Tempat Wisata

Air Terjun Oehala: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Bicara soal keindahan yang disuguhkan Nusa Tenggara Timur memang tidak akan ada habisnya. Di daerah gersang seperti Nusa Tenggara Timur, hampir tidak mungkin menemukan tempat yang sejuk. Namun, ternyata dibalik kawasan yang terkenal gersang itu ternyata masih terdapat kawasan wisata air terjun yang indah, yaitu Air Terjun Oehala.

Air Terjun Oehala

Air terjun di SoE menampilkan keindahan alam. Selain itu, kawasan air terjun ini juga sangat sejuk. Mengetahui Nusa Tenggara Timur dikenal sebagai daerah yang tanahnya gersang dan terik matahari, sebenarnya kita bisa menengok Air Terjun Oehala yang memiliki sumber mata air alami. Aliran air ini juga mengalir ke laut, sungai, dan air terjun.

Objek Wisata Air Terjun Oehala :

Air Terjun Oehala merupakan salah satu tempat wisata air terjun di wilayah Nusa Tenggara Timur. Sebelumnya banyak yang mengira nama tempat wisata ini berasal dari kata yang salah eja. Tapi sebenarnya memang benar menulis nama tempat wisata ini.

Air terjun 7 tingkat ini dinamakan Air Terjun Oehala karena terletak di Desa Oehala. Kawasan air terjun ini menawarkan suasana alam yang sejuk karena berada di kawasan dengan pepohonan lebat berupa hutan. Juga air terjun Oehala mengalir sangat bagus, jernih dan dingin. Siapapun yang berkunjung ke tempat wisata ini akan merasa betah menghabiskan waktu bermain air atau sekedar menikmati pemandangan yang indah.

Keindahan alam yang sungguh menakjubkan terpelihara di tempat wisata ini. Air terjun ini dikelilingi oleh puluhan pohon yang tinggi dan rimbun. Itu sebabnya tempat ini terasa sangat bagus dan sejuk. Banyak pengunjung yang hanya datang untuk berfoto atau berenang dan menikmati keindahan alam yang ditawarkan di sini.

Aliran air terjun NTT ini konon berasal dari pegunungan Mutis. Kejernihan dan kesegaran airnya sudah tidak diragukan lagi. Hal ini dibuktikan dengan airnya yang terlihat alami dan bersih. Selain itu, warnanya hijau kebiruan yang menandakan bahwa air di sini benar-benar jernih.

Kawasan ini tidak hanya dipenuhi pepohonan hijau yang mengelilingi air terjun, tetapi juga terletak di tengah hutan yang memberikan rasa sejuk dan nyaman serta membantu menenangkan pikiran. Bagi Anda yang ingin melepas penat dan penat dari aktivitas sehari-hari, Anda bisa mencoba melepas penat dengan mengunjungi wisata Air Terjun Oehala yang jernih dan menyejukkan ini.

Fasilitas Air Terjun Oehala:

Hal ini memang sangat disayangkan karena di balik keindahan yang ditawarkan Air Terjun Oehala tidak ada peralatan yang memadai. Di kawasan wisata ini hanya ada satu rest area khas Tior opo yang beratap rumbia. Ada juga ruang ganti dan toilet darurat.

Meski demikian, segala kekurangan tempat wisata ini tertutupi oleh pesona indah yang hadir saat mata memandang dan kaki menyentuh tanah di kawasan wisata Air Terjun Oehala.

Biaya masuk ke Air Terjun Oehala

  • Biaya masuk: Rp3.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam Buka Air Terjun Oehala:

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 6 sore

Lokasi dan Rute Air Terjun Oehala:

Air Terjun Oehala ada di ds. Oehala, Kota SoE, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Perjalanan sekitar 10 km dari Kupang memakan waktu sekitar 2 jam.

Akses menuju lokasi wisata air terjun ini cukup mudah. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewanya dari SoE dan Kupang. Jika pengunjung memulai perjalanannya dari Kupang, maka terlebih dahulu dapat mencapai kota SoE yang berjarak sekitar 110 km. Setelah itu, Anda bisa menuju kota Kapan yang berjarak 10 km.

Bagi para pemudik muda yang ingin menghemat biaya dan tidak ingin membawa kendaraan sendiri dapat menggunakan angkutan umum atau bus dengan memilih tujuan Kupang – Kefamenanu – Atambua. Anda kemudian bisa turun di pertigaan arah Kapan. Anda kemudian dapat naik ojek ke Air Terjun Oehala.

Kondisi jalan menuju objek wisata ini beraspal rapi. Namun Anda juga harus waspada karena ada beberapa titik aspa yang berlubang.

Saat anda berkunjung ke Nusa Tenggara Timur, Air Terjun Oehala bisa anda pilih sebagai destinasi wisata yang tepat untuk teman dan keluarga. Tempat wisata ini menawarkan berbagai keindahan alam yang sungguh menakjubkan. Tak hanya menyejukkan mata dan pikiran, tapi juga mengabadikan momen spesial di tempat dengan udara sejuk dan suasana asri, serta berenang bagi yang bisa berenang.

Wisata Air Terjun Oehala dikenal juga dengan sebutan Air Terjun 7 Tingkat. Pasalnya, air terjun tersebut memiliki tujuh tingkatan air yang akhirnya mengalir ke Samudera Hindia. Air terjun ini memiliki debit air yang terbilang besar, namun kolam air terjun ini tidak terlalu dalam, sehingga wisatawan yang datang dapat berenang di air terjun ini dengan tenang dan aman di semua tingkatan. Sungguh setiap orang akan memiliki pengalaman liburan yang seru dan tak terlupakan.

Peta lokasi Air Terjun Oehala

Tips mengunjungi Air Terjun Oehala

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Air Terjun Oehala semakin menyenangkan dan berharga. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Oehala adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Air Terjun Oehala bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Air Terjun Oehala.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Air Terjun Oehala.

Galeri Foto Air Terjun Oehala

Air Terjun OehalaAir Terjun Oehala Soe TTS Kupang NTT Sumber : google.comAir Terjun OehalaAir Terjun Oehala Soe TTS Kupang NTT Sumber : google.comAir Terjun Oehala, Soe TTS Kupang NTTAir Terjun Oehala Soe TTS Kupang NTT Sumber : google.comSuasana air terjun dengan pengunjung yang ramaitempat fotoAir terjun Oehala bertingkatMandi di air terjun

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button