Tempat Wisata

Cimory Dairyland Puncak, destinasi liburan keluarga seru di Bogor

Nikmati nikmatnya liburan keluarga di Cimory Dairyland Puncak, Bogor dengan pengalaman seru di Magic Village, tempat wisata menakjubkan penuh atraksi untuk seluruh anggota keluarga.

Harga tiket: Rp30.000, Jam beroperasi: 08.00 – 17.00 WIB, Alamat: J L. Raya Puncak Gadog, Cipayung Girang, Kecamatan. Megamendung, Cab.Bogor, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Jika Anda sedang berada di Puncak Bogor, berkunjung ke Cimory Dairyland sepertinya menjadi suatu keharusan. Bukan tanpa alasan jika tempat wisata di Bogor ini menawarkan berbagai hal menarik yang pasti disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Konsepnya bertani di luar negeri. Jadi ketika Anda berada disana, sekilas Anda sedang berada di pedesaan Eropa dan Amerika.

Cimory Dairyland tergolong baru, pertama kali diresmikan pada Mei 2021. Namun, ratusan pengunjung bisa mengunjungi tempat itu dalam sehari. Tak terkecuali karena banyak atraksi dan aktivitas seru yang bisa dilakukan. Pengunjung yang datang tidak hanya melihat tingkah lucu para hewan seolah-olah sedang berkunjung ke kebun binatang, namun juga bisa berinteraksi langsung dengannya.

Hewan yang tersedia sebagian besar bersifat jinak seperti unta, kambing, sapi dan hewan terak lainnya. Ada juga penyu yang lucu dan menggemaskan saat berjalan. Tak ketinggalan kuda-kudanya yang juga dihias membuat destinasi wisata ini sangat mirip dengan kuda-kuda yang ada di Amerika yaitu para koboi.

Daya tarik Cimory Dairyland

Objek Wisata Cimory Dairyland PuncakFoto oleh Aloysius Sunarya di Google Maps

Pada bab kali ini kami akan menjelaskan lebih detail tentang daya tarik Cimory Dairyland Puncak. Jadi Anda bisa memikirkan kembali apakah objek wisata ini layak untuk dikunjungi atau tidak. Namun jika melihat antusias pengunjungnya, destinasi wisata ini tentu tidak merugikan.

Konsep wisata keluarga yang unik

Beberapa tempat lain juga memiliki tempat wisata yang hampir mirip namun konsep yang diajukan terlalu sederhana. Kebanyakan dari mereka mengusung konsep peternakan biasa seperti di Indonesia. Berbeda jika Anda berkunjung ke Puncak, tempat Cimory Dairyland berada.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Ada lahan yang luas di mana ternak dipelihara. Setiap hewan ditempatkan di kandang yang berbeda. Misalnya kuda, domba, sapi dan hewan ternak lainnya yang dapat dimanfaatkan susu, bulunya atau dagingnya. Kandang yang ada di tempat wisata ini tidak tertutup, melainkan lapangan terbuka yang hanya dibatasi oleh pagar.

Pengunjung yang datang tidak hanya bisa melihatnya, tapi juga menawarkan makanan sesuai kesukaan sang bintang. Cimory Dairyland Bogor semakin unik karena terdapat beberapa hewan yang dibiarkan bebas berkeliaran dan berkeliaran di sekitar pengunjung. Meski jumlahnya tidak banyak, namun kehadiran mereka menjadi pusat perhatian dan daya tarik.

Berbagai wahana tersedia

Bogor selalu menjadi surganya anak-anak karena banyak wahana yang tersedia di setiap tempat wisata termasuk Cimory Dairyland. Tempat ini tidak hanya memiliki peternakan dengan hewan-hewan jinak saja, namun juga banyak wahana yang menjadi daya tariknya. Anggap saja ada kendaraan off-road dengan medan yang cukup menantang untuk anak-anak.

Terdapat kereta yang bergerak dengan bentuk unik menyerupai tong miring. Setiap gerobak memiliki warna yang berbeda sehingga tampak lebih sibuk. Untuk orang dewasa juga tersedia traktor yang mengikuti jalan setapak. Ada juga tempat khusus untuk memanah.

Desa ajaib

Daya tarik selanjutnya adalah Desa Ajaib yang letaknya bersebelahan dengan objek wisata utama. Kawasan ini memiliki pintu masuk khusus berupa lorong kecil dan sempit. Di dalamnya Anda bisa melihat berbagai rumah kecil yang menghadap ke rerumputan hijau. Hampir setiap tempat ditumbuhi rumput sehingga suasana semakin asri, bahkan hingga ke atap-atap rumah.

Beberapa orang menganggap kawasan Desa Ajaib di Cimory Dairyland adalah sebuah dongeng. Namun sepertinya lebih tepat menyebutnya sebagai rumah kurcaci atau hobbit. Terbuat dari tumpukan kayu dengan atap tertutup rumput. Rumahnya sangat kecil dan hanya digunakan untuk dekorasi. Artinya Anda tidak bisa memasukinya.

Terdapat bebatuan alam yang cukup besar di jalan setapak. Pengunjung lebih leluasa berjalan di sekitar kawasan ini karena akses jalannya cukup lebar. Pemandangan buatan semakin indah dengan adanya sungai kecil dengan air yang jernih dan berwarna. Begitu pula dengan pepohonan yang menghiasi desa ajaib ini, meski jumlahnya tidak terlalu banyak.

Sebagai wisata edukasi

Tentunya jika melihat ulasan singkat di atas, Anda akan berpikiran sama dengan yang lain, yaitu Cimory Dairyland Puncak cocok dijadikan tempat wisata edukasi. Belajar tentang alam, menjaga dan melestarikannya merupakan hal yang bisa dijadikan pembelajaran. Selain itu, sangat penting untuk mengetahui spesies hewan sejak usia muda.

Faktanya, tidak semua hewan jinak, ada juga hewan liar yang berbahaya. Destinasi wisata ini juga menampilkan satwa liar seperti buaya dan ular piton. Namun, mereka dikatakan jinak karena telah dirawat sejak kecil sehingga tidak terlalu berbahaya. Ada juga jenis hewan yang dapat dimanfaatkan untuk energi atau keperluan lain seperti susu dan daging.

Pembelajaran tidak harus di ruang kelas bersama guru. Alam juga menjadi media utama untuk mengajarkan berbagai hal kepada anak. Dalam hal ini tentu saja yang dimaksud adalah ada hubungannya dengan hewan. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda dan keluarga mengunjungi tempat wisata edukasi di Bogor ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Cimory Dairyland PuncakFoto oleh Surunuy di Google Maps

Cimory Dairyland berlokasi di Cipayung Girang, Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Tidak sulit untuk menemukan tempat wisata ini karena kawasan Puncak terkenal dan sering dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di nusantara. Jarak dari pusat kota Bogor sekitar 17 kilometer dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dalam waktu 40 menit.

Rute yang dapat Anda ambil tergantung dari arah mana Anda datang. Namun pada umumnya pengunjung dapat mengakses Google Maps terlebih dahulu sebelum mengunjungi lokasi. Kehadiran rambu-rambu di beberapa tempat di seberang jalan semakin memudahkan. Berkendara saja menuju Puncak Bogor dan Anda akan sampai di tempat wisata edukasi ini.

Biaya masuk dan jam buka

Jika Anda berkunjung ke Cimory Dairyland Puncak, ada tiga area utama. Tiket terpisah diperlukan untuk setiap area. Harga juga berbeda jika Anda datang pada hari aktif atau hari libur. Untuk wilayah Dairyland tarifnya 30.000 rupiah pada hari aktif. Jika berkunjung pada hari libur, biaya masuknya sedikit lebih mahal yaitu 40.000 rupiah.

Kawasan lain yang bisa dikunjungi adalah Desa Ajaib dengan biaya 30.000, baik pada hari aktif maupun akhir pekan. Area selanjutnya adalah De Windmills dengan harga tiket yang sama yaitu 30.000 rupiah. Jika Anda berencana mengunjungi semua kawasan tersebut, ada baiknya Anda memilih paket kombo.

Untuk dua paket dari tiga pilihan area, harga tiket masuknya adalah 55.000 rupiah di hari biasa dan 65.000 rupiah di akhir pekan. Lebih murah lagi jika memilih paket mengunjungi semua wilayah, karena tiket masuknya hanya seharga 75.000 saja. Namun, Anda harus merogoh kocek sebesar 85.000 rupiah untuk liburannya.

Sebagai tambahan informasi, tiket hanya berlaku untuk anak dengan tinggi badan di atas 80 cm. Jadi jika membawa rombongan keluarga dengan anak yang tingginya di bawah 80 cm, tidak dikenakan biaya masuk. Selain itu, 1 tiket dapat ditukar dengan 1 produk Minimory atau diskon 20% bagi yang ingin membeli lemon tea.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Cimory Dairyland PuncakFoto oleh R Farjami di Google Maps

Sebagai wisata edukasi, wajar jika Cimory Dairyland Bogor menawarkan banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan. Kegiatannya tidak hanya diperuntukkan bagi anak-anak, tetapi juga khusus untuk orang dewasa. Di bawah ini Anda akan menemukan informasi mengenai aktivitas yang bisa Anda lakukan di lokasi wisata dengan konsep unik tersebut!

1. Lihatlah tingkah lucu hewan-hewan di Cimory Dairyland

Aktivitas pertama yang layak dilakukan saat mengunjungi salah satu wisata edukasi di Bogor ini adalah mengamati tingkah lucu para hewan. Kegiatan ini semakin menarik karena setiap hewan dapat diamati secara leluasa tanpa ada hambatan. Kandang yang digunakan hanya berupa pagar dengan luas yang luas sehingga setiap hewan dapat leluasa bergerak.

2. Berkuda di sekitar lokasi

Jika hanya melihat saja belum cukup, anak-anak bisa menunggang kuda di kota wisata Cimory Dairyland. Kegiatan ini juga cocok untuk orang dewasa karena ukuran kudanya perlu disesuaikan. Saat Anda menikmati pemandangan di sekitar tempat itu, Anda akan merasa seperti sedang berkendara seperti seorang koboi di Amerika.

3. Memerah susu sapi

Pihak pengelola Cimory Dairyland Puncak memberikan kesempatan kepada setiap pengunjung yang ingin belajar memerah susu sapi. Kegiatan ini pastinya menyenangkan, apalagi jika bisa dilakukan oleh anak-anak. Sederhananya: Anda akan ditemani oleh seorang staf atau pemandu wisata di tempat wisata ini. Memerah susu sapi terlihat mudah namun sebenarnya sulit karena harus dilakukan dengan lembut.

4. Foto dengan binatang

Meski bukan objek wisata alam, Anda tetap bisa mengabadikan momen tak terlupakan saat berlibur. Salah satunya berfoto bersama binatang. Beberapa pengunjung terlihat berfoto bersama satwa liar seperti ular piton. Namun jangan khawatir karena ular tersebut sudah diberi makan terlebih dahulu sehingga tidak terlalu berbahaya.

Bagi yang takut berfoto dengan hewan liar, pilihan lainnya adalah berfoto dengan hewan jinak. Jenis hewan yang ada di Cimory Dairyland sangat banyak, seperti kuda, sapi, kura-kura, kelinci bahkan kambing. Ada juga kelompok bebek putih yang disebut angsa. Mereka mendiami daerah yang dikenal dengan nama Kolam Bebek.

5. Memberi makan hewan ternak

Masih belum puas dengan aktivitas seru di atas? Memberi makan hewan ternak bisa membuat liburan Anda semakin seru. Terdapat makanan hewani di setiap kandang, yang dapat digunakan anak-anak untuk memberi makan hewan tersebut. Contoh paling terkenal adalah memberi makan unta.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Cimory Dairyland PuncakFoto oleh Andhika HD di Google Maps

Cimory Dairyland menyediakan fasilitas lengkap untuk menunjang wisatawan. Fasilitasnya antara lain tempat parkir, musala dan juga toilet. Bagi pengunjung yang kehabisan kuota, hal ini tidak menjadi masalah karena terdapat akses WiFi gratis di beberapa lokasi.

Lokasi wisata edukasi ini cukup luas sehingga pihak pengelola menyediakan pendopo bagi mereka yang lelah berjalan-jalan di sekitar lokasi. Tak perlu khawatir lapar, tersedia warung-warung yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman. Namun yang lebih diprioritaskan adalah minuman yang dihasilkan oleh objek wisata ini. Contohnya termasuk yogurt, kayu manis, susu dan keju.

Fasilitas lainnya berupa berbagai spot foto unik dan juga game drive yang lengkap. Jadi tidak ada alasan lagi untuk menolak jika Anda dan keluarga diajak mengunjungi Cimory Dairyland di Puncak Bogor. Atraksi, aktivitas seru, dan fasilitas yang memadai menjadi alasan yang baik untuk mengunjungi destinasi wisata ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button