Tempat Wisata

Lembah Cilengkrang, Tempat Wisata Alam Sejuta Pesona di Kuningan

Kuningan terpesona dengan keajaiban alam Lembah Cilengkrang dan mempesona dengan keanekaragaman hayatinya yang mempesona. Menawarkan pengalaman wisata alam yang tak terlupakan.

Harga tiket: Rp 12.500, Jam beroperasi: 06.00 – 16.00 WIB, Alamat: Pajambon, Kec. Kramatmulya, Kab.Kuningan, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Pemandangan alam yang mempesona di Kabupaten Kuningan memang tiada habisnya. Salah satu destinasi wisatanya adalah Lembah Cilengkrang yang sangat direkomendasikan sebagai destinasi liburan. Suasana di lembah ini masih sangat asri dan udaranya segar serta belum tercemar polusi udara.

Keberadaannya terletak di Taman Nasional Gunung Ciremai, sebuah kawasan hutan hujan tropis. Hal ini membuat suasana wisata menjadi lebih sejuk dan memberikan rasa tenang. Selain itu, terdapat juga ekosistem unik yang masih langka.

Bagi anda yang mencari tempat wisata penuh kedamaian, jauh dari hiruk pikuk kota dan suasana asri, berkunjung ke alam Lembah Cilengkrang sangat direkomendasikan. Anda akan disuguhi pemandangan alam terbuka menakjubkan yang akan menyegarkan pikiran Anda. Di bawah ini adalah informasi yang dapat dijadikan referensi.

Daya Tarik Lembah Cilengkrang

Daya Tarik Lembah CilengkrangFoto oleh Arinda di Google Maps

Daerah lembah alami

Lembah Cilengkrang memiliki luas sekitar 30 hektar. Tepatnya di sebelah desa Pejambon. Suasana di lembah ini sangat alami. Banyaknya pepohonan hijau, perbukitan dan pemandangan khas Kota Kuningan membuat suasana semakin menyejukkan mata.

Kawasan wisata ini dibagi menjadi tiga bagian

Wisata lembah indah ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu pada bagian pertama terdapat zona wisata harian berupa bumi perkemahan, serta elang jawa dan jenis burung lainnya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Zona kedua meliputi sabuk dan lembah Curug. Di zona ketiga terdapat kolam termal yang dirancang khusus untuk wisatawan. Terutama pecinta hiking.

keanekaragaman hayati

Mengingat lembah ini terletak di kawasan hujan tropis Gunung Ciremai, maka pemandangan Lembah Cilengkrang pun tak kalah indahnya. Ekosistem di lembah indah ini juga beragam. Dimulai dengan beragamnya flora dan fauna.

Jenis tumbuhan yang dilindungi antara lain bambu tamiang, rotan, anggrek terestrial, kaliandra, kecubung, kantong semar dan masih banyak lainnya.

Jenis satwa yang bisa ditemui wisatawan saat berkunjung ke lembah tersebut kini antara lain lutung jawa, kukang, kera ekor, biawak air, dan perkutut. Semua spesies hewan berada di bawah perlindungan khusus karena kelangkaannya.

Oleh karena itu, disarankan untuk berhati-hati saat berkunjung dan tidak melanggar aturan yang ada.

Ada sumber air panas

Salah satu keunikan Lembah Cilengkrang adalah terdapatnya sumber air panas alami yang langsung berasal dari perut bumi. Air panas ini menggelembung di antara air terjun. Wisatawan yang ingin merasakan hangatnya kehangatan pemandian air panas ini bisa mandi di kolam pemandian yang tersedia.

Terdapat air terjun dari 3 air terjun

Lembah eksotis ini memiliki 3 air terjun yang berdekatan. Setiap orang mempunyai tinggi badan yang berbeda-beda. Sabuk Curug ini tingginya sekitar 30 meter. Air terjun Sawer memiliki ketinggian antara 50 hingga 60 meter. Yang ketiga adalah Curug Citapa yang tingginya sekitar 40 hingga 60 meter.

Perasaan air yang mengalir di setiap air terjun juga berbeda-beda. Wisatawan bisa menikmati aliran air terjun ketiga air terjun ini dengan mandi, berdiri di bawah suara air terjun, mencelupkan tangan dan kaki sambil mencuci muka.

Lokasi Hutan Kopi Besar

Keindahan panorama kawasan hutan Kopi Gede menjadi salah satu tempat yang tepat untuk mencari ketenangan. Udaranya terasa segar dan sejuknya alam membuat wisatawan semakin merasa damai. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan kota Kuningan dan Cirebon yang menakjubkan dari ketinggian hutan kopi Gede.

Alamat dan rute menuju lokasi

Harga tiket Lembah CilengkrangFoto oleh Oka Dwi di Google Maps

Lembah Cilengkrang terletak di Desa Pejambon, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Jika perjalanan dimulai dari Kota Cirebon, lurus menuju Kuningan dan menuju ke selatan melalui Cilimus. Selanjutnya Anda akan melewati pasar Kramatmulya. Ketika kami sampai di sini, lembah itu tidak jauh.

Setelah melewati pasar Kramatmulya ambil arah kanan melewati desa Kalapagunung menuju desa Pejambon yang jaraknya sekitar 2 kilometer.

Sedangkan jika menggunakan angkutan umum dari Terminal Cirendang melalui Desa Ragawancana. Namun jika masih bingung, Anda bisa membuka aplikasi Google Maps yang akan memandu Anda menuju lokasi di lembah tersebut.

Biaya masuk dan jam buka

Sebelum memasuki Lembah Cilengkrang, Anda harus mengetahui jam operasionalnya terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan Anda dapat merencanakan waktu antara tiba di lokasi dan pulang ke rumah.

Jam operasional lembah cantik ini dimulai dari pukul 06.00 hingga 16.00 WIB. Namun jika wisatawan ingin berkemah, Wisata Lembah tersedia 24/7. Wisatawan yang akan berkemah biasanya diminta mengisi buku berkemah sebelum mendirikan tenda.

Jadi harga tiket masuk lembah cantik ini wisatawan hanya perlu membayar Rp 12.500 per orang di akhir pekan. Namun harga tiket masuk di hari biasa juga cukup murah. Jika dewasa harus membayar Rp 10.000 dan anak-anak Rp 8.000.

Kegiatan yang menarik

Hal menarik yang bisa dilakukan di Lembah CilengkrangFoto oleh Sukarti Suket Lizerta di Facebook

1. Nikmati pemandangan lembah

Pemandangan Lembah Cilengkrang berupa objek wisata alam terbuka yang indah dihiasi pepohonan hijau, perbukitan, berbagai flora dan fauna, menciptakan pesona yang sangat memanjakan mata.

Bahkan rasa lelah selama perjalanan yang agak melelahkan menuju lokasi lembah seakan langsung hilang begitu sampai di tempat tujuan. Keindahan alamnya mampu mengimbangi kepenatan perjalanan.

2. Camping di Lembah Cilengkrang

Terdapat sebuah tempat perkemahan di lembah indah ini yang sengaja disediakan oleh pemerintah setempat.

Bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi bermalam di tengah hutan, bangunan cantik ini kini menawarkan kemungkinan untuk berkemah. Namun dengan anjuran untuk berhati-hati dan menjaga kebersihan area tersebut.

3. Menyelam ke dalam kolam termal

Inilah momen yang paling menarik minat wisatawan. Benamkan diri Anda di sumber air panas alami. Banyak orang yang percaya bahwa mandi di sumber air panas dapat menyembuhkan penyakit, terutama penyakit kulit.

4. Berburu Foto

Para pecinta fotografi yang menjunjung tinggi gaya pasti tidak mau melewatkan kegiatan ini. Wisatawan tidak hanya bisa berfoto selfie di tempat-tempat terbaik, tapi juga bisa berfoto bersama rombongan.

Pemandangan Lembah Cilengkrang dengan perbukitannya yang hijau menjadi daya tarik yang patut diabadikan. Selain itu, terdapat juga tempat favorit wisatawan untuk berfoto, seperti duduk di atas bebatuan sambil menikmati gemericik aliran air terjun yang tidak terlalu deras.

5. Melihat flora dan fauna langka

Wisatawan yang datang ke sini tidak hanya bisa memberikan nuansa hijau, alami dan memanjakan mata, tapi juga belajar sesuatu. Hal ini didukung dengan keberadaan flora dan fauna yang beragam dan masih terus dilakukan konservasi.

Wisatawan dapat mengamati secara langsung berbagai jenis tumbuhan sehingga menambah pengetahuannya. Jika beruntung, wisatawan juga bisa melihat berbagai satwa langka di lembah tersebut.

6. Mencari masakan yang enak

Saat berwisata ke Lembah Cilengkrang tidak perlu membawa makanan atau minuman terlalu banyak. Berbagai makanan dan minuman tersedia di tempat wisata dan dijual di warung-warung terdekat.

Pesanlah berbagai menu lezat untuk mengisi perut saat lapar, atau pesan minuman hangat agar tubuh tidak kedinginan. Harga yang ditawarkan penjual juga cukup normal. Yang jelas harganya terjangkau bagi wisatawan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Lembah CilengkrangFoto oleh Br14n 1m4g3s di Google Maps

1. Tempat parkir

Tempat parkir di sekitar Lembah Cilengkrang cukup luas. Wisatawan dapat memarkir kendaraannya dengan tertib. Pihak pengelola sengaja memisahkan tempat parkir sepeda motor dan mobil satu sama lain agar kondisi parkir lebih jelas dan tepat sasaran.

2. Ruang sholat

Bagi wisatawan muslim yang ingin menunaikan ibadah, tidak perlu lagi mencari musala di luar resor wisata. Wisatawan bisa memanfaatkan fasilitas yang ada.

3. Toilet

Keberadaan fasilitas umum ini sangat mendasar dan dibutuhkan oleh wisatawan. Selain digunakan sebagai perlengkapan mandi, Anda juga bisa menggunakannya untuk berganti pakaian. Baik saat berenang maupun setelah berenang.

4. Lokasi berkemah

Tempat perkemahan yang tersedia di kawasan lembah ini sering digunakan oleh wisatawan yang ingin berkemah. Tenda warna-warni yang berjejer memberikan kesan menakjubkan. Apalagi menjelang musim liburan, suasana camping semakin ramai.

5. Stabil

Ada warung-warung sederhana yang berjejer rapi di sekeliling lembah. Vendor menawarkan berbagai makanan dan minuman. Mulai dari makanan kemasan hingga gorengan atau minuman panas. Wisatawan bisa memesan sesuai selera yang diinginkan.

6. Akomodasi

Wisatawan yang tidak ingin merasakan udara segar dapat memesan akomodasi yang paling dekat dengan destinasi wisata lembah tersebut. Anda dapat memilih antara hotel yang berbeda dengan harga yang berbeda. Anda dapat memesan semuanya sesuai anggaran Anda.

Demikianlah gambaran keindahan Lembah Cilengkrang yang bisa menjadi referensi liburan keluarga. Jika Anda berada di kota Kuningan atau sekitarnya, Anda bisa langsung mengunjungi lembah indah ini. Sesampainya di sana, Anda pasti tidak akan menyesalinya. Saya harap ini bermanfaat.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button