Tempat Wisata

Bungo Green Park: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kehadiran ruang terbuka hijau sangatlah penting dalam suatu kota, karena tidak hanya semakin mempercantik struktur kota dan menjadi paru-paru dunia, namun juga dapat dijadikan sebagai destinasi wisata. Kabupaten Bungo sendiri memiliki beberapa ruang hijau yang sering dikunjungi warga sekitar untuk bersantai di sore hari, salah satunya adalah Taman Hijau Bungo.

Daya tarik tersendiri adalah Taman Hijau Bungo yang banyak tumbuh pepohonan hijau. Saat wisatawan berada di dalam taman, suasana sejuk, nyaman dan tenang terasa. Berkat desainnya yang modern, pengunjung akan betah berlama-lama berada di taman ini. Saat matahari bersinar terik, berteduh di bawah rindangnya pepohonan mungkin bisa menjadi pilihan.

Taman Hijau Bungo

Secara geografis, Bungo Green Park terletak di kawasan pasar bawah Muara Bungo, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Wisatawan pasti akan menemukan taman ini dengan mudah karena lokasinya yang berada di pusat kota. Tepatnya, taman ini terletak tepat di dekat perempatan lampu merah Bambu Kuning.

Lokasi taman juga tidak jauh dari ruang hijau lain seperti Taman Kota dan Taman Pusparagam. Aksesibilitas yang baik memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung ke Taman Hijau Bungo. Ada beberapa pilihan angkutan umum di Muara Bungo yang bisa digunakan wisatawan. Selain itu, pengunjung juga bisa menggunakan kendaraan pribadi jika ingin lebih leluasa.

Pesona Taman Hijau Bungo

Bungo Green Park dibangun di atas lahan seluas 0,6 hektar dan difungsikan sebagai ruang hijau sejak tahun 2015. Taman ini dibangun di lokasi bekas terminal truk Muara Bungo dan menelan biaya setidaknya ratusan juta rupiah. Tujuan dibangunnya taman ini adalah untuk meningkatkan keindahan kota sekaligus menjadi paru-paru dunia untuk mengurangi pemanasan global.

Seperti namanya, Taman Hijau Bungo didominasi oleh warna hijau yang berasal dari pepohonan besar yang ada di taman tersebut. Puluhan pohon telah ditanam sehingga menciptakan suasana nyaman dan asri. Bahkan pada siang hari saat menginap di taman ini, wisatawan tidak kepanasan karena pepohonan memberikan banyak keteduhan.

Taman Hijau Bungo

Anda juga bisa menemukan berbagai bunga berwarna-warni dan membuat taman di Muara Bungo semakin indah. Di taman terdapat area tempat duduk beton yang didesain dengan indah. Wisatawan bisa memanfaatkan area tempat duduk ini untuk bersantai sambil menikmati suasana dan udara segar yang ditawarkan Taman Hijau Bungo.

Di dalam taman juga terdapat air mancur dan kolam, namun sayangnya air mancur tersebut sudah tidak berfungsi lagi dan terlihat kotor karena dipenuhi sampah. Hal ini tentu mengurangi keindahan Taman Bungo Hijau. Selain itu, taman pun terasa lebih nyaman karena adanya jalur pejalan kaki bermotif yang dilapisi keramik bagus.

Taman Hijau Bungo

Di malam hari, Taman Hijau Bungo semakin memancarkan keindahan dengan berbagai bentuk cahaya yang unik. Lampu di taman ini berbeda dengan yang lain. Bentuknya seperti tiang di kanan dan kiri jalan taman, membuatnya tampak seperti terowongan yang menyala di malam hari.

Tak jarang pengunjung semakin sibuk setelah gelap, baik nongkrong, ngobrol bersama teman, atau berfoto di terowongan cahaya taman. Bungo Green Park juga sering mengadakan berbagai acara seperti festival musik dan acara lainnya. Selain itu, wisatawan terkadang juga menjumpai beberapa pedagang yang menawarkan batu akik dalam berbagai bentuk.

Fasilitas Taman Hijau Bungo

Sebenarnya fasilitas di Bungo Green Park cukup lengkap. Sayangnya, banyak fasilitas yang kini terbengkalai dan rusak serta tidak dapat berfungsi dengan baik lagi. Banyak lampu taman yang rusak bahkan logo taman tersebut hancur hingga rata dengan tanah. Selain itu, banyak bagian taman juga dipenuhi sampah.

Terdapat toilet, tempat duduk yang nyaman, tempat sampah dan tempat parkir yang cukup luas di taman, namun tidak ada musala di taman ini. Jika ingin menyelenggarakan ibadah keagamaan, wisatawan akan menemukan masjid atau musala tak jauh dari taman. Selain itu, taman ini juga dilengkapi dengan jalan setapak yang terbuat dari bahan keramik untuk memberikan kenyamanan kepada wisatawan. Jika Anda ingin berwisata kuliner, Anda juga akan menemukan berbagai warung, kafe, dan restoran di sekitar taman yang menjual berbagai hidangan lezat.

Baca juga:

Berburu foto di Bungo Green Park

Jika wisatawan ingin bermalam di Muara Bungo, terdapat juga beberapa hotel dan akomodasi dengan harga yang cukup berbeda-beda yang bisa Anda pilih. Tidak ada salahnya mengunjungi Taman Hijau Bungo sekedar untuk menikmati suasana tenang dan asri. Meski berbagai fasilitas kini terbengkalai, taman ini tetap layak untuk dikunjungi. Diharapkan pemerintah setempat segera memperbaiki fasilitas yang ada agar masyarakat dapat memanfaatkan kembali taman tersebut.

Jika Anda sedang berada di Kabupaten Bungo, Bungo Green Park bisa menjadi alternatif destinasi wisata. Di sini Anda akan menemukan berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan di taman.

Menikmati keindahan taman

Saat berkunjung ke Taman Hijau Bungo, suasana rindang, asri, dan rindang akan terasa karena taman ini ditumbuhi berbagai pepohonan lebat. Di sini Anda dapat bersantai dan mencari keteduhan dari terik matahari di siang hari. Saat pikiran sedang galau dan stres, tempat ini mampu menyegarkan otak dan menghilangkan penat.

Mengunjungi taman ini pada malam hari pun tak kalah menghiburnya. Keberadaan lampu-lampu yang membentuk semacam terowongan merupakan sebuah fenomena tersendiri. Suasana menjadi lebih hidup dan bersahabat, Anda bisa menghabiskan malam yang dingin dengan berbagi cerita bersama teman atau kerabat. Anda juga bisa memanfaatkan tempat ini sebagai tempat berolahraga pagi.

Perburuan Foto

Berfoto di Bungo Green Park adalah suatu keharusan. Banyak remaja yang sering mengunjungi taman ini hanya untuk sekedar berfoto dengan latar belakang yang berbeda-beda. Salah satu tempat yang paling menarik tentunya adalah terowongan cahaya yang terlihat indah di malam hari. Deretan pepohonan hijau membuat latar belakangnya semakin mempesona.

Tak hanya remaja saja yang gemar berfoto selfie, banyak juga fotografer yang kerap mampir untuk mencari objek-objek menggemaskan. Lokasi ini juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mengambil foto prewedding. Jika taman ini diperbaiki seperti sedia kala, bukan tidak mungkin taman tersebut akan menjadi ikon Muara Bungo.

Baca juga:

Peta lokasi Taman Hijau Bungo

Tips Berwisata di Taman Hijau Bungo

  • Ikuti peraturan yang berlaku di taman ini.
  • Jangan datang ke taman saat hujan, karena area taman akan becek dan banyak lumpur.
  • Jika ingin berburu foto, datanglah pada malam hari karena taman ini semakin indah dengan lampunya.
  • Jaga kebersihan taman, buang sampah pada tempatnya dan jangan membuang sampah sembarangan di kolam air mancur.
  • Menjamin kelestarian taman dengan tidak merusak fasilitas dan keindahan taman.
  • Dilarang membuat coretan pada bangunan atau pohon di taman.

Jam buka dan biaya masuk Taman Hijau Bungo

Saat ini belum ada peraturan jam di tempat ini, Anda bisa berkunjung kapan saja, yakni 24 jam sehari. Kemudian Anda bisa menyiapkan HTM sekitar Rp 5.000 per orang.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button