Tempat Wisata

Air Terjun Telago Jando : harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Masih banyak potensi keindahan alam Jambi yang belum tergarap secara maksimal. Berbagai wisata alam tersebut tersebar di beberapa daerah dan seolah menjadi magnet yang mampu menarik perhatian wisatawan. Salah satunya adalah Air Terjun Telago Jando yang menawarkan keindahan alam berupa air terjun bertingkat yang jika dikelola dengan baik tentunya dapat menyumbang pendapatan daerah setempat.

Air Terjun Telago Jando merupakan air terjun unik dengan tujuh tingkat dan memiliki keindahan serta pesona tersendiri. Dilindungi oleh hutan belantara, air terjun ini sangat terawat. Tempat wisata ini juga tidak pernah sepi pengunjung baik dari dalam maupun luar kabupaten. Keindahan dan keasrian alam menjadikan air terjun ini sebagai destinasi yang tepat untuk liburan akhir pekan.

Air Terjun Telago Jando

Secara geografis Air Terjun Telago Jando terletak di Desa Buat, Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Wisatawan yang ingin berlibur ke air terjun ini harus menempuh jarak minimal 60 kilometer dari Kota Muaro Bungo. Perjalanan dengan kendaraan bermotor setidaknya memakan waktu satu jam.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Air Terjun Telago Jando disarankan menggunakan sepeda motor. Pasalnya jalur menuju air terjun ini cukup ekstrim, apalagi becek setelah hujan. Setelah sampai di kawasan pemukiman Desa Buat, perjalanan sebenarnya dimulai. Dari pemukiman tersebut, wisatawan harus menempuh jalan menanjak melewati hutan. Jika Anda belum pernah ke air terjun sebelumnya, sebaiknya tanyakan kepada penduduk sekitar agar tidak tersesat.

Pesona Air Terjun Telago Jando

Perjalanan yang melelahkan dan melelahkan nampaknya terbayar lunas saat wisatawan tiba di Air Terjun Telago Jando. Fenomena air terjun indah yang terpampang jelas di depan mata akan menyejukkan mata dan mengusir segala penat. Deretan tanaman hijau subur yang mengelilingi air terjun pun menambah indah pemandangannya.

Air Terjun Telago Jando memiliki tujuh tingkat dengan ciri dan keindahan yang berbeda-beda. Pada tingkat tertentu terdapat kolam alami dengan lebar dan kedalaman berbeda. Di sekitar air terjun, wisatawan juga akan banyak menjumpai bebatuan besar yang bisa digunakan untuk duduk bersantai sambil menikmati pemandangan alam.

Air Terjun Telago Jando

Kejernihan dan kesegaran air akan Anda rasakan saat kaki berjalan melewati air terjun. Untuk menikmati pemandangan yang lebih mempesona, wisatawan bisa mendaki selangkah demi selangkah di Air Terjun Telago Jando. Seperti tingkat kedua dan ketiga, wisatawan bisa mandi dan berenang sepuasnya dan merasakan segarnya air terjun ini.

Tebing-tebing batu besar yang mengelilingi aliran air turut melengkapi keindahan Air Terjun Telago Jando. Selain itu, wisatawan juga bisa memanfaatkan tebing batu ini untuk menaiki level air terjun. Ada juga akar dan batang kayu yang berfungsi sebagai pegangan agar tidak tergelincir.

Di tingkat atas, pengunjung disuguhi panorama alam yang sungguh indah. Dari atas, wisatawan bisa melihat pemandangan alam sekitar berupa tebing berbatu, pepohonan hijau, dan air terjun yang mengalir tepat di bawah kaki mereka. Angin sepoi-sepoi dan suara gemericik air yang merdu semakin menambah ketenangan suasana.

Tak jarang wisatawan mendengar kicauan burung liar yang terbang bebas hinggap di dahan pohon. Jika tidak berani naik ke permukaan air terjun, wisatawan juga bisa menikmati indahnya air terjun sambil bersantai di bebatuan besar. Perpaduan antara keindahan alam yang langgeng dan nuansa tenang mampu menghilangkan stres dan penat di pikiran Anda.

Fasilitas air terjun Telago Jando

Sayangnya potensi besar Air Terjun Telago Jando masih kurang mendapat perhatian dari pemerintah setempat. Hal ini mengakibatkan tidak tersedianya fasilitas penunjang wisata di sekitar air terjun yang dapat ditemukan wisatawan. Rute menuju air terjun menjadi salah satu faktor penghambat yang dapat membuat wisatawan enggan berkunjung. Kalau tidak, tidak ada rambu-rambu, sehingga wisatawan bisa tersesat.

Wisatawan juga tidak akan menemukan kamar mandi, toilet, atau musala untuk kebaktian gereja di sekitar air terjun. Hanya terdapat satu tempat parkir yang jaraknya cukup jauh, sekitar 15 menit berjalan kaki dari lokasi air terjun. Bagi wisatawan yang ingin salat dapat menggunakan musala yang ada di Desa Buat.

Baca juga:

Untungnya wisatawan tidak perlu khawatir kelaparan karena di sekitar Air Terjun Telago Jando bisa dijumpai beberapa pedagang yang menjual air mineral, mie rebus, kopi, teh, dan aneka jajanan. Jika ingin bermalam, wisatawan harus menuju Kota Muara Bungo untuk mencari hotel. Ada beberapa hotel bintang dua di Kota Muara Bungo yang bisa Anda jadikan tempat menginap.

Mengunjungi Air Terjun Telago Jando bisa menjadi pengalaman menarik. Di sini Anda akan menemukan berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan di air terjun.

Menikmati keindahan air terjun

Jika Anda ingin berlibur ke Jambi, Air Terjun Telago Jando bisa Anda jadikan destinasi liburan. Anda akan terpesona dengan keindahan air terjun yang memiliki tujuh tingkat dengan pesona berbeda-beda. Naiki beberapa tingkat air terjun dan rasakan sensasi yang ditawarkan. Anda bisa berenang, mandi, bermain air dan menikmati pemandangan hijau dan lestari kawasan sekitar.

Tempat wisata ini juga sangat cocok bagi anda yang ingin refreshing dan melepaskan diri dari hiruk pikuk kota yang selalu sibuk dan bising. Anda bisa menghirup udara segar dan menikmati suara air yang menenangkan jiwa. Saat akhir pekan tiba, tempat ini juga bisa Anda manfaatkan untuk berlibur bersama keluarga atau teman terdekat.

Perburuan Foto

Bagi yang hobi fotografi dan suka mencari pemandangan alam untuk berfoto, Air Terjun Telago Jando juga bisa menjadi alternatif menarik. Meski jalur menuju air terjun sedikit lebih berat, namun tetap sepadan karena banyaknya objek indah yang ditawarkan di sana. Anda bisa memotret air terjun tujuh lantai dan keindahan alam sekitarnya.

Jika ingin mendapatkan spot yang lebih menarik, Anda juga bisa naik ke puncak air terjun dan mengambil foto dari atas. Di air terjun ini Anda bisa berfoto selfie atau sekedar mengabadikan momen bersama teman dan keluarga. Terdapat berbagai background menarik yang pasti akan memberikan hasil foto yang mengesankan. Air terjun ini menjadi semakin menarik jika difoto dengan drone.

Jam buka Air Terjun Telago Jando dan tarif masuk

Untuk memasuki Air Terjun Telago Jando wisatawan perlu membayar Rp5.000 hingga Rp10.000 per orang. Jam bukanya membuat Anda bisa menikmati keindahan destinasi wisata air terjun ini dari pagi hingga sore hari.

Baca juga:

Tips berwisata ke Air Terjun Telago Jando

  • Sebelum berkunjung, pastikan cuaca cerah dan tidak hujan.
  • Jangan memaksakan diri untuk pergi ke sana saat cuaca hujan karena jalanan akan licin dan sulit dilalui sepeda motor.
  • Bawalah barang-barang secukupnya agar tidak menimbulkan masalah selama perjalanan.
  • Bawalah pakaian ganti jika berencana berenang atau mandi di air terjun.
  • Jagalah agar air terjun tetap bersih dan terpelihara serta tidak merusak apa pun yang ada di dalamnya.

Galeri foto air terjun Telago Jando

Air Terjun Telago Jando
Spot foto dengan background air terjun
Potret pengunjung
Mandi di air terjun
Potret udara air terjun Telago Jando

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button