Tempat Wisata

Pantai Carocok, spot favorit pecinta snorkeling di pantai selatan

harga tiket: 5.000 Rp Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kecamatan IV Jurai, Kab.Pantai Selatan, Sumatera Barat; Map: verifikasi lokasi

Pantai Carocok merupakan tempat wisata di Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat yang memiliki sejuta keindahan yang ditawarkan. Pantai ini dipadati oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Terutama pada hari libur nasional atau hari libur nasional.

Pantai cantik ini sering disebut-sebut sebagai pantai dengan pemandangan sunset terbaik. Airnya yang berwarna kebiruan berpadu dengan pasir putih kecoklatan membuat perpaduan warnanya semakin eksotis. Pepohonan palem di pinggir pantai menambah keindahan suasana pantai.

Pantai Carocok tidak hanya menawarkan pemandangan yang mempesona tetapi juga beberapa permainan yang menantang. Bahkan, Anda juga bisa menikmati keindahan alam bawah laut sambil snorkeling. Ikan hias lucu menemani Anda menyelam.

Daya tarik Pantai Carocok

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai CarocokFoto oleh Nafriman Nazir di Google Maps

✦ Pesona tepi pantai yang memukau

Pantai Carocok memiliki keindahan yang tak kalah mempesona dari Pantai Semenanjung Kra di Malaysia. Pasirnya yang lembut berwarna putih kecoklatan dan birunya air laut membuat pemandangan pantai semakin eksotis.

Anda juga bisa menikmati pemandangan para wisatawan yang asyik bermain game drive. Mulai dari wahana yang mulus hingga wahana yang memompa adrenalin.

Ada juga pulau cantik di tengah pantai. Pulau ini bernama Pulau Batu Kereta. Untuk menuju pulau tersebut, Anda hanya perlu berjalan melintasi jembatan yang menghubungkan pantai dengan pulau Batu Kereta.

Di sebelahnya ada Pulau Cingkuak yang memiliki pesona eksotik. Untuk mencapai pulau ini Anda harus menyeberang dengan perahu. Anda hanya perlu membayar Rp 20.000 untuk sampai ke Pulau Cingkuak.

Eksotisme Pulau Cingkuak semakin terlihat dengan adanya berbagai wahana seperti banana boat, donut boat, jet ski dan varian perahu menyerupai perahu karet.

✦ Pemandangan bawah air

Snorkeling membuat Anda bisa melihat pemandangan bawah laut yang tak kalah keren. Deretan terumbu karang yang tertata rapi, ikan mainan yang lucu dan biota laut lainnya seakan menyambut Anda.

Pantai Carocok di Painan masih dijaga kebersihannya agar biota laut bisa berkembang.

✦ Tempat terindah dengan panorama sunset

Di pantai yang indah ini banyak wisatawan yang ingin mengejar sunset. Apalagi pada sore hari akan lebih ramai dibandingkan pada pagi atau sore hari.

Selain cuaca sore hari yang agak mendung, beberapa pengunjung juga tidak ingin melewatkan sunset. Pengunjung ingin membuktikan keaslian sunset di pantai Sumatera Barat ini.

✦ Lokasi strategis

Pantai Carocok yang populer berlokasi strategis di kawasan Mandeh. Tepat di Teluk Carocok Terusan yang dikelilingi perbukitan hijau.

Di kawasan Teluk Carocok hingga alur terdapat sekitar 70 hektare terumbu karang yang kondisinya masih bagus. Hutan bakau juga membentang lebih dari 400 meter. Maka tak heran Pantai Painan memiliki keindahan bawah laut yang benar-benar memanjakan mata.

Alamat dan rute menuju lokasi

Harga tiket Pantai CarocokFoto oleh Ge JN di Google Maps

Lokasi Pantai Carocok berada di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Lebih tepatnya di kota Painan, Kecamatan IV Jurai.

Jarak dari kota Padang sekitar 77 kilometer. Dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam dengan kendaraan pribadi atau umum.

Titik utama untuk menuju pantai populer di Sumatera Barat ini adalah kota Padang. Bagi Anda yang menggunakan jalur penerbangan bisa turun di Bandara Minangkabau. Selain itu digunakan jalur darat yang dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum seperti bus dan jasa taksi online.

Jika ingin menggunakan transportasi umum, Anda bisa naik Bus Padang Painan dari Terminal Kota Padang. Anda tidak perlu khawatir dengan nama jalan karena pengemudi siap mengantarkan Anda ke lokasi yang diinginkan.

Mengenai penggunaan kendaraan pribadi. Anda bisa membuka Google Maps untuk mendapatkan petunjuk arah menuju lokasi pantai ini di kota Painan.

Biaya masuk dan jam buka

Anda yang ingin menikmati keindahan Pantai Carocok tidak perlu khawatir dengan harga tiket yang telah ditetapkan pihak pengelola. Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang untuk tiket masuk.

Namun, jika ingin naik wahana air, Anda harus membayar sendiri biayanya. Harga standarnya juga mulai dari Rp 30.000 untuk tipe water ride. Sewa peralatan snorkeling adalah Rp 50.000.

Untuk informasi lebih rinci tentang harga, Anda harus menghubungi manajemen pantai. Apalagi jika Anda membawa rombongan besar seperti study tour atau family gater.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pantai CarocokFoto oleh Dhiya Ulhaq di Google Maps

1. Menikmati suasana di sekitar Pantai Caroco

Menikmati pesona Pantai Carocok yang memanjakan mata adalah tujuan sebagian besar wisatawan.

Kepopuleran pantai cantik ini karena keindahan wisata alamnya memang benar adanya. Sesampainya di pantai, Anda mungkin langsung terkesima dengan pemandangannya.

Mulai dari pesona alamnya yang sejuk, udara yang sejuk dan pantai yang bersih masih terjaga. Oleh karena itu, pengunjung diharapkan memiliki kesadaran yang tinggi akan kebersihan pantai agar keindahannya terjaga dalam jangka panjang.

2. Naik Wahana Game

Ada beberapa drive game yang tersedia di pantai yang indah ini. Ada banana boat, donut boat, flying fox, jet ski, boat rides dan lain sebagainya.

Untuk banana boat, kapasitas penumpang yang diperbolehkan antara 8 hingga 9 orang. Permainan ini dirancang untuk wisatawan yang ingin berbasah-basahan di air laut. Dengan kecepatan tinggi, Anda akan diperketat di atas banana boat.

3. Snorkling

Snorkeling paling bagus di Pulau Cingkuak yang dekat dengan Pantai Carocok. Untuk sampai ke pulau itu cukup naik perahu dengan harga murah.

Saat menyelam, Anda akan langsung disambut oleh biota laut yang indah seperti terumbu karang, ikan hias, bintang laut, anemon laut, dll.

4.kelelawar buah

Jenis permainan ini sebenarnya cukup menantang tingkat adrenalin karena lokasinya yang ekstrim. Anda mungkin merasa berdenyut pada awalnya, tetapi begitu Anda masuk ke dalamnya, Anda akan diliputi oleh pemandangan menakjubkan yang mengelilingi lautan.

Ditambah lagi dengan perasaan angin pantai yang lembut berhembus menembus tulang. Sampai Anda tanpa sadar berada di sisi lain. Selesaikan game yang awalnya sangat menantang.

5. Pengejaran Matahari Terbenam

Momen yang mengesankan dan panorama yang sangat indah adalah sunset. Di sore hari, semakin banyak wisatawan yang berduyun-duyun ke Pantai Carocok untuk menikmati suasana matahari terbenam.

Cahaya langit yang kemerah-merahan diselimuti oleh gemerlap air laut yang berwarna merah keemasan membuat suasana pantai semakin romantis. Sayang sekali jika melewatkan momen tak terlupakan ini.

6. Foto di hot spot

Berfoto selfie di tempat wisata yang menakjubkan sepertinya sudah menjadi suatu keharusan. Nah itulah beberapa spot foto kekinian di Pantai Carocok.

Anda bisa memilih spot terbaik dengan pemandangan air laut yang jernih atau sebuah pulau di tengah pantai. Anda juga bisa berfoto di permainan mengemudi seperti banana boat. Anda bahkan bisa berfoto dengan biota laut yang cantik sambil snorkeling.

7. Lintas Pulau Cingkuak

Di tengah pantai ada sebuah pulau kecil yang indah. Banyak wisatawan datang ke pulau ini untuk bermain wahana air atau menikmati keajaiban bawah laut.

Untuk menuju Pulau Cingkuak, Anda cukup menyeberang dengan perahu yang melintas. Lokasinya masih bercirikan wisata pantai.

8. Berjemur

Cuaca di Pantai Carocok yang indah ini cukup panas. Bagi Anda yang ingin membuat kulit sedikit lebih gelap atau lebih eksotis, Anda bisa berjemur di bawah terik matahari pantai.

Sebelum berjemur, sebaiknya gunakan tabir surya terlebih dahulu untuk menghindari kulit terbakar langsung akibat terik matahari. Anda bisa bersantai di atas permadani di atas pasir atau menyewa tempat seperti bangku panjang untuk duduk dan berbaring.

9. Bersantai di gazebo

Deretan pendopo yang berjejer di sepanjang tepian pantai tak hanya menambah keindahan pemandangannya. Namun, Anda juga bisa menggunakannya sebagai tempat bersantai setelah berbagai aktivitas berat.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas yang tersedia di Pantai CarocokFoto oleh Noor Achmad Wahyudha di Google Maps

1. Lokasi tempat parkir

Pengelola wisata Pantai Carocok menyediakan tempat parkir yang cukup luas untuk parkir kendaraan pengunjung. Saat musim liburan tiba, banyak bus dan mobil yang berjejer rapi di pelataran parkir ini.

Tempat parkir tidak hanya nyaman, tetapi juga aman. Setiap kendaraan yang masuk mendapatkan tiket yang diminta setelah keluar dari kawasan pantai.

2. Toilet

Fasilitas umum utama di pantai indah ini adalah toilet. Wisatawan bisa menggunakannya untuk MCK sekaligus berganti pakaian setelah bermain air laut.

3. Masjid

Bagi Anda yang beragama Islam, tidak perlu bingung ketika waktu sholat tiba. Mushola yang ada di sekitar tempat wisata bisa Anda manfaatkan untuk menjalankan ibadah Anda.

4. Paviliun

Gazebo-gazebo yang ada di lokasi Pantai Carocok bisa digunakan untuk duduk santai. Bisa juga digunakan sebagai rest area untuk menikmati makanan yang dibawa bersama keluarga atau kerabat.

Untuk sampai ke paviliun Anda harus melewati jembatan panjang yang indah sebagai penghubung. Suasana yang menyenangkan jika Anda berjalan-jalan di malam hari. Saus yang sempurna untuk matahari terbenam.

5. Akomodasi

Jika perjalanan cukup jauh, Anda bisa beristirahat di penginapan terlebih dahulu. Ada beberapa hotel atau villa mulai dari yang murah sampai yang mahal. Anda bisa memesannya sesuai dengan budget Anda.

6. Restoran

Jika Anda merasa lapar, datang saja ke restoran di dekat pantai. Berbagai kuliner yang nikmat bisa Anda cicipi, khususnya hidangan olahan seafood. Ada kepiting, ikan bakar, cumi, udang dan lainnya.

7. Toko suvenir

Usai menjelajahi wisata mempesona ini, Anda bisa berbelanja oleh-oleh di toko-toko suvenir di dekat pantai. Ada berbagai barang kecil seperti gantungan kunci, sandal, topi, handuk pantai, dan lainnya. Harga oleh-oleh juga relatif murah, sehingga Anda bisa membelinya.

Demikian sekilas informasi tentang Pantai Carocok yang keindahannya sudah sangat dikenal oleh masyarakat Sumatera Barat. Anda dapat menggunakan pantai ini sebagai tempat liburan untuk keluarga Anda. Selain pemandangannya yang mempesona, liburan juga menjadi lebih seru karena ada beberapa wahana yang asik.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button