Tempat Wisata

Danau Singkarak: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Salah satu wisata danau yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Sumatera Barat adalah Danau Singkarak. Telaga ini merupakan telaga terbesar di Sumatera Barat dan juga memiliki keindahan yang dapat memanjakan mata para pengunjungnya.

Danau ini tidak hanya berfungsi sebagai objek wisata, tetapi juga digunakan oleh penduduk setempat sebagai pembangkit listrik yang disalurkan ke terowongan yang membentang dari Bukit Barisan ke Batang Anai dan menggerakkan pembangkit listrik tenaga air Singkarak.

Lokasi Danau Singkarak

Danau SingkarakDanau Singkarak Sumber: instagram.com/arliviaamoy

Luas Danau Singkarak sekitar 108 km2. Karena luasnya, danau ini terbentang di antara dua wilayah di Sumatera Barat yaitu Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok. Lokasinya cukup strategis karena aksesnya yang mudah.

Danau Singkarak terkenal di dunia internasional karena terletak di tempat ini acara diberi nama setiap tahun Tour De Singkarak. Acara ini merupakan acara bersepeda dengan peserta dari berbagai negara.

Biaya masuk ke Danau Singkarak

Jika ingin mengunjungi suatu objek wisata, biasanya akan dikenakan biaya masuk. Jika ingin mengunjungi Danau Singkarak, pengunjung juga perlu membayar sebagai berikut:

  1. Biaya masuk: Rp 10.000/orang

(Diperbarui April 2023)

Jam buka Danau Singkarak

Jam operasional di Danau Singkarak sangat fleksibel karena tempat wisata ini buka 24 jam dari Senin hingga Minggu. Jadi pengunjung bisa mampir kapan saja.

Peta Danau Singkarak

Fasilitas di Danau Singkarak

Fasilitas di Danau SingkarakDanau Singkarak Sumber: instagram.com/darayulia

Danau Singkarak saat ini sedang berkembang menjadi objek wisata, dan keberadaannya sangat diperhatikan oleh pemerintah setempat. Selain potensi pengembangan, danau ini juga memiliki potensi yang besar acara tingkat internasional.

Dengan begitu, tidak heran jika fasilitas yang tersedia di wisata ini juga cukup lengkap, mulai dari toilet umum, tempat parkir yang luas, pusat perbelanjaan, taman bermain, dll.

Semua fasilitas yang tersedia di wisata ini dapat digunakan oleh para pengunjung. Tentunya kelengkapan fasilitas tersebut memastikan pengunjung dapat betah berlama-lama di tepi danau.

Hotel atau akomodasi di dekat Danau Singkarak

Bagi pengunjung yang ingin bermalam di sekitar Danau Singkarak tidak perlu khawatir karena tersedia pilihan akomodasi yang mudah dijangkau dari tempat wisata. apa pun ? Pertimbangkan penyesalan berikut.

1. Hotel Sinkarak Sumpur

Hotel Singkarak Sumpul terletak di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, tepat di Jalan Sumpu Sumani, Sumpur. Hotel ini merupakan penginapan yang paling dekat dengan Danau Singkarak.

Fasilitas hotel ini cukup lengkap yaitu Wi-Fi gratis, kamar ber-AC, balkon dengan pemandangan Danau Singkarak yang sangat indah, restoran dan pelayanan hotel yang sangat ramah.

Selain fasilitas yang menarik, arsitektur hotel ini juga mengusung rumah adat Sumatera Barat. Nah, bagi orang luar kota, menginap di hotel ini akan memberikan kesan yang berbeda.

Harga hotel sendiri tergantung dari jenis kamar yang ingin dipesan. Harga per kamar berkisar Rp 300.000 hingga Rp 500.000 per malam.

2. Hotel Palapa Prima

Rekomendasi akomodasi selanjutnya di sekitar Danau Singkarak adalah Hotel Palapa Proma. Hotel ini terletak di sebelah Danau Singkarak, tepatnya di Tikalak, X Koto, Singkarak, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat.

Fasilitas hotel ini juga lengkap seperti WiFi gratis, AC, air panas dan dingin, restoran dan tentunya pelayanan yang ramah. Anda juga bisa menikmati pemandangan Danau Singkarak dari balkon hotel yang begitu mempesona ini.

Sama seperti Hotel Singkarak Sumpur, hotel ini juga menampilkan desain arsitektur khas rumah adat di Sumatera Barat. Hal ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Danau Singkarak

Kegiatan yang bisa dilakukan di Danau SingkarakDanau Singkarak Sumber: instagram.com/elsaputridavit17

Saat berkunjung ke suatu objek wisata, tentunya berharap dapat dilakukan kegiatan di sana. Berikut penjelasan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Danau Singkarak.

1. Memancing

Bagi pengunjung yang hobi memancing, Danau Singkarak bisa menjadi pilihan tempat memancing. Ini karena ada sekitar 15 spesies ikan di danau ini.

Pengelola danau mengizinkan pengunjung melakukan aktivitas memancing. Sebelum memancing, usahakan terlebih dahulu mencari tempat yang nyaman dan teduh agar memancing lebih menyenangkan.

2. Berlayar di Lake District

Selain memancing, berlayar di sekitar danau menjadi aktivitas seru lainnya. Pengunjung bisa melakukan aktivitas ini dengan menyewa perahu nelayan yang disewakan di sekitar danau.

3. Mencicipi kuliner

Selain wisata alam, pengunjung juga bisa menikmati wisata kuliner di Danau Singkarak. Banyak makanan khas yang dijual di sekitar danau, seperti gulai ikan sapi. Ikan bilih merupakan salah satu jenis ikan endemis yang tinggal di danau.

Selain gulai ikan Biih, banyak juga masakan yang tidak kalah enaknya seperti ikan bakar, ikan goreng dan lain sebagainya. Pengunjung dapat menikmati hidangan khas tersebut sambil menikmati keindahan danau.

4. Berenang di danau

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi wisata air tapi tidak berenang. Karena berenang itu menyenangkan dan menyehatkan. Bagi pengunjung yang menyukai wisata air, berenang di danau ini juga diperbolehkan.

Namun karena danau ini cukup dalam, mencapai 200 meter, pihak pengelola hanya memperbolehkan pengunjung untuk berenang di tepi danau.

Seperti pemandangan Danau Singkarak. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi yang ingin mengunjungi Danau Singkarak.

Sekilas dan foto Danau Singkarak di Sumatera Barat

Selamat datang di Danau SingkarakParalayang di Danau SingkarakKeindahan Danau SingkarakBuktinya di tepi Danau SingkarakPemandangan Danau SingkarakSebuah desa di tepi Danau SingkarakPemandangan Danau Singkarak dari atas

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button