Tempat Wisata

Pantai Watu Karung Pacitan – atraksi, aktivitas liburan, tempat dan harga tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Watu Karung, wisata bahari yang terkenal di Pacitan bernama Raja Ampat Papua. Pantai eksotis dengan pasir putih, air jernih dan matahari terbenam.

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pringkuku, Ketro, Watukarung, Kec. Pacitan, Kab.Pacitan, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Akhir tahun biasanya menjadi waktu terbaik untuk berlibur. Baik itu bersama keluarga, pasangan, dan teman. Pesona alam yang ada di Indonesia seakan tidak ada habisnya jika dibahas lebih lanjut. Salah satu yang menjadi sorotan publik karena keindahan estetikanya adalah Pantai Watu Karung Pacitan.

Meski begitu terkenal, namun jumlah wisatawan yang berkunjung ke tempat ini semakin meningkat, tidak hanya wisatawan lokal tetapi juga wisatawan mancanegara. Pantai ini juga dikenal sebagai Raja Ampat Jawa Timur. Tentu bisa dibayangkan keseruannya saat dijadikan tempat liburan.

Pantai Watu Karung Pacitan memang menjadi tujuan wisata yang sangat ramai karena keindahan panoramanya. Oleh karena itu, Anda tidak boleh ketinggalan dengan yang lain untuk segera berlibur ke sana. Namun sebelum melakukan kegiatan ini alangkah baiknya jika Anda membaca beberapa ulasan di bawah ini.

Daya Tarik Pantai Watu Karung

Atraksi Pantai Watu KarungKredit foto: Google Maps Andrey Tikhomirov

1. Bukit Karang

Di Pantai Watu Karung, Pacitan memiliki pesona tersendiri yang akan memikat mata Anda dan tidak akan berpaling. Perbukitan karang di sekitar laut atau sekitar 150-300 meter dari bibir pantai merupakan fenomena alam yang menjadi primadona tempat ini.

Meski tak bisa didekati, pancaran keindahan yang bisa dinikmati dari jauh akan meninggalkan kesan berbeda pada setiap pengunjung. Karena tidak sedikit wisatawan yang datang jauh-jauh ke Pacitan hanya untuk melihat bentuk bukit ini.

Ada juga perbukitan berbatu di kanan dan kiri pantai, yang sering digunakan wisatawan untuk merasakan pesona resor liburan ini dari atas. Meski aksesnya cukup curam, bentangan luas khas pantai terlihat utuh dan merupakan momen langka.

2. Panorama alam yang menakjubkan

Seperti tempat-tempat lain di mana Pantai Watu Karung berada, tidak kalah indahnya karena memiliki panorama alam yang menakjubkan. Kehadiran pepohonan yang rindang di lingkungan yang semakin asri akan membuat Anda semakin menikmati liburan.

Dan jika Anda berada di sana sebelum malam tiba, matahari terbit terlihat jelas dari pantai. Tentu saja kesempatan ini tidak boleh Anda lewatkan, mengingat tidak semua orang memiliki perasaan untuk bisa melihat matahari terbenam dalam suasana romantis tepat di pinggir pantai.

3. Gelombang yang cukup besar

Pantai indah di Pacitan ini juga terkenal dengan ombaknya yang cukup besar, namun tidak berbahaya karena potensi terbawa arus sangat rendah. Oleh karena itu, ombak ini bisa dimanfaatkan wisatawan untuk berselancar. Namun bagi anda yang tidak berani silahkan mencoba permainan yang lain.

Seperti scuba diving atau scuba diving. Selain kepuasan dan kesenangan, Anda juga bisa belajar tentang kehidupan bawah laut yang indah. Selain itu, Anda juga akan berinteraksi dengan anemon laut, ikan, terumbu karang, dll.

Pemandangan di Pantai Watu KarungKredit foto: Google Maps Yani

4. Air laut yang biru jernih

Air lautnya yang biru jernih juga populer di kalangan wisatawan yang datang ke Pantai Watu Karung. Kapan lagi bisa merasakan sentuhan air laut seperti ini jika tidak berkunjung langsung ke lokasi. Dengan keutamaan tersebut, tempat ini dicintai oleh banyak orang.

Rasanya seperti Anda akan merasakan rasa ketenangan begitu Anda menyentuh air laut. Apalagi saat air surut, banyak hewan dan tumbuhan kecil yang tampak hidup di tengah bebatuan. Anda benar-benar harus mengabadikannya agar menjadi kenangan yang abadi.

5. Pasir putih lembut

Hamparan pasir putih yang lembut dan lebar juga kerap menarik perhatian pengunjung. Bagaimana tidak, wisatawan bisa bermain bebas di permukaan tanpa harus merasa tidak nyaman karena ada bebatuan kecil yang menusuk kaki mereka.

Juga, jika Anda ingin berbaring sambil berjemur ala bule juga tidak apa-apa. Biasanya pengunjung bersantai di atas tikar pasir sambil bernyanyi, mengubur diri atau melakukan hal lain yang pastinya sangat lucu. Juga, angin sepoi-sepoi tampaknya melengkapi suasana yang tenang.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Pantai Watu Karung

Rute lokasi Pantai Watu KarungSumber gambar: Google Maps Putri Melani

Wisata bahari ini terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jarak dari pusat kota sekitar 27 km dan tentunya mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat.

Pengunjung yang berasal dari wilayah Jawa Barat dapat melewati jalur Gunung Kidul kemudian mengambil jalan pintas menuju kawasan Sedeng, sehingga tidak memakan waktu terlalu lama untuk sampai ke Kota Pacitan. Dari sana Anda dapat mengikuti semua petunjuk karena ada rambu di setiap titik di sepanjang jalan.

Namun, setelah sampai di kawasan Pringkuku, Anda perlu berhati-hati karena tanjakannya cukup ekstrim. Setelah mencapai jalan ini sedikit lebih jauh Anda akan mencapai tempat itu. Dapat dikatakan tingkat kemacetan menyesuaikan dengan hari dan kondisi lingkungan.

Pantai Watu Karung merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal dan sangat populer di kalangan wisatawan. Oleh karena itu, untuk masuk dan menikmati pemandangan alam tersebut, Anda perlu menyiapkan uang untuk membayar tiket masuk.

Dimana setiap orang hanya dikenakan biaya Rp 5.000 dan tiket motor seharga Rp 2.000 sedangkan mobil atau bus seharga Rp 5.000. Dibandingkan dengan peralatan yang ada, harga ini tidak seberapa bagi pengunjung.

Aktivitas menarik di Pantai Watu Karung

Aktivitas Menarik Pantai Watu KarungKredit foto: Google Maps Herry Wu

1. Memancing

Memancing adalah kegiatan berburu ikan dengan kail dan umpan di tengah laut. Anda akan sangat merasakan ketegangan mengingat tarikan ikan yang tersangkut pasti sangat kuat mengingat ukurannya.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mencobanya, ada perahu nelayan yang siap mengantarkan dan menemani perburuan di tengah lautan. Biasanya, para nelayan juga akan memberi tahu Anda tempat-tempat yang banyak ikannya, jadi Anda pasti tidak akan pulang dengan tangan hampa.

2. Berselancar

Ombak di Pantai Karung Pacitan dikenal besar dan sulit ditaklukkan. Oleh karena itu, banyak turis asing dan lokal yang berselancar di tengah gulungan air yang tingginya bisa mencapai 5 meter. Namun, Anda harus memiliki modal mental yang kuat sebelum mencobanya.

3. Menyelam

Menyelam juga merupakan aktivitas menarik yang wajib Anda coba. Tidak hanya kesegaran air laut yang menyergap tubuh, tapi juga biota laut yang seolah mengundang interaksi Anda bisa memberikan pengalaman berharga yang tak terlupakan.

4. Berkemah

Biasanya wisatawan tidak hanya melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air laut. Tapi juga camping, yang tentunya mendapat nuansa berbeda dari suasana sekitar di pantai. Di malam hari Anda bisa menyalakan api unggun untuk menghidupkan suasana.

5. Berjemur

Pasir putihnya yang besar dan teksturnya yang lembut membuat wisatawan tidak tega mengubahnya menjadi kasur di siang hari. Teriknya matahari dilengkapi dengan udara sejuk untuk membuat aktivitas berjemur Anda berjalan lancar. Namun, jangan lupa untuk memakai kacamata hitam agar mata tidak menyilaukan.

6. Ambil foto

Beberapa tempat dengan pemandangan yang indah jangan lupa untuk berfoto. Anda dapat menggunakan kamera untuk mengambil gambar yang memuaskan. Momen tersebut juga harus Anda abadikan sendiri untuk mendapatkan foto souvenir dengan background yang menarik.

Akomodasi murah di sekitar Pantai Watu Karung

Akomodasi murah di sekitar Pantai Watu KarungKredit foto: Google Maps Gustav Subagio

1. Homestay Pasir Putih

Jika Anda tidak ingin berkemah tetapi mencari akomodasi murah, cobalah mengunjungi Pasir Putih Homestay. Lokasinya berada di Watukarung dan hanya membutuhkan waktu 1 menit untuk sampai di tempat tujuan wisata. Sedangkan harga untuk satu malam adalah Rp 300.000 dengan fasilitas lengkap.

2. Homestay Karung Batu

Dengan harga mulai dari Rp 125.000 hingga Rp 250.000 per malam, Sack Stone Homestay adalah tempat yang cocok untuk menginap. Teras besar memiliki pemandangan langsung ke laut yang luas. Sehingga pemandangan pantai memanjakan mata saat keluar kamar.

3. Wisma Santoso

Santoso Homestay merupakan penginapan yang juga sangat dekat dengan pantai. Harga per malamnya cukup mahal yaitu Rp 440.000 ke atas. Namun, fasilitasnya sangat memadai untuk membuat Anda dan pengunjung lainnya nyaman.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Watu Karung

Fasilitas Pantai Watu KarungKredit foto: Google Maps Umerla Pipin

1. Perkemahan

Karena merupakan salah satu pantai yang sering digunakan wisatawan untuk berkemah, pengelola telah menyiapkan tempat perkemahan yang sangat luas. Jadi Anda bisa mendirikan tenda dengan tenang tanpa takut terkena air laut sambil membawa perlengkapan camping.

2. Peralatan Selancar dan Menyelam

Bagi Anda yang menyukai aktivitas surfing dan diving yang menantang, Anda bisa mencoba Pantai Karung Pacitan. Meski tidak memiliki perlengkapan pribadi, mereka tenang karena lokasi sudah disediakan pengelola. Jadi Anda tinggal menyewanya saja.

3. Paviliun atau Saung

Gazebo atau Saung menjadi tempat paling nyaman saat Anda ingin bersantai. Apalagi saat ngemil dan menikmati suasana pantai yang menenangkan. Pasti hati akan senang dan pikiran menjadi segar. Terkadang di pantai tempat-tempat ini dibangun sehingga Anda dapat memilih salah satu dari mereka untuk ditinggali.

4. Tempat makan

Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke pantai tapi tidak menikmati makanannya. Ditambah lagi dengan kesegaran kelapa yang baru dipetik dari pohonnya. Ada penjual makanan di Pantai Karung Pacitan untuk Anda jelajahi dan nikmati.

Bahkan, Anda tidak perlu khawatir kantong merogoh kocek, karena setiap kuliner dijual di sana dengan harga yang terjangkau. Jadi Anda bisa mencicipi semua olahannya.

Demikian ulasan tentang Pantai Watu Karung di Pacitan yang akan menjadi referensi Anda. Toh, meski rencana liburan masih jauh-jauh hari, persiapannya bisa dimulai dari sekarang. Dengan begitu, ketika hari H Anda sudah siap dan tidak ada yang kurang untuk berlibur ke pantai-pantai yang indah nan eksotis berkat kekayaan alam tersebut.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button