Tempat Wisata

Curug Citiis Garut – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

harga tiket: Rp 5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pasawahan, Kec. Tarogong Kaler, Cab.Garut, Jawa Barat; Map: verifikasi lokasi

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Garut, belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi wisata air terjun yang eksotis dan mempesona yaitu wisata Curug Citiis. Air terjun cantik ini berada tepat di kaki Gunung Galunggung sehingga memiliki alam yang sangat asri dan lestari.

Wisata air terjun ini menawarkan beberapa destinasi wisata yang bisa dinikmati wisatawan. Salah satu tujuan wisata yang paling terkenal adalah sumber air panas. Pemandian air panas ini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi. Wisatawan bisa mengajak keluarga tercinta karena wisata ini tergolong sangat aman.

Di sini wisatawan bisa berendam, bersantai dan menyegarkan badan sambil menikmati pemandangan yang indah dan alami. Menarik sekali bukan untuk dijadikan sebagai tempat bersantai dan menikmati keindahan alam sekitar? Wisata Curug Citiis jarang dikunjungi wisatawan karena akses melalui jalan darat yang cukup sulit.

Objek wisata yang ditawarkan Curug Citiis

Objek Wisata Air Terjun CitiisFoto: Twitter/Infogarut

✦ Panorama keindahan air terjun

Wisatawan yang berkunjung ke Curug Citiis akan terkesima dengan keindahan alam yang begitu indah. Keindahan air terjun ini terlihat dari pepohonan yang menjulang tinggi dengan dedaunannya yang lebat memberikan kesan cukup rindang dan udara yang dihasilkan juga sangat segar dan sejuk sehingga membuat para wisatawan betah.

Selain pepohonannya yang menjulang tinggi, keindahan air terjun ini juga terlihat dari tebing bebatuannya yang berwarna keemasan, kontras dengan warna di sekitarnya. Dan keberadaan tebing emas inilah yang menjadikan wisata air terjun ini memiliki nilai eksotik.

Perpaduan alam seperti tebing, bebatuan sungai, air jernih dan pepohonan rindang memberikan kesan yang sangat indah dan eksotis serta menarik untuk dikunjungi. Suasana sejuk dan gemericik air pun menambah ketenangan dan kenyamanan para wisatawan sehingga semakin betah dalam wisata air terjun ini.

✦ Kolam air panas

Wisatawan tidak hanya bisa menikmati keindahan alam Air Terjun Citiis ini, tapi juga menikmati pemandian air panas dengan mandi di kolam ini. Destinasi ini banyak diminati wisatawan, baik muda maupun lanjut usia.

Kolam air panas ini juga bisa membuat rileks dan menyegarkan tubuh. Oleh karena itu, kolam termal ini sering dimanfaatkan wisatawan sebagai terapi. Salah satu fungsi air hangat adalah melancarkan sirkulasi dan membunuh bakteri yang ada. Maka tak heran jika resor termal ini sangat ramai dikunjungi wisatawan.

Keberadaan kolam air panas ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi air panas sambil melihat pemandangan yang tersaji dalam wisata air terjun ini. Karena tidak semua air terjun memiliki kolam termal yang alami dan eksotik seperti kolam termal yang ada di wisata Curug Citiis ini.

✦ Memiliki kisah mistis

Selain keindahannya dan kolam termal itulah yang menjadi daya tarik air terjun ini. Wisatawan yang menyukai hal mistis juga bisa mengunjungi air terjun Citiis ini. Sehingga kisah mistis ini juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang gemar mengulas hal mistis.

Menurut sejarah dan kepercayaan masyarakat, wisata air terjun indah ini termasuk salah satu tempat yang cukup angker. Menurut cerita masyarakat zaman dahulu, wisata air terjun ini berfungsi sebagai tempat bertemunya raja-raja besar dari Bumi Pasundan.

Dimana para raja sengaja memilih lokasi air terjun ini karena lokasinya yang sulit ditemukan dan sangat terpencil. Selain itu, wisata air terjun ini pernah menjadi tempat para raja bermeditasi untuk mendapatkan kesaktian yang diharapkan.

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat air terjun CitiisFoto: Google Maps/JFerdinand

Wisata Curug Citiis yang mempesona ini berlangsung di kaki Gunung Galunggung di Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Lebih spesifiknya wisata air terjun ini bertempat di Kampung Citiis, Desa Padakembang, Kecamatan Padakembang. Sepeda motor atau mobil dapat digunakan bagi wisatawan yang ingin mengunjungi wisata air terjun ini.

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan wisata air terjun ke Singapura ini bisa berkendara melalui Jalan Ciawi-Singaparna. Setelah itu wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menuju Padakembang dan kemudian berbelok menuju Gunung Galunggung. Setelah melewati serangkaian rute, wisatawan dapat menikmati wisata air terjun ini.

Biaya masuk wisata alam

Bagi wisatawan yang ingin merasakan nuansa keindahan wisata alam berupa Curug Citiis dapat membeli tiket dengan harga yang sangat murah yaitu Rp 5.000 per orang. Dengan bermodalkan lima ribu rupee, wisatawan bisa menikmati seluruh destinasi unggulan, mulai dari keindahan air terjun, pepohonan rindang, hingga pemandian air panas.

Biaya parkir sebesar Rp 3.000 dikenakan bagi wisatawan yang datang dengan kendaraan roda dua. Dan bagi wisatawan yang datang menggunakan mobil dapat membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000. Jadi jika dijumlahkan dengan biaya masuk dan biaya parkir, wisata air terjun ini masih tergolong murah, semua kalangan bisa menikmatinya.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas seru di Citiis CurugFoto: Google Maps/Gustian Ajiputra

1. Berkemah

Wisata Curug Citiis juga menawarkan tempat perkemahan (camping site). Keberadaan tempat perkemahan ini dapat dimanfaatkan wisatawan untuk berkemah dalam waktu beberapa hari sambil menikmati keindahan air terjun yang cantik, indah dan mempesona ini.

Berkemah di tengah hutan belantara merupakan suatu kegiatan yang sangat seru dan menarik. Berkemah di wisata air terjun ini memungkinkan wisatawan menikmati keindahan air terjun di malam hari sambil membakar jagung, memanggang, bermain gitar dan bernyanyi serta melihat cahaya bintang yang bertebaran di langit.

Saat berkemah, wisatawan juga dianjurkan membawa perlengkapan pribadi seperti perlengkapan mandi, perlengkapan sholat, obat-obatan pribadi, dan pakaian ganti. Karena wisata air terjun ini mempunyai suasana yang sangat sejuk dan dingin, maka wisatawan yang berkemah harus tetap menjaga antisipasi dengan membawa obat-obatan pribadi.

2. Mandi di sumber air panas

Wisatawan yang datang ke Air Terjun Citiis yang indah juga bisa menikmati aktivitas seperti berendam di sumber air panas dalam wisata air terjun ini. Berendam di air panas memiliki banyak manfaat, seperti melancarkan peredaran darah dalam tubuh manusia, mengendurkan otot-otot tubuh, dan membunuh bakteri dalam tubuh.

Wisatawan yang mengikuti wisata air terjun ini bisa mandi di kolam air panas yang disediakan sambil menikmati pemandangan alam yang sangat indah dan asri. Banyak wisatawan yang mengunjungi pemandian air panas untuk terapi, namun ada juga yang hanya sekedar untuk penyegaran tubuh.

3. Berburu foto

Wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Citiis sangat disarankan untuk membawa kamera yang bagus. Pasalnya keajaiban keindahan alam yang dihadirkan sungguh menakjubkan, sehingga sayang sekali jika tidak bertahan. Selain itu, hampir setiap sudutnya memiliki spot foto yang sangat bagus jika dijadikan background untuk berfoto.

Tebing-tebing yang ada di air terjun ini memiliki warna yang sangat indah dan kontras sehingga memberikan kesan eksotis pada foto yang dihasilkan. Selain itu pepohonan yang mengelilingi air terjun juga menambah keindahan foto yang dihasilkan. Oleh karena itu kegiatan berburu foto juga sangat direkomendasikan pada wisata air terjun ini karena spot foto pada wisata ini sangat instagramable.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Fasilitas air terjun CitiisFoto: Twitter/Harinya akan tiba

Air terjun Citiis yang indah dan mempesona tidak hanya menawarkan atraksi yang tak terhitung jumlahnya, tetapi juga fasilitas yang sangat lengkap. Fasilitas yang ada pada wisata air terjun ini antara lain musala, tempat parkir yang sangat luas dan toilet. Adanya fasilitas ini sangat memudahkan wisatawan saat berwisata.

Selain itu wisata cantik ini juga dilengkapi dengan gazebo yang bisa dijadikan tempat bersantai. Dengan adanya ruang ganti yang memudahkan wisatawan berganti pakaian dengan aman dan nyaman, serta adanya wisata kuliner, tentunya membuat perjalanan wisatawan semakin nyaman sambil menikmati kuliner.

Wisatawan yang menyukai dunia camping tidak perlu khawatir saat berkunjung ke wisata air terjun ini, karena pihak pemandu sudah menyiapkan beberapa fasilitas untuk berkemah seperti camp (area perkemahan) dan tempat penyewaan tenda, sehingga wisatawan tidak perlu melakukan apa-apa. soal itu tidak usah repot-repot membawa tenda dari rumah.

Berdasarkan ulasan diatas, Curug Citiis di Garut sangat direkomendasikan untuk semua kalangan karena harga tiket masuknya juga sangat murah. Namun wisata air terjun ini tidak hanya murah, namun juga menyuguhkan keindahan alam yang sangat indah dan beberapa destinasi alam yang bisa dinikmati wisatawan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button