Tempat Wisata

Agrowisata Duran Duren Wonosalam, Harga Tiket & Wahana

Agrowisata Duran Duren Wonosalam menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler di Jombang tahun 2023. Di sini pengunjung bisa menikmati buah durian lokal langsung dari pohonnya. Selain itu tentunya masih ada tempat wisata lainnya, mulai dari wisata alam murni hingga wahana seru.

Wonosalam sendiri merupakan kawasan perbukitan yang dikenal sebagai surganya buah durian, khususnya di Kabupaten Jombang. Ada dua jenis durian lokal yang biasanya disukai para pecinta durian, salah satunya adalah durian bido.

Tentunya destinasi wisata durian-durian di Wonosalam ini sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi bersama keluarga dan teman-teman anda. Lokasinya cukup mudah dijangkau, membutuhkan waktu sekitar setengah jam perjalanan dari Kota Jombang. Buka sejak awal 2022, destinasi ini berkembang pesat dan memiliki banyak wahana.

Harga tiket masuk Agrowisata Duran Duren Wonosalam

Tiket masuknya cukup terjangkau, namun ada beberapa wahana yang memiliki tarif tersendiri di luar HTM.

JENIS TIKET HARGA
HTM hari dalam seminggu Rp 15.000
HTM akhir pekan Rp 20.000
Slide Pelangi Rp 20.000
Parkir Motor Rp 2000
area parkir Rp5.000

Perabot

Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia saat ini:

  • area parkir
  • Toilet
  • restoran
  • Kebun Durian
  • kabin/penginapan
  • kebun binatang mini
  • taman hobbit
  • taman bermain
  • spot foto
  • ledakan air
  • Kolam dewasa

jam buka

Waktu buka yang berbeda berlaku untuk tur berpemandu dan kafe-restoran. Keduanya buka setiap hari pada jam-jam berikut:

jam operasi
perjalanan 08.00-17.00 WIB
Kafe & Restoran 08.00-22.00 WIB

Objek wisata agrowisata Duran Duren Wonosalam

Seperti namanya, durian berarti durian dalam bahasa Jawa. Wisata ini dibangun dengan latar belakang kecamatan Wonosalam yang merupakan surganya pecinta wisata. Berlokasi di lereng Gunung Anjasmara, wisata ini berfokus pada konservasi durian. Namun untuk menambah daya tarik, dipadukan dengan berbagai atraksi wisata. Jadi pengunjung tidak hanya berburu durian saja.

Ada 400 pohon durian

Sebagai pusat agrowisata durian di Jombang, destinasi wisata ini memiliki 400 pohon durian, dimana 300 diantaranya merupakan pohon muda sedangkan sisanya merupakan pohon durian asli yang berumur 30 hingga 50 tahun. Ada sekitar 30 pohon untuk spesies durian bido yang populer. Sekarang ada spesies bawor, musang, montong, petruk dan blackthorn.

Spot foto kekinian

Untuk menggaet kaum milenial, berbagai spot keren untuk berfoto telah dibangun. Salah satunya adalah kota hobbit. Sebuah area yang didesain mirip dengan desa para kurcaci di film Hobbit.

spot foto estetik via ig @duranduren.wonosalamspot foto estetik via ig @duranduren.wonosalam

Rerumputan hijau dan rumah hobbit yang indah adalah tempat yang asyik untuk selfie. Lalu ada juga tempat patung Durian berukuran besar yang setiap sudutnya terlihat estetik sebagai background foto.

Berbagai wahana permainan tersedia

Pengunjung juga bisa menikmati berbagai wahana yang menjanjikan keseruan. Baru-baru ini ada seluncuran pelangi, wahana bermain seluncuran warna-warni yang sedang booming belakangan ini.

slide pelangi (via fb)slide pelangi (via fb)

Selain itu, ada juga beberapa wahana lainnya seperti bom mobil, taman air mini, kebun binatang mini, permainan outbond dan masih banyak lagi lainnya.

Akomodasi estetika

Turis dari luar dapat memesan pondok untuk bermalam pada waktu yang bersamaan. Penginapannya bergaya tradisional seperti rumah panggung dengan material kayu. Nuansanya tradisional, namun tetap dibalut dengan sentuhan modern. Terdapat 5 cottage yang masing-masing dapat menampung hingga 5 orang. Harganya cukup terjangkau, hanya Rp 380.000 di hari biasa dan Rp 480.000 di akhir pekan.

penginapan murah di duran duren wonosalam (via fb)penginapan murah di duran duren wonosalam (via fb)

Fasilitas termasuk AC, TV, ketel, sarapan, dan banyak lagi. Hebatnya lagi, penginapan ini menghadap ke Pegunungan Anjasmoro dan menawarkan panorama alam yang indah.

Nikmati ragam kuliner di resto

Di area resto & café, Anda tidak hanya bisa menikmati buah durian, tapi juga berburu kuliner. Restoran berbentuk joglo dengan menu Indonesia. Termasuk rawon, kari ayam dan kolak durian.

resto durian duriandurian resto durian (via google/cherry zoya)

Lokasi Agrowisata Duran Duren Wonosalam

Alamat lengkapnya di Notorejo, Wonosalam, Kec. Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Tidak sulit untuk menemukannya karena lokasinya sangat dekat dengan kantor kecamatan Wonosalam. Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan bantuan Google Maps.

Demikian tadi ulasan lengkap mengenai Agrowisata Duran Duren di Wonosalam Jombang. Wisata alam pegunungan yang fokus pada pelestarian buah durian dan menampilkan banyak wahana yang mendebarkan. Tentunya sangat direkomendasikan untuk berlibur, terutama bagi anda yang berdomisili di Jombang dan sekitarnya.

Source: travelandword.com

Related Articles

Back to top button