Tempat Wisata

10 Tour Murah di Jogja Terbaik dan Terpopuler, Harga Tiket, dll

Wisata Murah di Jogja – Yogyakarta tidak diragukan lagi merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di tanah air. Hampir setiap hari Jogja tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan, baik wisatawan dari pelosok tanah air maupun wisatawan mancanegara yang datang jauh-jauh dari luar negeri.

Jogja punya banyak tempat wisata yang bisa dipilih. Masyarakatnya yang ramah dan suasana kota yang rapi juga membuat Jogja mampu menawarkan kenyamanan tersendiri bagi setiap orang yang datang berkunjung.

Jogja juga terkenal dengan akomodasi terjangkau, kuliner, hotel, dan transportasi umum. Jika Anda tidak mempunyai banyak uang atau ingin berlibur namun tetap berhemat, Jogja tentu saja menjadi pilihan utama Anda.

Referensi Tempat Wisata Murah di Jogja

Pada kesempatan ini Wisataseru.com menawarkan beberapa tempat wisata murah di jogja yang bisa anda kunjungi bersama orang sekitar anda.

1. Kebun Mangunan

Kebun Buah Mangunan Jogja melalui YouTubeKebun Buah Mangunan Jogja melalui YouTube

J L. Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783

Selasa, 5 pagi hingga 6 sore

081904115762

Google Peta

Tempat wisata murah di Jogja yang pertama adalah Kebun Buah Mangunan di kawasan Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Bantul, sekitar 15 km. Jarak tempuhnya hanya sekitar 15 hingga 20 menit dengan menggunakan sepeda motor atau mobil.

Tempat wisata yang memadukan konsep agrowisata dan wisata alam ini belakangan populer karena keindahan pemandangan alam yang bisa dinikmati pengunjung. Untuk memasuki kawasan wisata tersebut anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang dan biaya parkir Rp 4.000.

Di Kebun Mangunan pengunjung dapat melihat pemandangan kebun buah, peternakan dan peternakan. Salah satu hal yang paling populer saat ini adalah menaiki menara observasi untuk menikmati indahnya pemandangan alam dari ketinggian.

Pengunjung biasanya mengambil foto di sini. Saat cuaca cerah dan sedikit mendung, pemandangan spektakuler bisa dilihat dari atas sini. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan Kota Bantul dan Pantai Parangtritis dari sini.

Mari kita simak juga berikut ini: 31 restoran murah di jogja

2. Puncak Kosakora

Saksikan matahari terbenam di puncak Bukit KosakoraMenyaksikan matahari terbenam di puncak Bukit Kosakora melalui IG @soviafitri_

Kawasan hutan, kabupaten Banjarejo. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881

Selasa, buka 24 jam

0859138571315

Google Peta

Tempat wisata murah di Jogja selanjutnya adalah Puncak Kosakora yang saat ini banyak dikunjungi oleh anak muda Jogja. Puncak Kosakora merupakan bukit di kaki Gunung Kidul yang menyuguhkan pemandangan sangat indah. Dari sini Anda bisa melihat pemandangan perbukitan, pantai, dan pemandangan alam sejauh mata memandang.

Pengunjung biasanya datang pada sore hari untuk menyaksikan matahari terbenam. Pemandangan matahari terbenam di puncak Kosakora memang terkenal sangat indah. Beberapa pengunjung bahkan mendirikan tenda dan bermalam di puncak ini.

Bagi anda yang tertarik mengunjungi Puncak Kosa Kosakora bisa datang melalui Tanjungsari lalu menuju drop off point kawasan pantai Gunung Kidul lalu menuju Pantai Drini. Dari sana Anda harus mendaki lagi ke Puncak Kosakora.

Kunjungi juga: 27 Wisata Air Terjun di Jogja

3. Desa Wisata Kalibiru

Sudut Pandang Kalibiru melalui IG @mardi_deriSudut Pandang Kalibiru melalui IG @mardi_deri

Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kec. Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653

Selasa, 8 pagi hingga 4 sore

08112650250

Google Peta

Selain Puncak Kosakora, ada lagi tempat wisata alam di Jogja yang bisa menikmati pemandangan indah: Desa Wisata Kalibiru. Tempat ini juga menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler saat ini. Desa Kalibiru terletak di kecamatan Kulonprogo.

Karena letaknya yang berada di Bukit Menoreh, pemandangan di Desa Wisata Kalibiru tak kalah indahnya dengan di puncak Kosakora.

Salah satu tempat wisata murah di Jogja yang paling banyak dicari adalah menara observasi yang berada di puncak bukit. Dari sini Anda memiliki pemandangan yang sangat indah dari atas. Dari sini Anda juga bisa melihat bagian waduk Sermo dan sebagian kota Kulonprogo.

4. Taman Tebing Breksi

Tebing Breksi di atas DekatourTebing Breksi di atas Dekatour

J L. Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Gunung Sari, Kecamatan Sambirejo. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572

Selasa, 6 pagi – 9 malam

02742853556

Google Peta

Jika kamu sedang mencari spot unik dan Instagrammable di Jogja, Tebing Breksi mungkin bisa menjadi pilihan. Tebing Breksi juga menjadi salah satu destinasi wisata yang belakangan ini populer di media sosial.

Hal ini disebabkan keunikan Tebing Breksi yang terletak di Dusun Nglengkong, Groyokan Sambirejo, Prambanan.

Anda akan menjumpai pemandangan tebing batu dengan berbagai bentuk yang sengaja diukir oleh pihak manajemen hotel untuk menciptakan pemandangan yang unik. Salah satu patung yang paling sering digunakan untuk fotografi adalah patung yang berbentuk boneka.

5. Kebun Buah Langka Sedayu (tertutup)

Sedayu langkaSedayu langka

57H3+7P5, Jalan, Sundi Kidul, Argorejo, Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55752

Google Peta

Tempat wisata murah di Jogja terdekat adalah Kebun Buah Langka Sedayu yang terletak di kawasan Dusun Sundi Kidul Bantul. Tempat ini merupakan salah satu destinasi agrowisata bernilai edukasi di Jogja.

Kebun Buah Langka Sedayu memiliki setidaknya 300 jenis tanaman buah-buahan yang bisa Anda lihat dan cicipi saat berbuah.

Beberapa buah-buahan bahkan berasal dari luar negeri, seperti kacang Amazon, anggur Brazil, jeruk Nagami, buah ara dan masih banyak buah-buahan langka lainnya. Untuk memasuki kawasan agrowisata ini Anda hanya perlu membayar tiket Rp. 10.000 per orang.

6. Desa Wisata Nglinggo

Liburan di perkebunan teh NglinggoLiburan di perkebunan teh Nglinggo

943R+5HH, Nglinggo Barat, Kecamatan Pagerharjo. Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673

Selasa, 7 pagi hingga 6 sore

Google Peta

Anda mungkin mengira salah jika di Jogja tidak ada kebun teh. Jika Anda ingin menikmati pemandangan perkebunan teh yang terhampar di lanskap alam Jogja, Anda bisa mengunjungi Desa Wisata Nglinggo yang terletak di kawasan Pagerharjo, Samogaluh, Kulonprogo. Di sini Anda dapat melihat kebun teh desa yang sangat luas.

Untuk memasuki kawasan Desa Wisata Nglinggo, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 2000 per orang. Selanjutnya Anda bisa melihat kebun teh dan mencicipi cita rasa teh yang diolah secara tradisional khas desa Nglinggo.

7. Gua Pindul

Wisata Cave Tubing di Goa Pindul JogjaWisata Cave Tubing di Goa Pindul Jogja

Jalan Goa Pindul Gelaran 2, RT.3/RW.16, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55813

Selasa, 7 pagi – 4 sore

08125050542

Google Peta

Tempat wisata di Jogja selanjutnya adalah Gua Pindul. Destinasi ini cocok dikunjungi jika Anda ingin merasakan pengalaman liburan berkelas di Jogja. Gua Pindul terletak di Kegubernuran Gunung Kidul.

Aktivitas yang paling populer adalah cave tubing menyusuri gua yang panjangnya kurang lebih 350 meter dengan menggunakan float tube. Inilah aktivitas paling menghibur yang selalu dicari pengunjung. Untuk merasakan sensasi tersebut, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 35.000 per orang.

8. Hutan Pinus Mangunan

Spot foto ayunan di hutan pinus Mangunan melalui IG @rmaulana._Spot foto ayunan di hutan pinus Mangunan melalui IG @rmaulana._

Jalan Raya Jl. Hutan Pinus Nganjir, Kecamatan Mangunan. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783

Selasa, 6 pagi – 6 sore

082134336766

Google Peta

Ada juga tempat wisata nyaman lainnya di Jogja di sekitar Mangunan yaitu Hutan Pinus Mangunan. Lokasinya berada di kawasan perbukitan kawasan Dlingo, Bantul. Hutan ini cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin merasakan segarnya udara dan tenangnya suasana hutan pinus.

Anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk. Anda yang membawa kendaraan hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp. 10.000 untuk mobil dan Rp 3000 per sepeda motor.

9. Pantai Pok Tunggal

Pemandangan Wisata Pantai Pok Tunggal dari ketinggianPemandangan Wisata Pantai Pok Tunggal dari ketinggian

Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Google Peta

Sebelum pulang, luangkan waktu sejenak untuk mampir ke Pantai Pok Tunggal di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kab. Gunung Kidul. Pantai Pok Tunggal terkenal dengan keindahan garis pantainya dengan pasir putih yang landai.

Selain itu, pemandangan matahari terbenam dari pantai ini juga menakjubkan. Namun bila Anda datang berlibur, jangan heran jika ternyata pantai ini sudah banyak dikunjungi oleh pengunjung lainnya. Mereka biasanya melakukan berbagai aktivitas seperti voli pantai, hiking atau sekedar bersantai.

Tiket masuk ke kawasan wisata Pantai Pok Tunggal dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per orang. Anda juga bisa menyewa payung dengan membayar biasanya Rp. 20.000.

Kunjungi juga: 29 Pantai Terbaik di Jogja

10. Taman Pelangi

Taman Pelangi JogjaTaman Pelangi Jogja

Rp 28.000,00

J L. Jalan Lingkar Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284

Selasa, 17.00 – 22.00

085877763680

Tempat wisata murah di Jogja yang terakhir adalah Taman Pelangi. Anda bisa mengunjungi taman ini pada malam hari sebelum pulang untuk beristirahat. Taman ini terletak di Jogja Return Monument yang terletak di Jl. Lingkar Utara Jogja.

Nama Taman Pelangi berasal dari banyaknya lampion dengan warna berbeda yang menerangi taman ini di malam hari. Sebuah pemandangan yang benar-benar memanjakan mata di malam terakhir liburan Anda di Jogja. Saat anda berkunjung ke Taman Pelangi anda tidak dipungut biaya tiket masuk alias gratis.

Menutup

Rata-rata semua tempat wisata budget di Jogja dilengkapi dengan infrastruktur yang memadai seperti rest area dan warung makan yang disediakan warga setempat. Namun, tidak ada salahnya untuk membawa perbekalan dari rumah sebelum mengunjungi tempat wisata tersebut di atas. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Kunjungi juga: 7 tempat rental sepeda di jogja

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button