Tempat Wisata

Air Terjun Umbulan, air terjun indah dengan panorama alam yang mempesona di Probolinggo

Air Terjun Umbulan di Probolinggo merupakan air terjun menakjubkan yang menyuguhkan panorama alam yang mempesona dan mengajak pengunjung menikmati keindahan alam yang mempesona.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Watulumpang, Kecamatan Sukapura. Sukapura, Cab.Probolinggo, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Air Terjun Umbulan yang merupakan tempat wisata alam di Probolinggo ini menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona dan tetap terjaga keasliannya. Tak heran jika tempat wisata ini masih belum terjamah tangan manusia.

Menariknya, wisata ini dijalankan langsung oleh penduduk setempat. Meski pendekatan perjalanannya berat, namun setibanya di objek wisata rasa lelah Anda akan langsung terbayar dengan keindahan alam.

Selain itu, air terjun ini dikelilingi pepohonan dan tanaman yang rimbun karena terletak di tengah hutan. Selain itu, banyak hal menarik dari wisata ini:

Perjalanan snorkeling ke Gili Ketapang

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Umbulan

Daya Tarik Air Terjun UmbulanFoto: Google Maps/Christopher Ludewig

Panorama alam yang mempesona

Daya tarik utama dari objek wisata alam ini adalah panorama alam sekitar yang luar biasa berkat udaranya yang sejuk segar serta suara gemericik air akibat jatuh dan mengalirnya air.

Oleh karena itu, Air Terjun Probolinggo-Umbulan sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin melepaskan diri dari hiruk pikuk kota.

Suasana sejuk dan tenang

Air Terjun Umbulan diketahui dikelola oleh warga setempat sehingga fasilitas yang diberikan kurang memadai. Karena belum adanya dukungan dari pemerintah setempat, wisata air terjun ini masih belum populer di kalangan wisatawan.

Namun, ini menjadi kabar baik bagi Anda yang sedang mencari tempat untuk menyendiri dan refreshing.

Air jernih dari mata air

Air yang mengalir dari air terjun ini berasal dari sumber warga sekitar Sukapura. Oleh karena itu airnya sangat jernih dan terasa segar. Padahal, air ini digunakan untuk mandi, mencuci, dan memasak karena kebersihan dan keamanannya.

Paket Arung Jeram Pekalen Probolinggo

Air Terjun Umbulan di Probolinggo bisa dikatakan sangat penting bagi warga sekitar untuk aktivitas sehari-hari.

Tingkat ketinggian tangga

Berikutnya yang tak kalah uniknya adalah air terjun yang terdiri dari beberapa anak tangga sehingga di setiap anak tangganya Anda bisa mengagumi keindahan alam yang berbeda-beda.

Anda juga bisa mencoba mendaki ke puncak batu untuk melihat air terjun lebih dekat. Pastinya kegiatan liburan akan menjadi pengalaman yang mengasyikkan.

Kolam alami

Objek wisata alam ini tidak hanya berupa air terjun saja, namun juga memiliki kolam alami di bawahnya yang sangat menarik. Kolam ini menampung air jatuh dari mata air yang dapat digunakan sebagai tempat berendam.

Pastinya menyelam di kolam Air Terjun Umbulan terasa berbeda dari sebelumnya, apalagi dipadukan dengan keindahan alam yang ditawarkannya.

Temukan penawaran hotel di Probolinggo

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun UmbulanFoto: Google Maps/Tidak ada komentar

Tertarik berlibur ke air terjun cantik ini? Lokasinya terletak di Desa Watu Lumpang, Sukapura, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur yang bisa Anda kunjungi. Ada banyak rute yang bisa Anda pilih tergantung titik awal dan kenyamanan Anda.

Air Terjun Umbulan hanya berjarak 29 km dari Alun-Alun Probolinggo dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 50 menit. Dari Alun-Alun Probolinggo bisa lewat Jalan Panjaitan hingga Jalan Raya Panglima Sudirman.

Kemudian ambil arah Jalan Raya Pantura dan Jalan Soekarno-Hatta di Sukabumi. Anda dapat mengambil Jalan Raya Sukapura dan Jalan Raya Boto ke Jalan Raya Bromo di Watu Lumpang.

Pengguna angkutan umum turun di terminal Sukapura dan berjalan kaki menuju tempat wisata. Untuk mencapai lokasi disarankan menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil kemudian berjalan melalui jalur yang menantang.

Meski melelahkan, Anda tidak akan lagi merasa lelah karena akan disambut dengan panorama hutan yang indah.

Aktivitas yang menyenangkan

Berbagai aktivitas menuju Air Terjun UmbulanFoto: Instagram/Kelana_R

1. Trekking ke air terjun

Awal perjalanan menuju Air Terjun Umbulan Probolinggo terbilang masih mudah. Pasalnya, sebagian besar jalan sudah tergenang air dan beraspal sehingga nyaman untuk dilalui. Namun, setelahnya Anda akan merasakan tantangan jalur hutan dan jurang terjal.

Oleh karena itu sangat disarankan untuk berhati-hati dan tetap waspada. Dalam perjalanan Anda akan melewati tangga besi dan jembatan. Hati-hati jangan sampai terpeleset saat menaiki tangga.

Jalur menuju objek wisata tersebut memerlukan puluhan hingga ratusan anak tangga besi untuk mencapai puncak tebing. Di sini keindahan air terjun disuguhkan untuk Anda. Tidak perlu takut karena pihak pengelola akan menjaga keselamatan Anda.

2. Menikmati panorama Air Terjun Umbulan

Tentunya sesampainya di air terjun tersebut, Anda akan terkesima dengan kemegahan pesona alamnya. Setelah perjalanan yang panjang dan melelahkan, Anda bisa beristirahat sejenak di atas bebatuan sambil menikmati keindahan Air Terjun Umbulan.

Tentu saja rasa semangat akan kembali muncul dan rasa lelah akan hilang. Anda dapat menjelajahi tempat ini untuk mengenalnya lebih baik.

Hal ini memungkinkan Anda untuk melihat keindahan wisata air terjun dari berbagai sudut. Jika Anda membawa anak-anak, pastikan untuk berhati-hati dan mengawasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak menyenangkan.

3. Menyelam ke kolam alami

Apakah Anda ingin merasakan sensasi relaksasi yang berbeda? Bersantai sambil berenang di kolam alami. Kesegaran airnya yang jernih pasti membuat Anda ingin langsung terjun ke kolam.

Untungnya pihak pengelola memperbolehkan wisatawan untuk berenang di kolam tersebut. Bahkan, Anda bisa membawa ban air dari rumah untuk bersantai sembari berenang.

4. Berburu Foto

Ada banyak spot foto mempesona di Air Terjun Umbulan Probolinggo, mulai dari kolam, air terjun, pepohonan, tanaman rimbun hingga bebatuan bertumpuk.

Anda bisa mencari spot foto sebagai background selfie atau foto. Jangan lewatkan kegiatan mengabadikan momen spesial ini dan diunggah ke media sosial.

5. Makan makanan panas

Setelah berbagai aktivitas seru, perut terasa lapar. Anda bisa menyantap hidangan panas dan lezat di warung terdekat.

Berbagai makanan ringan dan berat tersedia dan bisa Anda pilih sesuai selera. Tentu rasanya sangat terasa dan menggugah selera.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas Menuju Air Terjun UmbulanFoto: Instagram/Kelana Rachman

Meski terbatas, namun fasilitas yang disediakan pengelola Air Terjun Umbulan dinilai cukup memadai. Kebutuhan pengunjung bisa dikatakan terpenuhi selama berlibur di kawasan ini.

Salah satunya adalah tempat parkir yang dapat memarkir kendaraan pribadi dengan aman. Pengunjung Muslim dapat melaksanakan ibadah wajibnya di musala yang telah ditentukan.

Tempatnya cukup bersih sehingga bisa digunakan dengan nyaman. Sehabis mandi atau bermain air, Anda bisa membilas tubuh di kamar mandi. Toilet dengan kondisi nyaman juga tersedia.

Selain itu, Air Terjun Umbulan-Probolinggo dilengkapi dengan tempat makan atau warung yang menyajikan berbagai makanan dan minuman.

Anda tidak perlu lagi khawatir perut Anda akan lapar atau haus. Pihak pengelola melengkapi wisata air terjun dengan tangga yang melaluinya seseorang dapat mengagumi keindahan air terjun.

Demikian penjelasan mengenai hal menarik Air Terjun Umbulan yang perlu Anda ketahui sebelum berkunjung. Anda bisa menggunakannya sebagai imbalan berlibur bersama rombongan keluarga. Bisa dibilang objek wisata alam ini merupakan salah satu surga tersembunyi di Jawa Timur.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button