Tempat Wisata

Taman Miniatur Kereta Api: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Lembang Bandung merupakan tempat wisata yang paling populer dan menawarkan wisata kuliner, wisata edukasi dan wisata belanja. Di akhir pekan dan liburan panjang, banyak wisatawan yang berduyun-duyun ke kota kembang ini. Salah satu wisata tersibuk di Bandung adalah Taman Miniatur Kereta Api yang terletak di taman wisata Floating Market Lembang.

Menyajikan tidbits kereta api yang lengkap dan sangat detail, taman kereta api mini ini benar-benar tampak hidup. Tak heran jika objek wisata ini mengundang ribuan orang untuk menikmati perkeretaapian di Indonesia dan dunia sambil belajar banyak tentangnya.

Fasilitas di Taman Miniatur Kereta Api

Taman miniatur ini memiliki toko oleh-oleh yang menjual berbagai jenis miniatur kendaraan antara lain tentunya mobil, pesawat, dan kereta api. Selain itu, pengunjung yang ingin menikmati berbagai pilihan kuliner bisa langsung menuju Floating Market Lembang.

Pengunjung yang datang dari luar kota dapat menginap di hotel di sebelah taman mini. Jarak dari hotel ke taman mini sekitar 200 meter sampai 1 kilometer. Hotel-hotel tersebut antara lain Grand Hotel Lembang, Hotel Cemara Asri, Hotel Buah Sinuan dan Hotel Pesona Bamboe. Harga sewa hotel untuk menginap berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 1.000.000.

Tak ketinggalan, taman mini ini juga menawarkan beberapa atraksi seperti taman kelinci, perahu kayuh, rubah terbang, perahu dayung, kereta air dan banyak lainnya. Fasilitas pelengkap tempat wisata seperti tempat parkir, mushola dan toilet juga lengkap dan memadai.

Keindahan miniatur taman kereta api

Taman miniatur kereta api dengan luas kavling sekitar 1.800 meter persegi ini baru dibuka pada tahun 2015. Taman ini berada di kawasan wisata Pasar Terapung Lembang, pasar terapung terbesar di Bandung yang menyajikan berbagai kuliner. Setidaknya sepuluh kereta mini berjalan di atas rel taman mini ini.

Taman Miniatur Kereta Api menghadirkan miniatur kereta api beserta bangunan lengkapnya yang terlihat nyata dan hidup. Tidak hanya miniatur kereta yang sangat mirip dengan aslinya, namun suasana alam di dalam gerbong kereta ini juga nyata.

Hal ini terkait dengan ukurannya yang disesuaikan dengan miniatur kereta api. Mulai dari jembatan tinggi, pegunungan, stasiun kereta hingga suasana di sekitar perlintasan sebidang. Semuanya didesain serupa dan sedetail mungkin. Di sini juga terdengar suara khas bel kereta.

Miniatur taman ini didesain sangat nyata dan persis sama dengan aslinya dengan perbandingan 1:24 sehingga sangat detail. Tak heran jika objek wisata ini memukau pengunjung terutama anak-anak dengan fasilitas yang ditawarkan. Selain itu, taman mini ini juga menawarkan wawasan tentang sejarah perkeretaapian di Indonesia bahkan dunia.

Berburu foto di taman miniatur kereta api

Spot foto terbaik dan menarik untuk difoto adalah miniatur kereta api dan bangunan di sekitarnya. Tak ketinggalan nuansa alam di sekitar miniatur kereta api yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Mulai dari jembatan, lembah, rel kereta hingga pegunungan yang terlihat nyata. Tentu sayang sekali jika miniatur kereta selengkap itu tidak terekam oleh kamera Anda.

Biaya masuk ke taman kereta api mini

  • Biaya masuk taman: Rp 20.000/orang
  • Pasar Terapung Lembang: Rp 15.000/orang (minuman gratis)

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka taman kereta mini

  • Buka setiap hari dari pukul 09.00 – 18.00

Lokasi Akses ke Taman Miniatur Kereta Api

Taman Miniatur Kereta Api terletak di sekitar Floating Market Lembang. Tepatnya di Jalan Grand Hotel nomor 33E, Jalan Kampung Leuit A1, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jarak dari pusat Kota Bandung ke lokasi taman mini ini sekitar 30 kilometer arah utara.

Untuk menuju lokasi Taman Miniatur Kereta Api, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil, maupun angkutan umum. Anda yang menggunakan kendaraan pribadi hanya perlu menuju kawasan wisata Lembang. Tolok ukurnya adalah pasar Lembang. Kemudian arahkan kendaraan Anda menuju Grand Hotel Lembang. Taman Miniatur Kereta Api terletak tepat di belakang Grand Hotel Lembang.

Bagi yang menggunakan angkutan umum bisa naik bus dari Terminal Leuwi Panjang menuju Terminal Ledeng. Dari Terminal Ledeng, Anda bisa naik angkutan umum menuju Pasar Lembang dan langsung menuju Grand Hotel Lembang.

Tips berwisata di Taman Miniatur Kereta Api

  • Persiapkan kendaraan dan kondisi fisik Anda sebaik mungkin untuk memastikan perjalanan wisata Anda berjalan dengan lancar.
  • Ini akan sangat ramai di akhir pekan dan liburan panjang. Jika ingin suasana yang lebih tenang, sebaiknya datang pada hari kerja.
  • Hati-hati dengan barang-barang pribadi masing-masing.
  • Ikuti semua aturan yang ditetapkan oleh manajemen.
  • Pastikan kebersihan dengan selalu membuang sampah pada tempat yang telah disediakan oleh manajemen.

Jika Anda sedang berada di Lembang Bandung, Jawa Barat, kunjungan yang tidak boleh dilewatkan Taman Miniatur Kereta Api. Taman miniatur dengan penyajiannya yang lengkap dan mendetail, mulai dari miniatur kereta api, pemandangan alam hingga bangunannya, pasti akan membuat Anda takjub dan terkagum-kagum. Tentunya bisa menjadi pengalaman berwisata atau liburan yang tak terlupakan bersama keluarga, kerabat atau sahabat terdekat di taman miniatur kereta api ini.

Galeri Foto Taman Kereta Api Miniatur

Taman Miniatur Kereta Api
Momen anak-anak bermain di taman miniatur kereta api
Potret Kereta Miniatur
Kereta mini melintasi jembatan
Miniatur kereta dari berbagai jenis
berburu foto

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button