Tempat Wisata

Biaya masuk Puncak Guha pemandangan laut 360 derajat

Puncak Guha

  • Biaya masuk: Rp5.000-Rp. 7.500
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Desa Sinarjaya, Bungbulang, Garut, Jawa Barat, Indonesia, 44165

Jika Anda bosan dengan polusi udara kota dan merasa tercekik, alam selalu menjadi solusi yang tepat. Seperti yang ditawarkan oleh puncak guha, salah satu tempat wisata pantai di Garut. Terletak tepat di atas gua, Puncak Guha merupakan tebing karang yang menjorok ke laut.

Tebing ini menawarkan pengalaman menikmati keindahan laut dari tempat yang tidak biasa. Suasananya yang masih sangat asri karena pengunjungnya masih sedikit membuat tempat wisata ini cocok untuk menghirup udara segar, jauh dari hiruk pikuk kota.

Biaya masuk ke Puncak Guha

Puncak Guha merupakan objek wisata yang dikelola secara mandiri oleh pemerintah kota setempat. Tiket masuknya sangat terjangkau untuk semua kalangan, hanya Rp 7.500 saja.

Jenis tiket Harga tiket
Tiket masuk Rp7.500
Tiket berkemah Rp5.000

Biaya masuk ke Puncak Guha

Baca: PANTAI RANCABUAYA Garut: Tiket Masuk dan Berbagai Kegiatannya

Jam buka Puncak Guha

Objek wisata ini terbuka untuk umum 24 jam sehari. Pengunjung juga bisa mendirikan tenda dan berkemah di sini.

Panorama puncak Guha

Puncak GuhaPuncak GuhaPuncak Guha merupakan objek wisata berupa tebing karang dengan pemandangan laut – Foto: Google Maps/Firman Zahir Romaila

Baca: Surga Tersembunyi Leuwi Tonjong di Garut

Nama Puncak Guha sepertinya menggambarkan dengan jelas objek wisata ini. Objek wisata ini menampilkan bukit hijau di atas gua karang dengan pemandangan laut. Letaknya di pesisir selatan Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Belakangan ini kawasan wisata yang awalnya sepi itu justru ramai dikunjungi anak muda khususnya. Tempat wisata ini menjadi destinasi baru untuk berburu foto-foto indah dan alami Instagramable. Tiket masuk yang murah dan lokasi yang relatif mudah dijangkau membuat kota ini semakin populer sebagai tujuan wisata.

Pemandangan dari atas bukit

Pemandangan laut 360 derajat dari atas guaPemandangan laut 360 derajat dari atas guaPemandangan laut 360 derajat bisa Anda nikmati dari kawasan perbukitan di Puncak Guha. Foto: Google Maps/robi Azhari

Baca: Tiket Masuk Pantai Santolo Garut dan 9 Aktivitas Berbeda

Puncak Guha tidak menawarkan sembarang pemandangan. Wisatawan yang datang kesini disuguhi pemandangan 360 derajat tanpa ada kendala apapun. Setiap halaman menyajikan lukisan alam yang berbeda dan luar biasa.

Di sisi barat dan timur, wisatawan bisa menyaksikan pantai berpasir hitam yang membentuk muara sungai. Karena bukan pantai wisata, keindahannya masih sangat terjaga. Namun di sisi selatan, laut hanya terlihat sejauh mata memandang.

Pemandangan laut menjadi highlight utama yang dicari pengunjung. Lokasinya yang berada di dataran tinggi menawarkan pengalaman dimana Anda bisa menikmati keindahan pantai dan laut dengan nuansa yang benar-benar berbeda. Saatnya bersantai sambil menikmati pemandangan ditemani hembusan angin laut yang kencang dan ombak yang pecah di antara karang.

Baca: 12+ Tempat Wisata Terbaik di Garut

Kecantikan yang terpelihara

Hamparan sawah dan sungaiHamparan sawah dan sungaiPemandangan persawahan dan sungai menghiasi jalan menuju Puncak Guha – Foto: Google Maps/Archiaston Musamma

Baca: Tiket dan Aktivitas DARAJAT PASS Garut

Masih belum banyak orang yang mengetahui keberadaan atau keindahan Puncak Guha. Meski demikian, objek wisata ini sangat populer di kalangan wisatawan pecinta alam. Pasalnya, objek wisata ini termasuk yang sulit terkena campur tangan manusia.

Bukit tersebut masih ditumbuhi rumput hijau dan sejumlah pepohonan yang tumbuh alami. Di bawah bukit terdapat gua karang yang menjadi tempat tinggal koloni kelelawar. Puncak Guha juga dikelilingi sungai, persawahan dan suasana pedesaan pesisir yang nyata.

Bersatu dengan alam

Istirahat di Puncak GuhaIstirahat di Puncak GuhaBerbagai aktivitas bisa dilakukan seperti berkemah, piknik, dan berburu foto-foto indah – Foto: Google Maps/Derry Kurniawan

Baca : Tiket Masuk dan Objek Wisata Air Terjun Sanghyang Taraje Garut

Pengunjung tidak hanya bisa menikmati hamparan Samudera Hindia dari atas bukit, namun juga menikmati aktivitas lainnya.

Ruang terbuka yang tersedia bisa dijadikan tempat piknik bersama sanak saudara dan orang tercinta. Waktu terbaik untuk piknik adalah pada pagi atau sore hari saat matahari tidak terlalu terik.

Kegiatan lainnya adalah berkemah. Tak sedikit pemudik yang mendirikan tenda dan kemah. Tapi ingat, tepat di bawah bukit terdapat gua karang yang menjadi tempat tinggal ribuan kelelawar. Sebaiknya bawa masker untuk menghalangi bau menyengat kotoran kelelawar ya.

Pesona alam yang menakjubkan

Ambil foto saat matahari terbitAmbil foto saat matahari terbitSalah satu spot terbaik di Garut untuk berburu matahari terbit dan terbenam – Foto: Google Maps/Cadil Eka

Baca : Tiket Masuk Sabda Alam Garut dan Aktivitasnya

Puncak Guha terletak di dataran tinggi dan tidak terhalang oleh apapun. Lokasinya cocok untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

Saat hari cerah, wisatawan dapat mengamati perubahan warna langit yang mempesona dan pantulan sinar matahari di permukaan laut. Pemandangan ini juga menjadi tujuan pengunjung untuk dijadikan latar belakang foto. Tanpa Saring atau proses pengeditanfoto-foto yang diterima dijamin akan memukau semua orang.

Fasilitas Puncak Guha

Karena Puncak Guha dikelola secara mandiri dan tanpa campur tangan pemerintah, maka sarana dan prasarananya belum maksimal. Di sini Anda akan menemukan tempat parkir serta banyak stand dan paviliun relaksasi.

Namun toilet dan musala masih belum tersedia. Pengunjung yang ingin menginap di dekat tempat wisata dapat memilih untuk berkemah atau mencari akomodasi di kawasan tersebut.

Lokasi Puncak Guha

Objek wisata ini terletak di Desa Sinarjaya Bungbulang, Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Lokasinya hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari Pantai Rancabuaya. Pintu masuknya mudah diakses karena berada di pinggir jalan utama. Pintu masuknya berupa jalan tanah berwarna merah yang cukup menanjak.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button