Tempat Wisata

Harga tiket dan aktivitas CURUG LEUWI HEJO Sentul Agustus 2023

Air Terjun Leuwi Hejo Biaya masuk: 15.000 hingga 25.000 rupiah. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: . Alamat/Lokasi: Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16830

Air Terjun Leuwi Hejo merupakan air terjun di kawasan Sentul Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Nama Leuwi Hejo konon karena airnya memancarkan warna hijau saat terkena sinar matahari. Keunikan dari wisata ini terletak pada suasana alamnya, tantangan offroad dan keindahan perairan hijau jernih.

Tur ini mulai populer di kalangan wisatawan sejak awal tahun 2015. Air terjun ini berada di kawasan hutan RPH Babakan Madang BKPH Bogor. Dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan Wana Sejahtera, Desa Karang Tengah.

Biaya masuk ke air terjun Leuwi Hejo

Wisatawan yang datang ke air terjun ini harus membayar tiket masuk yang relatif murah. Harga tiket air terjun di hari kerja dan akhir pekan sama. Beberapa catatan dari pengunjung yang pernah ke air terjun ini: Wisatawan harus berhati-hati karena banyak pungutan liar di sekitar air terjun.

Biaya masuk ke air terjun Leuwi Hejo
Beli perjalanan trekking 178.000 Rp
Tiket masuk pos pertama 15.000 Rp
Tiket masuk Curug 25.000 Rp

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Curug Bidadari Sentul

Jam buka Curug Leuwi Hejo

Air terjun ini buka setiap hari. Buka dari pagi hingga sore hari. Sebaiknya datang pagi atau sore hari, karena suasananya sudah mulai tenang.

jam operasi
Senin minggu 24 jam

Kegiatan dan atraksi wisata

Kejernihan dan keindahan air terjun Leuwi Hejo BogorNikmati keindahan dan kejernihan air terjun Leuwi Hejo yang menyegarkan. Foto: Google Maps/ Satria Ally

Wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas untuk menikmati liburannya di Curug Leuwi Hejo. Keindahannya tersaji sejak perjalanan menuju tempat wisata tersebut. Dengan panorama perbukitan hijau dan air terjun, menjadi sajian unik tersendiri.

Daya tarik utama Curug Leuwi Hejo adalah warna airnya. Danau di bawah air terjun memancarkan pantulan pirus yang jernih. Airnya sejuk dan alami air dingin dari pegunungan. Saat Anda di sini, berikut adalah beberapa hal menarik untuk dilakukan:

Pendakian mudah ke Curug Leuwi Hejo

Hiking dan trekking ke air terjun Leuwi HejoSelain menikmati kesegaran air terjun, berkunjung ke sini juga menyehatkan karena pengunjung akan melakukan pendakian untuk menuju lokasi air terjun. Foto: Google Maps/Z Nasution

Wisatawan mengambil rute dari tempat parkir trekking setidaknya 20-30 menit setelah Leuwi Hejo. Sebaliknya, medan menuju air terjun terdiri dari jalan tanah dan undakan batu. Rutenya terbilang landai dengan sedikit tanjakan yang relatif aman. Namun, juga untuk anak-anak.

Ketika kenaikanwisatawan bisa menikmati keindahan pegunungan hijau dan gemercik air di sepanjang sungai. Jika beruntung, wisatawan bisa melihat gerombolan monyet yang melompat-lompat di pepohonan yang mengelilingi perbukitan.

Baca: Tiket Masuk dan Spot Foto Eco Art Park Sentul

Setelah mendekati air terjun, wisatawan melintasi jembatan bambu yang dibangun warga secara sederhana. Jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor cuaca saat Anda berkunjung dan membawa perlengkapan kenyamanan yang cukup.

berenang dan bermain air

Berenang di air terjun Leuwi HejoBerenang adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Air Terjun Leuwi Hejo. Foto: Google Maps/Deny Saputra

Setelah trekking, rasa lelah akan terbayar dengan keindahan air terjun Leuwi Hejo yang airnya berwarna hijau jernih. Di tempat yang sangat dangkal, warna airnya terlihat sangat jernih. Airnya dingin khas air pegunungan alami.

Keindahan pantulan airnya membuat wisatawan tertarik untuk berenang dan berbasah-basahan. Wisatawan bisa berenang atau menyelam di kedalaman “Leuwi”. Mereka yang tidak bisa berenang bisa bermain air di sepanjang sungai.

Baca: Pasar Ah Pong Sentul 4 Aktivitas Terpopuler

Ada mitos bahwa air Leuwi Hejo memiliki khasiat penyembuhan alami bagi wisatawan. Menurut tokoh masyarakat setempat, air tersebut ampuh menyembuhkan gatal-gatal dan kelumpuhan anggota badan.

Melompat dari tebing

Melompat dari bebatuan di tebing Curug Leuwi Hejo BogorJika ingin aktivitas yang sedikit lebih menantang, Anda bisa mencoba hati-hati melompat dari tebing yang mengelilingi air terjun. Foto: Google Maps/Fadil Ahmed

Leuwi Hejo memiliki aliran air berwarna hijau kebiruan yang diapit oleh beberapa tebing gunung berbatu. Karena itu, banyak wisatawan yang menyebut air terjun ini sebagai Green Canyon versi mini.

Wisatawan tidak hanya berenang tetapi juga bermain air dengan melompat dari tebing batu. Tersedia tali sebagai pegangan untuk memanjat batu. Lompatan ini cukup aman karena kedalaman kolam di bawah air terjun sekitar 3 meter.

Baca: Tiket Masuk Puncak Mustika Manik dan Spot Foto

Tantangan adrenalin melompat dari ketinggian akan memberi Anda perasaan segar. Apalagi saat mencapai permukaan kolam dan menembus kedalamannya.

Nikmati lingkungan sekitar

lanskap hijau di sekitarSelain air terjun, pemandangan alam di sekitar air terjun Leuwi Hejo juga akan menyegarkan mata Anda. Foto: Google Maps/Deny Saputra

Curug Leuwi Hejo memiliki keunikan berupa kolam bertingkat yang tersusun dari susunan batu. Karena airnya sangat jernih, dasar kolam terlihat jelas. Apalagi saat wisatawan mendaki ke puncak, pemandangan air terjun terlihat semakin jelas.

Wisatawan yang tidak ingin bermain air bisa duduk-duduk di bebatuan tepian aliran Leuwi Hejo. Pepohonan rimbun berdiri di tepian anak sungai yang meneduhkan suasana air terjun. Pemandangan alamnya bisa menyejukkan jiwa, belum lagi suara gemericik air terjun.

Pemandangan ini tidak hanya tersaji di sekitar air terjun, melainkan sejak tiba di lokasi. Di pagi hari, wisatawan bisa menikmati keindahannya matahari terbit di belakang perbukitan.

Foto cantik dengan latar belakang air terjun

Berfoto di depan air terjunSesampainya di air terjun, jangan lupa mengabadikan momen dengan latar belakang air terjun. Foto: Google Maps/Paisal Siregar

Satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan adalah berpose bersama orang-orang terdekat. Air terjun yang mengalir deras ini sering menjadi bahan foto dan selfie para wisatawan.

Tidak hanya di sekitar air terjun juga terdapat pemandangan yang indah dalam perjalanan menuju tempat wisata. Dengan latar belakang sawah dan perbukitan yang sangat hijau Cocok untuk instagram. Di beberapa titik sudah ada spot foto cantik hasil karya warga setempat.

Perabot

Untuk alasan keamanan, ada pos pengawasan di dekat air terjun. Ada juga persewaan pelampung untuk wisatawan. Selain itu juga terdapat tali sebagai pegangan pegangan di sungai di titik air terjun.

Fasilitas seperti toilet, loker dan fasilitas ruang ganti sudah cukup. Bagi wisatawan yang ingin bersantap, tidak perlu jauh-jauh mencari. Ada warung di sekitar sungai yang menjual makanan dan minuman.

Bagaimana menuju ke Curug Leuwi Hejo?

Akses menuju lokasi air terjun tidaklah mudah. Infrastruktur jalan masih belum baik dan kurangnya angkutan umum menuju lokasi. Berkaitan dengan lokasi air terjun, pengunjung harus melewati jalur desa.

kendaraan pribadi

Jika pengunjung menggunakan mobil pribadi dari Jakarta, dapat menggunakan jalan tol Jagorawi dan keluar di pintu tol Citeureup (Cibinong). Kemudian berkendara menuju Sukamakmur dan berkendara sekitar 1 jam. Rute ini merupakan jalan yang cukup besar dan dapat ditempuh dengan mobil.

Jika menggunakan sepeda motor, Anda bisa berwisata ke Jungleland Sentul. Selanjutnya dari Jungleland ambil arah Jl Raya Babakan menuju Curug Leuwi Hejo. Jarak dari kawasan Sentul sekitar 9 km.

Naik kereta ke Bogor

Kereta lokal di stasiun CilebutBagi yang berencana naik kereta menuju Air Terjun Leuwi Hejo bisa turun di stasiun Cilebut dan dilanjutkan menggunakan APTB. Foto: Google Maps/Sharon Excelli

Menggunakan Moda kereta api KRL Commuter line Sejak berhenti di stasiun kereta Bogor, tidak ada angkutan umum yang langsung menuju ke air terjun. Bagi wisatawan sebaiknya turun di stasiun Cilebut (satu stasiun sebelum stasiun Bogor). Dari stasiun ini Anda bisa naik angkutan umum nomor 7 menuju Jalan Soleh Iskandar (atau sering disebut Jalan Baru).

Anda bisa menunggu bus APTB tujuan Jakarta di Jalan Baru dan turun di halte Belanova Sentul. Perjalanan memakan waktu sekitar 15 menit. Dari sini Anda kemudian dapat menggunakan transportasi seperti Grab atau Gojek. Lokasi tunggunya lebih baik di seberang Bellanova Mall karena kalau tepat di depan Bellanova Mall, putar balik selanjutnya lumayan jauh.

Baca: Tiket Masuk Jungleland Sentul dan 12 Wahana

Naik bus APTB

Jika Anda naik bus dari Jakarta, Anda bisa menggunakan APTB jurusan Jakarta Blok M – Jungleland. Turun di stasiun Jungleland Sentul dan lanjutkan sekitar 9 km via Grab atau Gojek. Sedangkan angkutan umum menuju Air Terjun Leuwi-Hejo masih minim.

Akomodasi di Curug Leuwi Hejo

Belum ada akomodasi di dekat air terjun dan akomodasi yang cukup nyaman. Jika ingin menginap, Anda bisa memesan hotel, villa, resort atau homestay di kawasan Sentul. Butuh waktu sekitar setengah jam dari kawasan sentul ini (tergantung lokasi penginapan) menuju kawasan air terjun.

Harga akomodasi juga bervariasi tergantung jenis akomodasi. Namun pada umumnya akomodasi tersedia dengan harga mulai dari Rp 200.000 per malam hingga Rp 1.500.000 per malam.

Lokasi air terjun Leuwi Hejo

Air terjun ini terletak di Cibadak, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16830.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button