Tempat Wisata

Umbul Sidomukti – tiket masuk

Umbul Sidomukti – Saat Anda berkunjung ke Semarang, jangan lupa untuk mengunjungi Kabupaten Semarang yang menawarkan keindahan dan pemandangan yang indah. Suhu udara menyegarkan.

Oleh karena itu, sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan tempat untuk menjatuhkan segala beban berat yang membebani pundak Anda. Selain itu, kawasan ini juga cocok untuk liburan keluarga, terutama saat liburan sekolah.

Salah satu kawasan yang wajib dikunjungi adalah Umbul Sidomukti. Tempat paling nyaman dengan kolam renang alami yang memancar dari mata air pegunungan. Letaknya di kaki Gunung Ungaran pada ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut. Bisa dibayangkan betapa segarnya tempat wisata ini.

Atraksi Umbul Sidomukti

atraksi umbul SidomuktiFoto:

Berkunjung ke tempat ini Anda bisa menikmati berbagai keunikan. Namun, kendaraan utama yang wajib saat menginap di sini adalah berenang. Ada 3 kolam dengan bentuk yang sangat unik. Airnya yang begitu jernih membuat orang tergoda untuk masuk.

Kolam dewasa memiliki kedalaman kurang lebih 1,5 meter. Kolam renang anak-anak sekarang memiliki kedalaman 30 cm. Di pinggir kolam Anda disuguhkan bebatuan yang tertata sangat rapi.

Menariknya, saat berenang di sini, Anda bisa melihat betapa indahnya kaki Gunung Ungaran, dengan pemandangan pepohonan hijau yang mengesankan. Perlu dicatat bahwa Umbul Sidomukti merupakan kolam renang tertinggi di Indonesia bahkan Asia. Jadi jangan lewatkan untuk menikmati mata air dingin gunung Hungaria ini.

Biaya masuk

Tiket masuk umbul sidomuktiFoto:

Untuk menikmati segala keseruan di Umbul Sido Mukti, Anda perlu membayar tiket masuk ke Umbul Sidomukti. 5.000 rupiah untuk weekdays dan 10.000 rupiah untuk weekend.

Bagi Anda yang ingin menikmati berbagai wahana di tempat ini, berikut adalah daftar harga beberapa wahana yang ada di kawasan ini.

  1. Flying Fox: Rp 18.000/orang (Rp 35.000 untuk saluran Flying Fox)
  2. Jembatan Angkatan Laut: Rp 15.000/orang
  3. Segitiga tertinggi: Rp40.000/orang
  4. ATV: Rp35.000/3 tembakan
  5. Sewa kuda: Rp50.000/30 menit, Rp100.000/1 jam
  6. Taman Berani: Rp 10.000
  7. Paralayang: Rp350.000
  8. Perkemahan: Rp 18.000

Selain itu, pihak pengelola juga menawarkan paket trekking yang memungkinkan Anda menjelajahi setiap sudut kawasan Sidomukti. Hanya saja, jumlah minimal peserta untuk paket ini adalah 20 orang.

Kunjungi juga -> Pantai Marina Semarang.

Alamat lokasi dan rute

Alamat Umbul SidomuktiFoto:

Alamat umbul sidomukti berada di Blanten Lor, Jetis, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Jarak terdekat dari objek wisata ini adalah Terminal Bawen. Perjalanan menuju lokasi hanya memakan waktu 13,3 km atau 40 menit. Di seberang jalan Jimbaran Tegalpanas.

Bagi Anda yang menggunakan kereta atau pesawat. Disarankan untuk menggunakan bus Trans Jawa Tengah. Berkendara ke Terminal Bawen hanya dengan 5.000 rupiah.

Anda dapat melanjutkan jalan menuju Umbul Sidomukti dengan menggunakan ojek atau menyewa kendaraan bermotor di sekitar terminal.

Cara menuju Umbul Sidomukti sebenarnya tidak terlalu sulit. Karena sudah banyak tanda yang mengarahkan Anda ke tempat wisata.

Berkendara melewati kawasan Bandungan yang terkenal, titik tertinggi di Semarang. Namun, Anda harus berhati-hati karena jalannya menanjak dan ada juga yang belum bagus.



Ayo juga –> Museum Ronggowarsito Semarang.

Fasilitas lain yang ditawarkan

Wisata Umbul SidomuktiFoto:

Tidak hanya kolam renang yang tersedia di wisata Umbul Sidomukti. Bagi Anda yang tidak ingin berenang. Sudah tersedia paviliun yang bisa digunakan.

Terletak di kanan dan kiri kolam renang. Kini ada juga shower yang bisa Anda gunakan untuk berkumur setelah berenang.

Toilet dan kamar mandi cukup bersih. Begitu juga dengan mushola dan tempat wudhu yang terkadang terabaikan.

Berlibur di Umbul Sidomukti memang terjamin tingkat kenyamanan dan keamanannya. Selain itu, air di sini hampir selalu berubah karena langsung dari sumbernya.

Lihat juga –> Kota Lama Semarang.

Atraksi Umbul Sidomukti

Berikut tempat-tempat yang bisa Anda nikmati saat berlibur di sini:

1. Menu kuliner yang lezat

Jalan menuju Umbul SidomuktiFoto:

Setelah berenang. Mungkin perut Anda terasa lapar. Saatnya memilih dari berbagai macam menu nikmat yang menggoda.

Menu utama di tempat wisata Umbul Sidomukti ini adalah seafood. Ada spesies yang berbeda seperti bawal, ikan mas, nila, kepiting, cumi-cumi, udang belut, lele, bandeng dan banyak lagi.

Persiapannya juga sangat menarik, mulai dari bakaran, gorengan tepung, saus asam manis, saus sambal, saus tiram dan masih banyak lagi.

Minumannya juga beragam mulai dari hangat hingga sedingin es dan tersedia lengkap di sini. Dari segi harga tidak terlalu mahal, dari segi rasa cukup membuat lidah bergetar tiada henti.

2. Outbond yang seru

Jalan menuju Umbul SidomuktiFoto:

Kurang lengkap rasanya jika tidak menyukai game outbound unggulan. Dimulai dari Flying Fox dengan ketinggian 70 meter dan panjang lintasan hingga 110 meter. Jika itu masih belum cukup, Anda bisa melanjutkan dengan ketinggian 110 meter.

Jarak yang ditempuh adalah dua jalur dengan jarak 160 meter dan 110 meter. Biasanya anak Anda akan didampingi oleh pemandu.

Jadi jangan khawatir, dijamin aman. Berikutnya adalah Marine Bridge, jembatan tali yang digunakan untuk latihan prajurit. Tingginya mencapai 30 kali 50 meter.

Ada juga wahana ATV dengan track yang mendebarkan dan mendebarkan. Anda dapat berakselerasi dalam rentang tertentu. Selanjutnya ada High Triangle dimana kita mendapat tantangan untuk melintasi jembatan segitiga dalam kesulitan apapun.

Ulasan Sebelumnya –> Kelenteng Sam Poo Kong Semarang.

3. Taman Berani

Tempat wisata umbul sidomuktiFoto:

Mengapa disebut Taman Berani? Karena kawasan ini dijadikan sebagai wahana wisata mancanegara.

Pacu adrenalin anak-anak Anda. Ada tiang tinggi dengan tali yang bisa dipanjat anak-anak dan melihat betapa indahnya alam di sekitar Umbul Sidomukti.

4. Perkemahan

Tempat wisata umbul sidomuktiFoto:

Anda bisa menikmati Umbul Sidomukti dengan berbagai cara, termasuk di bumi perkemahan yang disediakan untuk Anda.

Bagi Anda yang lupa tidak membawa tenda, pihak pengelola telah menyediakan persewaan tenda untuk 3 orang seharga 45.000 rupiah. Sewa matras 5.000 rupiah, sleeping bag 8.000 rupiah.

Sayangnya, tidak semua orang bisa berkemah di sini, hanya yang memiliki izin resmi.

5. Sewa kuda dan paralayang

Tempat wisata umbul sidomuktiFoto:

Menunggang kuda berikutnya yang bisa Anda nikmati adalah sewa kuda. Sangat menyenangkan menikmati alam Sidomukti dengan kuda. Kami tidak lelah dan bisa melihat dari sudut ke sudut lagi.

Jika Anda mencari sesuatu yang lebih menantang, Anda harus menikmati wahana paralayang. Durasinya 15 menit. Ketakutan akan ketinggian segera mereda. Namun setelah itu semua berubah menjadi rasa takjub, karena ketika melihat betapa hebatnya alam Sidomukti ini.

Untuk menikmati wahana ini, Anda harus terlebih dahulu mendaftar ke Grillfisch Pondok Lesehan. Anda juga bisa menyewa kamera Gopro di sini untuk mengabadikan keindahan di atas awan. Harga sewanya hanya 50.000 rupiah.

Dan terakhir, ada wahana downhill untuk kamu yang suka balapan dengan sepedanya. Namun, penurunan ini hanya dibuka pada waktu-waktu tertentu, terutama pada akhir pekan.

Kunjungi juga Most Recommended –> 21 Wisata Terbaru di Semarang.

Umbul Sidomukti adalah keindahan alam Semarang yang tidak akan pernah bosan Anda kunjungi. Suasananya sangat sejuk dan akan menyegarkan Anda yang datang dari sini. Ayo kunjungi Umbul Sidomukti dan nikmati segala keseruan yang ditawarkan tempat ini.

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button