Tempat Wisata

Air Terjun SKPC : Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kota Subulussalam merupakan salah satu daerah di Provinsi Aceh yang paling muda dibandingkan daerah lainnya. Kota yang berbatasan langsung dengan Sumatera Utara ini juga mempunyai pesona wisata alam yang sangat menarik. Keindahan alamnya masih terjaga dan menawarkan berbagai atraksi wisata seperti Air Terjun SKPC.

Air terjun ini merupakan salah satu tempat wisata alam yang wajib dikunjungi di kota Subulusalam. Dengan air terjun eksotis yang terletak di antara perkebunan kelapa sawit dan Salak Pondoh milik penduduk setempat, air terjun ini tampak seperti oase di tengah hijaunya pepohonan. Daya tarik tersendiri adalah jernihnya air yang menjadi daya tarik wisatawan.

Air terjun SKPC

Secara geografis Air Terjun SKPC terletak di Desa Penuntungan, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam, Provinsi Aceh. Untuk menuju air terjun ini, wisatawan harus menempuh perjalanan minimal 8 kilometer dari pusat kota Subulussalam. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan menempuh perjalanan sekitar 20 menit.

Untuk menikmati keindahan air terjun SKPC, wisatawan harus menuruni 100 anak tangga terlebih dahulu. Berhati-hatilah saat menaiki tangga karena permukaan tangga selalu basah dan dipenuhi lumut sehingga cukup licin saat berjalan. Perjuangan berat tersebut rupanya terbayar ketika wisatawan disuguhkan air terjun yang indah.

Pesona air terjun SKPC

Nama air terjun ini cukup unik. SKPC merupakan singkatan dari Unit Kelompok Permukiman Blog C yang terletak di kota Subulusalam. Pemukiman ini merupakan tempat tinggal para transmigran dari luar pulau. Karena itulah air terjun ini dikenal dengan nama Air Terjun SKPC sejak tahun 1998.

Saat wisatawan melewati gerbang dan menaiki tangga, terdapat pemandangan unik berupa sungai dengan air jernih dari atas. Bebatuan besar berwarna hitam pun seolah menambah keindahan sungai. Sungai ini merupakan sungai air terjun SKPC. Sesampainya di bawah, wisatawan bisa mengagumi keindahan air terjun di kota Subulusalam ini.

Air terjun SKPC

Air terjun ini unik karena wisatawan harus menuruni anak tangga terlebih dahulu untuk menikmatinya. Dengan ketinggian mencapai 20 meter, menciptakan suasana yang sungguh menenangkan. Suara gemericik air terjun akan membuat wisatawan terpesona untuk segera menikmati segarnya air terjun. Di bawahnya terdapat sungai yang tampak seperti kolam alami dimana wisatawan bisa bermain dan berenang di airnya.

Pengunjung juga bisa menikmati air terjun SKPC dari atas, namun hati-hati karena jika terpeleset akan terjatuh ke sungai. Dari atas, wisatawan bisa menikmati pemandangan kawasan sekitar dan menghirup udara segar. Angin sepoi-sepoi seakan membelai para wisatawan tiada henti. Pengunjung bisa duduk-duduk sejenak dan melihat betapa indahnya alam Aceh yang masih alami.

Pemandangan alam sekitar pun tak kalah indahnya untuk dinikmati. Pepohonan hijau yang lebat dan rindang seolah menjadi pelengkap, menciptakan suasana asri dan nyaman. Udara segar bebas polusi dan kicauan burung liar menjadi teman setia wisatawan. Tempat ini telah menjadi tujuan liburan populer baik bagi kaum muda maupun keluarga dengan anak-anak.

Wisatawan tidak hanya bisa berenang dan bermain, tapi juga merasakan sensasi seru berada tepat di bawah derasnya air terjun. Pengunjung bisa merasakan setiap percikan air yang membasahi tubuhnya. Kegiatan ini selain seru, juga sangat bermanfaat bagi tubuh karena tubuh dimanjakan dengan pijat refleksi alami.

Selepas menikmati keindahan Air Terjun SKPC, wisatawan juga bisa mencicipi salak Pondoh yang ditanam masyarakat setempat. Salak Pondoh dikenal asli dan dagingnya tebal. Pengunjung bisa memilih sendiri dan langsung menikmatinya. Namun tentunya wisatawan harus meminta izin terlebih dahulu kepada pemiliknya.

Fasilitas air terjun SKPC

Sayangnya fasilitas di Air Terjun SKPC sangat buruk dan terkesan diabaikan oleh pemerintah setempat. Masih belum ada fasilitas seperti toilet, ruang ganti, atau musala untuk salat. Untung saja ada masjid tak jauh dari jalan utama yang bisa digunakan untuk ibadah umat Islam.

Wisatawan biasanya memarkir kendaraannya tidak jauh dari gerbang air terjun. Di sekitar gerbang ini juga terdapat pedagang yang menjajakan berbagai jenis makanan untuk mengisi perut lapar. Di tempat wisata ini hanya terdapat beberapa saung yang bisa digunakan wisatawan untuk beristirahat.

Baca juga: Gedung Balee Juang, landmark Kota Langsa

Bagi yang ingin bermalam, terdapat penginapan yang bisa disewa pengunjung tak jauh dari air terjun. Terdapat juga banyak pilihan hotel dan akomodasi di pusat kota Subulussalam. Mengunjungi air terjun ini bisa menjadi pilihan menarik di akhir pekan. Berikut berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan di Air Terjun SKPC.

Menikmati keindahan air terjun

Saat anda berkunjung ke air terjun SKPC anda akan disuguhkan air terjun yang indah dengan air yang jernih dan segar. Anda bisa bermain air sepuasnya, berenang di sungai atau sekedar bersantai menikmati suara gemericik air. Jika tidak ingin basah, Anda juga bisa bersantai di gubuk sambil menikmati alam.

Air terjun ini masih sangat alami dan terawat. Tempat ini terletak di tengah perkebunan kelapa sawit dan salak ponoh serta dikelilingi pepohonan hijau. Ini sangat ideal untuk menyegarkan. Kunjungi air terjun ini jika anda sedang bosan dan merasa rasa lelah anda akan hilang.

Perburuan Foto

Di tempat seindah ini rasanya belum lengkap, tapi jangan abadikan momen lewat foto. Dengan latar air terjun kamu bisa berfoto selfie seru bersama teman dan keluarga. Kalau tidak, kamu juga bisa mengambil foto dari atas, karena pemandangannya tidak kalah indahnya.

Jika Anda suka fotografi, Anda juga bisa berburu foto di tempat wisata ini. Anda bisa memotret pemandangan alam yang masih alami atau air terjun yang indah dengan air yang jernih. Jika masih kurang puas, Anda bisa menjelajahi tempat lain di sekitar air terjun untuk melihat pemandangan yang lebih menakjubkan.

Jam buka dan tarif masuk air terjun SKPC

Untuk memasuki Air Terjun SKPC wisatawan hanya perlu membayar biaya masuk sebesar Rp. 5.000 per orang. Biaya tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan. Bagi yang ingin mengunjungi tempat wisata ini bisa berkunjung kapan saja karena buka 24 jam.

Baca juga:

Peta Lokasi Air Terjun SKPC

Tips Wisata Air Terjun SKPC

  • Berhati-hatilah saat menuruni tangga karena tangga ini licin dan lembap.
  • Bawalah pakaian ganti jika berencana berenang dan bermain air di sekitar air terjun.
  • Berhati-hatilah saat berenang dan jangan mengikuti arus sungai terlalu jauh.
  • Jagalah kebersihan air terjun dan jangan membuang sampah sembarangan.
  • Ikut serta dalam pelestarian daya tarik wisata dan tidak merusak keindahan serta fasilitasnya.

Galeri Foto Air Terjun SKPC

Air terjun SKPC

Akses jalan menuju air terjun
Pengunjung di air terjun
Mandi di bawah air terjun
Pesona dan keindahan air terjun SKPC

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button