wonorejo dan Lumajang – Probolinggo sebagai jalur atau jalur alternatif. Anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi roda dua dan roda empat untuk menuju lokasi objek wisata. Jika Anda menggunakan angkutan umum, Anda bisa berhenti di halte terdekat kemudian melanjutkan perjalanan dengan ojek atau berjalan kaki. Berjalan tidak hanya dapat menghemat uang Anda tetapi juga menyehatkan tubuh Anda, bukan?

Biaya masuk ke objek wisata Ranu Pakis

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Juli 2023)

Jam buka wisata Ranu Pakis

  • Buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai 6 sore

Tips liburan ke tempat wisata Ranu Pakis

Jika Anda berencana mengunjungi objek wisata ini bersama teman dan keluarga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang pertama tidak membuang sampah untuk menghormati pejabat dan menjaga keindahan objek wisata. Siapkan juga kamera atau ponsel dengan baterai terisi penuh jika Anda ingin mengambil foto yang menyenangkan di sini.

Persiapkan juga berbagai perbekalan yang akan berguna untuk kebutuhan Anda di masa depan. Mohon untuk tidak melakukan tindakan yang merugikan selama Anda tinggal di Ranu Pakis. Namun yang terpenting jangan lupa berdoa dan memohon keselamatan selama di jalan atau saat berada di Ranu Pakis nanti.

Ini adalah ulasan singkat tentang Ranu Pakis, salah satu obyek wisata yang berupa Danau Segitiga Emas di Lumajang. Jangan lupa terapkan tips di atas. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berlibur!

Galeri foto Ranu Paki

Potret Ranu Pakis di Lumajang
Akses jalan menuju Ranu Pakis
Bersepeda ke Ranu Pakis
Potret Ranu Pakis dari udara
Potret Ranu Pakis di sore hari

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button