Tempat Wisata

Curug Ciburial Bogor – Atraksi, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

harga tiket: 20.000 Rp Jam operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Cibadak, Kec. Sukamuka, Kab.Bogor, Jawa Barat; Map: verifikasi lokasi

Pernahkah Anda membayangkan betapa indahnya sebuah air terjun jika berada di tengah hutan? Ya, pemandangan alam ini bisa kamu temukan di Curug Ciburial yang terletak di tengah hutan kota Bogor. Jika selama ini wisatawan biasa dimanjakan dengan keindahan alam kawasan puncak Bogor, kini saatnya melihat sesuatu yang berbeda.

Sungguh keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan. Khusus bagi traveler yang menyukai alam eksotis, Anda bisa merencanakan perjalanan ke air terjun cantik ini. Anda bisa menjadwalkan liburan akhir pekan setelah beberapa hari bekerja.

Bagaimana agar rasa lelah yang Anda alami tidak segera hilang? Di Curug Ciburial Jonggol, Anda bisa menikmati suasana alam yang tidak akan Anda temukan di tengah kota. Memasuki kawasan air terjun yang indah ini, mata Anda langsung disambut oleh kesejukan alam. Agar tidak semakin penasaran, yuk simak kriterianya.

Atraksi yang ditawarkan Curug Ciburial

Objek Wisata Air Terjun CiburialFoto: Google Maps/Panji Saputra

✦ Terletak di kawasan hutan

Hutan tidak selalu menakutkan. Buktinya, di tengah belantara Kota Bogor yang kerap disebut sebagai kota hujan ini ada wisata yang menakjubkan. Anda tidak akan kecewa saat melihat lokasi Curug Ciburial.

Hamparan tanah yang luasnya beberapa hektar dan ditumbuhi pepohonan tinggi ternyata menyimpan keindahan yang tak banyak diketahui orang. Air terjun menawarkan pemandangan air yang menakjubkan.

✦ Nuansa dingin

Lokasi air terjun yang dihiasi pepohonan lebat di tengah hutan ini tentunya memiliki udara yang sangat sejuk. Selain itu, istilah air terjun sering juga disebut sebagai tempat yang memiliki ketinggian tertentu. Tentunya suhu udara akan selalu terasa lebih sejuk.

Pepohonan hijau memberikan udara segar. Suasana sejuk dan asri tidak akan membuat Anda bosan. Tanpa disadari, Anda akan betah berlama-lama menikmati nuansa air terjun ini.

✦ Sungai air terjun yang indah

Curug Ciburial memiliki pesona air terjun yang jatuh dari ketinggian 5 meter. Meski tidak terlalu tinggi, keindahannya sama sekali tidak kalah dengan pemandangan air terjun terpopuler.

Air terjun mengalir deras, membelah bebatuan di kedua sisinya. Bebatuan di kanan dan kiri seolah memberi kesempatan air mengalir ke kolam yang lebih rendah. Meski begitu, kejernihan air yang mengalir dipadu dengan warna coklat bebatuan membuat air tampak semakin hijau kebiruan.

✦ Air jernih, dilengkapi kolam yang dalam

Air terjun yang mengalir tidak terlalu tinggi namun tetap menawarkan keistimewaan yang luar biasa. Aliran airnya yang jernih dan segar akan membuat Anda merasakannya. Rasanya ada yang kurang saat tidak berenang atau sekadar mencelupkan kaki ke kolam yang relatif dalam.

Inilah yang menarik banyak wisatawan. Mencari tempat wisata yang bernuansa alam dan bisa menghadirkan rasa tenang. Ini termasuk menemukan air yang bersih, jernih, dan terasa segar seperti mandi es.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Curug CiburialFoto: Google Maps/Air Terjun Ciburial

Lebih tepatnya, Curug Ciburial terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Surga tersembunyi di tengah belantara Bogor ini tak jauh dari kota metropolitan Jakarta. Jarak Jakarta dengan air terjun ini hanya 60 kilometer. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan sekitar 2 jam sudah cukup.

Bagi Anda yang memulai perjalanan dari Sirkuit Sentul di Bogor, perjalanan hanya memakan waktu 1 jam. Anda tidak perlu khawatir salah arah karena teknologi saat ini semakin canggih. Anda hanya perlu membuka Google Maps.

Setelah sampai di tempat parkir, Anda perlu berkendara sekitar 1 hingga 2 jam untuk sampai ke tempat di belakang Gunung Kuta. Karena medan lintasan yang licin dan terjal, lebih aman jika memakai alas kaki yang nyaman dan aman.

Air terjun yang menyembunyikan keindahan tersembunyi ini terletak di bawah tebing pendek. Lokasinya cukup terjal karena mengikuti aliran sungai.

Biaya masuk untuk wisata air terjun

Pada umumnya besaran tarif masuk suatu tempat wisata berbeda antara hari biasa dan hari libur. Hari biasa adalah hari jam atau disebut hari kerja, yaitu Senin sampai Jumat. B. pada hari libur atau hari kerja, yaitu antara hari Sabtu dan Minggu.

Namun harga yang dipatok untuk wisata air terjun ciburial tidaklah mahal. Bahkan tidak ada perbedaan antara hari kerja dan hari libur. Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 dan biaya parkir sebesar Rp 5.000.

Untuk informasi detail mengenai tiket masuk, silahkan hubungi pengelola wisata air terjun. Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Kegiatan seru untuk dilakukan

Daya tarik yang dimiliki Air Terjun ZiburialFoto: Google Maps/Sanjaya Ariep

1. Berenang di Kolam Air Terjun Aliran Bawah Air

Anda bisa menikmati jernihnya air terjun dengan berenang sepuasnya. Jika takut berenang, Anda bisa menyewa pelampung dari pengelola. Tak jarang, banyak wisatawan yang memilih membawa jaket pelampung sendiri.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi air terjun cantik ini adalah saat musim kemarau. Drainase air di kolam tidak terlalu tinggi. Selain itu, kejernihan airnya juga dapat terlihat dengan jelas. Apalagi jika Anda mengunjungi kami saat matahari sedang terik. Air yang menggelegak bersinar karena terkena sinar matahari.

Jika Anda hanya punya waktu selama musim hujan, itu bukan hal yang buruk. Namun, Anda harus berhati-hati di musim hujan. Trek yang licin dan limpasan air yang tinggi membutuhkan kehati-hatian ekstra.

2. Berfoto di spot sekitar air terjun

Spot foto di Curug Ciburial ini sangat bagus. Anda bisa berfoto dengan latar belakang air terjun dan bebatuan di kedua sisi air terjun. Ini benar-benar pemandangan yang layak untuk diabadikan.

Spot foto yang sering dijadikan spot favorit Style, yakni di atas batu besar di depan air terjun. Untuk mengambil foto yang unik dan indah, banyak wisatawan yang menggunakan lahan pribadi. Mulai dari kain tenun, topi pantai, kacamata, dll.

3. Menyelam di air jernih

Kegiatan menyelam atau scuba diving banyak dilakukan di lautan luas. Namun, tidak ada salahnya menikmati dasar kolam yang jernih ini.

Anda hanya bisa menyelam dengan kacamata renang. Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan di bawah kolam, tetapi juga menatanya untuk mengambil foto terbaik.

4. Bepergian ke tempat-tempat menarik

Untuk menuju Air Terjun Ciburial, Anda perlu berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor touring. Ini karena medannya mengandung banyak bebatuan.

Jika Anda menikmati perjalanan di sana, Anda juga akan bertemu dengan banyak pendaki gunung. Para pendaki biasanya menuju Air Terjun Cibereum di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Tidak disarankan menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil untuk menuju lokasi air terjun. Ini akan berbahaya karena trek tidak mendukungnya. Namun meski Anda merasa lelah di tengah perjalanan, tetaplah bersemangat. Kelelahan ini diimbangi dengan keindahan air terjun yang menakjubkan.

5. Nikmati kuliner di warung sekitar Curug

Sesampainya di air terjun, hal pertama yang harus dilakukan adalah istirahat. Nah, di sekitar Curug Ciburial terdapat sejumlah warung yang menjajakan aneka barang. Mulai dari makanan sederhana hingga aneka jajanan dan minuman.

Ada mie instan, gorengan, makanan ringan, kopi, teh, susu, jahe dan lainnya. Anda tinggal memesan ke pemilik toko sambil menikmati nuansa alam yang masih asri.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Fasilitas Curug CiburialFoto: Google Maps/Nursalsa Bila

1. Tempat parkir

Lahan parkir di lokasi Air Terjun Ciburial ini cukup luas. Jika Anda membawa kendaraan pribadi atau umum, Anda tidak perlu khawatir. Untuk layanan parkir, Anda hanya perlu membayar Rp 5.000.

2. Penyimpanan helm

Yang terkadang membuat wisatawan tidak nyaman saat mengendarai kendaraan roda dua adalah penempatan helm yang tidak aman. Ada banyak tangan jahil di tempat umum, membuat marah korbannya.

Namun, hal tersebut tidak terjadi pada wisata yang memamerkan keindahan air terjun cantik ini. Karena ada layanan penyimpanan helm, Anda bisa lebih santai memakai helm. Anda hanya perlu membayar Rp 3.000 untuk menyetor helm Anda.

3. Toilet

Kehadiran toilet di tempat-tempat umum khususnya tempat wisata memang sangat dibutuhkan pengunjung.

Anda tidak perlu panik jika ingin buang air kecil. Meski objek wisata tersebut berada di tengah hutan belantara, menggunakan toilet yang ada masuk akal.

Ketersediaan air dan kebersihan toilet menjadi tanggung jawab petugas kebersihan yang beroperasi di kawasan Curug Ciburial. Oleh karena itu, Anda tidak perlu takut terabaikan saat ingin ke toilet.

4. Berdiri

Deretan stan semi permanen memberikan kenyamanan lebih. Perjalanan yang cukup melelahkan pasti membutuhkan tenaga untuk mengembalikan penat. Ya, Anda bisa memesan makanan yang berbeda di stan ini.

Makanan yang dijual memang bukan makanan bintang, tapi rasanya tidak kalah enak. Apalagi jika dikonsumsi sambil menikmati alam yang masih asri, menjadi suguhan tersendiri. Perasaan enak dan menyenangkan tidak selalu identik dengan harga tinggi.

5. Tempat bersantai

Terdapat pepohonan rindang di Air Terjun Ciburial. Anda dapat menggunakannya sebagai tempat berteduh atau beristirahat. Selain pepohonan, terdapat juga tebing bebatuan besar yang bisa dijadikan tempat bersantai dan berfoto.

Anda penggemar dunia fotografi, baik sebagai fotografer maupun model, pasti akan menikmati suasana ini. Santai dan nikmati sajian yang masih hangat. Misalnya kopi dengan gorengan. Ini adalah kesenangan yang datang dengan biaya.

Itulah sekumpulan objek wisata dan informasi menarik seputar Air Terjun Ciburial Bogor. Tak perlu jauh-jauh asalkan bisa menghilangkan penat. Mengapa tidak? Yuk, atur jadwal yang tepat sekarang juga untuk menikmati wisata bernuansa alam ini. Lokasi yang mempesona dan harga tiket yang murah akan membuat liburan Anda semakin tak terlupakan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button