Tempat Wisata

10 Destinasi Wisata Alam di Sumedang Paling Populer dan Instagrammable!

Referensi Tempat Wisata Alam Sumedang

Tempat wisata alam Sumedang bisa dikatakan cukup lengkap. Saat berlibur ke Sumedang, banyak pilihan destinasi wisata alam yang bisa dijadikan destinasi liburan. Pada kesempatan ini Tempat wisata yang menarik menawarkan 10 rekomendasi tempat wisata di Sumedang yang paling wajib dikunjungi.

1. Puncak Gunung Tampa

Mendaki Gunung Tampomas SumedangMendaki Gunung Tampomas Sumedang

Lokasi: Kabupaten Sumedang

Objek wisata alam di Sumedang yang pertama adalah puncak Gunung Tampomas yang terletak di kawasan utara Sumedang. Gunung Tampomas memiliki luas 1.250 hektar dan tersebar di tiga kecamatan, mulai dari Kecamatan Cimalaka, Pases, dan Tanjungkerta.

Keindahan gunung ini memang berada pada puncaknya, namun harus didaki terlebih dahulu. Begitu sampai di puncak, Anda akan disambut pemandangan seluruh kota Sumedang, deretan perbukitan, dan hutan hijau. Di puncak ini juga terlihat kawah dan bebatuan besar akibat aktivitas Gunung Tampomas sebelumnya.

2. Bendungan Waduk Jati Gede

Bendungan Waduk Jati GedeBendungan Waduk Jati Gede

Lokasi: Kecamatan Jatigede, Sumedang

Berikutnya ada Bendungan Jati Gede yang terletak di kawasan Waduk Gede Sumedang. Bendungan ini awalnya bukan tujuan wisata, namun karena letaknya yang strategis dan pemandangannya yang indah, banyak anak muda yang memanfaatkannya sebagai tempat menginap dan berfoto.

Kemudian wisatawan mulai berdatangan dan hingga saat ini tempat ini sangat populer sebagai salah satu destinasi wisata menarik di Sumedang.

Karena belum ada yang menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata resmi, maka Anda bisa mengunjungi tempat ini tanpa harus membayar tiket masuk alias gratis.

3. Bukit Panorama Jatinangor (Wisata Gunung Batu)

Bukit Panorama Jatinangor melalui YouTubeBukit Panorama Jatinangor melalui YouTube

Lokasi: Jalan Pamegarsari, Kecamatan Tanjungsari, Sumedang

Bukit Panorama Jatinangor merupakan salah satu tempat wisata alam Sumedang yang sangat populer akhir-akhir ini. Tempat ini menjadi perbincangan populer di media sosial berkat pemandangannya yang indah.

Salah satu tempat terbaik di sini adalah menara observasi di atas bukit. Dari sini Anda bisa menikmati pemandangan kawasan Jatinangor dan Cileunyi. Di sebelah baratnya terlihat hamparan sawah dan perbukitan luas yang terlihat sangat indah. Tempat ini merupakan spot foto terbaik di Sumedang.

4. Taman Berburu Gunung Masigit Kareumbi

Objek wisata Taman Berburu Masigit KareumbiObjek wisata Taman Berburu Masigit Kareumbi

Lokasi: Kabupaten Bandung, Sumedang dan Garut

Tempat wisata alam di Sumedang selanjutnya adalah Taman Berburu Gunung Masigit Kareumbi yang terletak di daerah perbatasan dengan Kabupaten Bandung. Destinasi ini juga mengalami peningkatan pada tahun lalu.

Salah satu daya tarik di taman ini adalah rumah pohon yang dibangun untuk pengunjung dimana pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah.

Taman Gunung Masigit juga menjadi habitat berbagai satwa yang dilindungi. Jika beruntung, Anda mungkin melihat mereka berkeliaran di hutan. Tempat ini cocok dikunjungi bagi anda yang ingin merasakan segarnya udara dan suasana hutan yang tenang.

5. Situ Biru Cilembang

Tempat wisata Situ Cilembang di SumedangTempat wisata Situ Cilembang di Sumedang

Lokasi: Desa Hariang, Kecamatan. Buahdua, Kab.Sumedang

Selanjutnya Anda juga bisa mengunjungi Situ Biru Cilembang yang terletak di Kecamatan Buahdua. Lokasi tempat wisata alam Sumedang ini cukup tersembunyi, tepatnya berada di kawasan Dusun Curug, Desa Hariang.

Untuk mencapai lokasi tersebut, Anda harus mendaki melalui kawasan hutan yang cukup lebat. Pastikan tubuh Anda bugar jika memutuskan mengunjungi danau cantik ini.

Sesampainya anda di lokasi Situ Biru Cilembang, segala kepenatan anda selama perjalanan akan terbayar. Keindahan Situ Biru Cilembang dijamin akan membuat Anda sangat puas.

Airnya sangat jernih sehingga Anda bahkan bisa melihat dasarnya. Ada banyak tempat yang bisa Anda jelajahi untuk mengambil foto indah dengan kamera terbaik Anda.

Anda mungkin tidak akan sanggup berenang mengingat airnya yang jernih dan segar, namun sayangnya air telaga ini dijadikan sebagai sumber air bersih untuk kebutuhan sehari-hari sehingga sebaiknya Anda tidak berenang di dalamnya.

6. Hutan Pinus Cijambu Tanjungsari

Hutan Pinus Cijambu Tanjungsari via DetikHutan Pinus Cijambu Tanjungsari via Detik

Lokasi: Puncak gunung di Desa Cijambu, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

Kawasan Wisata Hutan Pinus Cijambu Tanjungsari merupakan salah satu tempat wisata alam di Sumedang yang baru dibuka beberapa tahun lalu. Tempat ini menawarkan panorama alam indah berupa hutan pinus yang luas di seluruh kawasan Tanjungsari.

Di akhir pekan, tempat ini biasanya ramai dikunjungi wisatawan yang ingin bersantai dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman. Aktivitas yang paling digemari adalah bersantai di hammock di antara pepohonan pinus di kawasan wisata Cijambu.

7.Bukit Batu Dua

Tempat wisata paralayang di Batu Dua Gunung LinggaTempat wisata paralayang di Batu Dua Gunung Lingga

Lokasi: Desa Linggajaya, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang

Tempat wisata di Sumedang yang terdekat adalah Bukit Batu Dua yang berada di Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang. Tempat ini belakangan menjadi salah satu destinasi wisata populer di Sumedang.

Bukit Batu Dua merupakan kawasan wisata yang berada di lereng Gunung Lingga. Daerahnya cukup tinggi sehingga tempat ini menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Dari ketinggian tempat ini, Anda bisa menikmati pemandangan Kota Sumedang secara keseluruhan. Bagi Anda yang ingin berfoto, banyak tempat yang bisa dijelajahi di sini.

Selain itu, bagi Anda yang menyukai tantangan wajib mencoba paralayang yang bisa dilakukan dari puncak Bukit Batu Dua.

Segala peralatan yang diperlukan untuk paralayang dapat Anda sewa dari pihak pengelola. Pastikan Anda benar-benar siap karena paralayang cukup memacu adrenalin Anda. Jika ini merupakan pengalaman pertama Anda, bisa dipastikan pengalaman ini tidak akan terlupakan.

8. Air Terjun Cinulang

Air Terjun Cinulang melalui Ig @jhe_ridzwan17Air Terjun Cinulang melalui Ig @jhe_ridzwan17

Lokasi: Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Batas Kabupaten. Sumedang dan Cab.Bandung

Sumedang juga dikenal memiliki beberapa tempat wisata alam berupa air terjun. Salah satu yang sayang untuk dilewatkan adalah Air Terjun Cinulang yang terletak di kawasan Desa Sindulang Kecamatan Cimanggung Sumedang.

Lokasinya berada di perbatasan dengan Bandung. Air terjun ini cukup terkenal karena keindahannya yang mempesona. Karena letaknya yang agak tersembunyi, kealamian kawasan air terjun ini masih sangat terjaga.

Ada banyak aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan, mulai dari berfoto, menjelajahi sungai, atau berenang di kolam bawah air terjun. Pastikan untuk membawa pakaian ganti agar Anda tidak pulang dalam keadaan basah kuyup.

9. Bukit Nangorak

Bukit Nangorak melalui KompasBukit Nangorak melalui Kompas

Lokasi: Dusun Nangorak, Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang

Tempat wisata di Sumedang selanjutnya adalah Bukit Nangorak yang berada di Desa Margamekar sebelah selatan Sumedang. Bukit Nangorak merupakan salah satu destinasi wisata di Sumedang yang sangat populer.

Awalnya Bukit Nangorak merupakan kawasan yang dijadikan lahan penerapan berbagai teknologi pertanian. Namun karena mempunyai daya tarik tersendiri karena keindahan alamnya, belakangan ini tempat ini menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, tak terkecuali para pecinta alam yang menyukainya. Berkemah.

Bukit Nangorak juga cukup mudah dijangkau. Kondisi jalan cukup baik sehingga dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

10. Air Terjun Sabuk

Jalur Curug melalui IG @diablo_dabloJalur Curug melalui IG @diablo_dablo

Lokasi: Dusun Nangorak, Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang

Tempat wisata Sumedang yang terakhir adalah Curug Sabuk yang terletak di kawasan Dusun Nangorak, Desa Margamekar, Sumedang Selatan. Air terjun ini cukup tersembunyi di bawah kaki Gunung Kareumbi.

Untuk menuju lokasi air terjun ini, Anda harus berjalan kaki melewati hutan dan menyusuri beberapa jalan setapak di lereng gunung yang cukup terjal. Jalur menuju air terjun ini cukup menantang dan melelahkan. Anda harus mendaki selama 3 jam sebelum bisa mencapai air terjun. Namun semua itu sepadan dengan keindahan yang akan Anda temukan saat sampai di Sabuk Curug.

Curug Belt mempunyai keindahan yang masih sangat terjaga seolah belum pernah terjamah manusia. Air terjun ini memiliki aliran air yang sangat deras yang terbagi menjadi 6 buah air mancur bertingkat.

Tingkat tertingginya mencapai ketinggian 70 meter. Saking kerasnya suara air yang jatuh, udara di sekitar air terjun terkadang menjadi sangat lembab dan berembun.

Lihat lebih lanjut: 12 air terjun di Sumedang

* * * * *

Nah itulah beberapa tempat wisata di Sumedang yang bisa anda kunjungi bersama teman atau orang terdekat anda. Jangan lupa untuk mengeksplorasi wisata kuliner khas Sumedang selama liburan Anda. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur. Berbahagialah!!

Kunjungi juga: 16 restoran di Sumedang

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button