Tempat Wisata

Lembah Karacak, panorama hutan pinus dan camping seru di Garut

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 08.00-17.00 WIB, Alamat: J L. Lembah Karacak Margawati, Sukanegla, Kec. Garut City, Kab. Garut, Jawa Barat; map: Cek lokasi

Lembah Karacak merupakan kawasan hutan pinus yang bermuara di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Destinasi wisata ini baru dibuka pada tahun 2016 dan populer karena peran yang dimainkan oleh media sosial. Banyak pengunjung yang mengabadikan momen di tempat wisata ini kemudian mengunggahnya ke media sosial seperti Instagram, sehingga akhirnya banyak yang tertarik untuk datang.

Lembah Karacak tidak hanya menyuguhkan kesegaran hutan pinus, tapi juga menjadi salah satu tempat camping di Garut. Karena letaknya yang berada di atas bukit, Anda dapat menikmati pemandangan kota yang indah, terutama pada malam hari. Oleh karena itu, wisata hutan pinus ini menjadi tempat yang banyak dipilih oleh para traveler untuk merasakan aktivitas yang menyenangkan.

Kawasan ini merupakan hutan pinus dan perkebunan kopi seluas 92 hektar milik Perhutani. Lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Garut. Makanya pengelola membuka destinasi wisata, meski luasnya hanya 10 hektare. Tidak hanya pengunjung yang tertarik, tetapi juga masyarakat sekitar bereaksi positif.

Daya tarik lembah Karacak

Atraksi di Lembah KaracakSumber gambar: Twitter Tien Africani

Meski sebagian besar pengunjungnya adalah remaja, namun Lembah Karacak sebenarnya sangat cocok untuk liburan keluarga. Karena wilayahnya yang luas, ada banyak tempat yang indah untuk dikunjungi. Kesegaran dan keindahan alam menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk bersantai di tempat wisata ini.

1. Hutan Pinus

Objek wisata ini merupakan kawasan perbukitan yang dikelilingi hutan pinus dan perkebunan kopi. Sedangkan pohon pinus menjadi ciri khas dan daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Jalur yang ada memungkinkan Anda untuk menjelajahi hutan pinus ini. Jalur yang Anda lewati akan menanjak sesuai kontur tanah karena letaknya yang berada di perbukitan.

2. perkemahan

Tempat wisata ini memiliki tempat yang luas dan nyaman, selain itu juga menawarkan fasilitas yang memadai untuk berkemah dan kegiatan seru. Sebagai tempat perkemahan, hutan pinus ini menjadi pilihan pengunjung untuk bermalam dan menikmati suasana alam bersama teman dan keluarga.

3. Tempat foto

Banyak sekali peluang foto yang bagus dan menarik di Lembah Karacak sehingga tak heran jika tempat wisata ini menjadi sangat populer. Tidak hanya hutan pinus, kamu juga bisa mengabadikan sunset di antara Gunung Papadayan dan Gunung Guntur. Ada juga spot foto yang disediakan pengelola.

4. Puncak Dogar

Tempat Wisata yang dimiliki Lembah KaracakSumber gambar: Google Maps Leonita Swandjaja

Puncak Dogar merupakan salah satu objek wisata yang menawarkan pemandangan yang akan memanjakan mata Anda. Terletak di atas bukit di kawasan hutan pinus, Puncak Dogar menjadi tempat yang banyak dikunjungi pengunjung. Dari Puncak Dogar Anda bisa melihat Kota Garut tanpa hambatan, apalagi keindahan lampu di malam hari jika Anda memilih untuk berkemah di sana.

5. Air Terjun Kembar dan Air Terjun Ngebul

Masih di kawasan Lembah Karacak terdapat dua buah air terjun kecil atau air terjun dengan danau di bawahnya. Kedua air terjun ini menjadi daya tarik karena bebatuan dan airnya yang jernih. Anda hanya perlu mengikuti jalan dan mengikuti petunjuknya. Jalan yang harus dilalui memang menanjak, namun terdapat beberapa rest area.

Curug Kembar memiliki dua air terjun di antara bebatuan. Sempurna untuk bermain di air atau hanya bersantai. Ada juga kabin untuk duduk dan menikmati pemandangan. Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Curug Ngebul. Air terjun ini tidak tinggi tetapi airnya sangat sejuk dan segar karena berasal dari Gunung Karacak.

Alamat dan rute menuju lokasi

alamat ke lokasiKredit foto: Google Maps Muhamad Rifqi Waldani

Lembah Karacak tidak terlalu jauh dari pusat Kota Garut, hanya sekitar 10 km dan dapat ditempuh dalam waktu 30 menit. Situs ini terletak di Kabupaten Garut, Kecamatan Kota Garut, lebih tepatnya di Jalan Lembah Karacak, Margawati, Sukanegla. Untuk menuju lokasi sangat mudah karena ada pemandu dan medannya juga tidak sulit.

Sayangnya, jalan beberapa ratus meter di depan lokasi masih cukup licin saat musim hujan. Jalannya juga tidak terlalu lebar dan banyak tikungan tajam dan tanjakan. Pengunjung harus sangat berhati-hati dan menggunakan kendaraan dalam keadaan baik. Banyak lingkaran pengunjung tersembunyi di area ini tetapi akan ada penduduk setempat yang membantu Anda.

Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua, kendaraan roda empat atau bus kecil. Namun, pintu masuk tidak dapat dilalui oleh bus besar. Karena itinerary-nya juga cukup sederhana. Anda dapat mengambil Jalan Bratayudha kemudian berbelok ke arah Jalan Margawati. Anda tinggal mengikuti jalan dan petunjuk arah sepanjang Jalan Margawati hingga tiba di tempat wisata Hutan Pinus.

Anda juga dapat mencapai hutan pinus dengan transportasi umum. Dari Terminal Guntur Anda bisa naik angkot menuju Sukadana atau Sukastrel dan turun di pertigaan Jalan Margawati. Anda kemudian dapat melanjutkan perjalanan ke lokasi menggunakan ojek.

Biaya masuk objek wisata

Biaya masuk objek wisataKredit foto: Sungai Google Maps

Lembah Karacak dapat dikunjungi mulai pukul 08:00 hingga 17:00 WIB. Namun, kawasan ini tetap dijaga 24 jam sehari bagi pengunjung yang bermalam. Tiket juga berlaku berbeda untuk orang dewasa dan anak-anak, tetapi sudah termasuk dalam biaya asuransi.

Harga tiket untuk tour tersebut adalah Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Jika Anda berkemah, harga tiketnya adalah Rp 15.000. Tiket masuk ini tentunya sangat murah dibandingkan dengan keindahan alam dan pengalaman mendebarkan yang akan Anda dapatkan.

Aktivitas menarik di Lembah Karacak

Aktivitas di Lembah KaracakSumber gambar: Twitter Berita Jawa Barat

Kawasan hutan pinus ini tergolong sangat luas. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik. Apalagi jika Anda menyukai wisata alam dan petualangan. Ada beberapa aktivitas yang biasa dilakukan di kawasan hutan pinus Lembah Karacak.

1. Cari spot foto

Keindahan pemandangan dan juga pepohonan pinus menjadikan tempat wisata ini sebagai tempat yang bagus untuk spot foto. Jika Anda menelusuri area tersebut, Anda akan menemukan lebih banyak lagi tempat yang bagus untuk diposting di media sosial Anda.

Akan lebih baik jika Anda datang bersama keluarga di pagi hari, tetapi Anda juga bisa berkunjung pada sore hari saat musim kemarau. Sunset di tempat wisata alam yang indah ini tidak hanya memanjakan mata, namun dengan langit biru yang cerah juga bisa menjadi background yang indah untuk berfoto. Sementara itu, Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang matahari terbit saat berkemah di sana.

2. Berkemah

Kawasan hutan pinus ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menyukai kegiatan camping. Karena areanya yang cukup luas, maka area ini bisa menampung sekitar 1000 tenda. Anda tidak perlu lagi khawatir diburu oleh pengunjung lain yang juga ingin mendirikan tenda.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan berkemah lainnya, mis. B. bertemu dengan teman-teman, menikmati pemandangan malam, membuat api unggun dan bahkan memasak. Selain itu, banyaknya pohon pinus memungkinkan Anda untuk memasang tempat tidur gantung untuk relaksasi.

3. Olahraga

Lembah Karacak merupakan tempat yang cocok untuk berbagai kegiatan olahraga seperti hiking dan bersepeda. Dari sini Anda bisa trekking ke Curug Ngebul, bahkan bisa langsung ke puncak Gunung Karacak. Jalur sepeda juga memungkinkan Anda untuk bergerak sambil merasakan segarnya udara hutan pinus.

Fasilitas yang tersedia di Lembah Karacak

Fasilitas di Lembah KaracakKredit foto: Sungai Google Maps

Pengelola objek wisata ini telah menyediakan berbagai fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan para pengunjung. Fasilitas yang memadai memungkinkan Anda untuk lebih menikmati liburan di Lembah Karacak. Salah satunya adalah tempat parkir yang cukup luas bagi Anda yang datang dengan membawa kendaraan sendiri. Harga parkirnya Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Jika ingin berkemah, tempat wisata ini juga menawarkan penyewaan tenda. Harga sewa tenda tergantung kapasitas. Untuk tenda berkapasitas 4 sampai 5 orang harga sewanya Rp 50.000, sedangkan tenda berkapasitas 8 orang dikenakan biaya Rp 80.000. Sedangkan sewa tenda kapasitas 8 orang seharga Rp 110.000 dan tenda besar seharga Rp 120.000.

Selain tenda, pengelola juga menawarkan persewaan hammock. Jadi jika Anda tidak memiliki hammock, Anda bisa bersantai di antara pepohonan pinus. Sewa hammock hanya Rp 10.000, tapi hammock hanya bisa digunakan selama 1 jam dalam satu kali sewa.

Pengelola juga menyediakan MCK untuk digunakan oleh pengunjung. Selain itu, ada juga mushola untuk berdoa. Jika tidak membawa bekal, Anda juga bisa membeli makanan dan minuman dari warung dan warung makan. Selain itu, ada juga banyak gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat.

Jika Anda berada di Garut, belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi Lembah Karacak. Anda bisa menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan teman. Dengan fasilitas yang memadai, Anda akan merasa lebih nyaman melakukan berbagai aktivitas menyenangkan di hutan pinus ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button